logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Tips Menjadi Pengusaha Sukses

7 Tips Menjadi Pengusaha Sukses

7 Tips Menjadi Pengusaha Sukses

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id –  Melihat kehidupan pengusaha yang mapan membuat banyak orang ingin menekuni dunia bisnis. Namun, tidak semua orang bisa langsung dalam berbisnis. Pelaku bisnis perlu tahu tips menjadi pengusaha sukses agar bisnisnya berhasil.

Dilansir dari CNBC Indonesia, pengusaha sukses di Indonesia hanya mencapai 3,4%. Beberapa di antara pengusaha tersebut juga berhasil masuk dalam jajaran 100 orang terkaya di Indonesia 2022 versi Forbes. Sementara untuk menjadi negara maju, Indonesia membutuhkan setidaknya 12-14% pengusaha sukses dari total rasio penduduknya. Tertarikkah Anda menjadi salah satu bagian tersebut?

Perlu Anda catat, cara menjadi pengusaha sukses dapat dimulai dengan membangun brand bisnis. Tentunya, masyarakat lebih mudah mengenali brand besar sehingga hal itu akan meningkatkan penjualan. Secara tidak langsung, brand yang sukses akan membuat pelaku usaha tersebut sukses pula. Maka dari itu, jika kesuksesan dalam berbisnis tidak lepas dari keberhasilan dalam menciptakan sebuah brand

7 Tips Menjadi Pengusaha Sukses

7 Tips Menjadi Pengusaha Sukses

Dalam berbisnis, tidak ada yang instan karena semuanya membutuhkan proses dan strategi  yang tepat. Berikut beberapa tips menjadi pengusaha sukses yang bisa jadi strategi dalam berbisnis terutama dalam membangun brand.

1. Jeli melihat peluang

Apapun jenis bisnis, pastinya berhubungan dengan konsumen. Tanpa ada konsumen, maka bisnis tidak akan berjalan. Bagaimana mencapai konsumen? Anda harus jeli melihat peluang dalam berbisnis

Misalnya, bisnis e-commerce seperti Tokopedia di mana pendirinya berhasil melihat peluang usaha di bidang digital. Pada masa itu, bisnis digital belum berkembang pesat seperti sekarang ini. William Tanuwijaya, pendiri Tokopedia, memiliki gagasan untuk membuka mall online yang menghubungkan penjual dan pembeli secara gratis di manapun dan kapanpun. 

Mall online di Indonesia pada saat itu masih menjadi hal baru dan ide tersebut memberikan solusi bagi konsumen yang ingin berbelanja tanpa harus mengeluarkan banyak waktu dan energi. Dengan layanan yang diberikan Tokopedia tentu menarik konsumen sehingga kini perusahaan tersebut berhasil menjadi unicorn di Indonesia.

Tips menjadi pengusaha sukses dengan cara jeli melihat peluang sebenarnya bukanlah hal yang mudah. Anda perlu memiliki kemampuan dalam berpikir kritis sehingga lebih peka terhadap kesempatan yang ada. 

Apabila kesulitan, cobalah lihat sekitar dan temukan masalah yang ada. Berawal dari masalah, Anda bisa menciptakan solusi yang bisa dijual ke konsumen. Hal ini juga berlaku ketika membangun sebuah brand. Ciptakan sebuah brand yang bukan sekadar menjual ke konsumen, tapi juga memberikan solusi dan manfaat sehingga menaikkan citra brand tersebut. 

2. Membangun tim yang ideal

Ide bisnis sebagus apapun tidak akan berhasil apabila Anda gagal membangun tim yang ideal. Jika Anda memulai usaha yang membutuhkan karyawan, maka kerja sama tim adalah hal yang penting. Tanpa ada hal tersebut, tujuan bisnis Anda tidak mudah tercapai. 

Mengapa demikian? Di balik tips menjadi pengusaha sukses, ada orang-orang yang memiliki peran penting dalam menjalankan bisnis tersebut. Bukan hanya pendiri atau pelaku usahanya, tapi para karyawan di perusahaan pula. 

Apabila karyawan tersebut lebih mementingkan ego dan kebutuhan pribadi, tentu sulit membangun kekompakan dalam tim. Hal tersebut akan mempengaruhi kinerja tim dan berdampak buruk pada produktivitas perusahaan. 

Untuk itu, carilah karyawan yang bisa Anda percaya sebagai tim dan ideal untuk diajak bekerja. Dengan memiliki tim yang ideal, Anda akan lebih mudah mengatur, mengelola, dan mencapai tujuan bisnis karena ada keterkaitan satu sama lain. 

3. Membangun visi dan misi

Tips menjadi pengusaha sukses berikutnya adalah dengan membangun visi dan misi. Sebelum menjalankan bisnis tersebut, Anda perlu tahu visi dan misi perusahaan. Visi dan misi tersebut dapat menjadi pedoman dalam mengelola perusahaan kedepannya

Selain itu, visi dan misi juga bermanfaat untuk memotivasi dan membangkitkan semangat karyawan. Para pekerja jadi tahu tujuan yang ingin perusahaan gapai sehingga jelas fungsinya pekerjaan di perusahan tersebut. 

Perusahaan harus memiliki visi dan misi yang jelas karena ini sifatnya jangka panjang. Tanpa ada visi dan misi perusahaan, maka cara menjadi pengusaha sukses juga sulit karena Anda tidak tahu tujuan membangun bisnis tersebut.

Visi dan misi perusahaan juga menggambarkan brand bisnis perusahaan. Melalui visi dan misi tersebut, konsumen dapat menilai citra perusahaan sekaligus brand yang diciptakan. 

4. Riset secara tepat

Cara menjadi pengusaha muda sukses akan sangat mudah ketika perusahan berhasil melakukan riset dengan tepat dan akurat. Meski sudah berhasil membangun brand, bukan berarti bisnis tersebut langsung berhasil. Perusahaan harus terus-menerus melakukan riset untuk mengembangkan brand tersebut agar tetap jadi primadona di masyarakat. 

Riset menjadi hal yang penting karena berkaitan dengan perencanaan strategi bisnis perusahaan. Melalui riset, Anda dapat melihat peluang, perilaku konsumen, dan kompetitor, dan berbagai data lainnya yang menunjang bisnis. Dengan riset, perusahaan dapat menentukan strategi marketing yang tepat untuk mengembangkan brand bisnis. 

5. Melakukan inovasi

Cara berpikir orang sukses, yakni terus berinovasi untuk mengembangkan bisnisnya. Ini adalah kunci utama agar brand bisnis Anda terus bertahan dan berkembang di pasar. Dunia bisnis merupakan hal yang dinamis sehingga brand bisnis juga perlu adaptasi dengan cepat. 

Contoh saja saat pandemi Covid-19 terjadi, berbagai sektor bisnis harus mampu bertransformasi ke arah digital agar tetap berjalan. Jika tidak melakukan inovasi, brand bisnis akan mudah terlupakan karena tidak mampu menyesuaikan dengan perubahan yang ada. Contohnya pada brand Nokia yang dulunya begitu populer, namun kini bangkrut karena tidak menghadirkan inovasi atau pengembangan produk sehingga kalah bersaing. 

Di sisi lain, kehadiran inovasi tersebut membuktikan perusahaan ingin meningkatkan kualitas pelayanan pada konsumen dengan menghadirkan produk atau layanan baru. Inovasi juga sebagai cara agar bisnis tetap eksis dalam jangka panjang. 

6. Membangun jaringan bisnis

Guna memperkuat posisi brand bisnis, perusahaan dapat melakukan kolaborasi dengan membangun jaringan bisnis bersama brand lainnya. Alih-alih menjatuhkan kompetitor, perusahaan bisa memilih kolaborasi sebagai strategi marketing

Sebagai pelaku bisnis, sebaiknya kenali perusahaan lainnya yang memiliki potensi sebagai rekan bisnis. Banyak brand besar telah mengaplikasikan cara tersebut, seperti Tokopedia dan Gojek yang berhasil berkolaborasi dengan menjadi GoTo. Melalui kerja sama tersebut, perusahaan dapat meningkatkan pelayanan pada konsumen sehingga meningkatkan citra masing-masing brand

7. Rutin evaluasi

Langkah terakhir dalam tips menjadi pengusaha sukses, yaitu rutin melakukan evaluasi. Evaluasi tidak hanya berlaku pada kinerja karyawan atau strategi bisnis, tapi keseluruhan dalam perusahaan tersebut. 

Evaluasi ini membantu perusahaan untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan bisnis. Biasanya, perusahaan melakukan evaluasi setiap seminggu sekali. Melalui evaluasi, perusahaan dapat menilai kinerja setiap komponen dalam bisnisnya sekaligus meningkatkannya. 

Manfaatkan Teknologi Digital untuk Mengembangkan Usaha Anda!

Manfaatkan Teknologi Digital untuk Mengembangkan Usaha Anda

Apabila masih berfokus pada bisnis secara konvensional, mungkin ini saatnya Anda harus berani melakukan perubahan pada bisnis tersebut. Industri digital di Indonesia menurut riset Google, Temasek, Bain & Company pada 2021 mengungkap nilainya mencapai 4,7 miliar USD sepanjang kuartal I. Kondisi ini merupakan peluang besar yang bisa diambil untuk mengembangkan usaha Anda. 

Pemanfaatan teknologi digital dalam bisnis bukanlah hal yang baru. Dengan digitalisasi, Anda bisa membuka peluang investasi sekaligus menaikkan brand awareness untuk menaikkan penjualan. Anda bisa memulainya dengan menerapkan strategi digital marketing secara tepat.

Namun, strategi digital marketing tidak akan berhasil tanpa melakukan riset pasar yang sesuai. Melakukan riset pasar memang bukanlah hal yang mudah, tapi perusahaan dapat bekerja sama dengan pihak lain. Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.