logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Perusahaan Kosmetik di Indonesia

7 Perusahaan Kosmetik di Indonesia

7 Perusahaan Kosmetik di Indonesia

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Minat masyarakat terhadap produk-produk perawatan diri dan kecantikan menunjukkan tren peningkatan setiap tahunnya. Akibatnya, jumlah pemain di industri tersebut terus meningkat.

Mengacu pada data yang dirilis oleh Nielsen and Euromonitor menunjukkan, pertumbuhan penjualan yang luar biasa sebesar 11,99% pada tahun 2017 di Indonesia, memberikan kontribusi sebesar Rp19 triliun atau setara USD 1,4 miliar.

Banner Insight

Angka ini lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan sektor kosmetik dalam enam tahun terakhir, yaitu sebesar 10%. Selain itu, ekspor produk kosmetik juga menunjukkan pertumbuhan kuat dengan rata-rata sebesar 3,56% dari tahun 2013-2017.

Industri Kecantikan di Indonesia

Pada September 2017, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melaporkan total produk kosmetik yang terdaftar dan dijual secara resmi di Indonesia sebesar 33,823 produk, meningkat sebesar 11,57% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2016.

Pangsa pasar Indonesia untuk industri kosmetik pada tahun 2017 telah meningkat dari Rp36 triliun atau setara USD2,6 miliar pada tahun 2016 menjadi Rp46,4 triliun atau setara USD3,3 miliar. Industri kecantikan pun diperkirakan akan tumbuh setiap tahun sebesar 7,2% atau Rp77,3 triliun.

Potensi bisnis dari industri kecantikan dan perawatan di Indonesia pada 2019 ditaksir mencapai US$6 miliar. Jumlahnya diprediksi masih terus meningkat hingga beberapa tahun ke depan. Pada 2022 potensinya diperkirakan bisa mencapai US$8,4 miliar menurut kajian Euromonitor.

7 Perusahaan Kosmetik Terbesar di Indonesia

Industri kecantikan merupakan bisnis yang sangat banyak digemari oleh para investor. Karena perkembangan bisnis produk kecantikan ini lebih cepat jika dibandingkan dengan dunia fashion.

Serta satu perusahaan kecantikan juga bisa merilis produk sampai dengan puluhan jenis. Formula dari produk kecantikan juga akan mulai berkembang seiring dengan berjalannya waktu atau trend yang ada.

Inilah 7 perusahaan kosmetik yang terkenal di Indonesia.

7 Perusahaan Kosmetik Terbesar di Indonesia

1. PT Paragon Technology and Innovation 

Paragon Technology and Innovation atau dikenal juga sebagai PT. Paragon Technology and Innovation adalah salah satu perusahaan manufaktur kosmetik nasional terbesar di Indonesia dan pemegang beberapa merek-merek unggulan seperti Wardah, Make Over, dan Emina. 

Perusahaan yang didirikan sejak tahun 1985 oleh Nurhayati Subakat ini ternyata memiliki nama awal PT Pusaka Tradisi Ibu. Saat ini, Paragon telah mempekerjakan sekitar 7.500 orang karyawan dan telah memproduksi lebih dari 95.000.000 produk setiap tahunnya.

2. PT Dalea Kreasi Nadisanti

Perusahaan kosmetik yang satu ini membawahi brand Rollover Reaction. Merek dagang lokal yang berdiri sejak 2016 ini mengunggulkan produk-produk kecantikan yang “multitasking”.

Produk Rollover Reaction yang diluncurkan perdana kali pun memiliki keunggulan multitasking tersebut. Yup, adalah SUEDED! Lip and Cheek Cream yang pernah jadi instant hit berkat dwifungsinya.

Sesuai namanya, SUEDED! Lip and Cheek Cream dapat digunakan sebagai lip cream maupun cream blush.

3. PT Lizzie Parra Kreasi

PT Lizzie Parra Kreasi yang memiliki produk BLP Beauty adalah salah satu  perusahaan kosmetik lokal yang didirikan pada tahun 2016 dan berlokasi di Jl. Limau  II, No.3, Jakarta Selatan.

Perusahaan ini didirikan oleh Elizabeth Christania atau  yang lebih dikenal sebagai Lizzie Parra. Yup, Lizzie Parra menggunakan namanya sendiri pada merek perusahaan dan brand kosmetik miliknya.

BLP Beauty memegang  teguh prinsip bahwa kecantikan telah melekat pada setiap wanita, baik dari dalam maupun dari luar dirinya, kosmetik hanyalah salah satu alat yang membantu melengkapi kecantikan wanita tanpa merubah setiap individu.

Brand lokal yang satu ini memiliki beberapa produk make up, mulai dari complexion, make up mata hingga lipstik.

Banner E-Commerce Report

4. PT Mica Jaya Pratama

Mineral Botanica dimulai pada April 2015 oleh pasangan, Widy Susindra dan Anita Loeki. Tim suami dan istri kembali dari AS pada akhir 2010 untuk mengambil alih bisnis pembuatan kontrak kosmetik keluarga Anita.

Menyadari bahwa model bisnis tidak sempurna dan membutuhkan merek yang akan membawa warisan untuk generasi berikutnya, mereka memutuskan untuk memulai Mineral Botanica.

5. PT Keva Cosmetics International

PT Keva Cosmetics International adalah sebuah perusahaan yang membawahi local beauty brand ESQA. Berdiri sejak 2015, hingga kini ESQA Cosmetics masih konsisten meluncurkan produk-produk vegan based yang diformulasikan dengan bahan-bahan yang aman untuk kulit wajah, dan pastinya halal serta tidak melalui proses animal testing.

Hal ini sesuai dengan klaim yang dilontarkan ESQA dalam laman resminya, bahwa brand mereka adalah “the first and leading vegan cosmetics brand in Indonesia”.

6. PT Mustika Ratu Tbk

PT Mustika Ratu Tbk adalah sebuah produsen kosmetik dan jamu yang didirikan sejak tahun 1975 oleh Mooryati Soedibyo. Perusahaan ini termasuk perusahaan kosmetik yang sangat legendaris mungkin di zaman nenek kita.

Mustika ratu menjadi produk lokal yang sangat diminati karena menyediakan berbagai produk dengan harga yang bisa dijangkau. Contoh produknya ada bedak, foundation, maskara, eyeliner, lipstik, dan masih banyak lagi.

Banner Insight

7. PT Gloria Origita Cosmetics

Gloria Origita Cosmetics (GOC) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kecantikan yang memproduksi beragam produk kosmetik, personal care dan antiseptic. PT. GOC telah menghasilkan serangkaian produk berkualitas dengan beragam brand seperti Purbasari, Kanna, New Cell, Amara, Clean Face, Onyx, Origita dan Haneul.

Bagaimana Persaingan pada Perusahaan Kosmetik Terbesar di Indonesia?

Berdasarkan data kemunculan dan pertumbuhan berbagai brand kosmetik di Indonesia, dapat disimpulkan bahwa persaingan antar perusahaan kosmetik Indonesia lumayan sengit.

Meskipun demikian, “pemain lama” seperti PT Paragon berhasil bertahan di tengah kemunculan local brands yang turut menggempur ramainya persaingan pasar kosmetik.

Melalui sejumlah brands— Wardah, Make Over, dan Emina— PT Paragon Innovation and Technology dapat bertahan di posisi atas sebab selalu mengikuti perkembangan zaman.

Dengan menciptakan tiga brand yang berbeda, Paragon secara jitu membagi-bagi segmentasi pangsa pasarnya. Kesuksesan segmentasi pasar ini membuktikan bahwa “sepuh kosmetik” ini telah melakukan riset pasar yang baik sebelum meluncurkan sebuah brand beserta produk-produknya.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.