Mengenal Apa itu Target Market
Author: Ivana Deva Rukmana
Compas.co.id – Agar penjualan suatu produk bisa laris, penting bagi perusahaan untuk menentukan target market yang tepat. Jika pembuatan sebuah produk telah memiliki tujuan dan sasaran konsumen yang jelas, produk tersebut akan lebih mudah diterima sehingga dapat bersaing di pasar.
Lantas, bagaimana cara menentukan target market yang sesuai dengan tujuan dan sasaran bisnis? Simak tipsnya dalam artikel ini!
Apa itu Target Market?
Target pasar atau target market adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Singkatnya adalah kelompok yang akan dilayani sebagai konsumen. Target pasar biasanya mempunyai rentan umur, sifat dan karakter yang hampir sama.
Umumnya, merencanakan strategi pemasaran yang baik dimulai dengan menentukan target pasar yang potensial. Dengan demikian, kamu bisa menerapkan satu strategi yang efektif untuk menawarkan produk yang kamu jual.
Pentingnya Menentukan Target Market bagi Bisnis Online
Dilansir dari majoo.id, target market adalah hal utama yang benar-benar tidak bisa dilewatkan. Oleh karena itu, target market akan membantu pemilik bisnis online dalam melakukan identifikasi pasar mana yang akan dilayani sebagai konsumen.
Semakin terperinci kategori dari segmentasi pasar, maka akan semakin sempit pula calon konsumen yang akan dituju. Artinya, kamu bisa fokus pada pengembangan produk secara spesifik agar dijadikan langganan oleh konsumen.
Selain itu, target pasar yang lebih spesifik akan lebih efektif untuk usaha atau bisnis yang baru dimulai. Dengan demikian, kamu tidak hanya bisa bersaing dengan bisnis yang memiliki produk serupa, namun juga bisa mendengar langsung pendapat dan masukan dari para konsumen. Tujuannya untuk mengevaluasi produk jadi lebih baik, dengan memahami segmentasi pasar dari produk yang akan dipasarkan, maka pebisnis akan memahami cara branding, pengemasan produk, hingga kegiatan pemasaran yang efektif.
5 Tips Menentukan Target Market Bisnis Anda
1. Mulai dengan Asumsi
Apabila kamu sudah memiliki produk yang ingin dipasarkan, kamu bisa melihat statistik dari pelangganmu saat ini, kemudian membuat daftar target pasar yang menurut kamu potensial untuk produk tersebut. Namun jika kamu belum atau baru akan membuat sebuah produk, kamu bisa mencoba membuat asumsi tentang produkmu dan siapa target pasarnya.
2. Mengetahui Persona Konsumen yang Dituju
Sebelum mengetahui target, Anda harus terlebih dulu mengetahui konsumen seperti apa yang akan menjadi tujuan produk Anda. Untuk bisa menentukannya, Anda bisa melakukan beberapa tahap, yaitu:
- Segmentasi Psikologi: menentukan konsumen berdasarkan minat, gaya hidup, dan tingkat pendidikan.
- Segmentasi Demografi: menentukan jenis konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, dan tingkat pendapatan.
- Segmentasi Geografi: menentukan konsumen berdasar lokasi pemasaran produk. Tujuannya untuk mengetahui karakteristik masyarakat terdekat secara rinci dan menyesuaikan produk yang sesuai untuk dipasarkan pada mereka.
3. Menganalisa dan Menilai Target Pasar
Menentukan target market memang tidak bisa dilakukan secara instan. Anda harus menganalisis dan menilai target di pasaran dengan teliti dan mendetail. Anda bisa memulai tahapannya dari menentukan calon konsumen atau golongan masyarakat, memahami kebutuhan target pasar, lalu terakhir menilai target pasar di masyarakat.
Proses penilaian ini tidak sekedar penilaian sederhana. Pada proses ini, Anda dapat menentukan apakah bisnis Anda dapat berlanjut atau tidak dengan mempelajari lagi minat dan kebutuhan calon konsumen. Setelah itu, sesuaikan dengan produk yang Anda miliki, apakah sudah sesuai dengan yang diminati konsumen atau belum.
Penilaian ini juga dilihat dari kebutuhan konsumen seperti taksiran harga sudah sesuai atau belum, dan faktor lainnya. Apabila dari penilaian tersebut tidak memberikan hasil yang baik, maka Anda harus mencari solusi untuk meningkatkan bisnis online anda agar lebih baik seperti dengan mengganti produk atau solusi lainnya.
4. Memahami Kebutuhan Konsumen
Sebagai pemilik bisnis, Anda juga perlu mengetahui kebutuhan konsumen yang paling utama saat ini. Setelah itu, pahami dengan baik produk apa yang sangat dibutuhkan oleh mereka. Kemudian, Anda dapat menciptakan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan begitu, produk yang Anda jual akan banyak diminati oleh pasar dan angka penjualan pun mengalami peningkatan
5. Memanfaatkan Analytics Tools
Selanjutnya, kamu harus melakukan analisis situasi dengan cermat sebelum menentukan target pemasaran. Analisis situasi tersebut berhubungan dengan konsumen, pemasok, dan distributor. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan perangkat pengolah data atau analytics tools. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui target pasarmu dengan lebih efisien.
Kesimpulan: Mulai Tentukan Target Market Sekarang!
Nah, itulah tadi pembahasan mengenai pengertian, cara, dan tips menentukan target market. Setelah menyimak pembahasan di atas, tentu sekarang Anda sudah mengetahui pentingnya target market untuk bisnis berikut cara menentukannya, bukan?
Sebab, sesuai dengan penjelasan tadi, target market akan membantu Anda untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli, pun memasarkannya sesuai dengan kebiasaan mereka.
Untuk mengetahui target market, Anda harus terlebih dahulu menentukan segmentasinya, baik dari sisi geografi, demografi, maupun ekonomi. Dengan menggunakan data yang tepat, Anda pun bisa memiliki target market yang jelas.
Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar dan menentukan target market sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!
Source: Dashboard Compas.co.id