logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
cara mengembangkan bisnis

Cari Tahu 7 Cara Mengembangkan Bisnis Anda

Cari Tahu 7 Cara Mengembangkan Bisnis Anda

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Di dalam berbisnis atau melakoni sebuah usaha, tentu dibutuhkan sejumlah cara dan strategi yang jelas agar bisnis dapat terus berkembang sehingga tidak mati. Oleh karena itu, dalam melakukan kegiatan pengembangan usaha, ada berbagai hal yang harus diperhatikan dan dijadikan pedoman. 

Pedoman, strategi, atau cara inilah yang kemudian bisa menjadikan bisnis atau usaha yang dilakoni bisa menjadi lebih sukses berkembang dan menguntungkan.

Nah, agar bisnis Anda bisa sukses dan terus berkembang, berikut Tim Compas menyusun berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis secara optimal guna mencapai keuntungan yang diharapkan.

 

7 Cara Pengembangan Bisnis Online

Ada berbagai cara yang dapat Anda tempuh untuk melakukan pengembangan bisnis. Berikut ini, Compas secara khusus telah memilih dan merangkum 7 Cara Pengembangan Bisnis Online yang dapat Anda praktikkan.

 

1. Persiapkan Strategi dan Standar Operasional yang Baik

Pengembangan bisnis yang optimal salah satunya dapat dilakukan dengan cara mempersiapkan strategi dan standar operasional yang baik.

Jadi, pelaku bisnis bisa membuat skema strategi dalam operasional kerja atau SOP, karyawan dan pengembangan produk bisnisnya. Strategi dan standar operasional yang dibuat harus didasarkan pada kemampuan dan kebutuhan dari pengembangan usaha itu sendiri agar tepat sasaran juga efektif.

 

2. Tingkatkan Promosi

Jangan lupa untuk memperhatikan point berikut jika ingin mengalami pengembangan usaha agar semakin sukses kedepannya, yaitu peningkatan laba usaha.

Perusahaan atau bisnis yang tengah dijalani akan selalu membutuhkan konsumen bukan? oleh sebab itu lakukan promosi berkelanjutan. Meski tentu saja ketika bisnis sudah berjalan akan mendapatkan konsumen tetap, namun jangan sampai terlena.

Agar bisnis bisa semakin maju, mendapatkan laba yang besar dan bisa semakin besar skala bisnis maka lakukan promosi terus menerus. Buatlah promosi lewat media cetak, media massa atau bisa melalui promosi sosial media dan media online yang memiliki potensi lainnya.

Promosi yang menarik dan merambah berbagai kalangan masyarakat nyatanya akan sangat efektif menaikan jumlah konsumen yang ada.

 

3. Pahami Kompetitor

Ketika menjalani kegiatan berbisnis maka tentu saja ada yang namanya kompetitor atau pesaing dalam berbisnis dan ini sudah menjadi hal wajar.

Meski sudah menjadi hal yang lumrah dan wajar namun tentu saja jangan sampai Anda tidak mengetahui strategi kompetitor bisnis Anda. Kenali kemampuan kompetitor, strategi yang diusung atau mungkin kelemahan produk yang ditawarkan agar bisa menawarkan produk yang lebih baik lagi.

 

4. Lakukan Inovasi Produk

Dalam upaya mengembangkan bisnis maka tentu saja inovasi produk menjadi salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan.

Perusahaan atau pebisnis yang enggan untuk melakukan inovasi biasanya akan banyak tertinggal dari kebutuhan konsumen yang terus berubah. Oleh sebab itu jangan segan-segan dan malas dalam melakukan inovasi produk agar atensi konsumen terus terjaga dan pembelian semakin meningkat.

 

5. Perluas Target Pasar

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis adalah dengan memperluas target pasar sehingga bisnis Anda bisa menjaring lebih banyak konsumen.

Perluasan target pasar dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menambah produk dengan harga yang lebih murah untuk target konsumen menengah. Bisa juga dengan menciptakan produk baru yang bisa dipakai semua gender dan segala umur.

 

6. Maksimalkan Pelayanan terhadap Konsumen

Kualitas produk sudah bagus, SOP sudah disusun dan dilaksanakan, target pasar sudah diperluas, tetapi kenapa Anda merasa masih sepi pelanggan?

Nah, kemungkinan Anda melupakan aspek yang satu ini, yaitu pelayanan konsumen!

Bagi para konsumen, pelayanan menjadi poin yang sangat penting. Service yang baik dan ramah akan membuat mereka bertahan dan memilih produk Anda, meskipun ada produk-produk kompetitor dengan kualitas serupa.

Caranya juga tergolong mudah. Jika Anda berjualan menggunakan media online, maka jaga hubungan baik dengan mereka melalui fitur chat. Berikan juga update produk yang Anda miliki. Berikan juga rasa nyaman, kesan ramah ketika melayani, menjawab serta menawarkan produk dan bantuan.

 

7. Layanan After Sales

Jika pelanggan sudah membeli barang, apakah urusan Anda dengan pelanggan sudah usai? Tentu belum.

Anda masih harus memberikan layanan after sales yang baik. Berikanlah garansi kerusakan produk dan bimbingan pada konsumen untuk melakukan klaim garansi.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Anda juga bisa memberikan informasi diskon atau update produk baru pada para pelanggan Anda melalui chat.

Dengan begitu, pelanggan dijamin tak akan kabur dan tetap loyal pada bisnis Anda, deh!

 

Pentingnya Memilih Strategi Pengembangan Bisnis yang Tepat

Memilih strategi pengembanban yang tepat merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis. Untuk itu, Anda harus bisa menentukan target yang tepat sasaran terlebih dulu guna mencapai tujuan bisnis.

Jika sebuah sudah bisnis memiliki strategi yang kuat dan selaras dengan tujuan bisnis, maka strategi tersebut berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan dan profitabilitas.

Namun, bika strategi dan tujuannya tidak sejalan, maka tidak mustahil jika strategi tersebut justru yang jadi penghambat pertumbuhan bisnis dan membuat operasional bisnis jadi kewalahan.

Lantas, bagaimana cara menentukan target konsumen yang tepat?

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menentukan target yang selaras dengan strategi dan tujuan bisnis adalah melakukan riset pasar.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.