analisis kompetitor

7 Cara Mudah Analisis Kompetitor Bisnis di E-Commerce

Author: Farah Ramadhani

Adanya persaingan saat berbisnis menjadi ketakutan banyak orang. Namun, persaingan ternyata merupakan hal yang positif. Hal ini menandakan bahwa terdapat demand besar atas produk yang Anda jual. Agar mampu bersaing, Anda harus bisa melakukan analisis kompetitor pada kategori produk yang Anda jual.

Persaingan pasar juga dapat membantu perusahaan Anda untuk membandingkan produk dan terus berinovasi mengikuti peluang yang ada. Dengan mengetahui peluang, produk Anda dengan mudah dapat menonjol diantara produk serupa dan meningkatkan sales growth perusahaan.

Cara Melakukan Analisis Kompetitor

cara analisis kompetitor

Analisis kompetitor memang terdengar sulit dan membutuhkan ilmu khusus dalam melakukannya. Faktanya, analisa ini dapat Anda lakukan dengan proses yang cukup mudah. Simak cara analisis kompetitor dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Identifikasi Pesaing Utama

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui siapa pesaing utama dalam kategori yang sama. Melalui informasi tersebut, Anda bisa membandingkan bagaimana strategi pemasaran pesaing serta cara mendominasinya.

Identifikasi pesaing ini dapat Anda lakukan melalui WWH (Who, What, How), yaitu sebagai berikut:

  • Siapa target pasarnya?
  • Apa masalah yang dimiliki pesaing?
  • Bagaimana cara mereka menyelesaikannya?

Setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan di atas, Anda juga perlu memperhatikan jenis produk yang mereka tawarkan, peluang produk Anda bersaing, dan apa keunggulan kompetitor daripada produk Anda

2. Tentukan Tujuan

Selanjutnya, Anda harus memahami tujuan melakukan analisis kompetitor ini. Beberapa tujuan umum untuk melakukan analisis pesaing ini diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengembangkan strategi pemasaran agar efektif bersaing dengan kompetitor.
  • Meningkatkan kualitas produk berdasarkan perbandingan produk yang serupa dengan pesaing.
  • Mempersiapkan langkah sebelum memasuki pasar baru.
  • Menemukan pesaing tidak langsung yang bisa menjadi ancaman di masa depan.
  • Identifikasi SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) yang ada pada bisnis.

Tujuan yang jelas akan membantu Anda dalam melakukan analisis secara optimal. Hal ini juga dapat memotivasi perusahaan Anda untuk maju dan mampu bersaing dengan bisnis lain di kategori yang sama.

3. Pilih Platform yang akan Dianalisis

Tentukan platform yang ingin dianalisis agar hasilnya optimal. Dewasa ini, banyak tempat untuk menjual barang, mulai dari media sosial seperti Instagram dan Facebook, hingga marketplace seperti Shopee atau Tokopedia.

Sebagai langkah awal, penentuan media analisis dapat membantu Anda mencapai hasil yang maksimal. Sebagai contoh, menganalisa pesaing di e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia dapat dilakukan melalui Compas Dashboard. Fitur ini membantu Anda melihat jumlah pesaing di toko online tersebut untuk mengembangkan strategi pemasaran perusahaan.

4. Lihat Strategi Konten Kompetitor

Perhatikan juga bagaimana para kompetitor memaksimalkan pembuatan konten mereka. Jenis apakah yang mereka unggulkan? Apakah konten di blog, unggahan di media sosial, atau menggunakan konten premium?

Setelah melakukan penelitian tentang strategi kompetitor, bandingkan dengan strategi yang perusahaan Anda lakukan. Apakah posisi brand kompetitor bisa lebih tinggi daripada produk Anda? Jika iya, maka Anda dapat evaluasi untuk meningkatkan konten agar sales growth perusahaan semakin tinggi.

5. Periksa Engagement

Langkah kelima ini sejalan dengan langkah sebelumnya. Ketika Anda membuat konten, jangan lupa untuk memeriksa engagementnya pula. Engagement merupakan jumlah pengguna yang berinteraksi dengan konten Anda, bisa dari jumlah likes, komentar, hingga share.

Ketika angka engagement konten Anda tinggi, tentu ini menandakan jumlah kunjungan ke laman perusahaan Anda besar. Hal ini tentu akan berpengaruh positif ke penjualan online serta brand awareness bisnis.

6. Analisa Struktur SEO Pesaing

Konten Anda sudah memiliki kualitas yang mirip dengan kompetitor tapi tetap kalah ranking? Mungkin strategi SEO Anda masih belum maksimal. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana struktur SEO kompetitor. Berikut unsur-unsur yang perlu Anda perhatikan, misalnya:

  • Judul artikel
  • Alamat web atau URL
  • Tag H1
  • Penempatan keyword di isi konten
  • Internal link
  • Teks Alt gambar

Perhatikan pula keyword apa yang mereka gunakan. Semakin tinggi jumlah pencarian atau search volume, maka semakin besar peluang konten Anda masuk ke halaman pertama mesin pencarian.

7. Gunakan Tools Analytic Sesuai Kebutuhan

Di era kemajuan digital ini, banyak sekali kemudahan yang bisa Anda dapatkan untuk memaksimalkan penjualan produk. Salah satunya yaitu dengan menggunakan bantuan tools analytic yang banyak tersedia di Internet.

Namun, Anda tidak perlu mengakses banyak tools yang bisa menyebabkan data terlalu banyak. Hal ini malah mempersulit Anda untuk mengolahnya. Karena itu, cukup gunakan satu jenis analytic tool yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Anda masih bingung memilih tools analytic apa yang simple dan mudah dipahami? Tenang, tim Compas telah menyediakan rekomendasi tools analytic untuk analisis kompetitor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

Rekomendasi Tools dalam Melakukan Analisis

tools untuk analisis

1. Google Analytic

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang tool buatan mesin pencari nomor satu ini. Banyak orang mempercayai perangkat lunak ini karena dinilai dapat menganalisa dengan pasti data laman web Anda di halaman pencarian Google.

Beberapa informasi yang ditawarkan Google Analytics diantaranya adalah jumlah pengunjung website dan performa suatu konten. Melalui data yang disajikan, Anda dapat mengetahui keinginan dari para pengunjung web.

Tingkat minat pasar juga dapat Anda analisa melalui data yang ada. Hal ini dilakukan dengan mengamati jumlah konten terpopuler atau jumlah klik terbanyak pada produk Anda.

2. Ahrefs

Selanjutnya adalah tool analytic yang berfokus pada search volume atau keyword yang digunakan. Dengan bantuan perangkat lunak ini, Anda dapat melihat berapa banyak traffic organic yang didapat kompetitor. Melalui data tersebut, Anda dapat menganalisis pada aspek apa kompetitor lebih baik dari strategi konten perusahaan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat melihat domain kompetitor yang terpopuler, sehingga Anda dapat menyesuaikan strategi digital marketing perusahaan. Anda juga dapat melihat dimana para kompetitor menanam backlink serta kualitasnya.

3. Compas

Rekomendasi yang terakhir adalah Compas. Bergelut di bidang Big Data, Compas menyediakan data riwayat transaksi dari berbagai marketplace. Data ini tentu penting bagi Anda untuk menganalisa produk kompetitor apa yang terlaris di pasaran.

Fitur yang ditawarkan Compas pun beragam, mulai dari Compas Dashboard hingga Quick Report. Fitur yang beragam membuat Anda mudah memilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Compas Dashboard menyediakan data insight yang bersifat real-time dari berbagai kategori produk yang terjual di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Anda dapat dengan mudah mengakses produk apa yang paling laris dari kompetitor di kategori yang sama.

Analisis kompetitor memang tidak semudah membandingkan jumlah produk pesaing yang berhasil dijual saja. Terdapat beberapa unsur lain yang harus dilakukan juga seperti mengolah data yang ada, meningkatkan strategi penjualan, dan juga melakukan inovasi produk.

Melakukan analisa tentunya akan lebih mudah jika dibantu dengan tools yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Anda dapat menggunakan Compas Dashboard untuk mengakses penjualan brand-brand pesaing di marketplace. Data yang disajikan pun mudah dipahami dan sesuai dengan kategori pilihan Anda.

Baca juga:

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us