analisa pasar

Ingin Bisnis Online Anda Sukses? Ikuti 5 Langkah Analisa Pasar Ini!

Author: Farah Ramadhani

Dalam menyusun perencanaan bisnis, analisa pasar adalah salah satu komponen terpenting yang menjamin kesuksesan usaha Anda. Analisa pasar membantu Anda untuk melakukan optimasi produk, memutuskan strategi pemasaran yang tepat, hingga melayani pelanggan lebih baik.

Lantas, bagaimana cara menganalisa pasar yang efektif? Anda harus memperhatikan aspek-aspek di bawah ini dan mengetahui tujuan dari kegiatan ini. Berikut penjelasan tiap aspek untuk menganalisis pasar.

1. Gambaran industri

Pada langkah pertama ini, Anda harus bisa menggambarkan industri Anda secara keseluruhan lengkap dengan tujuan perusahaan berdiri. Bahasan yang muncul antara lain adalah tren, ukuran, hingga pertumbuhan perusahaan.

Memiliki gambaran industri dapat meyakinkan investor bahwa Anda paham dengan situasi pasar dan siap berkompetisi dengan perusahaan lain. Melalui gambaran industri, Anda juga dapat menganalisa bidang apa yang perlu diperbaiki agar perusahaan tetap meraih keuntungan.

Contoh gambaran industri adalah misalnya, Anda ingin membuka restoran cepat saji. Anda perlu memperhatikan hal-hal seperti “apakah dalam periode waktu kedepan jumlah orang yang melakukan dine-in meningkat?”. “Apakah perlu ditingkatkan layanan untuk ojek online?” dan lain sebagainya.

Baca juga: 6 Tips Sukses Menghadapi Persaingan Bisnis UMKM

2. Target pasar

keuntungan analisa pasar

Menganalisa target pasar artinya Anda harus bisa mengelompokkan mereka dalam beberapa aspek. Umumnya, target pasar akan dikelompokkan sebagai berikut:

  • Ukuran pasar
    Ukuran pasar artinya seberapa besar potensi produk Anda jika dipasarkan pada kelompok tertentu.
  • Demografi
    Sesudah mendapat kelompok yang berpotensi akan membeli produk Anda, uraikan ke dalam kategori yang lebih kecil. Kategori tersebut bisa dari rentang usia, gender, pendidikan, hingga pendapatan.
  • Lokasi
    Jelaskan di lokasi mana Anda dapat menemukan kelompok pelanggan yang berpotensi tersebut.
  • Psikografis
    Dengan mengetahui gaya hidup dan kepribadian potensi pelanggan, Anda dapat mengetahui psikografis atau hal-hal yang mereka sukai dan tidak suka.
  • Perilaku
    Perilaku merupakan lanjutan dari psikografis. Jelaskan bagaimana cara pelanggan membeli produk Anda, seperti berapa jumlah dan seberapa sering produk Anda dibeli.
  • Tren
    Tren tentunya berpengaruh kuat pada perilaku pelanggan. Jelaskan inovasi yang dapat dilakukan untuk menanggapi tren yang terjadi pada kelompok pelanggan potensial Anda.

3. Kebutuhan pasar

Di aspek ini Anda harus dapat menyimpulkan apa yang dibutuhkan oleh target pasar dengan rinci. Kebutuhan tersebut dapat berupa permintaan produk ataupun pelayanan tertentu.

Contohnya, banyak orang membeli produk kopi cabang (waralaba) dari kedai yang terkenal daripada lokal. Hal ini bisa didasari karena rasa dari kopi cabang lebih konsisten dan sudah dipastikan enak.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan pasar terhadap kedai kopi adalah rasa yang konsisten. Kedai kopi lokal pun dapat bersaing jika memiliki rasa yang unik dan kuat seperti kedai yang sudah memiliki nama.

4. Persaingan

Menganalisis pesaing tentu merupakan hal penting dalam mempersiapkan bisnis Anda. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui peluang kebutuhan pasar yang belum terpenuhi oleh pesaing.

Dalam menganalisa persaingan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Persaingan langsung
    Dalam persaingan jenis ini, masukkan daftar perusahaan yang menjual produk dan layanan yang sangat mirip dengan perusahaan Anda.
  • Persaingan tidak langsung
    Secara sederhana, persaingan tidak langsung adalah daftar perusahaan yang dapat memberikan alternatif pada masalah perusahaan Anda yang belum dapat terselesaikan.
  • Bagaimana Anda berbeda
    Deskripsikan pada aspek mana perusahaan Anda berbeda dengan kompetitor. Misalnya, kedai kopi yang Anda buka berbeda dengan yang lain dari segi jam buka, lokasi, pemilihan biji kopi, ataupun suasananya.
  • Hambatan
    Jelaskan pada aspek apa perusahaan Anda akan lebih unggul daripada perusahaan yang baru masuk pasar.

Dalam menganalisa pesaing, Anda juga dapat menggunakan data penjualan yang disediakan oleh Compas Quick Report. Data penjualan tersebut dapat membantu Anda menganalisis produk mana yang memiliki potensi besar dalam penjualan di target pasar tertentu.

5. Perkiraan harga

Langkah terakhir dalam analisa pasar adalah menentukan harga untuk produk atau layanan yang perusahaan Anda berikan. Dalam menetapkan harga, hal yang perlu Anda perhatikan adalah harga kompetitor serta kualitas produk.

Banyak orang mengaitkan harga produk yang tinggi sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan. Akan tetapi, jika ingin memasang harga yang relatif tinggi, Anda harus sudah yakin target pasar mampu membelinya. Pastikan juga kualitas produk sesuai dengan harga yang Anda tawarkan.

Keuntungan melakukan analisa pasar

Dalam membangun perusahaan yang baru, analisa pasar tentu berperan besar bagi keberhasilan perusahaan Anda. Berikut beberapa keuntungan yang tercapai jika Anda melakukan analisa pasar dengan benar.

  • Target konsumen tercapai. Saat melakukan analisa pasar, Anda telah mengetahui siapa yang akan menjadi target pembeli, seberapa sering mereka akan membeli, serta harapan mereka atas produk perusahaan Anda.
  • Peluang dimanfaatkan dengan maksimal. Dengan menganalisa pasar, Anda dapat mengetahui perusahaan mana yang telah lama bertahan di target pasar, serta hal apa yang dapat diinovasi untuk pelanggan produk tertentu.
  • Mengurangi resiko. Dalam bisnis, tentu ada resiko seperti kegagalan produk, ataupun target pasar yang kurang sesuai. Dengan analisis pasar, Anda dapat menghindari kerugian-kerugian seperti di atas.
  • Menjadi usaha berjangka panjang. Perusahaan yang telah melakukan analisa pasar dapat mengetahui prediksi pasar dalam periode waktu tertentu dan membantunya bertahan lebih lama di persaingan yang ketat.
  • Menjadi tren bisnis. Analisis peluang pasar membuat bisnis Anda lebih inovatif dan menjadi trendsetter bagi usaha di bidang yang Anda tekuni. Menjadi tren bisnis atau trendsetter tentunya akan menarik lebih banyak konsumen bagi perusahaan Anda.

Melakukan analisa pasar merupakan hal yang wajib bagi para pebisnis, terutama yang baru mulai membuka suatu usaha. Dengan melakukan analisis pasar, Anda dapat mengetahui peluang apa yang bisa dimasuki sehingga bisnis lebih berkembang.

Menganalisa pasar harus dilakukan dengan teliti agar tidak ada data yang terlewat. Dalam melakukan hal ini, Compas Quick Report dapat membantu Anda menganalisa pesaing menggunakan data penjualan pada bidang tertentu. Maksimalkan fitur ini agar perusahaan Anda bisa bertahan dan terus berkembang, ya!

Baca juga:

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us