logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
5 Tips Bisnis Online

5 Tips Bisnis Online

5 Tips Bisnis Online

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Terkadang, memulai dan membangun bisnis online saja sudah terasa berat, apalagi jika berpikir untuk mengembangkannya. Namun, seperti biasa, Anda tak perlu memikirkannya berlarut-larut. Sebab, Compas akan membantu Anda dengan memberikan rangkaian tips yang akan berguna dalam berbisnis online.

Yup. Pada artikel ini, Compas akan membahas mengenai tips sukses membangun bisnis online dan cara untuk mengembangkannya.

 

5 Tips Membangun Bisnis Online agar Sukses

Peluang bisnis yang besar— seperti bisnis online— umumnya diikuti dengan persaingan yang ketat. Oleh karena itu, jika Anda baru memulai usaha secara online, Anda membutuhkan strategi agar toko online Anda bisa stand out di era serba digital ini.

Berikut adalah 5 langkah sukses dalam membangun bisnis online yang bisa diterapkan!

 

1. Menentukan Produk yang Dijual

Mulailah mencari ide untuk produk yang akan Anda jual. Anda pun harus tahu pula, di mana dan bagaimana cara untuk mendapatkan produk tersebut. Apakah Anda akan membuat sendiri, mengambil dari pemasok, atau menjual sebagai reseller? Selain itu, pikirkan juga di mana Anda akan menyimpan barang tersebut.

Kemudian, lakukan pengujian terkait apakah produk tersebut layak dijual atau tidak. Anda perlu melakukan pengujian kelayakan ini meski dalam skala kecil. Uji kelayakan secara sederhana dapat Anda lakukan melalui survei dan sampel produk.

 

2. Riset dan Persiapan

Setelah mendapatkan produk, menilai potensi jualnya, dan menemukan pemasok produk tersebut, Anda siap untuk membuat rancangan bisnis. Sebelumnya, lakukan riset pasar terhadap kompetitor dan lakukan inovasi agar produk Anda menjadi pembeda. Pastikan kualitas produk Anda juga lebih unggul untuk meningkatkan perceived value dari pembeli.

Rancangan bisnis akan menjadi “compas” yang membantu jalannya kegiatan bisnis. Rancangan juga hal yang penting untuk mengetahui mana yang prioritas dan bagaimana cara mendapatkan pelanggan baru dengan efektif.

 

3. Mulai Mengatur Bisnis

Pertama, Anda harus memberi nama toko atau usaha Anda. Pilih nama yang tepat dan sesuai dengan identitas bisnis Anda. Jika Anda ingin membuka toko web, maka pastikan nama tersebut masih tersedia pada domain situs web. Setelah menemukan nama yang mudah diingat, barulah Anda membuat logo bisnis.

Anda juga harus menyediakan foto produk yang berkualitas tinggi, deskripsi produk, mengetahui harga, atau berat barang tersebut.

 

4. Tentukan Opsi Pembayaran

Hal lainnya yang tidak kalah penting dalam membangun bisnis online adalah penyediaan opsi pembayaran. Pilihlah metode bayar yang memudahkan Anda dan konsumen dalam bertransaksi.

Jika Anda ingin memulai dengan e-commerce, fasilitas berupa opsi pembayaran biasanya telah tersedia. Anda tinggal memilih metode pembayaran apa saja yang akan Anda terima.

Namun, jika Anda memutuskan untuk berbisnis melalui platform lain seperti media sosial atau web toko, maka Anda bisa menggunakan metode pembayaran transfer bank atau menyiapkan metode pembayaran e-wallet pribadi.

 

5. Meluncurkan Toko Online

Saat toko online— baik itu berupa web toko maupun e-commerce store— sudah siap diluncurkan, inilah saatnya Anda untuk bekerja keras.

Bagi Anda yang memasarkan produk melalui web, Anda bisa melakukan strategi pemasaran melalui media sosial atau menggunakan tools Google Analytics untuk meningkatkan engagement.

Sementara itu, Anda yang memulai bisnis online dengan terjun ke “kolam” e-commerce, bisa memanfaatkan fitur live dan ads yang disediakan aplikasi untuk mempromosikan bisnis Anda.

 

4 Tips Mengembangkan Bisnis Online

4 Tips Mengembangkan Bisnis Online

1. Melakukan Campaign 

Tips yang pertama, Anda perlu melakukan campaign. Kalau perlu, terapkanlah berbagai jenis campaign sekaligus.

Sebab, cara untuk melakukan campaign sangat bervariasi, mulai dari campaign melalui radio, televisi, surat kabar hingga beragam jenis digital campaign lainnya. Anda bisa memilih beberapa cara yang sekiranya efektif dan sesuai dengan bisnis onlinemu.

 

2. Meningkatkan Pelayanan

Ada ungkapan bahwa pembeli adalah raja. Segala pertanyaan atau apa yang diinginkan mengenai produk Anda, harus dilayani dengan sepenuh hati. Anda tidak boleh negative thinking. Karena setiap ada yang mengunjungi tokomu, anggap semuanya adalah pelanggan yang akan membeli, sehingga Anda harus melayani semuanya dengan baik.

Anda harus bisa menerima setiap masukan atau saran dari pelanggan. Dari sini, Anda bisa mengetahui apa yang menjadi kekurangan atau kelebihan dari bisnismu. Hal ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan bagi usaha yang ingin Anda kembangkan, karena setiap masukkan dari pembeli atau pelanggan akan menjadi poin yang wajib Anda bangun dengan baik.

 

3. Manfaatkan Media Sosial

Sosial media salah satu hal yang paling penting dan kunci untuk mengembangkan bisnis online-mu. Anda harus mempunyai sosial media untuk mempublikasikan produk Anda karena sekarang sosial media adalah tempat beriklan yang paling optimal. Berikan gambaran yang menarik dan kreatif kepada calon pelanggan melalui sosial media toko Anda.

Selain itu, jangan lupa dengan caption yang menarik dan link web atau platform jualan Anda, sehingga pengunjung akan lebih mudah mengakses produk yang Anda jual.

 

4. Bangun Branding

Rahasia sebuah merek bisa tetap dikenal hingga turun temurun adalah branding yang kuat dan mudah dikenal. Brand tidak hanya membuat bisnis Anda semakin menonjol dan semakin dikenal oleh pelanggan, tapi juga bisa membuat arah bisnis semakin jelas.

Perkara branding tidak melulu berupa logo yang terpasang di platform jual beli seperti website e-commerce atau media sosial. Anda juga bisa memperkuat branding dengan menciptakan struk tagihan, souvenir, sticker, thank you note, atau packaging dengan menonjolkan merek yang diusung.

Proses branding dimulai dengan menggali identitas bisnis yang akan dibangun. Tidak hanya nama, Anda juga harus memikirkan misi dan nilai yang dibawa.

Keunikan serta keunggulan bisnis dari kompetitor juga bisa membantu proses pembangunan nama brand yang kuat. Dari situ, barulah Anda bisa mendesain brand secara visual dan menetapkan makna di baliknya.

Riset pasar diperlukan untuk mengetahui target pemasaran produk. Setelah target pemasaran ditemukan, maka Anda bisa merancang langkah pemasaran apa yang kira-kira paling efektif digunakan.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, kamu juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.