5 Brand Skincare Korea Terbaik dan Data Penjualannya di E-commerce
Compas.co.id – Tidak hanya tenar akan industri hiburan, Korea Selatan juga populer dengan berbagai produk skincare. Ditambah lagi, tren kecantikan Korea selalu menjadi pusat perhatian hingga menciptakan fenomena baru.
Indonesia sebagai salah satu negara yang terkena demam Korea menjadi pasar yang tentunya menarik bagi para pelaku bisnis kecantikan asal Korea untuk meraih pasar di tanah air. Sebab itu, berbondong-bondong brand skincare mengadakan grand launching dengan berkolaborasi dengan sejumlah artis Korea ternama termasuk idol K-pop.
Sejarah dan Popularitas Skincare Korea di Indonesia
Popularitasnya skincare Korea di Indonesia sebenarnya tak lepas dari merebaknya industri hiburannya di tanah air seperti drama Korea dan K-pop. Jika ditelusuri, Negeri Ginseng tersebut memang selalu menghadirkan tren sendiri dalam industri kecantikan.
Tren kecantikan Korea dengan kulit bersih, putih, dan glowing tengah menjadi fenomena dan dambaan bagi setiap orang terutama kaum perempuan. Melihat besarnya potensi tersebut, Sarange sebagai salah satu brand kecantikan Korea mencoba terjun ke pasar Indonesia pada tahun 2009 dengan membawa Miss Korea, Jooa Lee.
Namun, belakangan ini industri skincare begitu melejit karena masyarakat mulai aware akan pentingnya menjaga penampilan sehingga permintaan produk perawatan naik drastis. Korea Selatan sebagai pusat tren kecantikan pun tak mau ketinggalan untuk mengambil peluang tersebut.
Berbagai brand skincare Korea pun turut meramaikan pasar skincare dalam negeri dengan menggaet sejumlah artis dari negerinya sendiri. Kendati demikian, produk-produk skincare Korea memang dikenal akan kualitas dan manfaatnya meski harganya terbilang lebih mahal ketimbang produk lokal.
Baca juga: FMCG E-commerce Report 2022: 43,5% Market Didominasi Beauty & Care
5 Brand Skincare Korea Terbaik di Tokopedia
Berikut daftar brand skincare Korea terbaik yang diurutkan berdasarkan penjualan terlaris di official store Tokopedia sepanjang bulan Agustus 2022.
1. Innisfree
Brand skincare Korea terbaik pada urutan pertama diraih Innisfree dengan penjualan mencapai 8.1K produk. Innisfree merupakan brand kecantikan Korea yang berorientasi naturalisme dan diluncurkan pada tahun 2000.
Produk Innisfree dijual di e-commerce dengan harga rata-rata Rp222.779* per produk. Dengan average price tersebut, brand dengan nuansa hijau ini mampu menguasai pasar dengan market share 22,24% di e-commerce khusus untuk produk skincare Korea.
Brand ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2017 yang launching di Central Park Jakarta. Dari segi branding, Innisfree memiliki konsep yang terbilang unik karena mengusung kampanye hijau dengan produk yang alami.
Hal tersebut tercermin dari kesan produknya yang bernuansa hijau dari hutan Jeju Bija. Selain itu, logo Innisfree juga terinspirasi dari konsep tersebut yang melambangkan kekuatan alam.
2. Cosrx
Cosrx merupakan brand skincare Korea yang ditemukan pada tahun 2013 dan resmi berdiri pada tahun 2014 dengan tagline “Expecting Tomorrow”. Sementara di Indonesia, brand ini resmi mengadakan grand launching pada 7 Desember 2018.
Tak hanya melakukan penjualan secara offline, Cosrx juga hadir di beberapa e-commerce seperti Tokopedia. Penjualannya pada Agustus 2022 meraih sales quantity hingga 5.1K produk. Dibandingkan dengan Innisfree, Cosrx memilih average price lebih rendah, yakni sekitar Rp189.920* per produk.
Dalam pantauan di Compas Dashboard, ditemukan beberapa produk Cosrx masuk jajaran top product skincare Korea. Produk tersebut di antaranya Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner, Cosrx Low pH Good Morning Cleanser, dan Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser. Menariknya, produk tersebut tidak hanya laris terjual di official store Cosrx Indonesia, tapi juga Sociolla.
Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace
3. The Saem
Jika di Indonesia ada Wardah sebagai brand yang mengusung konsep kecantikan halal, maka kali ini ada The Saem, brand skincare Korea halal. Melihat Indonesia sebagai negara dengan mayoritasnya muslim, tentu ini jadi peluang yang sangat potensial bagi The Saem untuk memasuki pasar dalam negeri.
Konsep cantik nan halal ini pun berhasil meraih penjualan skincare tertinggi ketiga khusus brand Korea. Pencapaian tersebut berkat 5K produk The Saem terjual di Tokopedia. Salah satu produknya yang paling populer adalah The Saem Aloe Vera, kompetitor utama Nature Republic.
Guna menggaet banyak konsumen, The Saem membanderol produk skincare-nya dengan harga rata-rata Rp140.251* di Tokopedia pada periode Agustus 2022 ini. Adapun produk unggulan dari brand skincare Korea nan halal ini, yaitu The Saem Jeju Fresh Aloe Soothing Gel 99% – 500 ml.
4. Some By Mi
Beauty enthusiast seharusnya tidak asing dengan brand skincare Korea terbaik ini karena begitu populer di tanah air terutama kalangan pecinta K-pop. Deretan idol K-pop yang pernah digaet sebagai brand ambassador Some By Mi di antaranya S.Coups Seventeen, Sungjae BTOB, dan Oh Sehun EXO.
Secara performa, Some By Mi berhasil menjual sekitar 3.7K produknya di Tokopedia selama bulan Agustus 2022. Dalam branding-nya, brand tersebut mengangkat tagline “Miracle of my skin with good ingredients”.
Penjualan produk skincare Some By Mi dijual dengan rata-rata harganya mencapai Rp193.590* per produk. Beberapa produk brand ini yang populer, yakni Paket 30 Days Miracle Starter, Paket Snail Truecica Miracle Repair Set, dan dan produk anti komedonya.
Baca juga: Kuasai Data Potensi Market dengan Compas Quick Report
5. Nacific
Brand skincare Korea terbaik yang berbasis di Seoul ini menggandeng Stray Kids untuk mempromosikan produknya. Nacific menghadirkan produknya dengan nuansa cerah berwarna orange dan mengusung konsep kecantikan alami.
Penjualan Nacific di Tokopedia cukup memuaskan, yakni sekitar 3K produk terjual sepanjang periode Agustus 2022. Dari segi kualitas, brand ini juga memiliki value dengan menawarkan produk yang tidak hanya halal tapi juga vegan friendly.
Sementara dari segi harga, nilainya berbeda tipis dengan average price Innisfree. Produk skincare Nacific ini ditawarkan dengan harga rata-rata Rp222.438* per produk. Produk unggulannya sendiri berasal dari masker, yaitu Nacific Phyto Niacin Whitening Sleeping Mask 100 ml RENEW.
Minat data penjualan lainnya? Segera akses datanya melalui 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!
5 Brand Parfum Terbaik di Shopee
Selain dari brand skincare Korea terbaik, performa penjualan produk parfum juga menarik untuk dipantau. Apalagi secara penjualan di Shopee makin menarik karena performa terbaik diraih oleh pemain lokal. Mari intip info selengkapnya dari riset Compas Dashboard di official store Shopee periode Agustus 2022.
1. Evangeline
Berangkat sebagai brand kosmetik lokal, PT Griff Prima Abadi mencoba mendobrak pasar parfum di Indonesia dengan meluncurkan Evangeline. Brand parfum yang mengusung produk inovatif untuk wanita milenial Indonesia ini berdiri sejak tahun 2011.
Performa Evangeline ini memang semerbak aroma parfumnya dengan penjualan tembus 70.2K produk dalam satu bulan. Kelebihan utama yang ditawarkan dari brand parfum terbaik ini adalah harganya yang terjangkau dengan keharuman tahan lama yang bisa disesuaikan dengan persona konsumen.
Riset Compas Dashboard menunjukkan, produk parfum Evangeline ini dibanderol dengan harga rata-rata Rp26.219* per produk di Shopee pada periode Agustus 2022. Untuk produk unggulannya, yakni Evangeline Parfum Wanita EDP Black Sakura 100 ml.
2. Musk by Lilian Ashley
Tak hanya puas dengan performa Evangeline, PT Griff Prima Abadi kembali mencatatkan prestasi dengan meluncurkan brand parfum lainnya bernama Musk by Lilian Ashley. Sebagai brand parfum terbaik peringkat kedua, Musk by Lilian Ashley berhasil menjual sekitar 59.6K produknya di Shopee.
Serupa dengan saudaranya, Evangeline, brand ini juga menawarkan harga ekonomis dengan keharuman yang soft dan klasik. Harga produk parfum Evangeline ini dijual dengan average price Rp15.328* per produk. Harga ini memang terbilang murah ketimbang beberapa top brands lainnya yang dijual Rp67.181* (Kahf) hingga Rp362.735* (HMNS).
Sementara dari segi ketahanan wangi, beberapa review mengungkap parfum tersebut mampu bertahan sekitar 2-3 jam di kulit dan 7-8 jam di baju. Adapun produk parfum unggulan dari brand ini, yaitu Musk by Lilian Ashley Parfum Wanita EDT White 70 ml.
Baca juga: Wajib Tahu! 5 Merk Skincare Terbaik di Indonesia
3. Miniso
Miniso merupakan perusahaan ritel dari China yang meluncurkan berbagai jenis produk, mulai dari kosmetik, alat tulis, mainan, peralatan dapur, alat elektronik, hingga parfum. Satu hal yang menarik dari brand ini, yaitu desainnya yang unik dan menarik dengan kisaran harga Rp19.900 sampai paling mahal Rp199.900. Sementara untuk average price-nya sekitar Rp53.781* per produk.
Maka, wajar saja jika penjualan parfum Miniso di Shopee juga laris dengan 53.1K produk terjual selama periode Agustus 2022. Untuk produk terlarisnya, yaitu Miniso Body Mist 150 ml dan masuk urutan kedua sebagai top product parfum terlaris. Padahal, brand ini baru masuk ke Indonesia pada tahun 2017 tapi sukses menyita perhatian konsumen di Indonesia.
4. Morris
Selanjutnya, ada pemain lokal yang berada di bawah naungan PT Aroma Prima Livindo (APL), yakni Morris. Brand tersebut sukses menjual sekitar 22.1K produk parfum dalam satu bulan.
Morris menawarkan keharuman parfumnya dengan average price Rp23.919* per produk. Harga yang cukup kompetitif dengan beberapa brand seperti Evangeline dan Musk by Lilian Ashley.
Brand parfum tersebut menawarkan aroma floral, vanilla, dan fruity yang memberikan kesan energik. Karakteristik parfum dari Morris ini dihadirkan untuk meraih pasar dari kalangan anak remaja yang dikenal aktif.
5. Wings Care
Sebagai perusahaan lokal terkemuka di Indonesia, produk-produk Wings Care tak hanya merambah industri makanan atau kesehatan. Wings Care juga menghadirkan produk parfum lokal dengan keharuman mewah.
Dengan performa cukup menjanjikan, yakni sekitar 21.7K produk terjual. Produk parfum Wings Care dengan merek Fresh ini mencoba memikat konsumen melalui campaign “Fresh & Natural’.
Apabila dibandingkan dengan beberapa kompetitor sebelumnya, bisa dikatakan produk parfum dari Wings Care ini paling murah. Dengan mematok average price sebesar Rp13.557* per produk, bisa dipastikan parfum Wings Care ramah di kantong.
Minat data penjualan lainnya? Segera akses datanya melalui 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!
Lakukan Riset Pasar untuk Mengembangkan Usaha Anda!
Industri skincare di Indonesia memang begitu legit mengingat produk perawatan kini seolah menjadi kebutuhan pokok karena tingginya awareness konsumen dalam menjaga penampilan. Dalam meraih target yang lebih luas, para pelaku di industri ini juga gigih merambah pasar di e-commerce.
Namun, persaingan dalam industri ini kian ketat karena ada banyak pemain luar yang gencar memasarkan produknya ke Indonesia terutama di e-commerce. Ketatnya persaingan tersebut harus segera diimbangi dengan penyusunan strategi yang matang.
Tanpa riset pasar, strategi tersebut tidak akan bisa direalisasikan karena tidak ada acuan dalam setiap pengambilan keputusan bisnis. Sebab itu, penting bagi perusahaan melakukan riset pasar sesuai kebutuhan bisnisnya.
Riset pasar akan mempermudah perusahaan dalam mengoptimalkan strategi sehingga usaha semakin berkembang dan unggul performanya. Dengan begitu, penjualan meningkat dan bisnis perusahaan bisa berkelanjutan.
Buktikan manfaat riset pasar dengan menghubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas dan jadilah jawara di e-commerce!
Atau, jika Anda tertarik data FMCG E-commerce Report 2022 bisa mengakses selengkapnya secara GRATIS DI SINI.
*Penentuan average price berdasarkan riset Compas Dashboard di official store Shopee dan Tokopedia dengan tidak mengikutsertakan produk bundling.
Source: Dashboard Compas.co.id