positioning produk

Pentingnya Positioning Produk, Strategi untuk Menangkan Persaingan Bisnis!

Strategi positioning produk memegang peran yang besar dalam strategi pemasaran, karena anda dapat menempatkan sebuah produk yang ingin ditunjukan kekonsumen dengan baik melalui positioning produk.

Dengan demikian, target market dan audience akan memiliki perspektif yang sama dan terbentuknya citra produk yang dapat menjadi unsur pembeda dan meningkatkan kekuatan posisi pasar produk di pasar tertentu dibanding para pesaingnya.

Dalam penerapannya, kita bisa mengambil contoh dari industri fast food, dimana produk dalam industri tersebut telah memiliki positioning yang kuat, sebagai contoh, dalam suatu perkumpulan anak muda terdapat dari salah satunya yang sedang ingin memakan fast food dengan menu ayam, dan tanpa diberitahu, para pemuda lainnya pun terfikir dan mengucapkan produk yang sama yaitu “KFC”.

Hal tersebut bisa terjadi karena KFC telah berhasil melakukan positioning yang kuat dalam industri fast food dengan menu andalannya yaitu ayam goreng sehingga terbentuknya brand image yang sangat melekat yang menjadikan KFC sebagai top of mind Fast Food dengan Menu Ayam goreng.

Dengan memiliki positioning produk yang kuat, sebuah brand dapat diuntungkan dalam memperjelas target market yang dituju sehingga terciptanya efisiensi dalam kegiatan marketing yang dilakukan. Walaupun terlihat mudah, melakukan positioning produk memerlukan rancangan dan memerlukan proses yang cukup lama, berikut Strategi Menentukan Positioning Produk.

Positioning Statement

Positioning statement memiliki fungsi yang berbeda dengan slogan atau tagline perusahaan. Adanya positioning statement ini akan membantu sebuah bisnis membuat keputusan penting yang mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap sebuah brand

Positioning statement berbeda dengan slogan atau tagline perusahaan. Selain itu, sebuah positioning statement yang jelas dan dibuat berdasarkan data dan riset yang baik merupakan alat yang kuat untuk fokus dan kejelasan dalam strategi pemasaran suatu bisnis.

Jika digunakan dengan benar, Positioning statement dapat membantu sebuah bisnis membuat keputusan yang efektif untuk membantu membedakan brand,menarik target market dan memenangkan pangsa pasar dari kompetitor.

Berbeda dengan tagline yang merupakan pernyataan eksternal yang digunakan dalam upaya marketing. positioning statement dapat diturunkan menjadi slogan perusahaan, tetapi keduanya tidaklah sama.

Pricing Positioning

Pricing positioning merupakan cara memposisikan produk atau layanan berdasarkan harga dengan mengaitkan brand dengan harga yang kompetitif. Biasanya, dengan strategi positioning harga, suatu brand dapat menjadi yang termurah atau salah satu yang termurah di pasar. 

Misalnya, jaringan supermarket besar seringkali memiliki berbagai produk dengan harga sangat rendah dalam berbagai kategori produk. Biaya logistik dan distribusi mereka yang lebih rendah memungkinkan mereka memberi harga produk mereka lebih rendah daripada pesaing, sehingga pembeli yang sensitif terhadap harga seringkali akan membelinya tanpa mengetahui harganya karena mereka sudah terbiasa dengan harganya yang terkenal termurah.

Cultural Positioning

Saat ini, banyak brand yang menggunakan simbol budaya yang kuat untuk membedakan merek mereka dari pesaing. Tugas penting adalah mengidentifikasi sesuatu yang sangat berarti bagi orang-orang yang tidak digunakan pesaing lain dan mengaitkan merek ini dengan suatu simbol budaya.

Selain itu, melakukan Positioning dengan mengangkat aspek kultural juga dapat meningkatkan publisitas media dan empati dari kalangan yang memiliki asosiasi terhadap suatu unsur kultural yang digunakan, di Indonesia kita dapat melihat berbagai produk olahan F&B dari berbagai daerah yang berhasil melakukan positioning menggunakan aspek kultural. 

Baca Juga : Faktor Penting yang Mempengaruhi Penjualan di E-Commerce

Positioning Produk dengan Analisa Kompetitor

Dengan melakukan analisis kompetitor, kita dapat membuat positioning yang unik dalam membentuk citra strategi pemasaran yang dapat dicapai melalui riset kompetitor yang dapat membantu dalam memahami berbagai aspek seperti

  • Siapa saja kompetitormu? 
  • Seberapa besar pesaing yang ada? 
  • Apakah yang membuat kompetitor lebih disukai? 
  • Apa yang disukai dan tidak disukai konsumen tentang mereka? 
  • Di mana mereka berhasil dan di mana mereka gagal? 
  • Bagaimana perkembangan industri? 
  • Di manakah letak peluang dan ancaman? 

Begitu posisi kompetitor terbaca, positioning dari kompetitor akan menjadi lebih jelas. Kita pun  dapat menentukan strategi untuk memperkuat penjualan produk agar dapat mengalahkan kompetitor.

Dalam melihat jumlah dan data kompetitor, banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan menggunakan fitur dari Compas.co.id, Melalui fitur Market Insight dari Compas.co.id, kita dapat mengetahui siapa market leader di Marketplace dan perubahannya dari waktu ke waktu. 

Fitur Market Insight juga membantu kita dalam menyusun strategi bisnis berdasarkan data dengan mengidentifikasi seberapa kuat posisi kita di marketplace berdasarkan total penjualan produk serta membandingkannya dengan kompetitor dalam kategori yang sama menggunakan fitur insight dari Compas, lihat peluang dan menguasai marketplace.

Baca juga:


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

1 Comment

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us