logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Jualan Makanan Online Paling Laris

5 Jualan Makanan Online Paling Laris

5 Jualan Makanan Online Paling Laris

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Mau bisnis tapi modal terbatas? Jangan jadikan dana sebagai hambatan karena ada banyak bisnis minim budget yang bisa Anda coba, salah satunya bisnis jualan makanan online. Pilihlah bisnis jualan makanan online paling laris dan raup keuntungannya. 

Peluang Jualan Makanan Online Saat Ini

Dari sekian banyak jenis bisnis, banyak orang memilih usaha jualan makanan online seiring pesatnya penggunaan teknologi digital. Apalagi saat terjadi pandemi Covid-19, berbagai sektor bertransformasi ke arah digital. Penggunaan layanan online food kian meningkat untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang harus Work From Home (WFH).

Hasil survei Grab bersama NielsenIQ dalam Laporan Tren Kuliner pada tahun 2021 menemukan bahwa 54% konsumen mencari makanan dan restoran baru di aplikasi pengantar makanan. Survei juga membuktikan sekitar 72% konsumen GrabFood memesan makanan dalam porsi lebih besar pada periode waktu tersebut. Ini menunjukkan bahwa ada perubahan gaya hidup dalam pola konsumsi masyarakat Indonesia, khususnya saat pandemi Covid-19 berlangsung. 

Meski pandemi sudah usai, bukan berarti tren food delivery mengalami penurunan. Justru masyarakat mulai terbiasa dengan membeli makanan online hingga tanpa sadar hal tersebut sudah menjadi budaya. 

Bahkan, survei terbaru dari lembaga Jajak Pendapat (Jakpat) mengungkap bahwa rata-rata karyawan memesan makanan dan minuman online frekuensinya mencapai 3 kali per minggu. Sebanyak 1.624 responden dari sejumlah kota besar di Indonesia melakukan survei tersebut pada 25-26 Mei 2022 lalu. 

Kondisi ini dapat menjadi momentum bagi Anda untuk membuka usaha jualan makanan online paling laris. Masalah soal persaingan, Anda tidak perlu khawatir karena riset memprediksi bisnis tersebut akan naik peluangnya di Indonesia. 

Hasil riset Statista memperkirakan bisnis makanan di Indonesia akan meningkat sebesar 10,79% hingga tahun 2025 nanti. Maka, ambillah kesempatan tersebut dengan mulai menentukan ide jualan makanan terlebih dahulu. 

5 Jualan Makanan Online Paling Laris di Tahun 2022

5 Jualan Makanan Online Paling Laris di Tahun 2022

Ada puluhan atau bahkan ratusan ide bisnis makanan online yang bisa Anda coba. Namun, jenis makanan online apa yang besar peluang bisnisnya? Berikut beberapa ide jualan makanan online paling laris pada tahun 2022 yang bisa jadi referensi. 

1. Camilan kering

Camilan kering merupakan makanan ringan yang tidak pernah sepi peminat dan disukai semua kalangan. Modal untuk memulai bisnis tersebut juga tidak besar sehingga cocok bagi pebisnis pemula yang minim dana. Ada berbagai jenis camilan kering yang bisa Anda jadikan bisnis, yakni keripik, kerupuk, basreng, mie lidi, makaroni pedas,dan lainnya. 

Jualan makanan online paling laris yang satu ini tidaklah sulit karena Anda tidak harus memproduksi sendiri camilan kering tersebut. Temukan supplier tepat yang memproduksi camilan tersebut, kemudian jual dalam bentuk grosiran. Cara seperti ini akan lebih efisien dan sudah banyak yang membuktikan keuntungannya. 

2. Salad buah

Pencarian mengenai makanan sehat terus meningkat seiring tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya asupan nutrisi. Ide bisnis makanan menyehatkan yang bisa Anda coba adalah salad buah. Salad buah terbuat dari berbagai jenis buah-buahan dengan campuran beberapa bahan lainnya seperti yogurt dan susu. 

Tentunya, makanan tersebut mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin, mineral, dan masih banyak lagi. Tak heran, banyak yang menyukai makanan tersebut terutama bagi yang sedang diet. Dengan menjual makanan ini, Anda sekaligus bisa mempromosikan pola makan sehat. 

3. Katering sehat

Selain salad buah, ide bisnis makanan sehat online berikutnya adalah katering sehat. Bisnis ini menjadi solusi bagi kalangan yang sedang diet atau sedang menjaga pola makan. Bisnis tersebut juga sedang populer di beberapa kota besar. 

Anda dapat menemukan berbagai resep katering sehat di internet untuk membuat aneka menu sehat tersebut. Selain itu, menerapkan pre order terlebih dahulu saat menjalankan bisnis ini juga akan memudahkan Anda dalam memasaknya. 

4. Frozen food

Ketika sibuk bekerja dan tidak sempat memasak, frozen food dapat menjadi menu andalan yang mengenyangkan. Untuk itu, banyak yang menyimpan frozen food di rumah terutama bagi masyarakat perkotaan yang padat aktivitasnya. Tak heran, frozen food menjadi salah satu jualan makanan online paling laris sekarang ini. 

Beberapa jenis frozen food yang bisa Anda jual di antaranya nugget, bakso, tempura, risol, siomay, sosis, dan lainnya. Anda dapat memproduksi sendiri makanan tersebut atau menjadi supplier. Makanan ini juga dapat disimpan dalam waktu lama sehingga Anda tidak perlu risau jika tidak terjual habis. 

5. Kue kering

Jualan kue kering adalah bisnis yang ramai sepanjang waktu. Konsumen tidak hanya mencari kue kering saat lebaran atau perayaan hari besar tertentu. Pada dasarnya, makanan ini akan selalu laku karena bisa menjadi camilan sehari-hari. 

Selain itu, masyarakat Indonesia juga biasa menyajikan kue kering untuk tamu atau sekadar oleh-oleh. Jika suka membuat makanan manis tersebut, bisnis ini sangatlah cocok Anda terapkan. Namun, bisa pula menjualnya melalui kerja sama dengan agen kue agar lebih praktis. 

5 Tips Berjualan Makanan secara Online

Jualan makanan sebenarnya bisnis yang mudah, tapi tidak sedikit pula yang gulung tikar karena tidak laku. Untuk itu, Anda perlu menerapkan strategi yang tepat dalam berbisnis makanan. Meski jualannya online, ketahui beberapa tips berikut agar bisnis makanan Anda berhasil. 

1. Menemukan ide bisnis yang tepat

Memilih jualan makanan yang sedang viral bisa menghasilkan untung yang besar. Namun, tidak menjamin bisnis tersebut akan selalu laris. Pilih ide bisnis yang tepat, bukan hanya mengikuti tren tanpa melakukan riset pasar. 

Hal ini sangatlah penting agar bisnis tersebut berjalan secara berkelanjutan. Bisnis yang bagus adalah usaha yang memberikan solusi atau memenuhi kebutuhan konsumen. Temukan ide bisnis makanan yang potensial di sekitar Anda. 

Misalnya, saat ini sedang tren makanan Korea tapi belum ada yang membuka usaha tersebut di wilayah Anda. Padahal, banyak anak muda yang tertarik berdasarkan riset kecil-kecilan yang pernah Anda lakukan. Maka, masakan Korea tersebut bisa jadi ide terbaik sebagai usaha jualan makanan paling laris. 

2. Menentukan target pasar

Ide bisnis yang tepat tapi konsumennya salah sasaran, tentu tidak akan sukses. Mengetahui target pasar akan membantu Anda menyusun strategi marketing yang akurat. Saat Anda tahu konsumennya, maka akan lebih mudah melakukan promosi.

Lakukan survei atau riset sederhana untuk memperoleh data mengenai konsumen. Misalnya, survei ke teman sekitar, melalui media sosial, atau pencarian data di internet. Poin yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan target pasar, yaitu usia, jenis kelamin, wilayah, kelompok masyarakat, dan sebagainya. 

3. Merancang brand makanan

Sebuah brand menjadi tanda pengenal dalam sebuah bisnis. Buatlah nama brand yang mudah diingat, unik, dan menarik sehingga membedakan bisnis Anda dengan yang lainnya. Brand juga menggambarkan visual dari produk yang Anda jual. 

Sebagai pebisnis, Anda dapat membuat nama brand yang baru, memodifikasi nama yang sudah ada, atau membuat singkatan dari beberapa kata. Agar lebih menarik, Anda juga bisa melengkapinya dengan slogan atau jargon. Contohnya dari produk minuman ternama seperti Teh Botol Sosro, Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro. Dengan begitu, audiens akan mudah mengenali brand makanan Anda. 

4. Membuka toko online

Setelah Anda memutuskannya dengan matang, tips berikutnya adalah membuka toko online. Anda bisa memanfaatkan e-commerce atau membuka toko via website. Namun, sebagian besar memang memilih buka toko via e-commerce karena ada keuntungan yang diperoleh jika bermitra. 

Dalam membuka toko di e-commerce, tata dan isi data toko secara lengkap dan profesional. Hal ini penting guna memberi kesan bahwa toko tersebut kredibel. Tak hanya itu, sertakan foto produk secara proporsional karena itu mudah menarik calon konsumen. 

5. Menjalankan strategi digital marketing

Saat jualan makanan online paling laris, maka Anda memerlukan strategi digital marketing. Bisnis online sangat membutuhkan strategi tersebut untuk mencapai target pasar sehingga tujuannya bisa tercapai. 

Beberapa contoh digital marketing yang bisa Anda implementasikan diantaranya platform media sosial (Instagram, TikTok, Facebook, dan Twitter), email marketing, website, dan lainnya. Strategi ini juga menyediakan data sehingga Anda dapat mengukur kesuksesannya melalui metrik yang tersedia dalam aplikasi atau menggunakan analytic tools

Strategi marketing tersebut tidak akan berhasil, apabila salah sasaran dalam menentukan target konsumen. Perusahaan perlu melakukan riset secara tepat untuk mengetahui target konsumen. Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.