logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Manfaat Big Data Analytics

7 Manfaat Big Data Analytics Bagi Perusahaan

7 Manfaat Big Data Analytics Bagi Perusahaan

 

Compas.co.id – Era digital saat ini menjadi peran big data analytics begitu krusial dalam dunia bisnis. Kemampuan menganalisis data atau biasa dikenal big data analytics dibutuhkan untuk membangun sektor bisnis yang berkelanjutan, sebab itu tiap perusahaan perlu memilikinya. 

Pentingnya peran big data analytics tersebut tak lepas dari berbagai macam manfaat yang ditawarkan. Berikut beberapa manfaat big data analytics yang harus perusahaan pahami. 

7 Manfaat Big Data Analytics Bagi Perusahaan 

7 Manfaat Big Data Analytics Bagi Perusahaan

1. Memudahkan Customer Relationship Management (CRM)

Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi perusahaan dalam mengelola dan menjaga hubungan bisnis dengan pelanggan agar tetap terjalin baik dan efisien. Guna mencapai tujuan tersebut, CRM membutuhkan big data analytics. 

Melalui big data analytics, perusahaan akan dimudahkan dalam mengenali, melacak, hingga menggali informasi lebih spesifik mengenai pelanggannya. Sederhananya, big data akan mempercepat proses penerimaan informasi tersebut sehingga aktivitas dalam CRM menjadi lebih efektif. 

Baca juga: Mengenal Data Mining pada Business Intelligence

2. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis

Salah satu cara agar memperoleh keuntungan melimpah, yakni hasil kerja maksimal dengan biaya produksi yang lebih rendah. Di sinilah manfaat big data analytics dibutuhkan. Seperti pada pemaparan sebelumnya, big data analytics mampu mendorong efisiensi penyampaian informasi dalam skala besar seperti data pelanggan tersebut. 

Proses analisis jadi serba cepat dan akurat karena semua aktivitas telah terekam dalam big data. Manfaat big data analytics ini membuat sistem kerja perusahaan lebih otomatis sehingga berbagai aktivitas bisnis berjalan lebih cepat, efisien, dan produktivitas perusahaan meningkat. 

3. Memudahkan analisis tren pasar

Big data analytics dapat membantu perusahaan mengenal lebih dekat pelanggannya, mulai dari demografis, identitas, hingga persona konsumennya. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih jeli memahami kebutuhan konsumen. 

Hal ini sangat bermanfaat bagi perusahaan ketika sedang menganalisis tren pasar. Dari manfaat big data analytics ini, perusahaan tahu pola bisnis yang sedang berlangsung dan lebih terbuka dalam melihat tren yang berkembang saat ini maupun pada masa mendatang.

Minat data riset pasar? Segera coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard dengan cara KLIK DI SINI!

Atau, jika tertarik data FMCG E-commerce Report 2022 bisa mengakses selengkapnya secara GRATIS DI SINI.

Baca juga: 7 Fungsi Data Mining dalam Bisnis

4. Membuka peluang dan potensi bisnis

Kejelian dalam melihat tren pasar tentu saja akan membuka peluang dan potensi bisnis perusahaan. Peluang selalu dicari oleh perusahaan karena di situlah potensi keuntungan bisa didapatkan. 

Maka dari itu, tiap perusahaan berlomba-lomba untuk terus menggali informasi dan melakukan analisis data guna meraih peluang tersebut. Ketatnya persaingan ini menjadikan big data analytics sebagai salah satu modal utama perusahaan agar mampu menemukan dan mengejar peluang yang ada. 

5. Memudahkan pengembangan produk

Peluang dan potensi bisnis bisa didapatkan melalui berbagai cara, misalnya dengan mengembangkan produk. Sebenarnya, perusahaan dapat memilih untuk mengembangkan produk yang sudah ada atau melakukan inovasi. 

Dalam memutuskan hal ini, perusahaan membutuhkan big data analytics agar keputusan yang diambil tepat sasaran. Pengembangan produk memang bisa jadi strategi unggulan, tapi akan sia-sia dan sekadar menghabiskan biaya produksi apabila tidak sesuai kebutuhan pelanggan. 

Perusahaan dapat meminimalisir kegagalan pengembangan produk ini melalui manfaat big data analytics. Big data akan memperjelas tindakan yang harus diambil perusahaan agar produk yang dikembangkan berkualitas, bernilai, dan sesuai kebutuhan pasar. 

Baca juga: Mengenal Peran Data Query dalam Bisnis

6. Meningkatkan pelayanan perusahaan 

Penggunaan big data dalam mengumpulkan dan menganalisis jejak digital pelanggan bisa menjadi modal utama perusahaan untuk mempertahankan loyalitas konsumennya. Caranya dengan meningkatkan pelayanan yang tepat berdasarkan apa yang dibutuhkan pelanggan. 

Dengan cara ini, perusahaan dapat meluncurkan product development maupun peningkatan customer experience yang menguatkan posisi bisnis perusahaan di mata pelanggan. Apalagi jika perusahaan makin tahu secara mendalam mengenai personalia dari pelanggannya, maka kian mudah meningkatkan pelayanan konsumen tersebut. 

7. Mendorong penjualan produk 

Ujung tombak dari manfaat big data analytics bagi perusahaan tentu saja untuk mendorong penjualan produk sehingga makin besar profit yang diperoleh. Namun, pastinya hal ini tidak bisa diraih instan begitu saja. Ada proses-proses panjang dari setiap keputusan yang diambil dengan memanfaatkan big data tersebut. 

Perlu diketahui pula bahwa pemanfaatan big data ini skalanya besar. Bahkan, perusahaan juga bisa menganalisis peta persaingan bisnis melalui big data ini. Misalnya, dari data riset pasar di e-commerce yang tersedia dalam Compas Dashboard. 

Compas Dashboard menyediakan beragam fitur unggulan yang akan membantu perusahaan dalam melakukan riset pasar. Ada berbagai macam data pasar, mulai dari top brand, top sales, top product, dan lainnya yang akan memperjelas posisi bisnis Anda, terutama dalam skala e-commerce di Indonesia.

Big data ini dapat menjadi salah satu tools yang akan mendorong perusahaan meraih target bisnis karena semua data tervalidasi dengan cepat dan akurat. Ditambah lagi, Compas Dashboard dapat menyediakan data sesuai kebutuhan perusahaan. 

Minat? Hubungi segera Team Compas atau DM Instagram Compas. Bersama Compas Dashboard, jadilah jawara di e-commerce

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.