tips berjualan di shopee

7 Tips Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku

Sebagai pebisnis, Anda diharuskan untuk menyesuaikan kemajuan bisnis dengan digitalisasi saat ini. Khususnya dengan teknologi marketplace, yang memudahkan Anda dalam berbisnis online. Di Indonesia sendiri, Shopee menjadi marketplace nomor satu dengan pengunjung terbanyak setiap harinya.

Shopee menawarkan banyak kemudahan bagi para penggunanya, baik penjual maupun pembeli. Tersedia berbagai fitur seperti asuransi untuk para seller maupun buyer, banyaknya voucher promo dan cashback, hingga program gratis ongkir.

Anda bisa menggunakan marketplace Shopee ini agar mendapatkan potensial market yang lebih luas. Namun, banyaknya jumlah seller juga menjadi tantangan bagi bisnis Anda.

Anda harus bisa mengungguli seller atau kompetitor lainnya demi mendapatkan pasar dan angka penjualan tertinggi. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk meraih penjualan tertinggi? berikut tips berjualan di shopee yang perlu Anda ketahui!

Tips Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku

1. Foto Produk yang Menarik

Jika sudah memiliki toko, mulailah mengunggah foto produk yang akan Anda jual. Pastikan foto produk Anda memiliki kualitas terbaik yang sesuai dengan bentuk aslinya. Calon pembeli pertama kali akan melihat foto produk Anda sebelum membeli. Foto produk yang bagus akan menarik calon pembeli dan meningkatkan potensi beli pelanggan.

Anda bisa gunakan jasa fotografer agar hasil terlihat lebih nyata, bagus, dan menarik. Foto yang bagus akan lebih menarik pelanggan jika disertai dengan fitur naikkan produk.

Anda bisa gunakan fitur tersebut untuk membuat produk yang dijual berada di bagian teratas di antara kompetitor serupa. Sehingga, calon pembeli akan lebih mudah menemukan produk Anda.

Baca juga: 7 Kesalahan Dalam Berbisnis Online yang Wajib Anda Hindari

2. Deskripsi Produk Lengkap

Sebelum memposting atau mengunggah produk yang dijual, jangan lupa Anda jelaskan deskripsi produk tersebut secara detail. Deskripsi produk ini lah yang akan membantu calon pelanggan mengetahui kualitas tanpa banyak bertanya. Hindari deskripsi yang terlalu banyak dan sulit dipahami oleh pelanggan.

Deskripsi produk yang jelas akan membuat calon pelanggan yakin dengan produk Anda, sehingga tingkat penjualan akan meningkat. Anda bisa gunakan poin-poin untuk menjelaskan agar mudah dibaca.

3. Pasang Harga Menarik

Harga menjadi satu hal yang penting dalam pertimbangan calon pelanggan sebelum membeli produk Anda. Tentukan harga barang produk Anda secara kompetitif sehingga siap bersaing dengan para kompetitor.

Anda bisa memilih harga produk yang sesuai dengan pasar namun memiliki kualitas yang lebih dari kompetitor.

4. Perbanyak Variasi Produk

Semakin banyak jenis produk yang Anda sediakan, semakin tinggi potensi angka penjualan toko Anda di Shopee. Perbanyak jenis variasi produk seperti warna, ukuran, dan motif. Hal ini bisa Anda upayakan demi menarik banyak pasar di Shopee.

Variasi produk yang beragam akan membuat toko dan produk Anda lebih menarik, karena pembeli bisa memilih sesuai dengan keinginan mereka. Variasi produk yang banyak juga membuat toko Anda lebih unggul dari toko lain dengan kategori serupa.

5. Aktifkan Fitur Promo

Tips berjualan di shopee selanjutnya yaitu Anda bisa mengatur fitur promo dalam periode maupun nilai diskon. Produk dengan tag promo akan menarik lebih banyak potensi pelanggan khususnya dibandingkan produk serupa.

Banyak jenis promo yang bisa Anda tawarkan di Shopee, seperti promo toko, voucher cashback, dan gratis ongkir. Promo di Shopee bisa Anda gunakan hingga tiga bulan lamanya.

Fitur flash sale juga meningkatkan potensi penjualan produk Anda lebih cepat. Pelanggan akan tertarik dan akhirnya melihat-lihat toko Shopee Anda. Pastikan kuantitas stok produk Anda lebih dari cukup serta sudah terverifikasi oleh pihak Shopee terkait persentase harganya.

6. Promosi Sosial Media

Sosial media memberikan peluang yang besar untuk bisnis online Anda, khususnya dalam meningkatkan kesadaran pasar akan brand Anda. Jangkauan yang luas seperti Instagram, Anda bisa menjangkau lebih banyak potensial konsumen melalui pemasaran.

Selain mengoptimalkan toko online di Shopee, Anda juga bisa memasarkan produk di sosial media. Sosial media saat ini memiliki jaringan tak terbatas dimana penggunanya mengakses sosial media setiap hari. Di sosial media, letakkan tautan langsung ke toko online Shopee Anda, agar memudahkan potensial pembeli untuk menemukannya di Shopee.

7. Pahami Kompetitor

Menurut RedSeer, diketahui jumlah transaksi pembelian e-commerce meningkat dari 18,1% hingga 98,3 juta transaksi dengan total penjualan senilai $1,4 juta USD. Terlebih lagi, Shopee menduduki posisi teratas dengan jumlah nilai transaksi penjualan e-commerce tertinggi di Indonesia.

Untuk mampu bersaing dan menjadi yang terunggul, Anda membutuhkan kecerdasan bersaing dengan cara memahami kompetitor Anda. Misalkan Anda merupakan seller kopi di Shopee, Anda bisa memantau siapa saja Top Seller kategori produk kopi agar Anda bisa pantau kira-kira apa saja yang sudah mereka lakukan.

pahami kompetitor dengan data top seller

Dengan Compas Quick Report, Anda bisa melihat sampai Top 100 Seller untuk kategori produkmu baik berdasarkan Non-Official Store dan Top 25 Seller berdasarkan Official Store. Jadi, jangkauan untuk memantaunya lebih luas lagi.

Bermodal data valid seputar penjualan para kompetitor, akan membantu Anda menyusun strategi bisnis terbaik di Shopee. Dengan demikian, Anda bisa menduduki posisi tertinggi di kategori produk yang sama.

Maka dari itu, untuk bersaing dengan para kompetitor, Anda membutuhkan analisa yang dalam terkait penjualan di Shopee. Pahami bagaimana kompetitor Anda mengoptimalkan tokonya di Shopee.

Data valid pada Compas membantu menganalisis posisi bisnis Anda serta kompetitor. Anda bisa menggunakannya untuk menganalisa potensi pasar dan potensi penjualan yang diakuisisi.

Khususnya data pada Compas Quick Report yang menyediakan data penjualan suatu kategori, memudahkan Anda melakukan personalisasi pasar sesuai dengan minat aktual konsumen. Misalnya data riwayat penjualan suatu kategori produk, Anda bisa melihat jenis produk atau barang apa yang memiliki potensi jual terbesar.

Dalam mengembangkan toko online Anda di Shopee, data pada Compas membantu Anda mengaplikasikan analisis pasar, operasional, serta inovasi produk. Alhasil, Anda bisa menyusun strategi berdasarkan keadaan lingkungan dan mendapat potensi pasar yang nyata. Maksimalkan penjualan toko Anda dan jadilah penjualan nomor satu di Shopee!

Baca juga:


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us