membangun loyalitas pelanggan

5 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan untuk Bisnis Online 

Author: Farah Ramadhani

Custumer trust atau loyalitas pelanggan bisa dikatakan sebagai pondasi dari bisnis. Mengapa demikian? Pelanggan yang loyal tentu menjadi aset dalam bisnis karena kesetiaannya pada brand Anda. 

Dalam membangun loyalitas pelanggan, tentu dibutuhkan strategi yang tepat dan matang. Dalam artikel ini, Compas akan menginfokan seputar customer trust atau loyalitas pelanggan. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu Loyalitas Pelanggan?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, loyalitas pelanggan adalah timbal balik yang diberikan customer setelah mendapatkan kepuasan pasca transaksi. Kepuasan tersebut dapat berupa produk yang sesuai ekspektasi, atau pelayanan yang baik.

Loyalitas pelanggan penting untuk dipertahankan agar para customer tidak beralih ke brand kompetitor. Salah satu caranya adalah dengan memilih strategi pemasaran yang tepat bagi brand Anda. 

Selain itu, Anda juga dapat menawarkan solusi atas permasalahan yang dihadapi para pelanggan. Solusi tersebut dapat berupa pembelian produk atau jasa yang perusahaan Anda tawarkan. Selengkapnya, pelajari cara membangun loyalitas pelanggan berikut. 

Cara Membangun Loyalitas Pelanggan

membangun loyalitas pelanggan

1. Customer Service

Cara yang pertama adalah dengan memperbaiki sistem customer service brand Anda. Sebagai garda depan yang menangani pelanggan secara langsung, Anda perlu memiliki staf yang profesional. 

Customer service brand Anda harus mampu menangani pelanggan secara cepat, informatif, dan sopan. Jika perlu, Anda juga dapat memberi mereka brief terkait template jawaban atas pertanyaan yang sering diutarakan pelanggan.

 

2. Testimoni Pelanggan

Pelanggan cenderung lebih mempercayai testimoni dari pelanggan lain dibanding informasi dari produk yang brand Anda tampilkan. Hal ini karena mereka percaya review dari pelanggan lain bersifat jujur dan tidak memihak.

Oleh karena itu, penting untuk menampilkan testimoni dari para pembeli yang menyukai produk Anda. Jika produk Anda dijual di e-commerce, biasanya telah disediakan tempat bagi para pelanggan untuk meninggalkan review.

Namun, Anda juga bisa mengunggah melalui post di Instagram maupun website brand. Semakin banyak dan tinggi review atau testimoni yang diberikan pelanggan, maka akan semakin bagus pula untuk menarik calon pembeli dan mempertahankan loyalitas pelanggan lama Anda.

3. Transparansi

Kepercayaan pelanggan dapat Anda peroleh dari transparansi terkait produk dan brand yang dijual. Salah satu caranya dengan jujur dalam menjawab pertanyaan dari para pelanggan maupun calon pembeli.

Lakukan brief dengan tim dalam rangka transparansi produk dan brand. Apa saja yang boleh dipublikasikan pada pelanggan atau tidak. Informasi terkait efek samping produk dan prosedur pengembalian barang juga perlu Anda update kepada para pelanggan.

4. Saran Pelanggan

Pelanggan tentu ingin diperhatikan, salah satunya dengan meminta saran atau feedback kepada mereka. Dengan rutin meminta saran, perusahaan dapat memperbaiki dan meningkatkan layanan sekaligus mengayomi pelanggan yang ada.

Dengan cara ini, Anda dapat membangun loyalitas pelanggan dan membuat mereka merasa dihargai. Anda dapat menyebar form feedback melalui Google Form atau e-commerce.

5. Program Loyalitas

Program loyalitas merupakan salah satu cara efektif dalam mempertahankan customer trust. Ketika suatu brand menawarkan hadiah saat pelanggan melakukan pembelian berulang, para pembeli akan tertarik untuk mengumpulkan rewards tersebut.

Nah, ternyata mempertahankan pelanggan setia itu tidak mudah, ya. Karena berpengaruh tinggi pada performa penjualan, Anda harus terus memantau pergerakan angka penjualan brand Anda di e-commerce untuk menentukan langkah lain dalam membangun loyalitas pelanggan.

Compas Dashboard dapat membantu Anda melakukan pemantauan performa penjualan di e-commerce. Aspek yang didapat dari produk Compas ini antara lain daftar top brands, produk terlaris, sales revenue, sales quantity, dan market share.

Data-data yang ditampilkan di Compas Dashboard mudah dipahami dan periodenya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, Anda juga akan mendapat market insight berisi saran strategi yang dibutuhkan perusahaan berdasarkan performa penjualan sebelumnya. 

Tertarik dengan produk Compas? Ketahui lebih lanjut dengan follow Instagram kami di link ini, ya! Anda juga bisa langsung request diskusi bersama tim kami dengan mengisi form online di link berikut. Jadikan brand Anda jawara di e-commerce dengan Compas Dashboad!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.