logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
10 Produk Terlaris di Tokopedia Tahun 2022

10 Produk Terlaris di Tokopedia Tahun 2022

10 Produk Terlaris di Tokopedia Tahun 2022

Compas.co.id – Meski pandemi telah usai, bukan berarti bisnis online menurun. Menurut laporan pemerintah, nilai transaksi di e-commerce pada kuartal I tahun 2022 ini mencapai Rp108.54 triliun. Angka tersebut meningkat sebesar 23% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa daya beli konsumen di e-commerce masih tinggi. 

Salah satu e-commerce terbesar di tanah air, yakni Tokopedia turut berpartisipasi dalam peningkatan transaksi digital tersebut. Melansir dari Katadata, Tokopedia berhasil mencapai nilai transaksi bruto hingga Rp132.5 triliun selama kuartal I tahun 2022 ini. Lantas, apa saja produk terlaris di Tokopedia?

10 Produk Terlaris di Kategori Beauty&Care Tokopedia

10 Produk Terlaris di Kategori Beauty & Care Tokopedia

Berbagai produk terlaris di Tokopedia ini terbagi dalam dua kategori, yakni Beauty&Care dan F&B. Berikut produk-produk paling unggul di Tokopedia dari kategori Beauty&Care menurut hasil riset Tim Compas pada kuartal I tahun 2022. 

1. Sabun Hotel SR 15 gr

Produk terlaris di Tokopedia yang pertama pada kategori Beauty&Care, yaitu Sabun Hotel SR 15 gr. Riset Tim Compas menunjukkan, produk tersebut mencapai total penjualan sebesar Rp4.9 miliar pada tahun ini dengan sales quantity lebih dari 10.000 pcs. 

Produk sabun mandi tersebut tidak hanya dikenal ampuh membersihkan tubuh, tapi juga harganya yang terjangkau. Bahkan, salah satu toko di Tokopedia menjual sabun tersebut seharga Rp615 saja. 

Meski sangat murah, sabun ini juga berkualitas dan telah terdaftar di BPOM. Terbukti, sabun tersebut sudah terjual hingga lebih dari 10.000 pcs dengan rating 5 di toko tersebut. 

Namanya sabun hotel, biasanya diperlukan untuk kebutuhan hotel sehingga belinya pun dalam jumlah besar. Apalagi, situasi sudah normal sehingga bisnis perhotelan aktif kembali. Untuk itu, wajar jika sabun tersebut jadi produk terlaris di Tokopedia pada 2022 ini. 

2. Azarine Hydrashoothe Sunscreen Gel SPF45+++

Produk terlaris di Tokopedia berikutnya ada produk sunscreen dari Azarine. Produk sunscreen tersebut memang sempat ramai diperbincangkan karena menawarkan formula yang ringan dan meresap di kulit. Ditambah lagi, produk tersebut memiliki tekstur gel yang bahan dasarnya dari air sehingga sangat cocok untuk kulit berminyak. 

Data Tim Compas menemukan bahwa total penjualan produk sunscreen Azarine tersebut mencapai Rp554.4 miliar pada kuartal I tahun ini. Sementara jumlah produk yang terjual totalnya lebih dari 8.000 pcs. 

Menurut analisis Tim Compas, penunjukkan Lee Min Ho sebagai Brand Ambassador Azarine turut meningkatkan brand awareness pada produk. Dengan begitu, tingkat penjualan produk tersebut dapat naik pula. 

Baca juga: Paling Laku, 4 Kandungan Skincare Ini Jadi Salah Satu Rahasia Kesuksesan Top Produk Serum di E-commerce

3. Maybelline FIT ME 12H Oil Control Powder – 120

Bukanlah hal baru jika brand kosmetik ternama asal Amerika tersebut masuk dalam daftar produk terlaris di Tokopedia. Brand yang sudah berdiri sejak 1915 di lebih dari 120 negara tersebut memang dikenal akan produk bedaknya. 

Produk ini meraih total penjualan senilai Rp515.9 miliar pada kuartal I tahun 2022 ini. Satu hal yang menarik dari produk tersebut, yakni dilengkapi dengan pelindung tabir surya SPF 28 PA+++ dan hadir dalam berbagai pilihan warna sesuai tone kulit wanita Indonesia. 

Sebagai brand besar dunia, produk bedak tersebut termasuk masih terjangkau karena masih dibawah Rp100.000. Mengutip dari Maybelline Official Shop di Tokopedia, harga normal produk tersebut sebesar Rp75.900. Terkadang Maybelline juga memberikan diskon khusus sehingga makin menarik daya beli konsumen. 

4. Garnier Men Acno Fight 12 in 1 Foam 100 ml Pack of 3

Kali ini produk terlaris di Tokopedia pada brand Garnier diraih oleh Garnier Men Acno Fight. Produk ini meraih sales revenue hingga Rp715.4 miliar dengan sales quantity lebih dari 7.000 pcs. 

Penawaran produk dengan menjualnya dalam tiga pcs sekaligus memang menarik konsumen karena harganya menjadi lebih terjangkau, terutama jika disertai diskon. Harga normal produk tersebut senilai Rp103.500 untuk 3 pcs. Produk tersebut menawarkan manfaat tidak hanya membersihkan wajah, tapi juga membantu mengatasi masalah jerawat.

5. Miniso Official Sheet Mask/Masker/Masker Wanita – Vit C

Pada peringkat kelima, ada produk sheet mask dari Miniso dengan total penjualan Rp102.7 miliar. Brand asal China ini sudah lama digemari masyarakat Indonesia dengan beraneka macam produknya. 

Mulai dari aksesoris, fashion, hingga produk kosmetik dan perawatan kulit tersedia. Meski sering dianggap meniru Uniqlo, Miniso memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan kompetitornya tersebut. 

Menurut asisten supervisor Miniso, Bagja, Miniso menawarkan empat keunggulan, yakni lingkungan toko yang nyaman, pelayanan yang ramah dan tanggap, harga produk yang terjangkau disertai kualitas yang terjamin. Maka, tidak mengherankan jika penjualan produk Miniso seperti sheet mask tersebut juga banyak peminatnya. 

Baca juga: 2 Cara Melihat Produk Terlaris di Shopee

6. Kahf Revered Oud Eau de Toilette 35 ml

Brand perawatan khusus pria di Indonesia memang tidak sebanyak brand khusus wanita. Inilah yang menjadi peluang bagi Kahf sehingga mampu mencapai posisi keenam sebagai produk terlaris di Tokopedia. 

Pada kuartal I tahun 2022, total penjualan produk Kahf tersebut mampu meraih angka sebesar Rp466.1 M dengan sales quantity senilai lebih dari 6.000 pcs. Produk parfum tersebut menghadirkan aroma Oud dan Amber yang melekat dengan warisan tradisi budaya. 

7. NATURE REPUBLIC Aloe Vera 92% Soothing Gel 300ml

Sejak rilis di Indonesia pada tahun 2018, brand Nature Republic ini sudah banyak mengambil hati para beauty enthusiast. Brand skincare asal Korea Selatan tersebut total penjualannya berhasil tembus Rp625.6 miliar pada kuartal I tahun ini. 

Kecantikan para idol maupun aktris Korea Selatan membuat brand-brand asal Negeri Ginseng tersebut turut digandrungi masyarakat Indonesia. Selain itu, produk dari brand tersebut juga terbuat dari 92% gel lidah buaya sehingga bersifat alami. Inilah yang menjadi daya tarik sehingga produk ini banyak peminatnya meski harganya terbilang cukup mahal dibanding beberapa produk lokal yang ada. 

8. PINKFLASH #OhMyKiss Matte Lipstik PFL01

Selain Miniso, brand asal China lainnya yang menghasilkan produk terlaris di Tokopedia adalah PINKFLASH. Produk Matte Lipstik dari PINKFLASH tersebut memperoleh sales revenue sebesar Rp324.6 miliar pada kuartal awal ini. 

Produk-produk PINKFLASH memang dijual dengan harga yang terjangkau. Bahkan, melalui PINKFLASH Official Shop di Tokopedia, tidak jarang PINKFLASH memberikan diskon. Misalnya, pada produk tersebut yang diskon hingga 78%.

Ini merupakan contoh strategi pricing untuk menaikkan penjualan. Menurut pantauan Tim Compas, strategi tersebut memang cukup ampuh meningkatkan penjualan. 

9. Ms. Glow Men Energizer Facial Wash

Brand lokal pun tak ingin kalah saing. Kali ini, ada brand MS Glow dengan produknya Ms. Glow Men Energizer Facial Wash yang berhasil masuk jajaran 10 besar produk terlaris di Tokopedia. 

Produk perawatan pria tersebut meraih sales revenue sebanyak Rp317.9 miliar. Tak tanggung-tanggung, MS Glow mendapuk Cha Eun Woo sebagai Brand Ambassador untuk mendongkrak penjualan produknya. Strategi marketing ala idol K-pop sekarang ini memang jadi tren yang banyak diikuti brand lokal. 

10. Dettol Wipes Sensitive isi 10 Lembar

Posisi ke-10 produk terlaris di Tokopedia berhasil dicapai oleh produk Dettol Wipes Sensitive. Produk tersebut berhasil terjual hingga lebih dari 5.000 pcs dengan total penjualan sebanyak Rp53.3 miliar. 

Produk tersebut berupa tisu basah yang anti bakteri dengan bahan dan teksturnya yang lembut sehingga nyaman digunakan. Sebagai bagian dari brand Dettol, produk tersebut tentunya sudah banyak dipercaya konsumen. Mengingat, brand Dettol adalah brand kesehatan yang terkenal akan produknya yang bermanfaat sebagai antiseptik dan menjaga kebersihan.  

Baca juga: 4 Kategori Serum Wajah Terfavorit dari 10 Produk Terlaris Periode 16-31 Agustus 2022

10 Produk Terlaris di Kategori F&B Tokopedia

10 Produk Terlaris di Kategori F&B Tokopedia

Selanjutnya, bagaimana data penjualan produk F&B di Tokopedia? Simak, data selengkapnya mengenai produk terlaris pada kategori F&B di Tokopedia berikut ini. 

1. Ikan Salmon Fillet SEGAR Premium (Norwegia)

Produk ikan salmon segar ini menduduki peringkat pertama sebagai produk paling laku di Tokopedia dengan total penjualan sebesar Rp13.3 miliar. Produk tersebut berasal dari ikan salmon fresh yang diimpor langsung dari Norwegia. 

Melalui toko resminya, Salmon Hu Jakarta, produk tersebut terjual dengan harga Rp475 per gram. Harga yang cukup terjangkau dengan kualitas yang sesuai. 

2. Beras Raja Platinum 5 Kg

Total penjualan produk bahan pokok ini mencapai nilai fantastis, yakni sebesar Rp1.6 triliun dengan sales quantity lebih dari 20.000 pcs. Beras tersebut diproduksi oleh PT Belitang Panen Raya (BPR), perusahaan yang bergerak pada penggilingan panen sejak tahun 2005. 

Brand beras RAJA Platinum memang sudah lama masyarakat kenal akan kualitasnya. Buktinya, beras ini telah mendapat sertifikat halal dari MUI dan menjadi brand beras pertama yang menyandang sertifikasi Pangan Segar dari Kementan di Palembang. 

3. Keju PROCHIZ Gold Mini 60 gr

Menurut riset Tim Compas, brand PROCHIZ berhasil menyabet peringkat satu dalam top brand keju terlaris 2022. Maka, hal wajar jika salah satu produknya ini masuk dalam produk terlaris di Tokopedia pada kategori F&B. 

Produk tersebut memperoleh sales revenue sebesar Rp160.4 miliar dengan sales quantity sebanyak 16.000 pcs pada kuartal pertama ini. Produk keju tersebut menawarkan tekstur yang padat dan dapat disajikan sebagai topping pada aneka makanan. 

4. Indomie Goreng Pcs

Bukanlah hal baru jika produk mie instan dari brand ini selalu jadi yang terlaris di pasaran. Brand mie instan yang sudah mendunia tersebut memang menjadi sudah lama menjadi favorit masyarakat Indonesia. 

Salah satu produknya yang paling populer adalah Indomie goreng yang saat ini mencapai total penjualan hingga Rp37.8 miliar. Meski laris dengan produk tersebut, brand ini juga memiliki strategi marketing yang bisa dicontoh. Beberapa di antaranya seperti menghadirkan inovasi varian rasa baru dan membuat campaign atau iklan yang menarik. 

5. SilverQueen Bundle Exclusive Valentine

Produk terlaris di Tokopedia dari kategori F&B selanjutnya berasal dari produk cokelat SilverQueen. Produk cokelat yang diproduksi oleh Delfi Official Store ini sukses masuk lima besar dengan total penjualan senilai Rp715 miliar pada kuartal ini. 

Produk cokelat tersebut sangatlah cocok sebagai kado Valentine atau sekadar hadiah bagi pasangan. Banyak yang menyukai produk tersebut karena rasa cokelatnya yang pas dan kemasannya yang memikat mata. 

Baca juga: Kenali Brand Storytelling Bisnis: Pengertian,Tujuan hingga Manfaatnya untuk Mengembangkan Bisnis Kamu

6. Sambal Bawang Original Bu Rudy

Meski bukan makanan pokok, tapi makan tanpa ada sambal rasanya kurang lengkap bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Apalagi jika sambalnya dari brand Bu Rudy, produk sambal yang legendaris dengan cita rasa yang khas. 

Tercatat, produk Sambal Bawang Original Bu Rudy mampu jadi produk terlaris di Tokopedia dengan total penjualan sebesar Rp213.9 miliar. Produk tersebut memang jadi solusi tepat bagi penyuka sambal, tapi tidak mau repot membuatnya. 

7. Milku Susu UHT Rasa Cokelat 200 ml

Produk susu kemasan ini pada kuartal I tahun ini mampu meraih total penjualan sebanyak Rp25.3 miliar. Produk ini merupakan produk susu UHT pertama yang diproduksi Wings Food. 

Perusahaan menjual produk tersebut dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan brand susu lainnya, yaitu senilai Rp3.100 di Wings Official Store di Tokopedia. Tim Compas menduga,  strategi pricing tersebut membuat produk susu ini lebih banyak dipilih.  

8. Sedaap Mie Instant Ayam Bawang 70 gr

Tak hanya Indomie, brand mie instan lokal yang satu ini juga sukses menjual produknya di Tokopedia dengan sales revenue sebesar Rp21.1 miliar. Masih dalam naungan perusahaan yang sama, yakni Wings Food, produk tersebut menawarkan cita rasa ayam bawang telur yang otentik dan khas. 

Brand mie ini sudah lama hadir di Indonesia, tepatnya sejak tahun 2003. Kini, brand tersebut makin populer karena menggandeng idola K-pop bernama Choi Siwon sebagai Brand Ambassador produknya. 

Baca juga: Melihat Strategi Market Positioning yang Dilakukan Marjan: Pengertian, Manfaat, dan 3 Jenisnya

9. Beras Raja Ultima 5 Kg

Produk ini masih di bawah perusahaan yang sama dengan produk beras Raja Platinum. Data Compas mengungkap bahwa produk ini mencapai total penjualan sebesar Rp533.2 miliar pada kuartal I tahun 2022. 

Hasil penelusuran Tim Compas menunjukkan produk tersebut merupakan jenis beras yang biasa digunakan untuk brand fast food seperti KFC, Richees Factory, dan AW. Produk tersebut menghadirkan beras dengan kualitas premium dengan hasil nasinya yang pulen sehingga pantas banyak masyarakat mengonsumsinya. 

10. Silverqueen Cashew 62 g

Produk kategori F&B terlaris di Tokopedia pada urutan ke-10 diraih oleh Silverqueen Cashew 62 gram. Produk cokelat tersebut laku keras dengan total penjualan mencapai Rp67.3 miliar. 

Berbeda dengan beberapa produk terlaris lainnya yang dijual di official store, khusus produk ini berasal dari toko Diamond Supermarket di Tokopedia. Toko yang menjual berbagai macam kebutuhan belanja bulanan. Hal ini membuktikan bahwa meski bukan official shop, toko tersebut sukses menjual produknya di e-commerce

Keberhasilan setiap bisnis dalam menjual produknya tidak hanya bergantung pada besarnya brand, namun juga strategi yang tepat. Dalam penerapannya, perusahaan membutuhan riset pasar yang sesuai kebutuhan bisnis. Dengan begitu, perusahaan dapat mengenali target pasar yang potensi sebagai konsumennya. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.