apa itu market share

Apa Itu Market Share? Ini Penjelasan dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda!

Author: Farah Ramadhani

Anda pasti sudah sering mendengar istilah market share atau pangsa pasar di sosial media maupun artikel-artikel data Compas. Namun, sudahkah Anda mengetahui apa itu market share? Apa manfaatnya untuk bisnis Anda?

Dalam artikel kali ini, Compas akan merangkum jawaban dari pertanyaan “apa itu market share?” serta dampaknya untuk bisnis Anda. Terdapat pula cara menghitung market share atau pangsa pasar. Simak selengkapnya di bawah ini, ya. 

 

Apa Itu Market Share dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

apa itu market share 1

Pangsa pasar atau market share adalah persentase yang dihasilkan dari total penjualan perusahaan pada sebuah industri. Angka pada pangsa pasar diperoleh dari total penjualan perusahaan yang dibagi dengan total penjualan industri di periode tertentu.

Metrik di atas digunakan untuk memberi gambaran umum terkait ukuran perusahaan di suatu industri dengan para pesaingnya. Brand yang mendominasi industri tertentu umumnya diketahui dari besaran market share yang dimiliki.

Semakin besar persentase yang dimiliki, maka dapat dikatakan bahwa brand atau perusahaan tersebut merupakan market leader di industri yang dipilih.Sebagai contoh, perhatikan narasi berikut ini.

Perusahaan CBA merupakan perusahaan yang bergerak di industri pangan. Pada bulan Januari 2020, perusahaan CBA memiliki total penjualan sebesar Rp 2.1 triliun. Total penjualan industri pangan di (misal) Tokopedia pada saat itu mencapai Rp 15 triliun.

Maka, dapat dihitung market share perusahaan CBA pada periode Januari 2020 adalah Rp 15 triliun (total penjualan industri) dibagi Rp 2.1 triliun (total penjualan perusahaan) yaitu 14%. Perusahaan lain memiliki pangsa pasar di bawah CBA. Artinya, perusahaan CBA merupakan market leader di industri pangan Tokopedia pada periode Januari 2020.

 

Manfaat Market Share untuk Bisnis Anda

apa itu market share 2

Setelah mengetahui apa itu market share dan cara menghitungnya, sekarang Anda perlu info mengenai manfaatnya untuk meningkatkan performa bisnis perusahaan. Sebenarnya, ada dua manfaat pangsa pasar, yaitu dari sisi bisnis dan investor.

Yang pertama, dari sisi bisnis perusahaan Anda. Dengan mengetahui apa itu market share dan besarannya, perusahaan dapat mengukur performa penjualan dan daya saingnya selama periode yang ditentukan.

Melalui data pangsa pasar juga dapat diketahui berbagai macam hal, meliputi tren perkembangan di industri, kompetitor terbesar, hingga posisi perusahaan diantara bisnis dengan kategori yang sama.

Mengetahui market share bagi perusahaan juga dapat menjadi tolak ukur performa penjualan selama periode tertentu. Ketika mengetahui pangsa pasarnya menurun, maka perusahaan dapat menentukan strategi baru agar dapat bertahan di industri tertentu.

Dari dari pangsa pasar, Anda juga bisa memantau kompetitor melalui market share yang dimiliki dan harga produknya yang populer. Informasi tersebut tentu bermanfaat bagi Anda yang masih galau dalam menentukan harga produk.

Daftar kompetitor di industri yang sama juga dapat Anda ketahui dari persentase pangsa pasar. List tersebut dapat Anda manfaatkan untuk riset performa penjualan mereka dan bagaimana strateginya hingga bisa menjadi market leader.

Selain itu, profit perusahaan juga dapat ditingkatkan dengan data tersebut. Memantau market share dapat menjadi indikator keberhasilan campaign, performa penjualan produk baru perusahaan hingga efektifitas penurunan harga pada produk tertentu. 

Manfaat yang kedua yaitu market share membantu investor untuk menentukan langkah selanjutnya. Seperti yang telah dijelaskan di atas, market share dapat mengukur daya saing sebuah perusahaan di industri tertentu.

Memantau naik-turun market share bisa menjadi salah satu indikator keberhasilan sebuah perusahaan untuk bertahan. Jika market share nya cenderung stabil, maka daya saing perusahaan tersebut di industri dapat dikatakan cukup baik.

Market share memang penting bagi perusahaan maupun investor dalam menentukan strategi bisnis ke depannya. Tahukah Anda bahwa market share perusahaan dapat diakses melalui Compas Dashboard.

Data yang tersedia di Compas Dashboard dapat membantu Anda untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Beberapa data yang ditampilkan meliputi market share, ranking brands, total penjualan, hingga total transaksi tiap brands dan produk.

Dengan data yang mudah dipahami dan dapat disesuaikan menurut kebutuhan perusahaan, Compas Dashboard menjadi pilihan tepat bagi Anda untuk menyusun strategi dan meningkatkan penjualan.

Tertarik dengan produk Compas? Anda dapat mengetahui informasi selengkapnya melalui Instagram kami di link ini. Hubungi Compas secara langsung dengan mengisi form di link ini. Yuk, jadi jawara di e-commerce dengan Compas Dashboard!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.