logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
cara marketing produk

4 Cara Marketing Produk secara Online yang Efektif

4 Cara Marketing Produk secara Online yang Efektif

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id

Pemasaran atau marketing ibarat “ujung tombak” bisnis yang berfungsi membidik calon pelanggan. Usai dibidik dengan strategi marketing yang tepat, barulah calon pelanggan bisa “dieksekusi” oleh tim sales hingga menjadi pelanggan.

Pada praktiknya, tentu hal tersebut tidak mudah dilakukan. Ada sejumlah strategi, tips, dan cara yang harus diaplikasikan agar hasil dari upaya marketing bisa mencapai target yang diinginkan.

Penasaran bagaimana cara marketing produk secara online? Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Apa Itu Strategi Pemasaran Produk?

Mari memahami pengertian strategi pemasaran produk terlebih dahulu. Strategi pemasaran produk adalah rencana berisikan cara memasarkan sebuah produk atau layanan. Keberadaan strategi pemasaran dapat memastikan produk atau layanan yang ditawarkan dapat dipasarkan secara efektif ke suatu target pasar tertentu.

Strategi pemasaran produk adalah sebuah hal yang vital dalam bisnis. Karena tanpa strategi pemasaran yang efektif, pelanggan akan sulit mengenal, apalagi membeli produk yang ditawarkan perusahaan. Sebaliknya, dengan strategi pemasaran produk yang tepat, pelanggan akan lebih mengenal brand serta mudah tertarik untuk mencoba produk yang dijual.

Jenis Strategi Pemasaran Produk

Berdasarkan media dan teknik pemasaran yang digunakan, strategi pemasaran produk dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni konvensional dan digital. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai keduanya.

1. Pemasaran Konvensional

Strategi pemasaran konvensional adalah strategi yang masih menggunakan media-media lama atau tradisional, seperti:

  • Iklan di radio
  • Iklan di televisi
  • Billboard, reklame, atau baliho

Menerapkan strategi pemasaran konvensional umumnya membutuhkan biaya yang lebih besar karena membutuhkan sarana fisik. Jangkauan iklannya pun tidak terlalu spesifik, pilihan untuk menargetkan segmentasi pasar tertentu sangatlah terbatas. Saat menjalankan strategi pemasaran konvensional, pelaku bisnis juga sulit memperoleh feedback atau menjalin hubungan langsung dengan konsumen.

2. Pemasaran Digital

Sesuai dengan namanya, pemasaran digital adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan media sosial, seperti:

  • Internet marketing
  • Social media marketing
  • SEO
  • SEM

Di era digital ini, pemasaran digital adalah salah satu strategi pemasaran produk yang efektif. Mengapa? Selain biayanya yang terbilang lebih rendah, Anda juga dapat menargetkan segmentasi pasar tertentu berdasarkan umur, gender, lokasi, dan sebagainya. Dalam kata lain, Anda bisa langsung menawarkan produk Anda kepada calon konsumen ideal Anda.

Tidak hanya efektif untuk meningkatkan penjualan produk, penggunaan teknik pemasaran digital juga dapat membantu bisnis Anda menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Sehingga, bisnis dan brand pun lebih dikenal akrab oleh masyarakat.

4 Cara Marketing Produk Secara Online

Menilik dari Glintsmarketing produk adalah proses pemasaran produk kepada konsumen, dengan harapan mereka akan melakukan pembelian. Produk tersebut bisa berupa barang atau aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan.

 

1. Tentukan Target Pasar

Sebelum mengenalkan produk, Anda harus mengetahui kalangan yang akan menjadi target pasar. Strategi ini digunakan untuk mengetahui keadaan pasar dan calon target.

Dengan mengetahui target pasar maka memudahkan Anda untuk menguasai pasar. Apalagi jika Anda mampu memperkecil target pasar, Anda bisa mengeluarkan produk yang lebih detail dan memfasilitasi pelayanan ekstra.

2. Lakukan Digital Marketing

Tidak bisa dipungkiri bahwa digital marketing adalah strategi pemasaran produk yang sering digunakan setiap perusahaan. Hal tersebut dilakukan karena tak perlu mengeluarkan biaya besar, target pasar yang dijangkau luas, dan efisien.

Ada banyak cara dalam melakukan digital marketing. Yang paling sering digunakan adalah Search Engine Optimization (SEO) dan Social Media Marketing (SMM). Keduanya bisa digunakan tergantung dengan jenis produk yang dikeluarkan.

Jika Anda menginginkan produk Anda dicari, SEO bisa menjadi solusi. Namun, jika produk Anda adalah kebutuhan sehari-hari, SMM bisa menjadi jalan keluar. SEO membantu produk Anda ditemukan di halaman mesin pencari, SMM menggunakan platform media sosial seperti Facebook atau Instagram untuk mengenalkan produk.

Dalam media sosial terdapat orang-orang yang menamakan dirinya sebagai influencer. Anda bisa memanfaatkan jasa mereka untuk mengenalkan produk sehingga target pasar tertarik dengan produk Anda.

3. Update Tren Terkini

Zaman kian bergegas membuat Anda mutlak mengikuti perkembangan terkini. Ketika sebuah produk sering diperbincangkan banyak orang maka produk tersebut menjadi pusat perhatian.

Jika produk Anda adalah alas kaki, Anda harus membuat desain yang variatif sekaligus inovatif dan nyaman. Pastikan Anda mengetahui selera target pasar. Juga produk Anda tidak ketinggalan tren agar selalu dicari dan diinginkan oleh konsumen.

4. Rawat Hubungan Baik dengan Pelanggan

Jika Anda sudah memiliki pelanggan yang loyal maka Anda harus merawat hubungan baik. Jika ada saran dan kritik, Anda perlu memperhatikan dan menimbang masukan dari mereka. Selain itu, Anda bisa meminta testimoni dari mereka sehingga secara tidak langsung produk Anda bisa dipasarkan ke target yang lebih luas.

Anda bisa memberikan harga khusus, bahkan reward bagi pelanggan loyal. Dengan pemberian tersebut, pelanggan merasa dihargai sehingga memperkecil peluang pelanggan untuk beralih produk ke kompetitor Anda.

3 Tips Menentukan Strategi Marketing yang Sesuai bagi Bisnis Anda

tips menentukan strategi marketing produk

Pebisnis wajib memperhatikan konsep pemasaran terbaik untuk memajukan usaha yang dijalankannya. Strategi marketing usaha memiliki banyak tantangan namun bisa menghasilkan tingkat penjualan yang tinggi. Tentu strategi pemasaran yang dibentuk harus efektif dalam mendongkrak popularitas produk atau jasa yang ditawarkan. Nah, bagaimana tips untuk menentukan strategi pemasaran ini? Berikut 3 hal yang wajib Anda perhatikan secara detail.

1. Kenali Pelanggan

Hal yang paling penting dalam melakukan pemasaran adalah riset tren pasar. Anda dapat menemukan segmentasi pasar yang tepat sehingga produk Anda dapat bersaing dan dapat membaca pesaing anda dalam mengembangkan pasar. Anda harus melakukan riset mulai dari mengetahui pesona dari pelanggan Anda berdasarkan produk Anda.

Pastikan Anda sudah mengantongi masalah yang sebenarnya ingin Anda selesaikan sehingga dengan adanya solusi dari Anda Anda akan lebih mudah untuk bisa memasarkan produk ke pelanggan yang tertarget yang ingin membeli produk Anda.

2. Riset Sebelum Melakukan Promosi

Pastikan promosi dilakukan dengan cara yang kreatif sehingga dapat membuat pelanggan tertarik. Jangan lupa untuk melakukan promosi secara konsisten dan berulang kali. Anda juga dapat melakukan promosi melalui media sosial.

Kegiatan promosi sebaiknya berdasarkan riset yang telah Anda lakukan sekaligus memilih channel terbaik untuk kegiatan promosi Anda agar mempermudah Anda dalam menyampaikan konten pemasaran yang akurat dan diterima oleh pelanggan maupun calon pelanggan Anda.

3. Mempelajari Tingkat Persaingan

Hal ini bisa mendukung strategi pemasaran kalau Anda memiliki data seputar kelebihan dan kekurangan pesaing. Semakin Anda memahami lebih dan kurangnya pesaing, semakin besar kesempatan untuk mengembangkan usaha dari apa yang pesaing miliki dan apa yang pesaing tidak miliki

Kesimpulan

Setelah menyimak penjelasan di atas, tentu sekarang kamu sudah lebih memahami apa itu marketing produk serta cara menerapkannya, bukan?

Yang terpenting, ingatlah bahwa marketing yang jitu hanya bisa didapatkan jika riset pasar dilakukan secara tepat dan akurat dengan data-data yang tepat pula. Masalahnya, dari mana kamu bisa mendapatkan data market insight yang tepat?

Melalui produk Compas, kamu dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.