Merk Skincare Terbaik di Indonesia

Wajib Tahu! 5 Merk Skincare Terbaik di Indonesia

Author: Lia Sutiani

Compas.co.id – Selain makanan dan pakaian, rasanya skincare saat ini juga masuk daftar kebutuhan paling penting bagi konsumen. Bahkan, penjualan produk perawatan dan kecantikan mengalami kenaikan saat pandemi Covid-19. Padahal, saat ini kondisi ekonomi sedang melemah akibat pandemi. 

Kondisi tersebut juga disampaikan oleh Kepala FMCG dan Elektronik, Putri Lukman yang menyatakan bahwa produk tersebut meningkat penjualannya di tengah kondisi pandemi. Sementara studi Inventure-Alvara membuktikan, 78,2% responden mengaku cenderung membeli produk skincare dibandingkan make-up selama masa Work From Home (WFH).

Data tersebut menunjukkan bahwa peristiwa pandemi tidak lantas menurunkan daya beli konsumen terhadap produk perawatan, khususnya di e-commerce. Apalagi data Compas Dashboard menyebutkan, sebagian besar merek lokal mendominasi pasar produk skincare tersebut. 

Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace

5 Merk Skincare Terbaik di Indonesia

5 Merk Skincare Terbaik di Indonesia

Meski produk impor sering dianggap lebih berkualitas dibandingkan produk lokal, ternyata data penjualan menunjukkan merk lokal lebih unggul. Lantas, mampukah merk skincare lokal mempertahankan posisinya dalam pasar BeautynCare di e-commerce

Yuk, simak daftar merk skincare terbaik di Indonesia dari data Compas Dashboard. Data tersebut merupakan hasil crawling Tim Compas di Shopee dan Tokopedia selama semester I tahun 2022.

1. Garnier

Merk skincare terbaik pertama berasal dari anak perusahaan kosmetik asal Perancis (L’Oreal). Data Compas Dashboard mencatat, Garnier sukses dengan total penjualan hingga Rp77.9 miliar. Jumlah produk skincare yang terjual bahkan mencapai angka satu juta produk. 

Jenis produk Garnier yang masuk jajaran produk terlaris didominasi oleh produk serum dan krim pelembab. Produk tersebut di antaranya Garnier Bright Complete Daily Kit, Garnier Sakura Glow Kit, dan Garnier Bright Complete Vitamin C 30x Booster Serum. 

2. Wardah

Merk skincare terbaik di Indonesia berikutnya dari brand lokal legendaris, yakni Wardah. Brand yang berdiri di bawah naungan PT Paragon Technology and Innovation (PT. PTI) tersebut memang memiliki banyak varian produk skincare

Total penjualan merk skincare Wardah secara keseluruhan mencapai Rp34.2 miliar dengan sales quantity sebesar 948 ribu produk. Data Compas Dashboard mencatat, Wardah mampu meraih sales revenue lebih dari Rp450 miliar dalam waktu satu tahun pada periode Juli 2021- Juli 2022. 

Penjualan tertinggi berhasil diraih di Shopee, lalu Tokopedia, dan Blibli. Sementara jenis produknya yang terlaris di antaranya Wardah Lightening Series, Wardah UV Shield Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ 40 ml, dan Wardah Lightening Face Toner 125 ml. 

3. Somethinc

Brand lokal yang melakukan promosi lewat idol K-pop ini berhasil menjadi top brand skincare  2022 dengan total penjualan senilai Rp99.8 miliar. Adapun sales quantity produknya ludes terjual hingga 895,7 ribu produk. 

Menurut pantauan Tim Compas, produk serum merk ini paling laris di e-commerce. Bahkan, penjualannya mencapai Rp3.8 miliar dalam dua minggu saja pada Agustus 2022. 

Diduga strategi promosi melalui artis Korea seperti Han Soo Hee dan idol K-pop, NCT Dream, turut menaikkan brand awareness merk skincare tersebut. Secara tidak langsung hal ini dapat mendongkrak penjualan produk.  

Baca juga: Data Penjualan Skincare Lokal Tembus 600 Juta Seminggu

4. Whitelab

Brand lokal selanjutnya juga menggandeng idol K-pop sebagai brand ambassador produknya, yakni Oh Sehun, salah satu tertampan di boyband EXO. Jenis produknya yang paling populer adalah serum. Bahkan, produk ini telah menghadirkan 25 varian serum untuk memenuhi kebutuhan kulit masyarakat Indonesia. 

Dari data Compas Dasboard, Whitelab jadi merk skincare terbaik dengan total penjualan sebesar Rp48.5 miliar dan sales quantity lebih dari 680 ribu produk. Salah satu produknya yang paling laku, yaitu Whitelab Brightening Face Serum. Produk ini sangat digandrungi mengingat tren wajah glowing jadi dambaan para wanita. 

5. Scarlett

Sebagai beauty enthusiast, tentu rasanya tidak asing mendengar brand lokal ini. Brand milik artis Indonesia bernama Felicya Angelista ini termasuk merk baru dalam industri perawatan dan kecantikan. 

Meski begitu, merk tersebut sukses meraih prestasi sebagai top brand skincare dengan total penjualan sebesar Rp78.3 miliar. Sepanjang semester I tahun 2022, Scarlett ludes menjual produknya sampai 680 ribu lebih.  

Brand ini juga menunjuk artis Korea papan atas (Song Jong Ki) dan girlband Korea (Twice) sebagai brand ambassador. Populernya sang pemilik sekaligus BA merk tersebut diyakini meningkatkan brand awareness produk sehingga menaikkan penjualannya pula. 

Baca juga: Top 5 Produk Avoskin Terlaris di Shopee Bulan Juli 2021

Data Penjualan Skincare Terlaris di e-Commerce

Data Penjualan Skincare Terlaris di e-Commerce

Data penjualan dari Compas Dashboard menunjukkan, penjualan produk skincare pada semester I 2022 meraih angka yang cukup fantastis hingga Rp1.4 triliun. Jumlah produk skincare terjual habis sebanyak 19 juta produk. Simak, data penjualan selengkapnya berikut ini. 

1. Top produk skincare 

Menjadi kebanggaan tentunya karena produk skincare di Indonesia sukses didominasi oleh brand-brand lokal. Berdasarkan data Compas Dashboard, top produk skincare di e-commerce dicapai produk MS Glow Luminous Night Cream. 

Produk tersebut meraih total penjualan senilai Rp2.6 miliar dengan sales quantity mencapai 30.4K. Brand MS Glow sendiri memang sangat populer berkat para brand ambassador produknya yang terdiri dari kalangan artis papan atas dan influencer Indonesia seperti Nagita Slavina, Raffi Ahmad, dan Ivan Gunawan. 

Popularitas para brand ambassador tersebut tentu saja membuat brand awareness produk MS Glow melejit. Tidak mengherankan jika produk ini begitu populer sehingga tidak sedikit konsumen yang ingin mencobanya, apalagi setelah melihat testimoni para beauty influencer

2. Top brand skincare 

Sementara dari brand, Garnier berhasil mencatatkan namanya sebagai juara satu top brand skincare. Sementara beberapa brand lainnya yang masuk jajaran brand skincare terlaris di e-commerce di antaranya Wardah, Somethinc, Whitelab, Azarine, Scarlett, MS Glow dan Skintific. 

Sebagai besar top brand skincare tersebut memang berasal dari brand-brand lokal. Hal ini membuktikan bahwa bisnis lokal mampu merebut hati konsumen dalam industri perawatan kulit di e-commerce. Artinya, produk lokal tidak kalah bagusnya dengan produk skincare impor. 

Itulah rangkaian informasi seputar merk skincare terbaik di Indonesia yang bisa Anda jadikan referensi dalam meninjau performa bisnis di industri perawatan. Data penjualan tersebut juga mempermudah Anda dalam menganalisis kompetitor sekaligus melihat peta persaingan bisnis di e-commerce

Data tersebut dapat Anda peroleh dengan melakukan riset pasar. Tentunya, lakukan riset pasar sesuai kebutuhan bisnis Anda agar data yang didapatkan sesuai sehingga mampu menjangkau target konsumen secara tepat. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.