Senior Frontend Developer
Deskripsi Umum Pekerjaan Bertanggung jawab untuk mengembangkan code dengan arsitektur
Author: Farah Ramadhani
Dalam menyusun perencanaan bisnis, analisa pasar adalah salah satu komponen terpenting yang menjamin kesuksesan usaha Anda. Analisa pasar membantu Anda untuk melakukan optimasi produk, memutuskan strategi pemasaran yang tepat, hingga melayani pelanggan lebih baik.
Lantas, bagaimana cara menganalisa pasar yang efektif? Anda harus memperhatikan aspek-aspek di bawah ini dan mengetahui tujuan dari kegiatan ini. Berikut penjelasan tiap aspek untuk menganalisis pasar.
Agar Anda dapat memahami peluang pasar dan membangun bisnis online yang sukses, Anda harus melakukan analisa atau riset pasar terlebih dahulu. Berikut ini adalah lima langkah untuk melakukan proses analisa pasar secara efektif:
Pada langkah pertama ini, Anda harus bisa menggambarkan industri Anda secara keseluruhan lengkap dengan tujuan perusahaan berdiri. Bahasan yang muncul antara lain adalah permintaan pasar, tren, ukuran, pertumbuhan industri, hingga profil pesaing di industri.
Memiliki gambaran industri dapat meyakinkan investor bahwa Anda paham dengan situasi pasar dan siap berkompetisi dengan perusahaan lain. Melalui gambaran industri, Anda juga dapat menganalisa bidang apa yang perlu diperbaiki agar perusahaan tetap meraih keuntungan.
Contoh gambaran industri adalah misalnya, Anda ingin membuka restoran cepat saji. Anda perlu memperhatikan hal-hal seperti “Apakah dalam periode waktu kedepan jumlah orang yang melakukan dine-in meningkat?”. “Apakah perlu ditingkatkan layanan untuk ojek online?” dan lain sebagainya.
Baca juga: 6 Tips Sukses Menghadapi Persaingan Bisnis UMKM
Menganalisa target pasar yang relevan artinya Anda harus bisa mengelompokkan mereka dalam beberapa segmen pasar berdasarkan beberapa aspek tertentu. Umumnya, target pasar akan dikelompokkan sebagai berikut:
Di aspek ini Anda harus dapat menyimpulkan apa yang dibutuhkan oleh target pasar dengan rinci. Kebutuhan tersebut dapat berupa permintaan produk ataupun pelayanan tertentu.
Contohnya, banyak orang membeli produk kopi cabang (waralaba) dari kedai yang terkenal daripada lokal. Hal ini bisa didasari karena rasa dari kopi cabang lebih konsisten dan sudah dipastikan enak.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan pasar terhadap kedai kopi adalah rasa yang konsisten. Kedai kopi lokal pun dapat bersaing jika memiliki rasa yang unik dan kuat seperti kedai yang sudah memiliki nama.
Menganalisis pesaing tentu merupakan hal penting dalam mempersiapkan bisnis Anda dalam menghadapi situasi pasar. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui peluang kebutuhan pasar yang belum terpenuhi oleh pesaing.
Dalam menganalisa persaingan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:
Dalam menganalisa pesaing, Anda juga dapat menggunakan data penjualan yang disediakan oleh Compas Quick Report. Data penjualan tersebut dapat membantu Anda menganalisis produk mana yang memiliki potensi besar dalam penjualan di target pasar tertentu.
Langkah terakhir dalam analisa pasar adalah menentukan harga untuk produk atau layanan yang perusahaan Anda berikan. Dalam menetapkan harga, hal yang perlu Anda perhatikan adalah harga kompetitor serta kualitas produk.
Banyak orang mengaitkan harga produk yang tinggi sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan. Akan tetapi, jika ingin memasang harga yang relatif tinggi, Anda harus sudah yakin target pasar mampu membelinya. Pastikan juga kualitas produk sesuai dengan harga yang Anda tawarkan.
Dalam membangun perusahaan yang baru, analisa pasar tentu berperan besar bagi keberhasilan perusahaan Anda. Berikut beberapa keuntungan yang tercapai jika Anda melakukan analisa pasar dengan benar.
Saat melakukan analisa pasar, Anda telah mengetahui siapa yang akan menjadi target pembeli, seberapa sering mereka akan membeli, serta harapan mereka atas produk perusahaan Anda.
Dengan menganalisa pasar, Anda dapat mengetahui perusahaan mana yang telah lama bertahan di target pasar, serta hal apa yang dapat diinovasi untuk pelanggan produk tertentu.
Dalam bisnis, tentu ada risiko seperti kegagalan produk, ataupun target pasar yang kurang sesuai. Dengan analisis pasar, Anda dapat menghindari kerugian-kerugian seperti di atas.
Perusahaan yang telah melakukan analisa pasar dapat mengetahui prediksi pasar dalam periode waktu tertentu dan membantunya bertahan lebih lama di persaingan yang ketat.
Analisis peluang pasar membuat bisnis Anda lebih inovatif dan menjadi trendsetter bagi usaha di bidang yang Anda tekuni. Menjadi trendsetter dan membuat berbagai tren bisnis baru tentunya akan menarik lebih banyak konsumen bagi perusahaan Anda.
Melakukan analisa pasar merupakan hal yang wajib bagi para pebisnis, terutama yang baru mulai membuka suatu usaha. Dengan melakukan analisis pasar, Anda dapat mengetahui peluang apa yang bisa dimasuki sehingga bisnis lebih berkembang.
Menganalisa pasar harus dilakukan dengan teliti agar tidak ada data yang terlewat. Dalam melakukan hal ini, Compas Quick Report dapat membantu Anda menganalisa pesaing menggunakan data penjualan pada bidang tertentu. Maksimalkan fitur ini agar perusahaan Anda bisa bertahan dan terus berkembang, ya!
Baca juga:
Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas