logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Macam-Macam Strategi Bisnis Online Saat ini

Macam-Macam Strategi Bisnis Online Saat ini

Macam-Macam Strategi Bisnis Online Saat ini

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Dalam dunia bisnis, Anda akan selalu dihadapkan dengan persaingan. Untuk bisa bertahan dan makin berkembang, strategi bisnis menjadi hal yang Anda perlukan.

Tujuan strategi bisnis adalah mencapai tujuan usaha dengan efektif dan efisien. Tujuan usaha yang dimaksud diantaranya yaitu profit maksimal, serta bertahan dalam persaingan.

Dengan memiliki strategi, usaha Anda akan lebih terarah dalam mencapai tujuannya. Untuk lebih jelasnya, kita simak penjelasan lengkapnya.

 

Apa itu Strategi Bisnis?

Strategi bisnis mengacu pada tindakan dan keputusan yang diambil perusahaan untuk mencapai tujuan bisnisnya dan menjadi kompetitif di industrinya.

Ini mendefinisikan apa yang perlu dilakukan oleh bisnis untuk mencapai tujuannya, yang dapat membantu memandu proses pengambilan keputusan untuk perekrutan dan alokasi sumber daya.

Strategi ini membantu berbagai departemen bekerja sama, memastikan keputusan departemen mendukung arah keseluruhan perusahaan secara menyeluruh.

 

Macam-Macam Strategi Bisnis Online

Strategi Bisnis Online

1. Akuisisi

Strategi ini fokus pada perluasan jangkauan juga basis pelanggan. Contoh paling dekat ialah Facebook yang mengakuisisi WhatsApp, Instagram dan beberapa platform lainnya.

Dengan mengakuisisi kompetitor, Facebook berhasil memperluas jangkauan dan juga basis pelanggannya. Kompetitor berkurang, usahanya pun kian berkembang.

 

2. Strukturalis

Bisnis dengan strategi ini dibangun berdasarkan kondisi pasar saat ini. Contohnya adalah seperti menjual produk yang sudah dengan menjadi reseller.

Meski menjual produk yang sudah ada, setiap bisnis tetap bisa menambahkan value pada produk dengan memberikan harga yang bersaing hingga pelayanan yang lebih baik.

 

3. Cost Leadership 

Strategi ini mengharuskan kamu untuk menurunkan harga dari harga kompetitif tapi dengan kualitas produk yang tetap sama. Tentunya semua orang akan siap memburu produk dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang sama. Dibutuhkan langkah-langkah tetap untuk menjalani strategi ini agar tidak menyebabkan kerugian

 

4. Price-Skimming

Price-skimming adalah penetapan harga tinggi untuk menutupi biaya awal produksi dan pemasaran suatu barang atau jasa. Nantinya setelah bisnis berjalan, pelaku bisnis bisa menurunkan harga ke angka yang lebih moderat. 

Strategi ini bisa diterapkan pada perusahaan yang menawarkan produk baru yang memang belum memiliki pesaing sehingga pelanggan pun merasa wajar membayar harga tersebut. Ini bisa dikatakan sebagai strategi yang berkebalikan dengan cost leadership.

 

5. Diferensiasi Produk 

Dengan cara ini, memungkinkan Anda untuk memiliki pasar sendiri. Hal terpentingnya adalah selalu berinovasi serta berani tampil beda.

Menjadi pioneer dan bukan sekedar pengikut yang berharap dapat mengulang kesuksesan kompetitor.

 

7 Tips Membangun Strategi Bisnis Online yang Baik

Menjalankan bisnis wajib didukung dengan adanya strategi. Dengan begitu potensi pengembangan atau setidaknya kemampuannya untuk bertahan di tengah persaingan lebih besar.

Berikut ini adalah beberapa tips membangun dan menerapkan strategi bisnis yang mungkin bisa Anda jadikan inspirasi.

 

1. Melakukan Riset Pasar 

Proses riset pasar diperlukan oleh seluruh jenis bisnis, tidak hanya bisnis online saja. Hal ini karena riset pasar merupakan hal yang paling mendasar yang harus dilakukan saat mulai berbisnis. 

Dalam melakukan riset pasar, kamu akan mendapatkan informasi mengenai target konsumen yang ingin disasar. Dari sini, kamu bisa membuat perencanaan bisnis selanjutnya secara lebih efisien dan matang. Cara melakukan riset pasar yang paling mudah yaitu dengan melakukan wawancara atau diskusi yang dapat dilakukan secara online. 

 

2. Menonjolkan Keunikan Produk

Setelah melakukan riset pasar dan mengetahui informasi mengenai produk kompetitor, selanjutnya kamu bisa menonjolkan keunikan produk kamu. Pasarkan produk yang berbeda dengan kompetitor. Jadikan perbedaan ini sebagai komoditas untuk berjualan. Perbedaan tersebut bisa dari desain baru, harga yang lebih murah, atau bahan yang lebih unik.

 

3. Membangun Website yang Menarik

Strategi bisnis online sangat bergantung pada dunia digital dalam setiap kegiatannya. Mulai dari promosi, penjualan, hingga interaksi konsumen dilakukan secara online. Untuk itu, penting bagi pemilik bisnis online untuk memiliki website yang menarik agar calon konsumen mau berkunjung.

Website sendiri bisa diibaratkan sebagai sebuah wajah dari bisnis online, sehingga pembuatan website ini perlu digarap secara serius. Pembuatan website harus dibuat semenarik mungkin dengan tidak melupakan aspek-aspek kenyamanan para pengunjung. 

 

4. Membuat Branding

Branding dapat didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan komunikasi untuk membangun citra produk atau membangun sebuah brand. Dalam melakukan branding, tujuan akhirnya bukan hanya sebagai pengenalan produk, tetapi juga membuat image suatu produk. Lewat branding produk, konsumen akan mudah mengenali suatu produk hanya berdasarkan kata kunci tertentu.

 

5. Inovasi Produk

Hal penting lainnya dalam berbisnis online yaitu terus membuat inovasi pada produk yang kamu jual. Berinovasi akan membuat kamu tidak ketinggalan tren, sehingga kamu tetap bisa bersaing dengan para kompetitor. Untuk melakukan inovasi produk, kamu bisa mengeksplor produk atau layanan yang kamu miliki saat ini. Jangan lupa untuk melengkapi katalog dengan produk-produk yang akan kamu jual secara berkala.

 

6. Memberikan Program Promo dan Diskon

Membuat program diskon dalam bentuk voucher, promo, atau hadiah menjadi salah satu jenis strategi bisnis yang bagus. Kamu tidak perlu takut atau khawatir akan merugi saat memberikan program promo ini kepada konsumen. 

Karena justru sebaliknya, program promo ini menjadi sebuah strategi jitu dalam melakukan pemasaran. Sudah menjadi hal wajar, bahwa konsumen akan tertarik untuk berbelanja karena adanya program promo yang dijalankan. 

 

7. Menjaga Loyalitas Konsumen

Sebagai pemilik usaha online, strategi bisnis tidak hanya berhenti ketika kamu sudah mendapatkan konsumen baru. Justru konsumen ini perlu kamu rawat dengan menjaga loyalitasnya agar mau kembali berbelanja. 

Dalam menjaga loyalitas konsumen, kamu perlu memberikan pelayanan terbaik dengan menjawab semua pertanyaan konsumen terkait produk kamu. Memiliki website yang bagus dan nyaman juga merupakan bagian dari menjaga loyalitas konsumen.

 

Kesimpulan

Memiliki strategi bisnis yang terencana akan membantu bisnis kamu berkembang dan mencapai target, termasuk dalam bisnis online. Bahkan strategi bisnis yang tepat dapat meningkatkan penjualan terhadap produk. Profit yang didapatkan pun akan terus meningkat.

Satu hal penting yang tidak boleh kamu lupakan saat menyusun strategi bisnis online, yaitu konsistensi dalam mempromosikan produk secara online. Kegiatan promosi menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan penjualan dan mempertahankan eksistensi bisnis. 

Dengan melakukan riset pasar, maka sebuah perusahaan atau bisnis dapat mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dan strategi pemasaran apa yang paling efektif untuk memperoleh keuntungan.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.