logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
10 Jualan Paling Laris di Shopee, Beauty & Care Mendominasi

10 Jualan Paling Laris di Shopee, Beauty & Care Mendominasi!

10 Jualan Paling Laris di Shopee, Beauty & Care Mendominasi!

 

Compas.co.id – Data Similarweb mengungkap, situs Shopee per Agustus 2022 telah menerima kunjungan hingga 190,7 juta orang di Indonesia. Angka tersebut meningkat 11,37% dibandingkan bulan sebelumnya pada tahun yang sama. 

Bagi pelaku bisnis yang terjun ke dunia e-commerce, tentu ini menjadi peluang yang bagus untuk meningkatkan penjualan produk. Makin besar jumlah pengunjung, artinya semakin luas pula peluang pasar yang bisa diraih. 

Kendati demikian, perusahaan perlu memastikan bahwa produk yang dijual sesuai kebutuhan konsumen. Hal ini bisa perusahaan ketahui dengan melakukan riset terkait jenis-jenis produk yang laris terjual di Shopee. 

Baca juga: FMCG E-commerce Report 2022: 43,5% Market Didominasi Beauty & Care

10 Jualan Paling Laris di Shopee

10 Jualan Paling Laris di Shopee

Riset Compas Dashboard menemukan, Beauty & Care menjadi kategori produk yang penjualannya mendominasi di Shopee. Lebih lengkapnya dapat disimak dalam daftar kategori jualan terlaris di Shopee sepanjang bulan Agustus 2022 berikut ini. 

1. Produk perawatan wajah

Jualan paling laris di Shopee urutan pertama berasal dari kategori produk perawatan wajah. Hanya dalam satu bulan, produk tersebut sukses meraih sales revenue fantastis hingga Rp285.3 miliar atau kurang lebih mencapai 4,1 juta produk terjual. 

Hebatnya lagi, dua brand lokal diketahui menguasai pasar produk perawatan wajah ini. Kedua brand tersebut juga termasuk pemain baru dalam industri kecantikan, yakni Madame Gie dan Azarine

Madame Gie, produk Beauty & Care by Gisella Anastasia ini sukses mencetak sales quantity sebanyak 328,5 ribu produk hanya dalam sebulan. Posisi ketiga ada Azarine dengan sales quantity sebesar 170,9 ribu produk. 

Khusus posisi kedua diraih oleh brand kecantikan asal Kanada, Skintific. Namun, riset Tim Compas menemukan ternyata penjualan secara keseluruhan pada produk perawatan wajah selama periode 2022 tidak dimenangkan oleh brand-brand tersebut. 

Akses data penjualan Beauty & Care selengkapnya dalam FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS DI SINI.

Baca juga: 5 Brand Skincare Indonesia dan Popularitasnya di E-commerce

2. Produk perawatan tubuh

Selain perawatan wajah, produk untuk merawat tubuh juga penting. Tercatat, produk ini berhasil mencapai sales revenue sebesar Rp71.1 miliar. Nilai tersebut kurang lebih setara dengan 1,5 juta produk terjual. 

Berbeda dengan kategori sebelumnya, untuk produk perawatan tubuh dikuasai oleh brand-brand luar negeri seperti Nivea dan Vaseline. Tercatat, penjualan Nivea mencapai 218,8 ribu produk selama bulan Agustus 2022. Sementara Vaseline hanya meraih angka sales quantity 152,1 ribu produk saja. 

Meski penjualan terlaris pada produk perawatan tubuh diraih oleh brand luar, tapi ada pemain lokal yang berhasil menembus top 3 kategori ini. Brand Wings Care mampu meraih podium ketiga dengan sales quantity sebanyak 110,6 ribu produk. 

3. Produk kosmetik bibir

Jualan paling laris di Shopee berikutnya berasal dari kategori kosmetik untuk bibir. Kosmetik bibir di e-commerce bernuansa orange tersebut memperoleh sales revenue hingga Rp45.8 miliar atau kurang lebih 1 juta produk telah terjual. 

Penjualan produk kosmetik bibir di Shopee dipimpin oleh pemain lokal baru, Madame Gie, yang berhasil menjual lebih dari 212 ribu produk selama bulan Agustus 2022. Kosmetik bibir dari brand milik Gisella Anastasia yang berhasil masuk top 10 produk, yaitu Madame Gie Lip Matte – Lip Cream Superstay dan Madame Gie – Lip Tint Serum Plumper Make Up. 

Kemudian, ada dua brand luar yang menyusul Madame Gie, yakni PINKFLASH dan DAZZLE ME yang masing-masing meraih sales quantity sebanyak 123 ribu dan 114 ribu produk lebih. Sementara kosmetik bibir dari kedua brand yang sukses menembus top 10 produk adalah PINKFLASH Matte Lipstik dan DAZZLE Me Ink-Licious Lip Tint. 

Minat data penjualan lainnya? Coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard dengan cara KLIK DI SINI.

4. Produk kosmetik wajah

Menggunakan makeup tanpa merias wajah rasanya kurang lengkap. Kosmetik wajah yang umumnya digunakan di antaranya bedah, foundation, dan blush on

Sales revenue dari produk tersebut meraih angka Rp56.2 miliar selama periode Agustus 2022 di Shopee. Angka tersebut kurang lebih setara dengan 858,3 ribu produk terjual. 

Adapun untuk brand yang sukses merebut pasar kosmetik wajah berasal dari pemain sama yang memimpin penjualan kosmetik bibir, yaitu Madame Gie. Dengan sales quantity sebanyak 179 ribu produk lebih, produk kosmetik dari brand lokal by Gisella Anastasia ini terbukti banyak diminati. Untuk produk terlarisnya diraih oleh Madame Gie Total Cover BB Cushion Refill.

Baca juga: 7 Perusahaan Kosmetik di Indonesia

5. Produk perawatan rambut

Selanjutnya ada kategori produk perawatan rambut yang berhasil laku hingga 684,5 ribu produk lebih sepanjang bulan Agustus 2022. Sementara sales revenue-nya meraih angka Rp43 miliar

Penjualan produk perawatan rambut ini dikuasai oleh brand-brand global seperti Makarizo, L’Oreal, dan Dove. Penjualan tertinggi diraih Makarizo dengan sales quantity sebanyak lebih dari 154 ribu produk terjual. Sedangkan dua brand lainnya masing-masing memperoleh sales quantity sebesar 40 ribu dan 29 ribu produk lebih. 

Beberapa produk dari top brand tersebut yang tercatat masuk jajaran produk terlaris di antaranya Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Creambath Aloe & Melon dan L’Oreal Paris Elseve Extraordinary Oil Gold Hair Treatment Serum.

6. Produk kosmetik mata

Dengan memperoleh lebih dari 643,1 ribu produk, kosmetik mata berhasil masuk jajaran kategori jualan paling laris di Shopee. Penjualan tersebut setara dengan nilai transaksi sebesar Rp27.2 miliar.

Lagi-lagi, Madame Gie menjadi brand yang paling difavoritkan konsumen pada kategori tersebut dengan sales quantity sebanyak 148,2 ribu produk. Kosmetik mata terlaris dari brand ini juga meraih posisi puncak sebagai top product, yakni dari Madame Gie Perfect Brow – MakeUp Pensil Alis Mekanik. 

Pada posisi kedua dan ketiga diraih oleh brand luar, yakni Focallure dan PINKFLASH dengan berurutan nilai sales quantity-nya lebih dari 103 ribu dan 72 ribu produk. Adapun produk unggulan dari kedua brand tersebut, yaitu PINKFLASH OhMyEmoji Automatic Eyebrow Pencil Tahan Air dan Focallure Eyeliner Gel Pencil – Eyeliner Tahan Air.

7. Produk suplemen makanan 

Kali ini, ada kategori di luar Beauty & Care, yaitu dari produk suplemen makanan. Selama periode Agustus 2022, produk tersebut habis terjual hingga 581 ribu produk atau senilai Rp63.8 miliar

Pemain pasar dari produk suplemen makanan juga masih dikuasai brand-brand ternama seperti Flimty, Blackmores, dan Beaudelab. Performa penjualan suplemen makanan dari masing-masing brand tersebut secara berurutan, yakni 42 ribu produk, 26 ribu produk, dan 21 ribu produk. 

Secara popularitas dan kualitas, ketiga brand tersebut memang dikenal dalam menghadirkan produk-produk suplemen dengan berbagai varian. 

8. Produk makanan ringan

Tak mau kalah, kategori F&B ini juga termasuk jualan paling laris di Shopee. Apalagi masyarakat Indonesia memang gemar mengonsumsi camilan. 

Produk makanan ringan ini ludes terjual hingga 494 ribu produk lebih dengan sales revenue mencapai Rp6.2 miliar. Oreo, brand asal Amerika Serikat tersebut sukses memperoleh sales quantity sebesar 160 ribu produk lebih. 

Oreo merupakan brand makanan global yang sudah melejit produknya di berbagai negara. Sebagai brand legendaris, Oreo juga selalu menghadirkan produk inovatif dengan varian rasa baru sebagai brand makanan legendaris sehingga eksistensinya tetap terjaga hingga sekarang. 

Baca juga: Lezat! Ini Dia 7 Cemilan Paling Laris di E-commerce

9. Produk parfum

Penjualan produk parfum juga sewangi aromanya. Dengan sales revenue senilai Rp21.8 miliar atau kurang lebih 483,6 ribu produk terjual, menjadikan parfum sebagai jualan paling laris di Shopee yang bisa dicoba. 

Evangeline, brand lokal di bawah naungan PT Griff Prima Abadi ini sukses mendobrak pasar parfum Indonesia dengan sales quantity sebesar 70,2 ribu produk. Kemudian disusul dua brand lainnya, yakni Musk by Lilian Ashley dan Miniso yang masing-masing mencetak sales quantity hingga lebih dari 59 ribu produk dan 53 ribu produk. 

10. Produk makanan instan

Selain makanan ringan, kategori F&B lainnya yang laris jika dijadikan jualan adalah produk makanan instan. Penjualannya pun cukup menarik, yakni terjual hingga 370,5 ribu produk atau senilai Rp4.7 miliar sepanjang periode Agustus 2022. 

Jenis makanan instan yang paling banyak dibeli di Shopee berupa mie instan. Hal ini terbukti dari dua brand mie instan lokal yang diketahui memimpin pasar tersebut, yakni Indomie dan Sedaap

Dalam pantauan Tim Compas, Indomie memang dikenal kokoh performa penjualan mie instannya di e-commerce. Penjualan brand mie legendaris ini pada Agustus 2022 di e-commerce meraih angka sales quantity sebesar 94 ribu produk lebih, sedangkan rival utamanya hanya ludes menjual sekitar 63 ribu mie instan. 

Minat data FMCG E-commerce Report 2022? Akses segera datanya secara GRATIS DI SINI.

5 Tips Meningkatkan Penjualan di Shopee

5 Tips Meningkatkan Penjualan di Shopee

1. Riset pasar di Shopee

Peluang perusahaan dalam meningkatkan penjualan produknya di Shopee semakin besar apabila dimulai dengan melakukan riset pasar e-commerce tersebut. Riset pasar merupakan kunci keberhasilan perusahaan dalam membangun strategi yang unggul. 

Strategi unggul bisa tercipta selama perusahaan mampu mengenali kebutuhan konsumen, tren pasar, strategi kompetitor, hingga peta persaingan bisnis. Semua itu bisa dianalisis melalui data riset pasar sehingga perusahaan dapat meninjau performa bisnisnya maupun kompetitornya. 

Tertarik data riset Shopee? Mari coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard dengan cara KLIK DI SINI.

2. Tingkatkan kualitas daftar produk

Melansir dari Seller Shopee, daftar produk yang berkualitas akan meningkatkan penjualan. Hal ini lantaran kualitas daftar produk dapat mempengaruhi ekspektasi pembeli dan menjadi pertimbangan dalam melakukan pembelian. 

Cara meningkatkan kualitas daftar produk juga mudah, yakni memasang foto produk secara profesional (dari berbagai sudut) disertai deskripsi produk yang lengkap dan akurat. Dengan begitu, informasi dalam daftar produk mudah dipahami dan bisa dijamin kredibilitasnya. 

Baca juga: 5 Kelebihan Digital Marketing Bisnis

3. Pasang harga yang kompetitif

Produk dengan harga yang terjangkau memang menggiurkan, tapi bukan berarti perusahaan bebas menentukan nilai jualnya. Dalam menetapkan harga jual, perusahaan perlu melakukan riset harga di pasaran dalam hal ini di Shopee. 

Riset harga akan mempermudah perusahaan dalam menetapkan harga jual yang kompetitif. Namun, pastikan pula harga jual tersebut setara dengan kualitas dan nilai (USP) yang dimiliki produk.

4. Optimalkan manfaat fitur Shopee

 Sebagai salah satu e-commerce raksasa di Indonesia, Shopee telah menghadirkan berbagai macam fitur untuk mendongkrak penjualan produk seller. Beberapa fitur tersebut di antaranya fitur Promo Toko, Promosi Saya, Paket Diskon, Voucher Toko Saya, dan lainnya.

Anda bisa memaksimalkan strategi pemasaran perusahaan dengan memanfaatkan varian fitur tersebut. Biasanya, fitur-fitur promo banyak ditawarkan saat momen-momen tertentu seperti event 11.11 atau 12.12. 

5. Update produk dan pasang promo

Khusus produk yang sudah cukup dikenal atau sedang tren dengan peminat yang cukup banyak, maka perusahaan perlu update produk. Tujuannya agar variasi produk bertambah sehingga lebih banyak pilihannya bagi konsumen. 

Selain itu, memasang promo seperti flash sale, paket diskon, atau kombo hemat dapat menjadi strategi jitu untuk menarik konsumen secara instan. Namun, pastikan melakukan riset secara tepat sebelum mengimplementasikan strategi tersebut. 

Baca juga: 7 Peluang Bisnis Makanan Ringan di e-Commerce

Buktikan manfaat riset pasar dengan menghubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas dan jadilah jawara di e-commerce!

Atau, jika tertarik data FMCG E-commerce Report 2022 bisa mengakses selengkapnya secara GRATIS DI SINI.

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.