logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Cara Melihat Produk Terlaris di Shopee

2 Cara Melihat Produk Terlaris di Shopee

2 Cara Melihat Produk Terlaris di Shopee

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Siapa tak kenal Shopee? Yup, aplikasi belanja besutan Singapura ini merupakan salah satu pioneer di dunia e-commerce Indonesia. Bagaimana tidak? Sebagai aplikasi online shop, Shopee menawarkan solusi berbelanja secara mudah hanya dari rumah. Tak heran, banyak kawula muda yang “ketagihan” berbelanja melalui Shopee.

Hal ini sesuai dengan data laporan pengunjung Shopee yang dirilis oleh Kata Data. Dalam laporan tersebut, tertulis bahwa jumlah pengunjung Shopee pada kuartal I 2022 berjumlah sebanyak 132.8 juta orang. Dengan kata lain, jumlah pengunjung Shopee selama bulan Januari—Maret 2022 mencapai setengah dari jumlah penduduk Indonesia yang berkisar di angka 250 juta.

Selain menawarkan kemudahan berbelanja secara online, aplikasi Shopee juga dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memfilter produk-produk berkualitas. Salah satu fitur yang sering digunakan untuk menemukan high quality product dalam Shopee adalah filter “Produk Terlaris”.

 

2 Cara Melihat Produk Terlaris di Shopee

Sebetulnya, ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk melihat produk terlaris di Shopee, yakni melalui fitur filter “Produk Terlaris” yang telah disediakan Shopee atau menggunakan Compas Dashboard.

Kalau Anda berposisi sebagai calon customer yang ingin membeli produk, maka Anda cukup memakai filter “Produk Terlaris” yang sudah ada. Namun, jika Anda merupakan pebisnis online yang ingin memantau performa penjualan produk dari brand saingan, maka akan lebih efisien jika menggunakan Compas Dashboard. Sebab, Compas Dashboard bisa memberikan data penjualan e-commerce secara real time.

 

Metode Manual: Melihat Produk Terlaris Melalui Filter Sort by “Produk Terlaris” di Shopee

Anda yang sudah sering “berselancar” di Shopee pasti telah akrab dengan fitur yang satu ini. Yup, seperti namanya, “Produk Terlaris” merupakan salah satu filter (sort by) pencarian yang disediakan Shopee agar pengguna aplikasi dapat mencari produk-produk berdasarkan urutan penjualan terlaris.

Untuk menggunakan fitur “Produk Terlaris”, Anda tinggal mengikuti tutorialnya di bawah ini!

1. Buka Aplikasi Shopee (Home Page)

Buka Aplikasi Shopee (Home Page)

2. Klik Search Bar dan ketik kata kunci produk yang ingin dicari. Contohnya “Serum Wajah”.

Klik Search Bar

3.Selesai mengetik kata kunci yang diinginkan, klik enter dan akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

tampilan seperti pada gambar

4. Untuk dapat melihat produk terlaris dari kata kunci “Serum Wajah”, Anda tinggal mengklik tombol sort by “Produk Terlaris” seperti contoh di bawah ini.

sort by “Produk Terlaris”

Advanced Method: Melihat Produk Terlaris Melalui Compas Dashboard

Jika Anda merupakan pemilik brand yang ingin memantau dan membandingkan performa brand sendiri dengan performa kompetitor, tentu Anda memerlukan data penjualan yang lebih canggih dari sekadar fitur “Produk Terlaris” yang disediakan Shopee.

Untuk itulah, Compas Dashboard hadir guna memenuhi kebutuhan Anda akan data penjualan yang lebih lengkap, kredibel, dan reliabel.

Lantas, bagaimana cara untuk melihat data produk terlaris di Shopee melalui Compas Dashboard? Simak step by step berikut!

1. Buka Compas Dashboard, lalu pilih rentang periode data penjualan yang ingin dilihat.

Buka Compas Dashboard pilih rentang periode

  1. Pilih opsi kategori produk yang ingin diperiksa. Pada Compas Dashboard, terdapat kategori level 1, 2, dan 3 sebagai berikut.

Pilih opsi kategori produk

kategori level 1, 2, dan 3

kategori level3. Pada opsi merchant, pilih “Shopee”.

pilih “Shopee”4. Compas Dashboard juga menyediakan opsi “Seller Type”. Anda bisa bebas memilih opsi official store only, non-official store, atau bahkan keduanya.

opsi “Seller Type”

5. Pilih jenis brand yang ingin ditampilkan. Pada foto di bawah ini, dipilih “exclude no brand”.

Pilih jenis brand

6. Terakhir, untuk melihat produk terlaris, klik opsi “top product listing”.

opsi “top product listing”

3 Manfaat Melihat Produk Terlaris di Shopee Melalui Compas Dashboard

Ada berbagai manfaat yang dapat Anda rasakan dengan melihat produk terlaris di e-commerce melalui Compas Dashboard. Berikut adalah tiga diantaranya.

 

1. Mengetahui Posisi Produk di “Hati” Konsumen

Dengan memperoleh data mengenai produk terlaris di e-commerce, artinya sama saja dengan mengetahui posisi produk Anda di “hati” para konsumen. Mengapa bisa dibilang demikian?

Sebab, produk-produk yang menempati posisi terlaris dalam sebuah platform e-commerce, tentunya telah dinilai memiliki keunggulan tertentu yang membuat konsumen merasa tertarik bahkan “mencintai” produk tersebut.

Jadi, kalau produk garapan brand Anda telah menempati posisi terlaris di Compas Dashboard, bisa dikatakan bahwa brand Anda sudah selangkah lebih dekat untuk menjadi andalan para customer!

 

2. Angka dan Data Penjualan yang Lebih Rinci

Seperti yang telah Anda lihat pada tutorial penggunaan di atas, Compas Dashboard memungkinkan brands untuk melihat list top product dengan pilihan filter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan brand.

Ditambah lagi, Compas Dashboard juga dapat memberikan data yang lebih rinci dengan cara menunjukkan angka aktual dari perolehan brand terhadap sales revenue, market share, dan sales quantity. Data yang lebih rinci tentu akan membantu Anda dalam menganalisa performa penjualan produk.

 

3. Bisa Memantau Performa Kompetitor

Compas Dashboard tak hanya mampu menunjukkan data penjualan brand Anda saja, tetapi juga bisa menunjukkan performa sales kompetitor di kanal e-commerce. Oleh karena itu, melalui data yang disediakan Compas Dashboard, Anda bisa memantau sales performance brand Anda sekaligus brand kompetitor!

 

Dapatkan Data Penjualan dengan Mudah dengan Compas

Tak hanya informasi mengenai produk terlaris di Shopee, Compas Dashboard juga memungkinkan Anda untuk mengakses dan memantau data brand kompetitor dari berbagai aspek, mulai dari sales quantity, market share hingga sales revenue.

Selain memantau performa kompetitor, Anda juga bisa melakukan riset pasar melalui Compas Dashboard, khususnya untuk e-commerce. Dengan pemantauan dan riset pasar yang tepat, Anda jadi mengetahui strategi pemasaran apa yang paling efektif untuk memperoleh keuntungan.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.