logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Kelebihan Digital Marketing Bisnis

5 Kelebihan Digital Marketing Bisnis

5 Kelebihan Digital Marketing Bisnis

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Digital marketing saat ini menjadi topik yang umum dalam bisnis seiring pesatnya berbagai sektor bertransformasi secara digital. Ada banyak kelebihan digital marketing dalam dunia bisnis sehingga banyak pebisnis yang menerapkan strategi tersebut terutama dalam industri digital. Untuk itu, menemukan strategi digital marketing yang tepat merupakan hal penting untuk meningkatkan profit perusahaan. 

 

Apa Itu Digital Marketing?

Pada tahun 2022 ini, mendengar istilah digital marketing rasanya bukanlah hal yang asing. Dilansir dari American Marketing Association, digital marketing merupakan metode atau komponen dalam marketing yang memanfaatkan internet dan teknologi digital seperti komputer, handphone, serta media digital lainnya. Digital marketing adalah suatu strategi pemasaran dari produk dari suatu brand  yang dilakukan secara online dengan menggunakan teknologi yang ada. 

Secara sederhananya, digital marketing merupakan metode pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital. Metode yang dimaksud berupa mempromosikan atau memasarkan produk melalui saluran digital seperti website, email, perangkat seluler, atau berbagai media sosial. 

Kini, dunia bisnis tidak lepas dari digital marketing mengingat besarnya potensi industri digital yang sekarang ini kian berkembang. Data WeAreSocial dan Kepios mengungkap bahwa pengguna internet di dunia pada tahun 2022 sudah mencapai 4,95 miliar orang. 

Sementara dalam negeri, pengguna internet Indonesia sebesar 204 juta orang lebih. Artinya, sebanyak 74% masyarakat di Indonesia sudah mengakses internet. Inilah potensi yang menjadi kelebihan digital marketing sehingga besar urgensinya untuk menjalankan strategi bisnis. 

Namun, bukan berarti semua sektor bisnis di Indonesia mengimplementasikan digital marketing. Padahal, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila tahu cara menerapkan digital marketing yang tepat.

 

5 Kelebihan Digital Marketing Dibanding Marketing Konvensional

Bagi yang tahu penerapannya, menjalankan digital marketing dalam bisnis memang memiliki lebih banyak keuntungannya. Meski demikian, tidak sedikit pula yang masih melestarikan marketing konvensional atau malah menjalankan kedua strategi tersebut. Lantas, apa saja kelebihan digital marketing dibandingkan marketing secara konvensional? 

Kelebihan Digital Marketing Dibanding Marketing Konvensional

1. Lebih hemat

Hal yang paling utama dalam memulai bisnis adalah memiliki modal. Saat modal terbatas, digital marketing menjadi opsi terbaik untuk melakukan promosi. Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk menyewa reklame atau billboard, membuat banner, dan baliho.

Cukup dengan menerapkan digital marketing secara tepat, Anda dapat menjangkau konsumen dimanapun dan kapanpun melalui teknologi digital. Sementara marketing konvensional yang berupa benda fisik, membutuhkan lebih banyak biaya seperti pencetakan dan pemasangan iklan. Kelebihan digital marketing inilah yang menjadi pertimbangan besar bagi para pebisnis dalam  membuat strategi marketing. Hanya bermodalkan kuota dan perangkat elektronik, strategi tersebut dapat Anda lakukan.

 

2. Lebih mudah dan efisien

Keunggulan digital marketing berikutnya, yakni pengaplikasiannya yang mudah dan efisien. Saat melakukan marketing konvensional, Anda harus membuat media promosi dan memilih lokasi yang strategis sehingga lebih banyak menghabiskan waktu dan tenaga. 

Sebaliknya, digital marketing dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja selama tersedia paket internet. Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk mulai menjalankan digital marketing tersebut. Anda hanya perlu rutin membuat konten yang menarik lalu membagikannya sehingga strategi ini bisa dilakukan di rumah. 

 

3. Jangkauan konsumen lebih luas

Kelebihan digital marketing dibandingkan marketing konvensional  berikutnya adalah luasnya jangkauan calon konsumen. Marketing konvensional seperti baliho atau billboard hanya bisa menjangkau konsumen tertentu karena hanya dibatasi lokasi pemasangan iklan. Misalnya, Anda memasang iklan di pinggir jalan A. Maka, calon konsumen yang mengetahui hal tersebut hanya orang-orang yang melewati area tersebut. 

Sedangkan digital marketing dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen karena tidak ada batasan lokasi. Strategi tersebut berwujud digital sehingga siapapun yang mengakses internet dapat menjangkaunya pula. Selain itu, Anda dapat menjangkau konsumen dari berbagai belahan dunia sehingga memperbesar peluang mencapai pasar internasional. 

 

4. Lebih tepat sasaran

Sudah berusaha keras menjalankan strategi marketing tapi tidak kunjung berhasil? Bisa jadi marketing bisnis Anda belum mencapai target secara tepat atau justru salah sasaran. Hal ini bisa saja terjadi ketika Anda sembarangan memilih lokasi untuk melakukan marketing konvensional. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir soal target konsumen karena bisa memfokuskannya melalui digital marketing. Strategi tersebut akan membantu Anda mengetahui konsumen secara tepat dan potensial sehingga marketing bisnis lebih terarah. Dengan begitu, pemasaran dapat berjalan lebih efektif menyesuaikan persona dari calon konsumen bisnis Anda. 

 

5. Terukur

Apakah Anda bisa mengukur seberapa besar dampak marketing konvensional yang sudah diterapkan? Tentu saja tidak bisa karena strategi tersebut tidak menyediakan data sehingga Anda tidak dapat mengukur kesuksesannya. Sementara pada digital marketing, Anda dapat mengumpulkan data konsumen. Inilah kelebihan digital marketing yang harus Anda ketahui karena data tersebut bermanfaat dalam pengembangan bisnis. 

Berbagai platform digital menyediakan fitur-fitur yang bisa menampilkan metrik pada strategi bisnis Anda. Melalui metrik tersebut, Anda dapat mengetahui data konsumen seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan lainnya. Data tersebut dapat dianalisis untuk mengukur kesuksesan strategi bisnis. Di sisi lain, data tersebut juga membantu untuk memutuskan strategi bisnis yang tepat kedepannya. 

 

5 Jenis Strategi Digital Marketing yang Bisa Anda Coba

Jika Anda ingin membuktikan berbagai kelebihan digital marketing tersebut, sebaiknya ketahui beberapa jenis strategi digital marketing. Berikut 5 contoh digital marketing yang dapat Anda coba. 

Jenis Strategi Digital Marketing

1. Website

Strategi digital marketing dapat dimulai dengan membangun website perusahaan. Dalam dunia bisnis, website dapat menggambarkan profesionalisme perusahaan Anda. Website juga bisa menjadi media pengenalan atau katalog dari bisnis tersebut. Melalui website, audiens akan mudah menjangkau dan menggali informasi tentang bisnis perusahaan.  

Biaya untuk membangun website juga tidak banyak. Biasanya, Anda hanya butuh mengeluarkan budget untuk membeli domain atau menyewa jasa seperti beberapa agensi marketing tertentu.

 

2. Social media marketing

Contoh strategi digital marketing yang paling umum dan saat ini banyak digunakan adalah melalui media sosial. Beberapa media sosial yang berpotensi besar menjangkau audiens di antaranya TikTok, Instagram, Facebook,dan Twitter. Anda dapat melakukan promosi satu konten lalu membagikannya ke beberapa platform tersebut sekaligus. Dengan kelebihan digital marketing tersebut, promosi dapat dilakukan lebih gencar dan maksimal. 

 

3. Email marketing

Selain membagikan konten di media sosial, Anda juga dapat mengaplikasikan strategi bisnis melalui email marketing. Dalam pelaksanaannya, perusahaan harus memiliki data email calon konsumen. Biasanya, perusahaan dapat memperolehnya melalui pengisian survei atau feedback dari suatu kegiatan tertentu. Dengan menggunakan email, perusahaan dapat mengirimkan promosi berupa newsletter atau update info seputar produk bisnis. 

 

4. Pay per click (PPC)

Jenis digital marketing yang satu ini sifatnya tidak organik karena perusahaan perlu membayar kepada pihak lain agar bisnisnya masuk dalam jangkauan konsumen. Misalnya, dengan menggunakan tools Google AdWords. Pihak Google akan membuat website perusahaan masuk dalam jajaran atas pada hasil mesin pencarian. 

Bisa dikatakan ini sebuah metode untuk meningkatkan traffic situs perusahaan dengan pembayaran per kliknya. Setiap calon konsumen yang mengunjungi situs perusahaan dengan cara mengklik situs berlabel Ads, maka perusahaan harus membayar setiap kliknya. 

 

5. Affiliate marketing 

Contoh selanjutnya adalah affiliate marketing. Ini merupakan strategi melalui mitra dengan layanan atau situs orang lain. Mitra tersebut akan merekomendasikan bisnis perusahaan sehingga membuat pengunjung tertarik untuk mengunjungi situs perusahaan. Misalnya, pada Hosting video ads dengan Youtube. 

Meski banyak kelebihan digital marketing dan sudah menerapkannya dengan baik, tidak menjamin bisnis perusahaan langsung naik. Perusahaan perlu melakukan riset secara tepat untuk mengetahui target konsumen. Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.