cara mengembangkan usaha

5 Cara Mengembangkan Usaha Online Agar Penjualan Meningkat

Author: Farah Ramadhani

Banyaknya pegiat usaha online menjadikan persaingan di e-commerce semakin ketat. Bisnis Anda tentu harus dikembangkan agar penjualannya tidak stuck atau bahkan menurun dan kalah saing dengan kompetitor. 

Sayangnya, masih banyak UMKM yang masih belum paham tentang cara mengembangkan usaha online sehingga bisnis mereka tidak berkembang. Pada artikel ini, tim Compas telah merangkum tips agar bisnis online Anda bisa lebih berkualitas. Simak selengkapnya di bawah ini.

5 Cara Mengembangkan Usaha Online

cara mengembangkan usaha

1. Level Up Promosi

Siapa konsumen yang tidak suka dengan promosi? Berdasarkan survey tren e-commerce konsumen oleh Jakpat, diskon dan gratis ongkir merupakan dua hal yang mempengaruhi pembeli dalam memilih platform belanja online.

Dalam menarik perhatian konsumen, bisnis Anda memang harus kreatif dalam memilih cara promosi online yang tepat. Manfaatkan juga sosial media brand untuk menginfokan promosi yang sedang Anda jalankan di e-commerce.

Dalam memberikan promosi, e-commerce juga telah menerapkan beberapa fitur yang bisa Anda gunakan. Contohnya, Shopee dan Tokopedia memiliki fitur flash sale dan voucher gratis ongkir yang bisa Anda atur sesuai strategi brand.

2. Kenali Kompetitor

Kompetitor merupakan salah satu aspek yang perlu diketahui sebuah brand. Dengan mempelajari kompetitor, Anda bisa melihat bagaimana strategi yang digunakan hingga performa penjualannya menjadi lebih unggul.

Mempelajari strategi yang digunakan kompetitor ini mendorong brand Anda untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Walaupun mirip, jika penerapan strategi kompetitor diadaptasi sesuai dengan value brand Anda maka tidak menutup kemungkinan penjualan akan menyaingi atau bahkan lebih baik dari kompetitor.

3. Tingkatkan Kualitas Sumber Daya

Sumber daya yang harus ditingkatkan di sini adalah sumber daya manusia dan sumber daya produk. Kedua aspek ini tentu penting untuk menjaga kualitas brand Anda untuk tetap memberikan yang terbaik bagi para pelanggan.

Sumber daya produk dapat Anda tingkatkan dengan memilih bahan baku yang berkualitas dan cara proses barang yang lebih efektif. Jangan lupa untuk memeriksa prosesnya agar produk Anda tetap konsisten kualitasnya.

Selanjutnya, untuk peningkatan sumber daya manusia Anda bisa menyediakan kelas peningkatan skill untuk karyawan yang sudah ada. Meningkatnya skill tim Anda tentu akan berbuah baik pada kesejahteraan sekaligus kinerja karyawan.

4. Atur Keuangan 

Salah satu cara agar usaha menghasilkan keuntungan adalah dengan mengawasi jalannya finansial di perusahaan. Jangan sampai modal yang dikeluarkan usaha Anda melebihi keuntungan yang dihasilkan.

Awasi biaya operasional beserta modal yang berjalan di perusahaan. Jika perlu, Anda juga bisa menggunakan bantuan tim finance profesional. Pertumbuhan harus tetap berjalan selaras dengan pengeluaran dan pemasukan perusahaan.

Tidak hanya berhemat, Anda juga bisa melakukan investasi. Dengan cara ini, keuntungan perusahaan bisa meningkat. Tapi, perlu diperhatikan untuk berhati-hati dalam memilih investasinya, ya. Jangan sampai Anda malah rugi dan keuntungan usaha menjadi minus.

5. Inovasi Produk

Penjualan produk Anda sudah tinggi? Jangan terlena dulu. Dengan zaman teknologi yang semakin berkembang, preferensi konsumen terhadap suatu produk menjadi cepat berubah.

Jika brand Anda tidak bisa mengikuti tren, bisa jadi konsumen berpaling ke produk kompetitor yang lebih up-to-date. Antisipasi hal ini dengan melakukan brainstorming dengan tim produk terkait pengembangan yang bisa dilakukan.

Anda bisa memantau sosial media untuk mengikuti perkembangan tren di industri terkait. Ikuti hashtag sesuai produk Anda atau ikuti influencers yang membahas produk serupa. Mengikuti demand pasar penting untuk menjaga penjualan brand tidak drop.

Tidak punya banyak waktu? Tim Compas bisa membantu brand Anda efisiensi waktu dengan memberikan data penjualan e-commerce di industri pilihan. Melalui data Compas, Anda bisa langsung melihat tren produk apa yang demandnya sedang tinggi di pasaran.

Tak hanya daftar produk terpopuler, tim kami juga menyediakan data penjualan lainnya melalui Compas Dashboard, yaitu market share, total sales revenue, total sales quantity, list brands, dan list sellers. 

Data di atas dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan mulai dari periode waktu, platform e-commerce, dan jenis sellernya. Kategori yang tersedia pada Compas Dashboard meliputi Beauty & Care, Mom & Baby, Food & Beverages, dan Health.

Tertarik dengan Compas Dashboard? Anda bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim kami dengan mengisi form online di link berikut. Jangan lupa follow juga Instagram Compas untuk info lebih lanjut, ya!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.