Menjawab Ketidakpastian Pasar 2021 dengan Market Insight!
Author : Valerie Joan
Pandemi Covid-19 di tahun 2020 berdampak begitu signifikan terhadap perkembangan dunia bisnis dan industri, termasuk bisnis produk elektronik untuk keperluan rumah tangga. Selain itu, pebisnis juga perlu memikirkan strategi untuk menjawab ketidakpastian pasar di tahun 2021.
Sebagai pebisnis profesional, kamu wajib mengikuti perkembangan pemasaran di masa depan khususnya proyeksi untuk tahun 2021. Banyak inovasi yang terjadi karena teknologi yang terus berkembang sehingga membutuhkan adaptasi yang besar dalam cara kamu menarik, terkoneksi, serta memasarkan produk ke target konsumen.
Dalam mempersiapkan perkembangan bisnis di masa depan, ada lima solusi yang dapat kamu lakukan untuk beradaptasi dengan pasar di tahun 2021. Penggunaan data insight dalam mengatur strategi bisnis dan menghasilkan produk perlu terus dilakukan untuk mempelajari bagaimana brand-mu dapat menemukan peluang baru dan berkembang di pasar tahun 2021.
Menjawab Ketidakpastian Pasar dengan Data Akurat
Memahami pelanggan adalah kunci kesuksesan untuk setiap bisnis, salah satu caranya adalah dengan menggunakan analisis pasar. Jika kamu tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang siapa pelangganmu, kamu akan kesulitan merancang produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka dan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang sukses.
Analisis pasar adalah bagian yang sangat penting dari perencanaan pemasaran produk untuk meningkatkan angka penjualan dan keuntungan perusahaan.
Selain itu, kamu juga perlu melakukan analisa pasar untuk menemukan peluang dan potensi bisnis yang dapat dimanfaatkan.
Memahami kebutuhan dan keinginan target konsumen mungkin tampak rumit, tetapi Compas membantu kamu untuk menggunakan data dan memahaminya dalam menganalisa pasar.
Dengan mengumpulkan dan menganalisa pasar dari data mereka sendiri, pemasar dapat menentukan tindakan terbaik.
Maka dari itu, data dari konsumen ini penting untuk membangun kembali kepercayaan konsumen dan eksistensi produk kamu, terutama selama perubahan ekonomi karena COVID-19 ini.
Cari tahu apa yang menjadi prioritas mereka. Apakah harga yang terjangkau atau mereka lebih berfokus pada kualitas yang premium? Dari sana, kamu jadi bisa menyusun strategi yang tepat mulai dari strategi pemasaran di e-commerce hingga strategi pengembangan produk.
Jika kamu baru mulai, fokus pada target konsumen yang spesifik terlebih dulu sebelum menargetkan pasar yang lebih luas.
Semakin spesifik dengan target pasarmu, akan semakin mudah bagi kamu untuk memiliki penawaran yang unik dan kompetitor pun semakin sedikit.
Baca juga: 9 Faktor yang Mempengaruhi Penjualan Online Anda
Bagaimana Brand dapat Beradaptasi dengan Market 2021?
Perkembangan berbagai inovasi telah menyebabkan munculnya berbagai jenis alat ukur untuk mengukur history konsumen melalui saluran, perangkat, dan jenis media yang membantu menghubungkan dunia digital dan fisik.
Persiapkan bisnis kamu untuk tantangan dan kondisi di masa depan. Gunakan market insights semaksimal mungkin, gunakan otomatisasi, dan tingkatkan standar privasi agar bisnis kamu lebih siap untuk respons yang cepat dan efektif.
Perusahaan yang gesit cenderung lebih sukses ketika mereka membangun kapabilitas yang kuat dalam tim mereka, meningkatkan komunikasi di semua tingkatan, dan mendorong pemecahan masalah secara kreatif di setiap langkah. Ini menciptakan budaya di mana orang merasa diberdayakan untuk mencoba hal-hal baru dan belajar dengan cepat.
Perkuat Branding dengan Diferensiasi dan Digitalisasi Produk
Bukan hanya analisis dan pemasaran yang harus diperhatikan, tetapi juga kualitas produk yang kamu jual. Jika kualitas produk tidak sesuai dengan yang kamu jual, ada konsumen yang akan bersaing.
Salah satu strategi bersaing yang paling mudah adalah menunjukkan keunggulan produk. Daripada menyerang kelemahan para kompetitor.
Akan jauh lebih baik jika kamu menunjukkan nilai lebih banyak kekuatan dan nilai jual perusahaan kamu yang tidak dimiliki kompetitor atau pesaing kamu. Cari tahu apa yang membedakan perusahaan kamu dari brand kompetitor dengan melakukan analisis pasar.
Untuk memperkuat kehadiran brand-mu, kamu dapat membuat toko online di marketplace dan memasarkan produk terbaik kamu di sana. Dengan fitur Compas, kamu bisa melihat dan membandingkan performa brand-mu dengan kompetitor, serta data tentang penjualan suatu kategori di marketplace.
Data akurat akan memudahkan kamu dalam menganalisa pasar untuk menyusun strategi marketing yang terbaik bagi bisnismu.
Lalu, bagikan konten yang menarik dan relevan dengan konsumen. Semakin banyak pengikut, semakin banyak orang mempelajari bisnismu. Selain itu, target konsumen yang lebih luas juga dapat dijangkau melalui platform online. Alhasil, kamu bisa lebih unggul dari para kompetitor.
Lihat juga: