Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Cara Menjadi Pengusaha Sukses: Pasti Punya 6 Sifat ini!

Author: Farah Ramadhani

Memulai sebuah bisnis pasti memiliki banyak tantangan. Karena itu, salah satu cara menjadi pengusaha sukses pastinya adalah tidak takut dengan kegagalan. Pengusaha yang sukses akan tahu celah mana yang bisa diambil agar bisnis bisa terus maju.

Tentu saja sifat-sifat yang tertulis di artikel ini tidak mutlak harus dimiliki para calon entrepreneurs sukses di luar sana. Seperti yang dilansir dari artikel smebook, kewirausahaan adalah seni, yaitu para pelakunya memiliki perspektif kreatifnya sendiri-sendiri dalam mencapai kesuksesan.

Lantas, apa saja kepribadian yang bisa diadaptasi sebagai cara menjadi pengusaha sukses? Berikut Compas telah merangkum 6 sifat yang bisa dipelajari dan dikembangkan dalam diri Anda. Simak selengkapnya di bawah ini.

6 Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Cara Menjadi Pengusaha Sukses

1. Berpikir Kreatif

Cara menjadi pengusaha sukses yang pertama adalah dengan memiliki pola pikir kreatif. Tentunya ini tidak hanya berlaku untuk memikirkan produk apa yang akan Anda jual. Dalam aspek bisnis lain, Anda juga dituntut untuk memiliki inovasi.

Misalnya, memikirkan cara produksi barang yang lebih baik dengan hargat terjangkau, atau mempelajari efisiensi waktu agar pekerjaan tim lebih terfokus. Anda juga bisa membuat action plan dalam menyusun timeline perusahaan.

Secara sederhana, memiliki pola pikir kreatif memiliki arti dapat memberi inovasi, baik inovasi dalam produksi, proses, maupun paradigma. Compas menawarkan jasa kepada para pengusaha kreatif untuk efisiensi waktu dalam melakukan riset pasar.

Menggunakan Compas Dashboard, Anda dapat mengakses data penjualan di e-commerce secara ringkas dan mudah. Data yang tersedia meliputi performa penjualan kompetitor mulai dari market share, total sales revenue, total sales quantity, dan posisi brand Anda di daftar top brands.

Compas Dashboard tentu membantu Anda mengefisiensikan waktu kerja tim Anda sehingga pekerjaan lain lebih maksimal. Dengan bantuan Compas Market Insight, Anda juga bisa menentukan strategi penjualan yang terbukti efektif di e-commerce.

2. Percaya Diri

Dalam memulai sebuah bisnis, tentu pengusaha tidak boleh ragu-ragu atas keputusannya. Sebelum mengambil keputusan, seorang pengusaha sukses telah memiliki peta dengan pertimbangan setiap detail langkah yang akan diambil.

Kepercayaan diri tentu dibutuhkan sebelum mengambil keputusan agar tim tidak ragu untuk mengikuti Anda. Pengusaha sukses akan benar-benar yakin keputusannya benar karena telah melakukan beberapa pertimbangan dengan matang sebelumnya.

3. Disiplin

Disiplin menjadi salah satu sifat yang harus dimiliki para entrepreneurs. Ketepatan dan efisiensi waktu merupakan hal yang penting dalam berbisnis. Disiplin akan mengarah pada rasa tanggung jawab dan sabar dalam menjalankan usaha.

Dalam menepati usaha jangka panjang atau visi misi bisnis, maka usaha-usaha jangka pendek harus dipenuhi terlebih dahulu. Kemalasan, penundaan pekerjaan, dan boros waktu serta energi tentu harus dihindari agar tujuan tersebut tercapai dengan baik.

4. Kemampuan Mengelola Resiko

Tak hanya berani mengambil resiko, cara menjadi pengusaha sukses berikutnya adalah kepandaian mengelola resiko yang akan muncul. Seorang entrepreneurs akan dituntut untuk memperhitungkan dengan matang langkah yang akan diambil.

Perhitungan tersebut dapat membantu Anda dan tim dalam menyelesaikan konsekuensi atau resiko yang akan muncul. Dengan cara ini, bisnis Anda akan siap ketika dihadapkan dengan hal buruk dan tahu cara mengambil langkah yang efektif.

5. Gigih dan Tekun

Gigih dan tekun menjadi kunci dari sifat yang harus dimiliki pebisnis. Jangan takut ketika bisnis Anda berada di titik terendah, karena hal tersebut sudah biasa terjadi dalam dunia kewirausahaan. Teruslah bangun dan bergerak ke tujuan awal Anda mendirikan bisnis.

Kesuksesan tidak bisa diraih secara instan. Karena itu, membangun bisnis perlu kegigihan yang disertai ketekunan dan semangat untuk terus bangkit. Belajarlah dari kegagalan yang telah terjadi agar hal tersebut tidak terulang di masa depan.

6. Dapat Menentukan Arah Bisnis 

Pola pikir kreatif memang dibutuhkan dalam berbisnis, tapi Anda juga harus bisa menentukan arah perusahaan dengan jelas. Inovasi-inovasi kreatif yang telah Anda pikirkan harus direalisasikan dengan jalur yang jelas dan realistis.

Ketika memetakan arah bisnis, enterpreneurs sukses tidak akan goyah hanya karena kegagalan di tengah jalan ataupun terlena kemenangan-kemenangan kecil yang dapat membuat mereka lepas fokus.

Compas dapat membantu bisnis Anda menyusun strategi yang tepat melalui data penjualan dan market insight. Dalam menentukan strategi, pasti Anda membutuhkan data pendukung yang realtime dan sesuai dengan kebutuhan.

Data pada Compas Dashboard dapat menjawab kebutuhan Anda. Beberapa aspek data yang tersedia melalui produk Compas ini antara lain daftar top brands, top product listings, market share, sales revenue, dan sales quantity

Anda dapat memantau pula performa kompetitor dan posisi brand Anda di e-commerce dalam kurun waktu yang diinginkan. Tim kami juga akan menyediakan market insight yang dapat membantu Anda menentukan strategi terbaik bagi penjualan produk brand.

Tertarik dengan jasa Compas? Pelajari lebih lanjut melalui Instagram Compas di link ini, ya! Anda juga bisa langsung request untuk berdiskusi dengan tim kami dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.