ide bisnis makanan online

10+ Ide Bisnis Makanan Online 2022: Lezatnya Tak Akan Pernah Mati!

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Bagaimana Peluang Bisnis Makanan Online Saat Ini?

Compas.co.id – Makanan sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari. Maka, tak heran jika bisnis yang bergerak di bidang food and beverages (F&B) akan selalu hidup. Dilansir dari Media Indonesia, bisnis makanan tak akan kehabisan pelanggan selama masih ada manusia yang memiliki kebutuhan pangan.

Bisnis makanan pun bisa dibilang adaptif terhadap perubahan zaman. Pesatnya perkembangan teknologi tidak jadi penghalang bagi bisnis kuliner untuk terus berkembang. Buktinya, platform-platform e-commerce dan transportasi online banyak yang melebarkan sayap ke bisnis pesan-antar makanan.

Itulah yang menjadi cikal-bakal ramainya peminat bisnis makanan online. Fakta ini didukung oleh data survei yang dilakukan oleh Grab dan NielsenIQ. Dari sana, diketahui bahwa 54% konsumen kini mencari makanan dan resto baru melalui aplikasi pesan-antar makanan.

 

10+ Ide Bisnis Makanan Online, Dijamin Laris!

contoh bisnis makanan online

 

1. Frozen Food

Rajanya makanan praktis, yaitu frozen food jadi urutan pertama ide bisnis makanan online. Sesuai dengan namanya, frozen food adalah makanan yang diolah “setengah jadi”, lalu disimpan dalam lemari pendingin dan harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Identik dengan kepraktisannya, frozen food atau makanan beku kerap jadi favorit. Makanan yang satu ini bisa langsung dimasak kapan saja dan memiliki daya penyimpanan yang cenderung tahan lama di kulkas. Selain itu, frozen food bisa dijadikan camilan ataupun lauk yang dimakan bersama nasi.

Keuntungan lainnya dari berjualan frozen food adalah variasi produk yang sangat beragam, mulai dari nugget, sosis, bakso, chicken katsuegg roll, dan masih banyak lagi. Supaya tidak repot, proses pemasaran dan penjualan frozen food dapat dilakukan dari rumah secara online. Bisa melalui e-commerce, media sosial, bahkan aplikasi chat!

2. Aneka Sambal dalam Kemasan

Kuliner khas Indonesia banyak yang identik dengan sambal. Bahkan, dilansir dari FlokQ, variasi sambal di Indonesia saja sudah mencapai 212 macam. Tak heran mengingat masyarakat di Indonesia memang menyukai sambal, apalagi sambal rumahan!

Kecintaan orang Indonesia terhadap sambal juga dapat dijadikan ide bisnis makanan onlinenih. Terlebih jika yang dijual adalah sambal asli rumahan, bukan varian sachet.

Jika tertarik dengan ide bisnis sambal rumahan, kamu bisa mengemas sambal buatanmu ke dalam jar atau toples kaca yang tertutup rapat, anti bocor, dan tentunya bisa membuat sambal jadi lebih awet. Tipsnya, jangan hanya mengandalkan satu variasi sambal saja. Kamu bisa menjual beberapa jenis sambal agar konsumen tidak bosan dengan versi sambal yang itu-itu saja. Misalnya sambal bajak, sambal geprek, dan sambal cumi.

3. Dessert Box

Beberapa tahun belakangan, dessert box memang sedang tenar-tenarnya. Makanan penutup berupa kue manis yang dikemas dalam box ini seolah tak rela meninggalkan masa-masa kejayaannya. Terlebih jika melihat reaksi masyarakat yang tak juga kehilangan antusias terhadap produk dessert box.

Laris manisnya dessert box dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang begitu besar. Lebib lagi, jika kamu adalah tipe orang yang memang hobi baking. Ibarat “sambil menyelam minum air”, kamu bisa melakukan hobi sambil menjalankan bisnis. Apalagi kalau bisnis dessert box-nya dioperasikan secara online. Jadi, kamu tidak perlu keluar rumah untuk mulai berbisnis!

4. Rice Bowl

Satu lagi ide bisnis makanan online yang sedang happeningYup, produk rice bowl sangat bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Meskipun tampak sederhana, bisnis rice bowl ini justru ramai digandrungi. Dari UMKM hingga restoran besar seperti KFC dan Mujigae pun berlomba-lomba menyediakan produk rice bowl.

Dilansir dari The Cronut Project, rice bowl adalah sebuah konsep makanan yang terdiri dari nasi sebagai sumber karbohidrat, protein berupa lauk pauk, serta sayur yang dikemas dalam sebuah wadah berupa mangkok. Karena disajikan dalam satu mangkok, rice bowl jadi produk makanan yang praktis untuk dibawa dan bisa dimakan dalam waktu singkat.

5. Dessert Sehat: Puding dan Salad Buah

Pola hidup sehat kini menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat. Salah satu upaya untuk mencapai pola hidup sehat adalah dengan rutin berolahraga. Namun, pola hidup sehat tak hanya direalisasikan melalui aktivitas fisik saja, melainkan harus melibatkan konsumsi makanan dan minuman yang sehat pula. Dilansir dari Alodokter, selain berolahraga, asupan makanan dan cairan juga memiliki imbas pada kesehatan.

Menjaga pola makan yang sehat bukan berarti tidak boleh mengonsumsi dessertYup, kini ada inovasi F&B terbaru yang mengusung konsep “dessert sehat”.

Kunci utama dari dessert sehat adalah makanan penutup yang mengandung banyak serat, biasanya dari buah-buahan. Variasi produknya juga cukup beragam, mulai dari pudding hingga salad buah.

6. Katering Diet

Selain dessert, peluang bisnis makanan online lainnya yang tak kalah menyehatkan adalah katering diet. Dewasa ini, ada banyak brand yang bermunculan menawarkan jasa katering diet. Salah satunya Yellow Fit Kitchen yang sedang happening.

Konsep dari katering diet adalah menyediakan makanan diet yang rendah lemak dan kaya nutrisi pada pelanggan. Pemasaran produk katering diet dapat dilakukan secara online. Pelanggan tinggal melakukan pemesanan dari rumah, dan cus pesanan pun siap diantar!

7. Lunch Box

Serupa dengan rice bowl, ide bisnis lunch box juga mengusung konsep makanan lengkap yang terdiri dari karbohidrat, protein, serta sayuran atau buah. Bedanya, lunch box cenderung disediakan khusus untuk memenuhi kebutuhan makan siang.

Bisnis lunch box bisa dilakukan secara online dari rumah dengan target pasar anak sekolahan atau karyawan kantor yang seringkali tak sempat dan tak ingin repot memikirkan menu makan siang. Bisa juga dengan membuka slot catering lunch box per minggunya.

8. Snack atau Camilan

Selanjutnya, ada produk snack atau camilan sebagai peluang bisnis makanan online. Selain enak dan mudah dibawa-bawa, berbisnis camilan juga cenderung mudah dilakukan dari rumah secara online. Apalagi, variasi camilan yang ada di Indonesia pun sangat beragam, mulai dari camilan pedas seperti basreng, camilan dengan rasa gurih seperti keripik kaca hingga yang manis-manis seperti sale pisang.

Dengan pilihan-pilihan camilan yang sangat beragam, pelanggan pun jadi tidak mudah bosan dengan produk camilan yang dijual!

9. Katering Lauk Rumahan

Salah satu masalah yang dihadapi ibu-ibu rumah tangga di Indonesia tak jauh-jauh dari “masak”. Apalagi, jika sang ibu rumah tangga merangkap bekerja sebagai wanita karier yang harus berangkat ke kantor pagi-pagi selepas mengantar anak ke sekolah.

Tak heran, dengan segala kerepotan dan mepetnya kegiatan di pagi hari, membuat mereka jadi enggan menyiapkan lauk yang rumit. Oleh karena itu, sebagian besar memilih frozen food sebagai solusi. Namun, tentu kita tidak bisa selalu mengandalkan frozen food setiap hari, bukan?

Nah, solusi untuk menyediakan lauk yang praktis dan sehat adalah dengan memesan katering lauk rumahan! Apalagi, jika lauk rumahan yang dijual menyediakan pemesanan via online. Ibu-ibu jadi tak perlu repot ke pasar dan memasak lagi. Pokoknya, ide bisnis yang satu ini dijamin laris, deh!

10. Kue Kering

Siapa yang tak mengenal kue kering? Kue kering mendapatkan popularitas karena kehadirannya pada tiap acara-acara keluarga. Mulai dari imlek, natal hingga lebaran, kue kering merupakan panganan yang “wajib ada” di setiap rumah.

Kukis atau kue kering adalah kudapan bercita rasa manis, asin, dan gurih yang biasanya berukuran kecil dan disajikan dalam toples. Untuk menambah rasa dan nilai estetika, kue kering dapat dilengkapi dengan topping keju parut, choco chip, atau gula halus. Variasi dari kue kering pun terbilang banyak, mulai dari nastar, sagu keju, kue kacang, putri salju, dan lain sebagainya.

11. Jajanan Tradisional

Belakangan ini, jajanan tradisional sudah sulit dan jarang ditemukan di mana-mana. Apalagi, jika dicari secara offline. Kalaupun ada, biasanya dijual di pasar-pasar tradisional. Meskipun demikian, kelangkaan jajanan tradisional bisa dilihat sebagai peluang bisnis yang lumayan potensial. Terlebih jika produk jajanannya dipasarkan secara online.

Dengan strategi pemasaran yang dilakukan melalui platform-platform online, pelanggan jadi tidak harus repot-repot berkeliling pasar hanya untuk mendapatkan jajanan tradisional. Kamu bisa menjual berbagai jenis jajanan tradisional, seperti kue putu, klepon, kue apem, pukis bikang, cucur, dan banyak lagi!

12. Makanan Khas Korea

Popularitas Hallyu memang tidak dapat dipungkiri. Pada saat ini, banyak sekali penggemam K-Pop dan K-Drama yang tertarik untuk mengonsumsi makanan dari negara Ginseng ini. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan ide jualan makanan online yang menjanjikan ini!

Ada dua strategi yang bisa Anda jalankan bila hendak menjual makanan Korea. Pertama, Anda bisa berjualan makanan ringan dan makanan kemasan impor dari Korea. Keuntungannya, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan sajian dan menu makanan sendiri. Tidak hanya demikian, beberapa brand memang sudah terkenal sehingga Anda tidak perlu repot mempromosikannya lagi. Tetapi kekurangannya adalah kompetisi yang sengit karena sudah banyak juga pebisnis yang berjualan makanan kemasan dari Korea Selatan.

Strategi yang kedua adalah memasak sendiri menu makanan Korea. Meskipun lebih repot, Anda bisa memberikan nilai unik tersendiri pada sajian yang memang sudah populer. Contohnya, Anda bisa menjual makanan sehat ala Korea atau memadukan menu sajian Korea dengan cita rasa Indonesia.

4 Tips Promosi Bisnis Makanan Online

Agar bisa sukses, tentunya Anda juga perlu menyusun strategi promosi bisnis yang baik. Berikut ini addalah beberapa tips promosi bisnis makanan online yang bisa Anda coba.

1. Gunakan Social Media Marketing

Mengingat ramainya pengguna media sosial saat ini, social media marketing bisa menjadi salah satu strategi pemasaran paling efektif untuk bisnis kuliner Anda. Tidak hanya demikian, social media marketing pun tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Hanya dengan bantuan sebuah smartphone, Anda sudah bisa memulai promosi di berbagai platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Sebelum memulai social media marketing, pastikan untuk melakukan hal-hal ini untuk meningkatkan efektivitasnya:

  • Riset pasar
  • Sesuaikan platform yang digunakan dengan preferensi target pasar
  • Tentukan goals atau tujuan yang jelas
  • Lakukan analisis kompetitor
  • Buat konten yang relevan dan menarik
  • Tentukan waktu posting yang tepat.
  • Manfaatkan ads atau iklan social media berbayar

2. Tampilkan Foto yang Menarik

Saat melakukan promosi bisnis makanan online, aspek visual merupakan salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan upaya pemasaran. Oleh karena itu, tampilkanlah foto makanan Anda yang paling menarik dan menggugah selera.

Tidak perlu kamera yang mahal, dengan bantu teknik pencahayaan yang tepat dan kamera ponsel saj, anda sudah bisa membuat foto makanan terlihat lebih profesional. Tetapi, bila Anda masih ragu dengan kemampuan fotografi Anda, jangan khawatir. Saat ini juga sudah banyak penyedia jasa fotografi produk makanan dengan biaya yang terjangkau pula.

3. Berikan Promo Atau Diskon

Promo dan diskon dipastikan selalu efektif menarik konsumen. Anda bisa memberikan promo atau diskon pada event atau periode tertentu untuk meningkatkan penjualan. Atau, Anda juga bisa menyediakan promo bundling agar konsumen tertarik membeli produk dalam jumlah yang lebih banyak.

Jangan lupa untuk memperhitungkan pemberian promo dan diskon ini secara matang agar tidak menimbulkan kerugian di pihak Anda.

4. Selalu Amati Tren Pasar

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengamati tren pasar. Lakukanlah evaluasi bisnis dan riset pasar secara berkala untuk menentukan strategi bisnis selanjutnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat diketahui ternyata ada banyak ide bisnis makanan online yang dapat dijadikan peluang usaha. Ingat, selain kualitas produk, faktor lainnya yang berandil besar pada kesuksesan sebuah bisnis adalah strategi pemasaran yang didukung dengan analisa yang tepat.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.