Mie Sedaap dan TOP Coffee Membuktikan Peningkatan Growthnya dari Optimalisasi 4P Marketing Mix

Mie Sedaap dan TOP Coffee Membuktikan Peningkatan Growthnya dari Optimalisasi 4P Marketing Mix

Mie Sedaap dan TOP Coffee Membuktikan Peningkatan Growthnya dari Optimalisasi 4P Marketing Mix

 

Compas.co.id – FMCG menjadi industri berskala besar di Indonesia dengan tingkat persaingan yang ketat. Di dalam Indonesia FMCG E-commerce Report 2022, sampai bulan November 2022 kategori FMCG di kedua marketplace utama di Indonesia, Tokopedia dan Shopee memiliki addressable market sebesar Rp50.8 triliun. Tim data Compas memprediksi nilai addressable market tersebut akan naik menjadi Rp61.9 triliun di tahun 2023.

Oleh karena itu, penting yang harus dilakukan oleh brand FMCG untuk tetap bertahan dan sukses adalah meningkatkan dan menjaga brand awareness mereka di pasar, terutama di e-commerce. Dalam hal ini, pengoptimalan 4P marketing mix dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan brand awareness dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar bagi brand-brand yang berkecimpung di industri ini.

Banner Insight

Dalam artikel ini akan membahas tentang pengoptimalan 4P marketing mix bagi brand FMCG dalam meningkatkan brand awareness mereka, mulai dari strategi produk, penetapan harga yang tepat, promosi yang kreatif dan inovatif, hingga penempatan produk di tempat yang strategis. Selain itu juga akan ada 2 study case dari brand-brand milik PT Wings Surya, yakni Mie Sedaap dan TOP Coffee yang berhasil mengoptimalkan strategi 4P marketing mixnya.

Begini Meningkatkan Brand Awareness dengan Cara Mengoptimalkan Elemen 4P Marketing Mix 

1. Produk

Strategi produk yang dapat diimplementasikan sesuai dengan preferensi masyarakat Indonesia, yakni: 

a. Informasi produk yang jelas

Informasi produk yang jelas dan lengkap sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Konsumen ingin mengetahui lebih banyak tentang produk sebelum memutuskan membelinya, sehingga informasi produk yang jelas dapat membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang lebih baik.

b. Produk terjangkau dan berkualitas

Tingkat pendapatan masyarakat  yang masih relatif menengah ke bawah, produk yang terjangkau menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia. Konsumen cenderung mencari produk dengan harga yang sesuai dengan anggaran mereka.

Meskipun mencari produk yang terjangkau, konsumen Indonesia tetap memperhatikan kualitas produk. Produk yang memiliki kualitas baik dengan harga sesuai kantong dan dapat diandalkan cenderung lebih diminati dan mendapat loyalitas oleh konsumen Indonesia.

Banner E-Commerce Report

c. Ada label halal dan ramah lingkungan

Karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, kehalalan produk menjadi perhatian khusus bagi masyarakat. Selain itu, kesadaran akan lingkungan yang semakin meningkat juga membuat konsumen Indonesia memperhatikan produk yang ramah lingkungan. Produk yang berlabel eco-friendly, animal cruelty free, green product dan lainnya relatif menjadi perhatian sebelum membeli.

2. Price

Harga merupakan faktor penting yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memutuskan untuk membeli suatu produk. Di Indonesia, tingkat sensitivitas masyarakat terhadap harga relatif tinggi, terutama untuk produk-produk kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, minuman, dan produk-produk kebersihan.

Oleh sebab itu, menentukan harga juga perlu disesuaikan dengan brand positioning dan brand image di pasar. Contohnya seperti brand yang berkualitas dengan harga yang lebih tinggi dan brand yang lebih terjangkau dengan harga yang lebih rendah. Jika harga yang ditentukan tidak sesuai dengan brand image dan positioning maka citra brand menjadi tidak bagus dan konsumen cenderung melupakan brand.

Baca juga: 5 Kesalahan Brand Positioning Terbesar yang Harus Dihindari Brand Susu Formula: Contek Brand Positioning SGM dan Pediasure!

3. Promotion

Ada beberapa strategi promosi produk FMCG yang dapat menarik minat dan membuat keputusan beli bagi masyarakat Indonesia:

a. Promosi diskon dan hadiah

Strategi ini sudah cukup umum di Indonesia. Konsumen Indonesia cenderung lebih tertarik pada produk yang memberikan banyak diskon dan gratis ongkir atau hadiah langsung seperti bonus produk atau voucher belanja.

b. Iklan TV

Iklan televisi masih menjadi media promosi yang efektif di Indonesia. Masih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki televisi di rumah, terutama dari kalangan masyarakat menengah ke bawah. Adanya iklan promosi di televisi menjadikan mereka mendapat banyak paparan produk yang sama berulang kali.

c. Promosi event dan aktivitas sosial

Promosi event dan aktivitas sosial dapat membantu brand membangun hubungan personal dengan konsumen. Konsumen Indonesia cenderung lebih memilih produk yang peduli dengan masalah sosial dan lingkungan.

4. Place

a. Mudah ditemukan

Masyarakat Indonesia cenderung memilih produk yang mudah ditemukan dan mudah diakses. Oleh karena itu produk yang ditempatkan di e-commerce lebih disukai oleh konsumen karena mudah dan cepat. Apalagi harganya cenderung murah karena banyak diskon/voucher dan gratis ongkir. 

b. Optimalkan pencarian produk

Khususnya di e-commerce, pastikan produk dari brand FMCG mudah ditemukan oleh konsumen dengan memperhatikan deskripsi, kata kunci produk yang sesuai, foto dan video produk yang menarik serta resolusinya tinggi agar jelas ketika dilihat. 

Baca juga: Begini Cara MamyPoko, Sweety, dan Merries Meningkatkan Customer Experience-nya

Strategi 4P Marketing Mix Terbukti Meningkatkan Sales Quantity Mie Sedaap dan TOP Coffee

Strategi 4P Marketing Mix Terbukti Meningkatkan Sales Quantity Mie Sedaap dan TOP Coffee

1. Mie Sedaap

Brand lokal ini menduduki urutan kedua sebagai mie pasta instan terlaris di bulan Februari 2023. Berdasarkan data Compas Dashboard, produk Mie Sedaap terjual di Shopee dan Tokopedia sebanyak 57 ribu pieces atau memperoleh revenue sebesar Rp548.5 juta. 

Salah satu hal yang membuat Mie Sedaap mempertahankan produknya menjadi pilihan masyarakat Indonesia karena Mie Sedaap terus berupaya untuk mengoptimalkan salah satu strategi marketingnya yaitu 4P marketing mix. 

Banner Insight

Dari segi produknya Mie Sedaap diketahui banyak berinovasi sehingga memiliki beragam rasa yang berbeda, unik, dan pastinya enak di lidah masyarakat Indonesia. Inovasi rasa ini menjadi perbedaan antara Mie Sedaap dengan brand mie lainnya. Hal ini membuat konsumen mengetahui dan mengingat brand Mie Sedaap daripada yang lain.

Dari segi price atau harganya, Mie Sedaap sangat bersaing dengan produk brand lain. Harga per satuan mie instannya dibanderol mulai Rp2.700 an. Dan produk termahalnya per satuan mie instan hanya sekitar Rp3.400.

Dari segi promosi, Mie Sedaap tak mau kalah dengan brand Beauty and Care yang banyak melakukan kerja sama dengan selebriti Korea. Maka tak tanggung-tanggung, Mie Sedaap menggaet kerja sama promosi dengan Choi Siwon sekaligus promosi produk mie rasa Koreanya yaitu Korean Cheese Buldak, Korean Spicy Chicken, Korean Spicy Soup.

Dari segi place atau lokasi penempatan produknya dilakukan secara offline dan online. Siapapun dapat menemukan produk Mie Sedaap di toko kelontong kecil hingga di supermarket besar seperti Transmart. Agar makin memudahkan proses beli, produk Mie Sedaap pun tersedia di dua e-commerce raksasa Indonesia yaitu Shopee dan Tokopedia. Terbukti penjualannya di e-commerce menjadi yang terlaris setelah Indomie.

Baca juga: 6 Top Brand Susu Formula, Enfagrow Jagoan Utamanya Para Bunda!

2. TOP Coffee

Brand selanjutnya yang ada di bawah naungan PT Wings Surya untuk dijadikan study case adalah TOP Coffee. Brand ini mengalami pertumbuhan sales dari Januari ke Februari 2023. Pada periode Januari 2023, penjualan produk TOP Coffee di e-commerce sebanyak 7 ribu pieces dengan pendapatan Rp107.6 juta. Adapun bulan Februari 2023, penjualan produknya naik menjadi 7.6 ribu pieces atau pendapatannya kurang lebih Rp127.3 juta.

Banner E-Commerce Report

Dari segi produk, TOP Coffee menjual kopi dalam bentuk instan bubuk yang hanya perlu diseduh untuk dapat menikmatinya. Kopi instan ini cukup digemari oleh masyarakat lantaran mudah dalam proses pembuatannya di rumah atau tempat kerja.

Dari segi price, karena TOP Coffee ini dapat dinikmati oleh semua kalangan maka harganya cukup terjangkau. Harganya dibanderol mulai dari Rp10.000 – Rp35.000. Tak lupa untuk strategi harga menerapkan produk bundling sehingga konsumen lebih hemat dan mendapat lebih banyak produk.

Dilihat dari promosinya, TOP Coffee juga menyasar segmen anak-anak muda yang gemar minum kopi dengan berbagai variasinya. Baru-baru ini diketahui TOP Coffee bekerjasama dengan Everblast 2023 dengan hadir di event offlinenya. Everblast adalah event musik internasional, beberapa guest starnya ada Simple Plan dan Secondhand Serenade. Tentu saja TOP Coffee x Everblast ini mengundang hype kaum milenial.

Dari segi lokasi penempatan produk, konsumen dapat menemukan produknya di seluruh toko baik warung maupun jaringan supermarket besar. Tak hanya channel offline, tapi channel onlinenya di e-commerce juga dimaksimalkan. 

Kesimpulan

Keempat elemen marketing mix yaitu produk, price, place, dan promosi, semuanya berkontribusi untuk meningkatkan brand awareness. Adanya brand awareness yang tinggi adalah kunci kesuksesan bagi perusahaan dan optimalisasi 4P marketing mix merupakan salah satu cara yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut.

Dan untuk meningkatkan brand awareness, perusahaan harus memperhatikan kualitas produknya, menentukan harga yang tepat, memilih lokasi yang strategis dengan memanfaatkan semua channel yang memungkinkan, dan melakukan promosi yang efektif. Selain itu, strategi digital marketing sangat membantu meningkatkan brand awareness melalui media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.