Melihat Strategi Market Positioning yang Dilakukan Marjan: Pengertian, Manfaat, dan 3 Jenisnya

Melihat Strategi Market Positioning yang Dilakukan Marjan: Pengertian, Manfaat, dan 3 Jenisnya

Author: Nimas Cemara

Compas.co.id – Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa iklan Marjan di televisi menjadi salah satu “penanda” bahwa bulan puasa semakin dekat? Iklan Marjan yang terasa seperti film pendek cukup sering menjadi bahan pembicaraan ketika akan memasuki bulan Ramadan, terlebih karena iklan Marjan hanya keluar di bulan suci saja.

Ketika mengeluarkan iklan saat bulan Ramadan dan masyarakat mengaitkan bulan Ramadan dengan sirup Marjan, hal itu menunjukkan bahwa brand Marjan berhasil melalukan strategi market positioning.

Apa yang dimaksud dengan strategi market positioning? Kali ini, Compas akan menjelaskan market positioning dan upaya Marja dalam menggunakan strategi tersebut di iklannya. Yuk, simak di bawah ini.

Apa Itu Strategi Market Positioning?

Strategi Market positioning adalah strategi untuk menciptakan dan menampilkan citra atau persepsi dari suatu brand. Citra atau identitas brand dapat ditampilkan dengan berbagai macam cara. Dengan strategi ini, brand dapat membedakan produknya dengan kompetitor di kategori yang sama.

Seperti yang sudah tertulis sebelumnya, Marjan melakukan strategi market positioning dengan cara mengeluarkan iklan dengan konsep film pendek setiap menjelang bulan Ramadan. Dengan melakukan hal ini, Marjan membangun citra Ramadan yang melekat dengan brand-nya.

Selain merilis iklan komersial dengan konsep cerita yang menarik ketika bulan Ramadan, iklan Marjan pun sarat dengan pesan moral dan dengan plot kearifan lokal sehingga masyarakat mengenal tokoh dalam cerita. Contohnya, iklan Marjan tahun ini menggunakan karakter Dewi Sri sebagai tokoh utama dan tetap menggunakan unsur kekeluargaan di dalam ceritanya.

Melalui hal ini, Marjan tidak hanya memenuhi misi komersil namun juga memainkan peran dimana Ramadan adalah bulan yang hangat bersama dengan keluarga. Marjan pun secara halus menempatkan posisi bahwa produk sirupnya adalah minuman yang tepat untuk dinikmati bersama keluarga.

Manfaat Strategi Market Positioning

Manfaat utama dari market positioning tentu saja untuk menempatkan brand kamu agar menonjol dari yang lainnya di pasar. Namun, ada banyak manfaat lain dari market positioning, lho!

Karena brand-mu akan lebih menonjol dari yang lainnya dan masyarakat akan mengenal brand-mu lebih baik, tentu saja market positioning dapat membuatmu mengalami peningkatan pendapatan dan/atau angka penjualan produk. 

Melakukan market positioning juga dapat membantumu untuk membuat keputusan yang lebih tepat. Karena sudah memiliki identitas brand, komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih efektif sehingga memudahkan kamu untuk melakukan promosi untuk produk baru.

Baca juga: Yang perlu kamu siapkan untuk melakukan strategi market positioning

Jenis-Jenis Strategi Market Positioning

strategi market positioning

1. Harga (Pricing)

Ingat, market positioning terjadi ketika brand kamu dapat membuktikan bahwa brand-mu dapat memberikan nilai yang lebih jika dibandingkan dengan brand lainnya. 

Hal ini bisa dilakukan salah satunya dengan menetapkan harga yang lebih worthy dari brand lain. Penetapan harga dapat memiliki pengaruh besar dengan minat pembeli, jadi kamu harus tetap hati-hati dalam menyiapkan harga.

2. Kualitas (Quality)

Menyambung dari sebelumnya, agar harga produk yang ditawarkan lebih worthy, jangan lupa untuk tetap siapkan produk dengan kualitas baik.

Jenis strategi market positioning ini biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang terus berinovasi menyediakan kualitas produk terbaik.

3. Differentiation

Jenis market positioning satu ini juga sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Dengan jenis ini, brand akan memberikan satu fitur unik dari produk mereka. Fitur tersebut akan menjadi unggulan produk tersebut dan membedakannya dari produk brand lainnya.

Misalnya, sebuah brand makanan cepat saji yang menyajikan kentang goreng berbentuk unik adalah satu-satunya brand yang menyajikan kentang goreng jenis tersebut sehingga membedakan brand tersebut dengan brand lainnya.

4. Customer Service

Jenis strategi market positioning ini berfokus pada pelayanan konsumen yang mumpuni dan selalu siap membantu konsumen.

Dengan melakukan jenis market positioning ini, brand dapat membangun kredibilitas yang baik dan tinggi di mata konsumen.

Kesimpulan

Sekian penjelasan mengenai strategi market positioning kali ini. Dengan market positioning, kamu dapat menempatkan brand ke target pasar dan membangun citra untuk brand-mu seperti yang dilakukan oleh sirup Marjan.

Compas baru saja merilis laporan data penjualan bulan Ramadan 2021. Dari laporan tersebut, terlihat penjualan sirup Marjan pada saat bulan Ramadan 2021 cukup menjanjikan. Untuk melihat datanya, kamu bisa akses link ini, ya.

Kamu juga bisa melihat data pasar lainnya di Compas. Contoh data yang bisa kamu dapatkan adalah Compas Market Insight Report: Shopee 3.3 lalu!

Tertarik untuk akses Compas Dashboard? Anda bisa request diskusi langsung dengan tim Compas dengan mengisi form online di link ini. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk info lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.