cara promosi jualan online

10 Cara Promosi Jualan Online agar Cepat Laku

Author: Farah Ramadhani

Berjualan online di masa sekarang ini memang penuh dengan tantangan. Beberapa diantaranya adalah karena semakin banyaknya penjual yang mulai merambah ke dunia bisnis e-commerce. Para pegiat bisnis harus memutar otak untuk mencari cara promosi jualan online agar cepat laku.

Promosi jualan online atau digital marketing memang saat ini sudah wajib jadi pengetahuan umum untuk Anda yang berjualan di e-commerce. Diantara banyaknya jenis pemasaran online, Anda harus bisa menentukan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Bagi kalian yang belum paham, Compas telah merangkum cara promosi jualan online agar cepat laku. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

 

Cara Promosi Jualan Online Agar Cepat Laku di E-Commerce

cara promosi jualan online

1. Perhatikan Pangsa Pasar

Pangsa pasar atau market share merupakan besar total penjualan sebuah perusahaan di industri tertentu. Umunya, pangsa pasar digambarkan dengan angka persen. Market share seringkali diabaikan oleh para pegiat bisnis, padahal keberadaannya cukup berarti, lho.

Mengetahui pangsa pasar dapat membantu Anda memperhitungkan peluang kesuksesan yang akan diraih sebelum terjun ke sebuah industri. Misal, Anda ingin memproduksi produk serum. Maka rata-rata pangsa pasar dari brand-brand yang terdaftar bisa menjadi acuan apakah industri serum mendatangkan cuan di periode yang Anda pilih.

Compas Dashboard dapat membantu Anda melihat market share atau pangsa pasar. Data penjualan yang ditampilkan Compas dapat Anda pilih sesuai kategori di periode yang diinginkan. Dengan bantuan data Compas, Anda pun bisa menentukan cara promosi jualan online agar cepat laku.

2. Beri Solusi

Apa yang dicari oleh calon pembeli ketika masuk ke laman sosial media bisnis Anda? Kebanyakan audience dan calon pembeli tentu mencari solusi dari masalah  yang mereka punya. 

Jika bisnis Anda menjual shampo yang mencegah kebotakan dini, maka buatlah konten sosial media yang membahas permasalahan tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa soft selling produk sekaligus memberi solusi bagi calon pembeli.

3. Targeted Audience

Pastikan metode promosi yang telah Anda gunakan sesuai dengan target audience. Setiap produk pasti memiliki pasarnya sendiri-sendiri dan Anda harus pandai menempatkannya. Hal ini memang sepele tapi sering dilupakan oleh para pegiat usaha online. 

Sebagai contoh, jika Anda ingin memproduksi skincare khusus pria, maka buatlah tipe konten promosi yang cocok. Misal, produk pembersih wajah pria milik brand Anda dapat menyelesaikan permasalahan umum laki-laki yaitu wajah terbakar matahari  akibat sering berada di luar ruangan.

4. Tentukan Harga yang Sesuai

Pricing juga merupakan masalah krusial yang menentukan apakah produk Anda akan diminati atau tidak. Dalam menentukan harga yang sesuai, produk Anda tidak boleh dihargai terlalu mahal ataupun rendah.

Compas bisa membantu Anda menampilkan harga dari produk yang paling banyak terjual di e-commerce. Data tersebut tentu berguna untuk mengambil keputusan pricing yang tepat agar produk Anda bisa jadi jawara.

5. Gunakan Strategi yang Berkaitan

Strategi pemasaran yang masih berkaitan bisa menjadi sarana promosi produk sekaligus brand awareness. Cara ini dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Menawarkan resep makanan gratis yang menggunakan bahan kue dari brand Anda
  • Promosi buy 1 get 1 untuk produk coklat Anda saat valentine

cara promosi jualan online

6. Konsistensi Platform Promosi

Jenis konten promosi apapun akan tidak berarti tanpa adanya konsistensi. Anda harus bisa menentukan secara konsisten jadwal upload di tiap platform promosi Anda. Misal, upload konten di Instagram dilakukan setiap hari pukul 2 siang.

Anda juga bisa melakukan research terlebih dahulu terkait jam yang optimal untuk upload konten di setiap sosial media yang ada. Setelah menemukan jam yang ideal, barulah lakukan sesuai jadwal.

7. Customer Handling

Menghadapi konsumen atau customer handling juga merupakan bagian dari cara promosi jualan online agar cepat laku, lho. Tanpa customer service yang baik, calon pembeli Anda bisa balik haluan dan tidak tertarik dengan brand Anda.

Jika mempekerjakan orang lain, pastikan untuk melatih kemampuan komunikasi mereka. Berikan juga paduan dalam menjawab pertanyaan yang sering diajukan konsumen untuk menghindari salah paham.

8. Gunakan Pesan Ekstrim

Secara naluriah, manusia umumnya lebih tertarik dengan hal negatif. Oleh karena itu, banyak konten sekarang yang menampilkan pesan ekstrim sebagai headline untuk menarik minat pembaca. Berikut contohnya:

  • Jangan beli produk kami! Nanti Anda jadi untung besar..
  • Intip rahasia sukses milyader mager ini!
  • Ini cara menaikkan penjualan kosmetik hingga 97%!

9. Perhatikan Strategi Kompetitor

Kompetitor tidak melulu menjadi tantangan untuk bisnis Anda. Dengan sudut pandang yang tepat, info kompetitor bisa jadi salah satu cara meningkatkan sales bisnis. Istilah lain dari penggalian informasi tersebut adalah riset kompetitor.

Compas Dashboard juga bisa membantu Anda melakukan riset kompetitor dengan menampilkan daftar top brands di kategori pilihan. Dengan mengetahui kompetitor terbesar, Anda jadi bisa melihat strategi apa yang membuat mereka sukses berada di ranking atas.

10. Manfaatkan Fitur E-Commerce

Saat ini banyak fitur yang disediakan oleh e-commerce untuk mendukung para penjual meningkatkan salesnya. Sebagai contoh, Shopee punya fitur Flash Sale dan campaign setiap bulan untuk menaikkan kategori produk tertentu. 

Dengan mengikuti campaign Shopee atau e-commerce lain, produk Anda bisa naik dan mencapai target audience yang lebih luas. Selain itu, promosi seperti potongan harga atau produk bundling juga banyak diminati calon pembeli.

Kunci dari cara promosi jualan online agar cepat laku adalah dengan melihat celah atau peluang yang ada. Seorang pebisnis memang harus memiliki sifat kreatif sehingga bisa aware celah yang tidak dilihat oleh orang biasa.

Dalam memilih strategi yang tepat untuk bisnis Anda, data penjualan menjadi source yang berguna dan valid sebagai acuan sebelum menentukan langkah. Compas Dashboard dapat membantu Anda menampilkan data penjualan yang mudah dipahami.

Beberapa data penjualan yang tersedia di Compas Dashboard adalah list top brands, top product listings, top sellers, total sales revenue, total sales quantity, dan market share. Data tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, seperti periode waktu dan e-commerce yang dipilih.

Tertarik untuk akses Compas Dashboard? Anda bisa request diskusi langsung dengan tim Compas dengan mengisi form online di link ini. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk info lebih lanjut!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.