cara menentukan harga produk

6 Cara Menentukan Harga Produk Online agar Tetap Untung

Author: Farah Ramadhani

Cara menentukan harga produk memang sedikit tricky bagi para pegiat usaha online. Pasalnya, banyak pertimbangan untuk memutuskan harga yang tepat. Harga produk harus tetap bisa bersaing di pasaran, tapi juga tidak membuat rugi.

Jangan khawatir, Compas telah merangkum beberapa cara menentukan harga produk online yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini, ya!

 

Cara Menentukan Harga Produk Online

6 cara menentukan harga produk

 

1. Cost Plus Pricing Method

Cost plus pricing method merupakan cara menentukan harga produk dengan menambahkan modal dan persentase keuntungan yang diinginkan. Rumusnya bisa Anda lihat di bawah ini:

Harga jual = Modal + Persentase Laba

Modal yang dimaksud bukan hanya bahan dasar saja, lho. Anda harus mempertimbangkan juga biaya pengemasan, pengiriman, hingga biaya operasional seperti penggunaan listrik, air, dan pendaftaran ke BPOM untuk produk seperti kosmetik, obat-obatan, atau makanan dan minuman.

2. Mark-Up Pricing Methods

Metode mark-up pricing mirip dengan poin sebelumnya. Namun, cara ini lebih sederhana karena Anda langsung menambahkan jumlah keuntungan yang diinginkan, bukan persentase. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Harga jual = Modal + Mark-up

Contohnya, modal Anda ketika membuat 1 botol serum adalah Rp125 ribu. Jika Anda ingin meraih keuntungan sebesar Rp50 ribu per-botolnya, maka Anda hanya tinggal menambahkan jumlah tersebut. Jadi, Rp125 ribu + Rp50 ribu = Rp175 ribu.

3. Keystone Pricing

Metode ketiga ini menerapkan harga jual barang 2x lipat dari harga modal. Anda mungkin mengira barang yang dijual dua kali lipat akan sulit laku. Namun, beberapa perusahaan terkemuka telah menerapkan metode ini, lho.

Tentunya, tidak sembarang produk bisa menggunakan cara menentukan harga produk ini. Kualitas yang disajikan harus sesuai dengan harga yang Anda tawarkan agar konsumen merasa barang yang telah mereka beli worth the price.

4. Manufacturer Suggested Retail Price

Penetapan harga produk dengan metode mafacturer suggested retail price ini harus sesuai dengan ketentuan pabrik. Umumnya, cara ini digunakan untuk obat, barang-barang elektronik atau otomotif.

Karena telah ditentukan pabrik, harga produk ini akan sama di seluruh Indonesia. Namun, bisa jadi beberapa retail menaikkan harganya untuk mendapatkan keuntungan lebih. Sebaliknya, harga juga bisa turun saat demand produk menurun.

5. Value Based Pricing

Harga jual menggunakan cara value based pricing disesuaikan dengan seberapa penting barang tersebut di mata konsumen. Karena tidak ada patokan yang jelas, penentuan harga dengan cara ini kurang disarankan.

Namun, jika Anda ingin menggunakan cara ini, beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui seberapa besar konsumen akan membayar produk tertentu adalah sebagai berikut:

  • Melakukan survey, bisa melalui media sosial ataupun mulut ke mulut
  • Dengan memasang harga yang tinggi pada awal launching produk. Selanjutnya, turunkan harga secara berkala dan lakukan riset terkait pada rentang harga berapa Anda memiliki banyak konsumen.

Penjualan barang dengan metode value based pricing umumnya digunakan untuk barang-barang antik dan koleksi yang memang harga jualnya tidak menentu.

6. Menentukan Harga Berdasarkan Pasar

Cara menentukan harga produk online yang terakhir adalah dengan memantau pasar. Anda bisa melihat berapa harga yang ditetapkan kompetitor untuk produk serupa. Dengan cara ini, Anda dapat melihat potensi produk Anda naik di e-commerce.

Compas Dashboard dapat membantu Anda menampilkan data-data yang dibutuhkan untuk memantau harga pasar untuk barang dengan kategori tertentu. Anda juga bisa mengatur periode waktunya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tak hanya itu, Compas Dashboard juga bisa membantu Anda menyajikan insight brand beserta kompetitor yang membantu Anda dalam menyusun strategi penjualan yang lebih efektif. Analisa kompetitor memang diperlukan untuk membantu brand Anda bersaing di industri tertentu.

Beberapa data yang ditampilkan di Compas Dashboard adalah total sales revenue, total produk terjual, daftar brand dengan market share yang sudah diatur dari yang terbesar, daftar produk terlaris, dan daftar penjual populer.

Tertarik dengan produk Compas? Dapatkan info lebih lanjut dengan follow Instagram kami di link ini. Anda juga bisa langsung menghubungi Compas untuk diskusi lebih lanjut melalu link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce dengan Compas Dashboard!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.