marketing tools

6 Marketing Tools untuk Bantu Kembangkan Bisnis Online Anda

Mengembangkan bisnis memang membutuhkan usaha yang totalitas. Anda harus bisa menyesuaikan bisnis dengan tren dan update pasar. Maka dari itu, Anda membutuhkan tools-tools yang bisa meningkatkan penjualan bisnis.

Marketing tools bisa menjadi senjata Anda dalam berjualan online dan memenangkan kompetisi bisnis. Berisi strategi atau tools dalam pemasaran produk, banyak marketing tools yang bisa Anda gunakan untuk mengelola bisnis Anda. 

Ada banyak tools menyediakan fitur untuk membantu kembangkan bisnis Anda lebih efisien. Tidak hanya dalam promosi produk, marketing tools juga dapat membantu Anda dalam mengelola bisnis dan menganalisa kompetitor.

Dengan memilih marketing tools yang tepat, Anda bisa menentukan strategi bisnis terbaik untuk bersaing dengan para kompetitor. Beberapa pilihan tools marketing unggulan di 2021. Simak ulasannya berikut ini!

6 Marketing Tools 2021 untuk Bisnis Anda

1. Google Analytics

Google Analytics menyajikan informasi yang bisa Anda gunakan, terkait informasi jumlah traffic, pengunjung website, dan penilaian performa suatu konten. Sebagai platform analisis website, Google Analytics membantu Anda memahami keinginan para pengunjung website. 

Dalam berbisnis online, Google Analytics berperan dalam membantu Anda melacak konversi pasar. Selain itu, Anda juga bisa mengatur alur bisnis di e-commerce dan mengukur tingkat minat pasar terhadap suatu produk. 

Baca juga: 6 Tips Berjualan di Tokopedia Agar Laris Manis

2. Trello

Berbeda dengan Google Analytics, platform Trello membantu Anda mengelola to do list dengan rekan kerja lainnya. Trello wajib dimiliki oleh para pemilik bisnis, demi menjalin kerja sama tim yang terstruktur dengan baik. 

Trello Board menyediakan banyak pilihan untuk membuat list dan card dari rekan kerja, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sebagai aplikasi project manager suatu perusahaan, Trello membantu seluruh pekerja mengelola tugas yang banyak lebih efektif. 

3. Yoast SEO

Yoast merupakan plugin terpopuler untuk mengolah dokumen, seperti Classic Editor di WordPress. Plugin ini membantu Anda dalam mengoptimalkan konten yang diproduksi pada mesin pencarian. 

Beroperasi dengan cara optimasi landing page, Yoast SEO memberikan kata kunci spesifik untuk Anda gunakan sebelum membuat konten. Kata kunci inilah yang akan menentukkan peringkat konten bisnis Anda di Google serta potensi keterbacaan halaman website. 

Tujuan dari mengaplikasikan Yoast adalah untuk membuat konten website Anda tampil di peringkat pertama search engine. Terlebih lagi, plugin ini membantu Anda memantau readability page website Anda, dan memberikan nilai Flesch Reading Ease. 

4. Slack 

Dalam menjalin komunikasi yang baik dengan tim, Slack hadir sebagai platform untuk berbagi channel dengan seluruh tim divisi. Anda bisa berkomunikasi dengan seluruh tim terkait rencana bisnis kedepannya. 

Terlebih lagi, Anda bisa membuat channel per divisi untuk membagi tugas-tugas yang lebih spesifik. Slack berkemampuan dalam mengintegrasikan banyak perangkat dan channel secara efisien. Sehingga, Anda bisa menjalin kerja sama yang efektif dengan tim dan membentuk rencana bisnis terbaik. 

5. HubSpot Marketing

HubSpot menyediakan alat-alat yang bisa digunakan dalam memasarkan bisnis Anda, seperti formulir pop-up, formulir web, dan live chat. Platform ini membantu Anda dalam melakukan kampanye email marketing, transaksi data Anda ke CRM (Customer Relationship Management), serta menganalisis pelaku para pengunjung website Anda.

Tersedia kemudahan performa marketing automation saat menggunakan HubSpot ini. Upaya Anda seperti mengelola media sosial, produksi konten, performa email, serta membantu terhubung dengan para leaders. 

HubSpot Marketing mengakomodasi bisnis Anda dalam melakukan aktivitas digital marketing seperti tracking email dan notifications, tracking leader, mengatur live chat, meeting, dan masih banyak lagi. 

6. Compas

Beroperasi dalam bidang big data, Compas menyediakan data riwayat transaksi dan penjualan dari keseluruhan pasar. Terdapat banyak fitur yang membantu bisnis Anda, seperti Category Market Size, Top Brand, Top Seller, Market Potential, dan Compas Quick Report. 

Compas dapat berperan penting dalam kemajuan bisnis online Anda khususnya pada marketplace. Dengan bermodal data Compas, Anda bisa menganalisa performa kompetitor dan memahami produk apa yang memiliki daya beli tinggi pada periode tertentu. 

Bagi para pebisnis, data valid memiliki pengaruh yang signifikan dalam perkembangannya. Hal ini meliputi riset nyata terkait keinginan konsumen serta potensi pasar dari suatu kategori produk. Tanpa memakan waktu lama, Anda bisa mendapatkan informasi dari data transaksi pasar. 

Mencari dan menentukan jenis marketing tools yang tepat untuk bisnis Anda memanglah tidak mudah. Sesuaikan dengan kebutuhan dan visi misi Anda dalam mengembangkan strategi bisnis. 

Jangan lupa untuk sertakan informasi dan pengetahuan seputar marketing ya, agar seluruh platform di atas bisa Anda gunakan secara maksimal. Jika hanya digunakan asal-asalan tanpa ilmu yang memadai, marketing tools apapun akan kurang berguna sebagaimana mestinya. 

Analisa dan Digital Marketing

Digital marketing adalah kegiatan marketing yang dilakukan dan diadaptasi dengan teknologi digital berupa internet. Optimasi ini dilakukan atas dasar perkembangan media sosial dan platform digital yang pesat. 

Peran digital marketer sangatlah penting bagi perkembangan perusahaan, khususnya dalam menganalisa potensi pasar. Dengan cara penggunaan tools digital, para pelaku digital marketing mampu menetapkan apa saja yang benar-benar dibutuhkan oleh target pasar. 

Sebelum maupun setelah menentukan strategi pemasaran online, diperlukan adanya kemampuan analisa untuk untuk melihat efisiensinya. Dengan kata lain, digital marketing mengharuskan perusahaan dalam menganalisa setiap kebutuhan dan konversi dari website Anda. 

analisa data

Dalam menjalankan bisnis, Anda harus bisa menganalisa para kompetitor khususnya saat berjualan di marketplace. Data pada Compas membantu Anda menganalisa performa kompetitor pada kategori produk yang sama. 

Analisa ini bisa Anda gunakan untuk memahami apa yang dimiliki oleh kompetitor namun tidak Anda miliki. Sehingga, Anda bisa menyusun strategi yang tepat untuk mengungguli kompetitor dan memenangkan angka penjualan.

Ingin bisnis Anda berkembang optimal? Mulailah integrasikan data valid seputar pangsa pasar agar bisa menganalisa market secara nyata dengan klik link berikut ini.

Baca juga:


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us