Apa itu Branding Produk

Pengertian dan Manfaat Branding Produk

Pengertian dan Manfaat Branding Produk

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Pada artikel sebelumnya, Compas telah membahas mengenai cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun branding produk. Mengingat betapa pentingnya branding untuk keberlangsungan bisnis Anda, pada artikel kali ini, Compas memutuskan untuk kembali mengangkat topik yang sama.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mencari cara untuk melakukan branding produk secara efektif dan efisien, simak artikel ini hingga tuntas!

 

Apa itu Branding Produk?

Brand merupakan istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada sebuah merek dagang. Branding sendiri berarti serangkaian tindakan yang dilakukan oleh perusahaan agar produk-produknya bisa melekat di pikiran konsumen.

Tujuan utama kegiatan branding produk adalah untuk mengenalkan brand perusahaan serta membangun reputasi yang positif agar citra perusahaan selalu baik di mata pelanggan. Pencitraan yang perusahaan lakukan tersebut bisa membangun kepercayaan konsumen pada perusahaan.

 

5 Manfaat Branding Produk bagi Pemilik Bisnis Online

Bagi pemilik bisnis online, tentu tak asing lagi dengan pemanfaatan berbagai platform digital sebagai wadah marketing dan branding produk.

Pasalnya, praktik pemanfaatan platform online sebagai “tempat berjualan” kini sudah menjadi hal yang lumrah. Sejumlah platform digital yang difungsikan sebagai tempat jual-beli diantaranya adalah media sosial, website, aplikasi e-commerce hingga forum online.

 

1. Membedakan Produk Dibanding Kompetitor

Di tengah maraknya gempuran pebisnis yang menjajakan produk secara online, pertama-tama Anda harus melakukan branding sebagai pembeda antara produk garapan Anda dengan produk milik kompetitor. Dengan demikian, produk bisnis Anda bisa stand out di pasaran dan senantiasa diingat oleh konsumen.

 

2. Membangun Citra Perusahaan

Kedua, branding produk juga bermanfaat untuk membangun citra perusahaan. Sebab, jika suatu perusahaan memiliki citra positif di mata masyarakat, maka produk-produknya pun akan lebih mudah dikenal banyak orang dengan citra dan kualitas produk yang positif pula.

 

3. Mempengaruhi Psikologi Konsumen

Yang ketiga, branding juga dapat mempengaruhi psikologi konsumen. Jika sebuah produk telah mempunyai branding yang kuat, maka saat itu juga kepercayaan pelanggan jadi mudah untuk digenggam. Hal ini disebabkan mereka telah menganggap bahwa perusahaan Anda sangat profesional di bidangnya. Hal ini berbeda dengan produk baru yang belum memiliki branding apapun. Biasanya, konsumen cenderung ragu dan menganggapnya sebagai produk abal-abal.

 

4. Meningkatkan Daya Tarik Produk

Selanjutnya, daya tarik dan promosi juga bisa didapatkan melalui branding produk yang kuat. Sebab, apabila suatu produk mempunyai branding yang terkenal dan kuat, produk tersebut secara otomatis akan mempunyai daya tarik tersendiri bagi konsumen.

 

5. Mengendalikan Pasar

Yang kelima— sekaligus terakhir— branding produk juga memiliki manfaat sebagai alat pengendali pasar. Ketika kegiatan pencitraan berhasil dilakukan dengan baik, maka produk Anda tentu akan mempunyai nama yang populer. Hal tersebut akan mempermudah brand dalam mengendalikan pasar.

Pengendalian pasar ini dapat dilakukan karena sebagian besar masyarakat telah dapat mengingat dan mengenal produk perusahaan dengan sangat baik.

 

Cara Branding Produk yang Efektif

Sebetulnya, ada berbagai cara yang dapat Anda jalankan guna menciptakan branding untuk sebuah produk. Namun, berikut Compas telah merangkum sejumlah cara yang dinilai paling efektif dalam melakukan branding.

Cara Branding Produk yang Efektif

Yang pertama, Anda harus menonjolkan aspek kualitas dari produk yang dijual. Sebab, produk dengan kualitas terbaik dapat menjadi branding yang sangat kuat. Hal ini berkaitan dengan faktor kualitas yang menentukan tingkat kepuasan konsumen.

Dari kacamata konsumen sendiri, tak jarang produk yang dibuat oleh perusahaan ternama dipandang memiliki “kasta” yang lebih tinggi dibandingkan produk yang belum dikenal.

Kualitas produk terbaik akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi produk Anda dibandingkan dengan produk lain yang dibuat kompetitor.

Selanjutnya, di samping menonjolkan kualitas produk, branding produk juga dapat dilakukan dengan pembuatan kemasan yang unik. Saat berbelanja, hal pertama yang menjadi first impression dan daya tarik adalah kemasan produk yang unik. Keunikan desain kemasan dapat membuat produk Anda jadi terlihat stand out diantara produk serupa yang digarap kompetitor.

Dengan begitu, konsumen akan langsung tertarik dan berminat pada produk Anda. Setelah tertarik untuk “mengambil” produk Anda, langkah selanjutnya yang dilakukan konsumen adalah membaca detail informasi produk yang ada pada kemasan hingga akhirnya tertarik untuk membeli. 

Yang ketiga, Anda dapat melakukan branding produk dengan cara mengikuti berbagai pameran, bazar hingga event. Meskipun terdengar sederhana, nyatanya keikutsertaan Anda dalam acara-acara ini juga bisa jadi peluang yang bagus dalam mengupayakan branding produk.

Dengan mengikuti pameran, bazar, maupun event, Anda bisa memastikan reaksi pengunjung terhadap produk yang dijual. Dari sanalah, Anda dapat melakukan pencatatan mengenai hal-hal yang bisa ditingkatkan dari produk Anda.

Yang perlu diingat, selalu pastikan bahwa tema event ini sudah sesuai dengan identitas produk Anda. Misal, jika Anda menjual produk makanan daerah, maka Anda disarankan mengikuti pameran budaya hingga pameran kuliner nusantara yang memang memberikan spot khusus untuk stand makanan. 

Untuk cara yang terakhir, barangkali lebih cocok bagi Anda yang secara khusus menyediakan budget lebih untuk marketing. Sebab, cara yang  satu ini akan melibatkan iklan produk. Yup, cara efektif lainnya untuk branding produk adalah dengan membuat iklan.

Iklan sendiri memiliki beberapa fungsi yang perlu, antara lain untuk menginformasikan suatu produk atau jasa ke masyarakat, menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk, dan lain sebagainya. Biasanya, iklan ditayangkan melalui media-media di tempat yang banyak “dilihat” orang, seperti televisi, koran, banner, atau spanduk.

Membuat iklan tentu tidak mudah dan murah. Anda harus menunjuk vendor yang secara khusus memiliki kemampuan dan pengalaman dalam pembuatan iklan.

Namun, dengan adanya berbagai media online yang menyediakan fitur iklan (adsense), kini iklan pun dapat ditayangkan dengan harga yang lebih terjangkau. Anda bisa memanfaatkan iklan digital yang ada di platform online, mulai dari endorsement hingga Google Adsense.

 

Kesimpulan: Pentingnya Branding Produk bagi Bisnis

Untuk mengurai persoalan mengenai pentingnya branding produk bagi bisnis, Compas akan memberikan satu contoh branding produk yang sukses.

Sebetulnya, sudah banyak kasus branding produk yang sukses di pasaran. Salah satu brand yang dapat dijadikan highlight dalam upaya branding produk adalah Wardah.

Kalau Anda merupakan seorang beauty enthusiast, tentu Anda tak asing lagi dengan brand lokal yang satu ini. Apalagi, kini brand tersebut lekat dengan identitas merek kecantikan paling halal di Indonesia.

Wardah dikenal sebagai brand “halal”. Hal ini cukup mengherankan, mengingat ada lusinan beauty brand yang memperoleh sertifikasi halal. Namun, seolah hanya Wardah yang stand out dengan ciri “halal”.

Nah, apa yang dilakukan oleh Wardah merupakan salah satu contoh dari branding sukses. Tanpa branding, bukan hal yang mustahil jika Wardah akan kesulitan untuk menjadi brand yang stand out di pasaran.

Namun, perlu diingat juga bahwa kesuksesan Wardah tak semata-mata berasal dari branding produk saja. Selain branding halalnya, Wardah pun dikenal sebagai brand yang selalu tampil inovatif dalam meluncurkan produk-produk baru. Selain itu, Wardah juga tidak pelit untuk melakukan riset pasar sebelum membangun sebuah produk.

Nah, jika ingin sukses berbisnis seperti Wardah, maka Anda tak boleh tanggung-tanggung dalam melakukan riset pasar dan survei konsumen.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2025 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.