logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Cara Menentukan Harga Jual Produk Makanan

5 Cara Menentukan Harga Jual Produk Makanan

5 Cara Menentukan Harga Jual Produk Makanan

Author: Ivana Deva Rukmana

Compas.co.id – Sebelum memulai bisnis, hal penting yang harus dilakukan adalah menyiapkan dan menentukan harga produk. Dalam menentukan harga jual produk, Anda tentu tak bisa “asal tembak”.

Ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan saat akan menentukan harga jual produk. Ingin tahu penjelasan lengkapnya? Simak pembahasannya di bawah ini!

Pentingnya Menerapkan Harga Jual Produk Makanan dengan Baik

Menentukan harga jual produk Anda dengan tepat dapat meningkatkan jumlah penjualan produk Anda, menciptakan fondasi sebagai dasar bisnis Anda akan berhasil. Strategi menentukan harga jual produk yang salah akan membuat masalah yang mungkin tidak dapat diatasi oleh bisnis Anda kedepannya.

5 Tujuan Menetapkan Harga

Berikut adalah tujuan mengapa Anda harus menetapkan harga jual produk. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

1. Memaksimalkan Keuntungan

Tujuan penetapan harga jual adalah untuk memaksimalkan keuntungan yang didapatkan. Untuk memaksimalkan pendatapan keuntungan bisnis Anda sebaiknya menetapkan jarak antara harga beli dan harga produksi. Semakin tinggi jaraknya maka keuntungan akan semakin tinggi. Anda juga harus berhati-hati ketika menetapkan jarak harga di pasar agar dapat memaksimalkan keuntungan.

2. Mendapatkan dan Mempertahankan Pasar

Salah satu tujuan untuk menetapkan harga pasar adalah untuk mendapatkan dan mempertahankan pasar. Tujuan dilakukan untuk meletakan target dan daya beli konsumen pasar. Sehingga perusahaan dapat menentukan harga yang tepat untuk sebuah produk yang nantinya akan tersedia di pasar dan untuk menarik perhatian konsumen dan pasar kearah produk Anda.

3. Melakukan Pengembalian Modal Usaha

Tujuan yang akan Anda dapatkan selanjutnya adalah Anda dapat melakukan pengembalian modal usaha. Dengan cara ini sebuah perusahaan dapat melakukan pengembalian modal usaha dengan tingkatan yang tinggi. Sehingga perusahaan dapat memiliki keuntungan yang tinggi dari modal usaha yang sudah dikembalikan.

4. Melakukan Stabilitas harga

Tujuan menetapkan harga jual adalah untuk melakukan stabilitas harga. Tujuan dari cara ini adalah untuk penurunan harga yang dilakukan di sebuah perusahaan yang dapat mengakibatkan pesaingnya juga ikut menurunkan harga jual. Stabilitas harga bertujuan untuk mencegah perang harga yang disebabkan oleh perusahaan dan kompetitornya.

5. Menjaga Kelangsungan Perusahaan

Tujuan terakhir menetapkan harga jual adalah untuk menjaga kelangsungan dan keutuhan suatu perusahaan. Suatu perusahaan dapat meneteapkan harga jual yang sangat tinggi atau sangat rendah. Tetapi tindakan seperti itu dapat mengancam kelangsungan dan keutuhan perusahaan. Dengan penetapan harga yang sangat tinggi maupun rendah akan membuat perusahaan tidak mendapatkan keuntungan.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menghitung Harga Jual Makanan Secara Online

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menghitung Harga Jual Makanan Secara Online

1. Tentukan Target Pasar

Harga jual makanan harus sesuai dengan target pasar. Misalnya Anda ingin buka kedai kopi di wilayah Jakarta Selatan tepatnya di kawasan perkantoran, maka harga jual tinggi masih masuk akal karena sesuai dengan tipe konsumennya— diikuti dengan kualitas rasa dan suasana yang nyaman.

Sebaliknya, bila Anda buka kedai kopi di dekat kampus atau wilayah kelas menengah maka harga jual harus seimbang atau tidak lebih mahal dari rata-rata kedai kopi lain di sekitarnya.

2. Hitung Modal, Biaya Produksi, dan Distribusi

Anda harus rinci menghitung modal, biaya produksi dan distribusi, biaya packaging, serta biaya lainnya.

Ini termasuk harga semua bahan baku makanan dengan pembulatan ke atas, tetap harus dihitung harganya walaupun Anda mengambil bahan baku dari kebun sendiri atau diberi orang lain.

Disarankan untuk membeli bahan baku di grosir, vendor, atau supplier terpercaya yang memberikan harga lebih murah.

3. Analisis Harga Kompetitor

Anda harus survei titik harga kompetitor. Misalnya kompetitor menjual seporsi ayam geprek seharga Rp15.000, maka Anda bisa pasang harga yang sama atau jadi Rp14.000 sebagai bentuk promosi.

Anda bisa menutupi harga Rp1.000 dengan menaikan harga menu lain, misalnya es teh manis atau bila ingin tambah sambal gepreknya.

4. Tambahkan Value Bisnis

Anda bisa menetapkan harga jual makanan yang sedikit lebih tinggi dari pasaran dengan menaikan value bisnis Anda.

Bukan hanya makanan enak atau porsinya lebih besar, tapi buat suasana warung, cafe, atau restaurant jadi lebih bagus dan instagramable lengkap dengan WiFi gratis.

5. Tentukan Persentase Keuntungan

Sebaiknya, Anda sudah memiliki gambaran berapa persen keuntungan yang ingin didapatkan dari setiap menu. Misalnya, 5%, 35%, atau 50% profit dari jumlah modal yang dikeluarkan untuk produksi.

5 Cara Menghitung Harga Jual Produk Makanan Secara Online

Terdapat 5 cara yang bisa Anda terapkan untuk menghitung harga jual produk makanan, yakni margin pricing mark-up pricingbundlingmanufactured retail price, dan keystone pricing.

1. Margin Pricing

Margin pricing adalah metode di mana Anda menentukan harga jual terlebih dulu untuk mengetahui berapa nilai keuntungan yang akan didapatkan dan apakah margin keuntungan tersebut sesuai dengan perkiraan.

Adapun rumus menghitung Margin Pricing adalah sebagai berikut.

Margin = (Harga Jual – Harga Modal) : Harga Jual

2. Mark-Up Pricing

Menentukan harga jual makanan dengan metode mark-up pricing, berarti Anda menambahkan persentase keuntungan dari biaya modal dagang Anda.

Caranya, setelah Anda mengkalkulasi seluruh biaya produksi, Anda akan menambahkan (markup) harganya untuk nilai keuntungan. Berikut adalah rumus perhitungan mark-up pricing.

Harga Jual = Bahan Baku Modal + (Bahan Baku Modal x Markup)

3. Bundling

Metode pricing yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin membuat produk bundling. Menentukan harga untuk promo bundling (menjual paketan beberapa produk sekaligus). Harga bundling dapat dihitung dengan mudah menggunakan rumus berikut.

Harga Jual = Modal x 2

Misalnya, modal produksi + profit segelas es boba adalah sebesar Rp15.000. Anda ingin menjual bundle product berisi 2 gelas boba. Jadi, harga jual per bundle-nya adalah Rp15.000 x 2 = Rp30.000.

Biasanya, produk bundling dijual dengan harga yang lebih murah dibanding harga aslinya. Anda bisa memberikan promo sedikit dengan menjualnya seharga Rp28.000 untuk 2 gelas es boba.

4. Manufactured Retail Price

Manufactured Retail Price adalah cara menentukan harga jual produk berdasarkan rekomendasi dari produsen.

Misalnya, Anda adalah reseller keripik kaca yang sedang viral. Produsen menjual keripik kaca ke Anda dengan harga Rp5.000 per bungkus dan dia memberi saran ke Anda untuk menjualnya seharga Rp7.000 per bungkus.

Manufactured Retail Price ini bertujuan agar semua reseller menjual dengan standar harga yang sama sehingga pasar keripik itu tetap stabil. Tidak ada perang harga antara penjual dan konsumen pun tidak bingung bila ada yang menjual dengan harga lebih mahal atau murah.

5. Keystone Pricing

Keystone Pricing adalah metode penetapan harga dengan menambahkan keuntungan 50% dari harga modal. Misalnya, Anda membeli keripik dengan harga Rp5.000 per bungkus, lalu Anda menjualnya kembali ke konsumen akhir seharga Rp10.000.

Ini adalah teknik penjualan klasik yang biasanya dilakukan oleh toko retail. Penjual di tempat wisata atau produk-produk yang sedang diminati harganya lumayan melambung karena penjualnya menetapkan harga dengan keystone pricing. Cukup jarang pedagang kuliner yang mematok harga dengan cara keystone pricing.

Kesimpulan

Setelah membaca pembahasan mengenai metode penentuan harga jual, dapat diketahui bahwa terdapat berbagai jenis strategi penetapan harga dalam bisnis.

Namun, perlu diingat bahwa strategi dalam bisnis tidak ada yang pasti. Perlu pendekatan yang cocok untuk semua jenis produk, bisnis, atau pasar. Dalam menentukan harga jual produk, biasanya melibatkan beberapa faktor-faktor kunci tertentu, termasuk menentukan target pelanggan Anda, mengetahui berapa banyak pesaing dalam segmen produk yang sama, dan memahami hubungan antara kualitas dan harga.

Pilihlah strategi penetapan harga jual produk yang sesuai dengan tujuan dan ciri khas bisnis Anda.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.