logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Mengenal Peran Data Query dalam Bisnis

Mengenal Peran Data Query dalam Bisnis

Mengenal Peran Data Query dalam Bisnis

 

Compas.co.id – Query merupakan perintah atau syntax yang digunakan untuk mengatur data sesuai keinginan. Dalam perkembangannya, query berperan penting untuk mengelola database pada bisnis. 

Bagaimana bisnis masa kini memanfaatkan data query? Pada big data, yang pasti bisnis membutuhkan proses yang besar untuk mengolah data setiap harinya dan itu membutuhkan query. 

Baca juga: FMCG E-commerce Report 2022: 43,5% Market Didominasi Beauty & Care

Pengertian Data Query dalam Bisnis

Data query adalah salah satu objek yang mendukung proses kerja dan pengoperasian tabel pada database. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, query artinya menanyakan atau lebih mengacu pada permintaan informasi. 

Permintaan informasi yang dimaksud berupa database. Secara sederhananya, query adalah permintaan data dari database. Untuk mendapatkan data tersebut, query membutuhkan bahasa standar atau biasa disebut Structured Query Language (SQL). Namun, adapula bahasa query lainnya yang umum dimanfaatkan seperti AQL, DMX, dan Datalog. 

Selain itu, perlu Anda catat bahwa SQL tidaklah sama dengan MySQL. Jika SQL adalah bahasa query, maka MySQL merupakan software yang memakai bahasa tersebut (SQL). 

Secara SQL, bahasa query ini tersusun atas tiga bagian, yaitu DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), DCL (Data Control Language). Berikut penjelasan selengkapnya mengenai data query berdasarkan bahasanya tersebut. 

1. Pengertian DDL

Data Definition Language merupakan bahasa query yang fungsinya mendefinisikan data dalam database. Beberapa perintah yang umum digunakan dalam bahasa ini di antaranya CREATE, DROP, dan ALTER. 

2. Pengertian DML

Data Manipulation Language adalah bahasa query yang fungsinya sebagai penambah atau pengubah nilai dari suatu tabel di database. Perintah yang bisa Anda gunakan dalam bahasa query ini, yaitu INSERT, DELET, SELECT, dan UPDATE. 

3. Pengertian DCL

Berikutnya, Data Control Language yang merupakan bahasa query untuk membuka hak akses kepada pengguna. DCL ini merupakan perintah SQL yang berfungsi mengatur apapun hak yang dimiliki pengguna hingga memanipulasi user. Perintah dasar terpenting dalam DCL ini, yaitu GRANT dan REVOKE. 

Tertarik akses database berupa riset pasar di e-commerce? Akses segera melalui percobaan 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI

Baca juga: 7 Fungsi Data Mining dalam Bisnis

3 Fungsi Data Query

3 Fungsi Data Query

Ada banyak manfaat dari data query ini. Namun, secara garis besar ada tiga fungsi utamanya. Berikut info selengkapnya terkait hal tersebut. 

1. Membuat database 

Manfaat utama dari fungsi data query ini, yaitu membuat database. Perintah yang umum digunakan adalah CREATE. Dalam membuat database tersebut, fungsi query yang dipakai adalah Data Definition (DDL). 

Implementasinya dalam bisnis, perusahaan dapat membuat database khusus mengenai performanya terutama terkait data penjualan, produk, dan konsumen. Misalnya, ketika perusahaan ingin mengembangkan produk atau layanan tersebut, maka membutuhkan analisa bisnis. 

Melalui data query ini, perusahaan dapat mengumpulkan sumber informasi dalam skala besar untuk kepentingan analisa bisnis tersebut. Ini juga meminimalisir adanya kesenjangan dataset antara hasil analisis dengan realita data yang dimiliki. 

Pemanfaatan query dalam membuat database dapat dilihat pada penyusunan data warehouse. Inmon (2005) menjelaskan bahwa data warehouse merupakan pengumpulan data yang berpusat, terintegrasi, dan bervariasi waktunya yang bermanfaat untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen. 

Dalam implementasinya, perusahaan dapat memprioritaskan data query penjualan gudang melalui perintah dalam query. Dengan begitu, dapat diketahui hasilnya berupa bagan penjualan yang akan membantu perusahaan dalam merancang data penjualan di gudang. 

Baca juga: Visualisasi Data: 3 Cara Bagaimana Bercerita dengan Data Dapat Membantu Marketing Bisnis Kamu

2. Mengelola database

Tak hanya membuat database, query juga berfungsi untuk mengelola data tersebut sesuai kebutuhan pengguna. Pengelolaan database tersebut membutuhkan Data Control Language (DCL). 

Bagi perusahaan yang bergerak dalam produk digital atau melakukan pemasaran secara digital, maka sudah seharusnya melakukan pengelolaan database. Dalam penerapannya, pengelolaan database ini berguna untuk mendeteksi kerusakan sehingga bisa segera dilakukan perbaikan. 

Misalnya, adanya kerusakan pada aplikasi, software, atau website perusahaan yang umumnya menyimpan informasi besar dalam database berbasis SQL. Maka, dibutuhkan query untuk mengetahui masalah tersebut sehingga bisa segera diselesaikan. 

3. Memanipulasi database

Selain dua fungsi dasar tersebut, query juga bisa membantu pengguna melakukan manipulasi database. Manipulasi yang dimaksud, yakni mengubah atau menambah nilai dari tabel yang tersedia dalam database.

Menurut Jigsaw Academy, manipulasi data juga memberikan sejumlah manfaat bagi penggunanya. Beberapa manfaat tersebut diantaranya agar diperoleh konsistensi data sehingga lebih mudah dipahami, sebagai project data dalam business intelligence, dan membantu perusahaan memperoleh data secara sempurna yang mungkin saja tidak dimiliki oleh kompetitor. 

Contoh data yang bisa dimanipulasi, yakni data perilaku atau kebiasaan konsumen, data keuangan operasional, hingga data untuk analisis tren pasar. Apabila perusahaan berhasil mendapatkan berbagai macam data tersebut, tentunya akan mempermudah bisnis terutama dalam perancangan strategi yang lebih unggul. 

Apabila ditinjau dari prosesnya, manipulasi data ini melalui sederet tahapan. Hal ini diawali dengan perusahaan menemukan sumber data dari database, lalu dilanjutkan dengan analisis. Kemudian, manipulasi data bisa dilakukan setelah database terbentuk dan dapat disusun informasi berdasarkan proses kerja data manipulation tersebut. 

Selain itu, untuk mengembangan bisnis, Anda juga bisa memanfaatkan database dari riset pasar. Database tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan sehingga Anda bisa menentukan strategi marketing yang tepat. 

Butuh data riset pasar secara akurat dan cepat? Hubungi Team Compas atau DM Instagram Compas. Bersama Compas, jadilah the next market leader di e-commerce!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.