logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

5 Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

5 Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Meski banyak pesaingnya, bisnis kuliner memang menjadi usaha yang tidak mengenal krisis karena semua orang membutuhkan makan. Ada banyak ide usaha makanan paling laris saat ini yang bisa Anda coba. Tidak perlu khawatir pula soal peluang pasar karena Indonesia memiliki market yang besar. 

Hasil riset Statista mengungkap bahwa pendapatan dalam bisnis makanan di Indonesia akan meningkat sampai 10,79% hingga 2025 nanti. Apalagi, jumlah penduduk Indonesia kian bertambah setiap tahunnya. Hal tersebut bisa menjadi kesempatan besar untuk merintis usaha makanan mulai dari sekarang.  

5 Rekomendasi Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

Bingung ingin menentukan ide bisnis jualan makanan? Jika menelusurinya, ada banyak ide bisnis tersebut yang menghasilkan banyak cuan. Berikut beberapa jenis usaha makanan paling laris saat ini yang bisa jadi bahan referensi.

Rekomendasi Usaha Makanan Paling Laris

1. Makanan korea

Merebaknya korean wave tidak hanya mengenalkan budaya Korea saja, tapi juga dari segi makanannya. Ada beberapa makanan Korea yang sering muncul dalam drama Korea sehingga ini turut mempopulerkan kuliner khas Negeri Ginseng tersebut. Tidak jarang hal ini membuat masyarakat Indonesia ingin mencicipinya, terutama bagi kalangan pecinta Korea atau kpopers. 

Tidak mengherankan jika usaha makanan paling laris saat ini, salah satunya adalah makanan korea. Banyak makanan korea yang tren di Indonesia di antaranya tteokbokki, jajangmyeon, kimbap, corn dog, kimchi, dan lainnya. Apabila Anda tertarik membuka bisnis makanan korea, sebaiknya buat resep yang bisa diterima lidah orang Indonesia jika berfokus pada konsumen lokal. 

2. Dessert

Suka membuat makanan manis seperti kue, tiramisu, atau brownies? Jika iya, itu dapat menjadi peluang membuka bisnis dessert box. Apabila tertarik bisnis makanan manis, maka cocok memilih dessert sebagai usaha jualan paling laris saat ini. 

Ada banyak resep dessert yang bisa Anda coba. Buatlah kreasi dari resep tersebut sehingga membedakan produk Anda dengan kompetitor yang ada. Selain itu, mudah menemukan bahan-bahan dessert sehingga bisnis ini tidaklah sulit. 

3. Aneka donat

Jenis usaha makanan manis lainnya yang bisa Anda pilih, yakni bisnis jualan donat. Jajanan berbentuk bulat ini juga sempat ramai di media sosial beberapa waktu lalu. Kini, donat tidak hanya berupa kue bulat dengan aneka topping. Banyak yang memodifikasi donat tersebut dengan varian seperti donat ulang tahun atau donat dengan topping unik. Contohnya, donat red velvet, donat panggang, dan lainnya.

4. Croffle

Makanan ini juga sempat viral sehingga menjadi usaha makanan paling laris saat ini. Banyak yang membicarakannya karena makanan tersebut unik, yakni berasal dari gabungan antara croissant dan waffle. Untuk itulah, makanan tersebut dinamakan croffle.

Makanan tersebut terbuat dari adonan croissant yang dimasak menggunakan alat pencetak waffle. Cara membuatnya pun mudah karena ada cetakan waffle tersebut. Anda dapat menyajikan croffle dengan aneka topping selai coklat, strawberry, dan keju. Tidak hanya dalam sajian manis, Anda juga bisa membuat kreasi croffle dengan cita rasa gurih. Hal tersebut tergantung dari topping-nya, seperti sosis dan saus.

5. Seblak

Makanan yang satu ini sepertinya sudah umum bagi masyarakat Indonesia dan hampir mudah menemukannya di setiap sudut kota di Indonesia. Rasanya yang gurih disertai sensasi pedas dengan tingkatan level membuat seblak menjadi makanan yang banyak disukai. Makanan ini yang berasal dari Jawa Barat ini memiliki rasa khas dari bumbu cikur atau kencur. 

Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit. Hanya saja, Anda perlu belajar menemukan resep bumbunya secara pas. Ada beberapa varian menu seblak yang bisa Anda coba seperti seblak ceker, seblak cireng, seblak sosis, seblak komplit dan lainnya. Jika tertarik membuat varian menu yang berbeda pada umumnya, Anda bisa coba membuat seblak keju, seblak udon, dan lain-lain. 

5 Tips Menjalankan Usaha Makanan agar Sukses

Menjalankan bisnis bukanlah hal mudah termasuk bisnis makanan. Meski sudah memilih untuk membuka usaha makanan paling laris saat ini, tidak menjamin bisnis tersebut langsung berhasil. Ada strategi yang harus Anda terapkan secara tepat. Berikut beberapa tips dalam menjalankan bisnis makanan agar sukses.

Tips Menjalankan Usaha Makanan agar Sukses

1. Membuat konsep bisnis

Sebelum memulai bisnis, tentukanlah konsepnya terlebih dahulu. Anda dapat merancang konsep bisnis melalui business plan. Hal ini akan membantu Anda mengidentifikasi karakteristik bisnis Anda sehingga lebih fokus dan terarah. 

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyusun konsep bisnis, yakni jenis bisnis, target konsumen, identitas brand dan produk, sistem operasional, hingga kompetitor. Dalam perancangannya, Anda dapat mengaplikasikan konsep Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT). Konsep tersebut dapat menjadi panduan sebagai tahapan menjalankan bisnis tersebut. 

Konsep bisnis juga membantu Anda memperkirakan modal sekaligus bana dan peralatan yang dibutuhkan. Jadi, Anda tidak membangun bisnis makanan secara asal-asalan atau sekadar ikut-ikutan tren yang sedang viral.

2. Menciptakan resep yang enak

Anda tidak akan berhasil menjalankan usaha makanan paling laris saat ini, apabila belum mampu menemukan resep yang tepat dan enak. Apapun jenis bisnis makanan, akan sulit laku tanpa rasa yang enak. Enak adalah salah satu kunci utama bisnis makanan berhasil. 

Ada berbagai referensi resep yang bisa Anda gali lebih lanjut di internet. Mintalah pendapat atau saran dari beberapa orang terkait masakan tersebut. Anda juga bisa membuat kreasi untuk memodifikasi makanannya sehingga memiliki ciri khas yang membedakan dengan kompetitor. 

Bisa pula dengan melakukan survei pada beberapa pesaing bisnis tersebut, lalu cobalah riset rasa masakannya. Temukan kekurangan atau hal yang bisa ditingkatkan dari makanan tersebut. Kemudian, kembangkan dan implementasikan pada masakan yang Anda buat. 

3. Survei lokasi usaha

Menentukan lokasi usaha yang strategis menjadi poin penting mengingat usaha ini membutuhkan konsumen secara langsung. Pastikan Anda memilih lokasi yang mudah dijangkau orang dan termasuk area ramai. Misalnya, berada di pinggir jalan yang dekat perkantoran atau pertokoan. 

Perlu Anda catat pula, jangan memilih lokasi usaha yang berdekatan dengan bisnis yang serupa. Contohnya, Anda membuka resto mie ayam yang tepat berada di samping restoran ramen dari brand ternama. Hal ini akan meningkatkan persaingan secara langsung sehingga mempersulit bisnis Anda, terutama jika usaha itu baru dirintis. Tentu saja, itu tidaklah mudah karena konsumen cenderung memilih brand yang sudah besar dan populer. 

4. Menentukan harga

Tips berikutnya dalam memulai usaha makanan paling laris saat ini adalah menentukan harga. Menentukan harga makanan akan sulit jika tidak melakukan riset terlebih dahulu. Caranya, lakukan survei di internet pada beberapa platform di media sosial, misalnya. Strategi lainnya, juga bisa dengan cara survei langsung ke restoran yang menjual masakan yang sama dengan bisnis kuliner Anda. 

Melalui cara ini, proses penentuan harga menjadi tidak terkesan mahal atau murah. Namun, harga menu makanan juga perlu menyesuaikan pelayanan yang tersedia. Misalnya, ada fasilitas wifi, ruang baca, desain interior yang estetik, dan semacamnya juga menjadi pertimbangan. Beberapa restoran memang menetapkan harga yang lebih mahal karena sepadan dengan cita rasa dan pelayanannya. 

5. Menjalankan strategi marketing

Strategi marketing dalam usaha makanan paling laris saat ini, yaitu melalui promosi secara online dan offline. Promosi online dengan menggunakan beberapa media sosial yang banyak penggunanya seperti TikTok, Instagram, dan Facebook. Sementara promosi secara konvensional berupa penyebaran brosur atau pamflet untuk menjangkau konsumen di area terdekat. 

Apabila usaha tersebut masih baru, Anda bisa menerapkan strategi dengan memberikan promo khusus disertai challenge untuk menarik massa dengan cepat. Misalnya, challenge berupa posting dan share makanan ke media sosial dengan imbalan diskon. Secara tidak langsung, ini juga membantu memperluas marketing bisnis Anda. 

Sekarang ini, memanfaatkan media sosial menjadi opsi terbaik dalam menjalankan strategi marketing. Desain akun bisnis Anda secara profesional dan buatlah konten menarik secara rutin. 

Strategi marketing juga tidak akan berhasil, apabila salah sasaran dalam menentukan target konsumen. Perusahaan perlu melakukan riset secara tepat untuk mengetahui target konsumen. Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.