logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Cara Riset Produk Terlaris di Shopee

4 Cara Riset Produk Terlaris di Shopee

4 Cara Riset Produk Terlaris di Shopee

Author: Lia Sutiani

Compas.co.id – Belakangan ini, bisnis jualan online di e-commerce begitu legit. Melansir dari Kompas, Data Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian mencatat nilai transaksi e-commerce di Indonesia pada kuartal I 2022 mencapai Rp108.54 triliun. 

Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, pencapaian tersebut tumbuh 23% lebih tinggi. Riset Google, Temasek, Bain & Company pada 2021 memperkirakan transaksi digital tersebut akan mencapai 146 miliar USD pada tahun 2025. 

Sebagai pelaku bisnis, tentu ini kondisi tersebut harus bisa dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan penjualan. Guna memaksimalkan peluang tersebut, banyak perusahaan membuka official shop di e-commerce besar seperti Shopee. 

Meski begitu, penjualan tidak akan naik jika perusahaan tidak tahu kebutuhan pasar. Perusahaan bisa mengetahui informasi tersebut melalui riset produk terlaris di Shopee. 

Baca juga: Ini Dia 5 Produk Paling Laris di Shopee

4 Cara Riset Produk Terlaris di Shopee

4 Cara Riset Produk Terlaris di Shopee

Riset produk di e-commerce akan membantu perusahaan untuk mengenali produk sesuai kebutuhan konsumen. Ada beberapa cara untuk melakukan riset produk seperti berikut ini.

1. Menggunakan fitur produk terlaris

Sebagai salah satu raksasa e-commerce di Asia Tenggara, Shopee menghadirkan berbagai macam fitur yang memudahkan penggunanya seperti fitur produk terlaris. Melalui fitur tersebut, Anda dapat melihat produk-produk yang paling laku atau relevan dengan bisnis Anda. 

Fitur tersebut terletak di beranda Shopee. Untuk riset produk terlaris, cukup scroll ke bagian tampilan bawah. Maka, akan ditampilkan menu produk terlaris secara lengkap pada kurun waktu tertentu. 

2. Melalui halaman Shopee Mall

Layanan Shopee juga menghadirkan Shopee Mall untuk menyediakan beragam produk. Seller dapat riset produk terlaris di Shopee dengan melakukan pencarian di halaman Shopee Mall. 

Caranya juga simpel, seller hanya perlu masuk ke halaman tersebut lalu masuk ke fitur Toko Populer atau Rekomendasi. Berikutnya, Shopee akan menampilkan beberapa toko dengan penjualan terlaris. 

Baca juga: 5 Top Brand Bedak Padat Terlaris 2022 di Shopee

3. Memanfaatkan fitur pencarian populer

Fitur lainnya yang membantu seller untuk memperoleh data riset produk terlaris di Shopee, yaitu melalui pencarian populer. Fitur tersebut mempermudah seller melakukan penyortiran produk yang pencariannya paling banyak. 

Selain itu, seller juga dapat menggali informasi terkait produk terlaris tersebut berdasarkan range harganya. Misalnya, produk terlaris dengan harga kurang dari Rp50.000 dan sebagainya. 

4. Melalui fitur Compas Dashboard

Riset produk terlaris di Shopee tersebut terbilang masih manual. Bagi perusahaan yang membutuhkan data cepat dalam skala besar, tentunya cara tersebut kurang efektif. 

Namun, tak perlu khawatir karena ada fitur lainnya yang bisa perusahaan manfaatkan, yakni fitur Compas Dashboard. Fitur tersebut tidak hanya menyediakan informasi seputar produk terlaris di Shopee saja, tapi juga e-commerce lainnya seperti Tokopedia. 

Menariknya lagi, ada berbagai data riwayat penjualan, top brand, produk listing, dan lainnya yang bisa Anda akses. Data tersebut dapat menjadi sumber informasi untuk meninjau performa bisnis Anda, bahkan termasuk kompetitor. 

Baca juga: Jadi Favorit, ini 10 Top Brand Serum Terlaris 2022 di Shopee dan Tokopedia!

6 Produk Terlaris di Kategori FnB & BeautynCare di Shopee

6 Produk Terlaris di Kategori FnB & BeautynCare di Shopee

Pada kuartal II 2022, data Compas Dashboard mencatat penjualan kategori produk BeautynCare di Shopee lebih unggul dibandingkan produk FnB. Apa produk terlaris di Shopee tersebut? Simak, data produk tersebut berikut ini. 

1. PINKFLASH Matte Lipstik

Data Compas Dashboard menunjukkan, produk lipstik dari PINKFLASH ini meraih total penjualan hingga Rp3.6 miliar dari bulan April – Juni 2022. Produk tersebut terjual dengan sales quantity sebesar 226.4K. 

Menurut pantauan Tim Compas, brand lipstik tersebut tidak hanya menguasai pasar Shopee, tapi juga Tokopedia. Dalam dua pekan saja, total penjualannya mencapai Rp1.5 miliar pada periode 16-31 Agustus 2022. Pencapaian tersebut berhasil membuat brand ini menduduki peringkat kedua sebagai top brand lipstik terlaris periode tersebut. 

2. Maybelline Superstay Matte Ink

Produk terlaris berikutnya berasal dari brand ternama asal Amerika. Maybelline Superstay Matte Ink termasuk produk unggulan brand tersebut. 

Total penjualan produk tersebut mencapai angka Rp15.5 miliar dengan sales quantity sebanyak 192.8K. Secara harga, produk lipstik dari brand ini memang terbilang lebih mahal dibandingkan brand lainnya. 

Namun, ketenaran brand ini di mancanegara tidak membuat penjualan produknya melemah hanya karena faktor harga. Data Compas Dashboard membuktikan, Maybelline berhasil tembus peringkat pertama top brand lipstik pada Agustus 2022. 

3. BUHOTEI Sheet Mask

Jika Anda melakukan riset produk terlaris di Shopee pada kategori BeautynCare, maka akan menemukan nama produk masker ini. Produk BUHOTEI Sheet Mask laku terjual dengan sales revenue sebesar Rp497.4 juta. Sementara sales quantity produknya senilai 153.2K. 

Hal yang menarik dari penjualan produk tersebut, yakni harganya yang terbilang sangat terjangkau dibandingkan kompetitornya. Bahkan, produk tersebut di Shopee dibanderol dengan harga nomral kurang dari Rp8.000 per pcs. 

Baca juga: Atasi Bibir Kering di Bulan puasa, Ini 10 Top Brand Lip Scrub Terlaris 2022 di Shopee

4. Eat Sambel – Cumi Ciamik

Adapun dari kategori FnB, produk terlaris di Shopee berasal dari makanan instan berupa sambal pedas cumi. Produk tersebut laku dengan penjualan mencapai Rp1.4 miliar. 

Produk makanan terlaris tersebut menawarkan banyak keunggulan seperti terbuat dari bahan yang fresh, menjamin kemasan tidak bocor, dan memberikan garansi 100% jika rasanya tidak enak. Produk tersebut juga sudah berlabel Halal MUI dan mendapat sertifikasi PIRT (standarisasi izin industri rumah tangga). 

Tentunya, hal tersebut turut menarik minat konsumen. Apalagi dilengkapi dengan kualitas produk dan pelayanannya. 

5. Eat Sambel – Kemasan Icip Icip Semua Varian Rasa

Masih berasal dari brand yang sama, yakni Eat Sambel. Produk sambal dalam Kemasan Icip Icip tersebut sukses menjadi produk terlaris di Shopee dengan sales revenue senilai Rp1.2 miliar. 

Dari pantauan terbaru Tim Compas, terlihat produk tersebut dijual dengan diskon 17%. Bisa jadi ini salah satu strategi Eat Sambel untuk mendongkrak penjualan produknya di Shopee. 

6. Sambal Cumi – Mr. Crispy

Tetap bertahan dalam bisnis per-sambal-an, produk makanan terlaris di Shopee selanjutnya berasal dari brand Mr. Crispy. Total penjualan produk tersebut sebesar Rp888.9 juta dengan sales quantity sebanyak 29.8K. 

Ditinjau dari official shop-nya di Shopee, Mr.Crispy menjual produk tersebut normalnya seharga Rp45.000 dengan diskon yang lebih besar dibandingkan produk sebelumnya. Brand tersebut memberikan diskon sebesar 34% disertai garansi 100%. 

Data riset produk terlaris di Shopee tersebut dapat menjadi informasi bagi perusahaan untuk menentukan jenis produk yang potensial laris. Selain itu, perusahaan juga bisa mencermati strategi yang dijalankan oleh kompetitor. Misalnya, dari segi promosi, penawaran, atau keunggulan produknya. 

Namun, data semacam itu tidak dapat diperoleh hanya dengan melakukan riset produk secara manual. Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.