logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Cara Branding Produk

4 Cara Branding Produk Agar Laku di Pasaran

4 Cara Branding Produk Agar Laku di Pasaran

Author: Ivana Deva Rukmana

Compas.co.id – Dalam dunia sales dan marketing, dikenal istilah branding produk guna menarik hati calon pelanggan untuk menjajal produk yang dijual. Branding yang baik dapat membawa kesuksesan besar bagi sebuah perusahaan dalam memasarkan dan menjual produk-produknya.

Lantas, bagaimana cara melakukan branding produk yang baik dan adakah contoh perusahaan yang dapat dijadikan panutan dalam melakukan branding? Simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini!

Apa itu Branding Produk?

Sebelum membahas mengenai dulu itu branding, Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai brandNah, merek dagang atau brand adalah kumpulan atribut fisik, emosi, pemahaman logis, karakteristik, performa, aset, dan janji dari sebuah produk dan jasa.

Sementara itu, branding dilakukan untuk membangun “citra” perusahaan maupun pemilik usaha agar produknya mempunyai ciri khas sehingga dapat menarik dan melekat di benak para konsumen.

Tujuan Branding Produk

Sebelumnya Anda sudah tahu pengertian apa itu branding produk. Kali ini Compas akan memberi tahu apa saja tujuan dari melakukan branding produk. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Sebagai Pembeda

Sebuah brand atau produk memiliki ciri khasnya masing-masing. Dengan menggunakan branding produk maka brand Anda dapat memiliki memiliki identitas yang kuat sehingga mudah dibedakan dengan merek dagang kompetitor dengan produk serupa.

2. Sebagai Sarana Promosi dan Daya Tarik

Salah satu tujuan dari melakukan branding produk adalah sebagai sarana promos dan daya tarik brand milik Anda. Jika Anda memiliki branding yang kuat, maka promosi akan lebih mudah dilakukan. Konsumen cenderung memilih brand yang memiliki identitas jelas dan loyal terhadap brand yang sama.

3. Sebagai Pembangun Citra

Tujuan selanjutnya adalah untuk membangun sebuah citra produk untuk konsumen brand. Anda dapat melakukannya dengan cara membangun keyakinan yang baik sehingga konsumen bertahan ke bisnis Anda. Kemudian, membuat jaminan kualitas produk yang lebih baik dari kompetitor. Anda juga dapat melakukan prestise untuk konsumen yang sangat loyal kepada brand Anda.

4. Sebagai Pengendali Pasar

Tujuan yang terakhir adalah sebagai pengendali pasar dari bisnis Anda. Brand yang kuat dapat mengendalikan pasar karena identitasnya telah melekat dalam diri konsumen. Jika brand Anda sudah menempati di posisi atas dalam pasar maka Anda dapat mengalahkan kompetitor bisnis Anda dengan baik.

Manfaat Branding Produk

Berikut ini adalah manfaat branding produk yang dapat digunakan untuk mendorong bisnis yang Anda sedang jalankan.

1. Memberikan Daya Tarik

Manfaat melakukan branding produk untuk bisnis adalah dapat memberikan daya tarik kepada produk yang tersedia. Dengan menggunakan strategi ini maka brand atau produk Anda akan menampilkan kesan dan citra yang bagus sehingga konsumen tertarik untuk membelinya.

2. Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat yang akan didapatkan dari menggunakan strategi ini adalah bisnis Anda akan mendapatkan loyalitas pelanggan. Manfaat ini dapat meningkatkan kesetiaan konsumen terhadap bisnis Anda sehingga konsumen percaya dengan produk dan jasa yang bisnis Anda sediakan.

3. Mendapatkan Harga Jual yang Tinggi

Manfaat selanjutnya yang Anda dapatkan adalah harga jual dari produk akan meningkat tinggi. Semakin laris penjualan produk, maka perusahaan berusaha untuk meningkatkan harga jual dari produk atau jasanya dan tidak akan menjadi masaslah untuk para konsumennya karena sudah dipercaya.

Pentingnya Branding Produk bagi Pemilik Bisnis Online

Branding merupakan salah cara untuk mengkomunikasikan pesan dari esensi sebuah produk kepada para konsumennya.

Dengan pelaksanaan branding yang baik, perusahaan dapat memberikan kesan yang baik pula kepada para konsumennya sehingga mereka terus setia untuk menggunakan produk-produk perusahaan tersebut.

Selain itu, branding juga membuka jalan bagi perusahaan untuk dikenal lebih banyak orang melalui berbagai platform branding, mulai dari logo hingga kampanye pemasaran yang khas.

4 Cara Branding Produk yang Efektif

Cara Branding Produk yang Efektif

1. Menonjolkan Kualitas Produk

Kualitas produk terbaik dapat menjadi cara branding yang sangat kuat. Tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas produk akan menentukan tingkat kepuasan konsumen.

Dari sudut pandang konsumen, produk yang dibuat oleh perusahaan ternama tentu lebih layak dipilih dibandingkan produk yang dibuat oleh perusahaan kecil.

Hal ini dapat dilihat pada daya beli konsumen yang sangat besar terhadap salah satu merek besar air mineral, sementara sangat sedikit yang memilih air mineral dengan merek lainnya. Penting memastikan kualitas produk yang Anda miliki sama dengan kualitas produk yang dibuat oleh kompetitor Anda.

Kualitas produk terbaik akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi produk Anda dibandingkan dengan produk lain yang dibuat kompetitor.

2. Kemasan yang Menarik dan Unik

Setelah menonjolkan kualitas produk yang terbaik, membuat kemasan produk yang menarik dan unik juga menjadi cara branding yang kuat karena dapat mengenalkan produk kepada konsumen.

Saat belanja konsumen tidak memiliki waktu untuk menilai kualitas produk selain dari detail informasi yang Anda berikan pada kemasan.

Hal pertama yang menjadi daya tarik terhadap minat konsumen adalah desain kemasan yang menarik dan unik. Desain kemasan yang menarik dan dapat melindungi produk dengan baik akan meningkatkan minat konsumen.

Dengan demikian, kemasan yang menarik dan unik akan membuat konsumen langsung tertarik dan berminat untuk memilih produk Anda. Selanjutnya dari kemasan yang menarik ini, konsumen akan membaca detail informasi produk yang ada pada kemasan sehingga tartarik untuk membeli produk milik Anda.

3. Ikut dalam Event Sale (Pameran atau Bazar)

Mengikuti pameran, bazar, atau event ini menjadi cara lain yang efektif dalam melakukan branding produk. Pastikan tema event ini harus sesuai dengan identitas produk Anda. Contohnya jika Anda menjual produk makanan maka Anda dapat mengikuti pameran budaya hingga pameran kuliner nusantara yang memberikan spot khusus untuk stand makanan.

Fungsi stand pameran ini adalah untuk memastikan produk yang Anda jual dapat dilihat pengunjung. Sangat penting untuk memastikan stand yang Anda buat menarik, unik dan mencerminkan produk Anda. Keberadaan stand pameran ini menjadi hal penting untuk memperkenalkan produk Anda selama event berlangsung.

4. Membuat Iklan yang Ikonik

Cara branding produk yang efektif terakhir adalah dengan membuat iklan. Iklan menjadi cara yang cukup efektif untuk proses branding sehingga produk lebih banyak dikenal dan diminati masyarakat. Bagi perusahaan besar, membuat iklan adalah suatu hal yang mudah dan tidak menghabiskan banyak biaya.

Tetapi bagi perusahaan kecil, pembuatan iklan ini menjadi masalah yang dapat meningkatkan biaya pemasaran. Untuk meminimalisir biaya pemasaran ini, Anda dapat membuat iklan digital dengan memanfaatkan media sosial.

Iklan digital ini dibuat dengan biaya yang cukup terjangkau, sehingga beban branding yang ditanggung tidak terlalu besar dan dibuat dengan memanfaatkan media online sehingga sasaran konsumen akan jauh lebih luas.

Media online yang dapat Anda manfaatkan untuk iklan digital ini antara lain sosial media, blog atau website hingga Google Adsense. Hal ini akan berdampak pada semakin banyak orang yang mengenal dan berminat pada produk Anda.

Contoh Kasus Branding Produk yang Sukses

Ada banyak kasus branding produk yang sukses di pasaran. Salah satu brand yang dapat dijadikan highlight dalam upaya branding produk adalah Wardah.

Sejak dulu, Wardah dikenal sebagai beauty brand dengan produk-produk kecantikan yang “halal”. Hal ini agaknya cukup mengherankan. Pasalnya, ada lusinan beauty brand yang sudah memperoleh sertifikasi halal, lantas mengapa hanya Wardah yang lekat dengan ciri khas “halal”?

Rupanya, identitas “halal” tersebut merupakan salah satu strategi marketing yang dilakukan Wardah.

Melalui penelusuran ke berbagai platform digital, Compas menemukan bahwa Wardah kerap menggunakan model berhijab dalam iklan-iklan promosi produk.

Tak hanya itu, brand garapan PT Paragon ini juga berulang kali menyematkan slogan “Wardah, Halal.” di voice over iklannya. Pada tahun 2018 lalu, Wardah bahkan pernah meluncurkan TV Commercial video di Youtube resminya dengan tajuk “Halal dari Awal”.

Nah, apa yang dilakukan oleh Wardah merupakan salah satu contoh dari branding sukses. Namun, perlu diingat bahwa kesuksesan Wardah tak semata-mata berasal dari branding produk saja.

Wardah dikenal sebagai “pemain lama” yang anehnya masih terus berjaya. Hal ini disebabkan Wardah selalu tampil inovatif dalam meluncurkan produk-produk baru. Selain itu, Wardah juga tidak pelit untuk melakukan riset pasar sebelum membangun sebuah produk.

Maka, tak heran produk-produknya selalu laris di pasaran karena sudah mengetahui keselarasan antara target konsumen dengan tujuan produknya.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat dan tujuan dari pentingnya branding produk untuk bisnis Anda. Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.