Cara Menentukan Target Market

3 Cara Menentukan Target Market

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum benar-benar memulai bisnis adalah menentukan target market (target pasar) terlebih dahulu. Terlebih, jika Anda ingin memulai bisnis online di mana cakupan segmentasi pada platform bisnis online sangatlah luas.

Namun, jangan khawatir. Berikut, tim Compas telah merangkum tips dan cara menentukan target market bagi Anda yang sedang merintis bisnis online!

 

Apa itu Target Market?

Sebelum melangkah lebih jauh ke pembahasan mengenai cara menentukan target market, ada baiknya jika Anda mengetahui tentang apa itu target market.

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di bidang bisnis dan strategi marketing, istilah target market mungkin sudah sering didengar. Melansir dari accurate.id, target market adalah target pasar utama atau tujuan utama dari konsumen yang yang ingin dituju. Dalam kata lain target pasar merupakan tujuan produk itu akan dipasarkan kepada siapa saja sesuai dengan bobot dan spesifikasi yang dimiliki oleh produk itu sendiri.

 

Pentingnya Mengidentifikasi Target Market Bagi Bisnis Online

Dilansir dari majoo.id, target market adalah hal utama yang benar-benar tidak bisa dilewatkan. Oleh karena itu, target market akan membantu pemilik bisnis online dalam melakukan identifikasi pasar mana yang akan dilayani sebagai konsumen.

Semakin terperinci kategori dari segmentasi pasar, maka akan semakin sempit pula calon konsumen yang akan dituju. Artinya, kamu bisa fokus pada pengembangan produk secara spesifik agar dijadikan langganan oleh konsumen.

Selain itu, target pasar yang lebih spesifik akan lebih efektif untuk usaha atau bisnis yang baru dimulai. Dengan demikian, kamu tidak hanya bisa bersaing dengan bisnis yang memiliki produk serupa, namun juga bisa mendengar langsung pendapat dan masukan dari para konsumen. Tujuannya untuk mengevaluasi produk jadi lebih baik, dengan memahami segmentasi pasar dari produk yang akan dipasarkan, maka pebisnis akan memahami cara branding, pengemasan produk, hingga kegiatan pemasaran yang efektif.

 

3 Cara Menentukan Target Market yang Tepat untuk Bisnis Online Anda

Tentukan Target Market

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menentukan target market yang tepat untuk bisnis online Anda. Diantaranya dengan: 1. Mengetahui konsumen yang akan dituju, 2. Memahami kebutuhan konsumen, serta 3. Menganalisis dan menilai target di pasaran.

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

 

1. Mengetahui Konsumen yang Akan Dituju

Sebelum mengetahui target, Anda harus terlebih dulu mengetahui konsumen seperti apa yang akan menjadi tujuan produk Anda. Untuk bisa menentukannya, Anda bisa melakukan beberapa tahap, yaitu:

  • Segmentasi Psikologi: menentukan konsumen berdasarkan minat, gaya hidup, dan tingkat pendidikan.
  • Segmentasi Demografi: menentukan jenis konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, dan tingkat pendapatan.
  • Segmentasi Geografi: menentukan konsumen berdasar lokasi pemasaran produk. Tujuannya untuk mengetahui karakteristik masyarakat terdekat secara rinci dan menyesuaikan produk yang sesuai untuk dipasarkan pada mereka.

 

2. Memahami Kebutuhan Konsumen

Sebagai pemilik bisnis, Anda juga perlu mengetahui kebutuhan konsumen yang paling utama saat ini. Setelah itu, pahami dengan baik produk apa yang sangat dibutuhkan oleh mereka. Kemudian, Anda dapat menciptakan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan begitu, produk yang Anda jual akan banyak diminati oleh pasar dan angka penjualan pun mengalami peningkatan

 

3. Menganalisis dan Menilai Target di Pasaran

Menentukan target market memang tidak bisa dilakukan secara instan. Menurut qiscus.id, Anda harus menganalisis dan menilai target di pasaran dengan teliti dan mendetail. Anda bisa memulai tahapannya dari menentukan calon konsumen atau golongan masyarakat, memahami kebutuhan target pasar, lalu terakhir menilai target pasar di masyarakat.

Proses penilaian ini tidak sekedar penilaian sederhana. Pada proses ini, Anda dapat menentukan apakah bisnis Anda dapat berlanjut atau tidak dengan mempelajari lagi minat dan kebutuhan calon konsumen. Setelah itu, sesuaikan dengan produk yang Anda miliki, apakah sudah sesuai dengan yang diminati konsumen atau belum.

Penilaian ini juga dilihat dari kebutuhan konsumen seperti taksiran harga sudah sesuai atau belum, dan faktor lainnya. Apabila dari penilaian tersebut tidak memberikan hasil yang baik, maka Anda harus mencari solusi untuk meningkatkan bisnis online anda agar lebih baik seperti dengan mengganti produk atau solusi lainnya.

 

Contoh Kasus Identifikasi Target Market yang Baik (opsional)

Ivana adalah seorang pengusaha di bidang fashion wanita yang bergerak di platform online, maka contoh target pasar yang bisa diterapkan sebagai berikut:

  • Produk yang Dijual: pakaian (atasan dan bawahan) wanita
  • Target Lokasi: Kota-kota besar di Indonesia.
  • Target Demografi: Wanita dengan rentang usia 20-40 tahun.
  • Persona Target Pembeli: Terbiasa dengan internet dan media sosial, serta mengikuti perkembangan tren mode terkini.
  • Kebiasaan Calon Pembeli: Cenderung berbelanja secara online dengan kemudahan pengiriman barang, Rajin mengakses sosial media baik Facebook maupun Instagram, Sering mengunjungi toko online melalui handphone maupun komputer, Mengutamakan produk yang sedang tren dan bahan nyaman.
  • Daya Beli Konsumen: Konsumen menengah ke atas dengan daya beli mulai dari Rp50.000—Rp100.000 per produk.

 

Kesimpulan

Setelah menyimak pembahasan di atas, tentu sekarang Anda sudah mengetahui pentingnya target market untuk bisnis berikut cara menentukannya, bukan?

Sebab, sesuai penjelasan tadi, target market akan membantu Anda untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli, pun memasarkannya sesuai dengan kebiasaan mereka. 

Untuk mengetahui target market, Anda harus terlebih dahulu menentukan segmentasinya, baik dari sisi geografi, demografi, maupun ekonomi. Dengan menggunakan data yang tepat, Anda akan memiliki target pasar yang jelas. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.