Macam-macam Target Pasar

Mengenal Macam-macam Target Pasar

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Sudah melakukan berbagai strategi marketing tapi penjualan tidak kunjung naik? Barangkali perusahaan belum mengenal macam-macam target pasar secara tepat. Padahal, target pasar adalah poin utama yang menjadi landasan agar strategi pemasaran berhasil.

Apa Itu Target Pasar

Target pasar merupakan kelompok masyarakat yang dinilai membutuhkan produk dari sebuah bisnis.Menurut Kotler & Armstrong (2008), target pasar adalah sekelompok pembeli atau konsumen yang memiliki kebutuhan atau karakteristik yang sama dan menjadi tujuan dari promosi bisnis. 

Sederhananya, target pasar merupakan calon konsumen yang disasar perusahaan. Target pasar menjadi tujuan utama dalam aspek penjualan. Selain itu, target pasar juga menentukan langkah dalam strategi marketing. 

Pembagian Macam-macam Target Pasar

Pembagian Macam-macam Target Pasar

Target pasar tersebut terbagi dalam beberapa kategori. Hal ini guna memudahkan para pelaku usaha untuk menentukan target pasar yang tepat. Apa saja macam-macam target pasar tersebut? Simak, pembagiannya berikut ini.

1. Demografi

Demografi merupakan kategori target pasar yang dikelompokkan berdasarkan ciri spesifik manusia secara umum. Ciri yang dimaksud, yakni usia, jenis kelamin, edukasi, agaman, tingkat pendidikan dan lainnya. Mengetahui demografi konsumen akan membantu Anda mengelompokkan target pasar sesuai karakteristik bisnis. 

2. Psikografi

Kategori target pasar ini berkaitan dengan psycho atau cara berpikir masyarakat dalam menilai suatu hal. Secara umum, pembagian psikografi terdiri dari kepercayaan, gaya hidup, hobi, atau personality konsumen. 

Psikografi termasuk target pasar yang sifatnya spesifik atau niche. Biasanya, penentuan target ini berdasarkan produk tertentu atau dalam skala yang lebih kecil. Contoh, konsumen dengan hobi mengoleksi barang branded

3. Lifestyle

Macam-macam target pasar berikutnya dari segi lifestyle atau bisa disebut pula behavioral. Kategori lifestyle merupakan target pasar yang pembagiannya berdasarkan perilaku atau kebiasaan masyarakat. Dalam bisnis, target pasar ini termasuk dalam kelompok yang general sehingga skalanya besar. 

Target pasar ini terbagi lagi dalam beberapa kelompok sesuai perilaku, yaitu kebiasaan berbelanja, kebiasaan interaksi dengan brand, status konsumen, atau customer loyalty. Dengan mengetahui target pasar ini, Anda bisa lebih jelas melihat perilaku konsumen yang berpotensi menghasilkan banyak cuan. Contohnya, bisnis layanan pinjaman online dengan target konsumen dari kelompok yang suka berbelanja.

4. Geografi

Terakhir adalah berdasarkan geografi. Geografi tersebut tidak hanya meliputi suatu wilayah yang ramai atau metropolitan. Namun, juga wilayah yang potensial menghadirkan konsumen baik itu di daerah terpencil, tempat yang panas, atau area perbatasan. Beberapa target pasar dalam kategori geografi, yaitu negara, kabupaten, lingkungan tempat tinggal, iklim, dan lainnya. 

4 Manfaat Mengenali Target Pasar

4 Manfaat Mengenali Target Pasar

Mengetahui target pasar ini sangatlah penting dalam bisnis, terutama ketika melakukan strategi marketing. Kehadiran target pasar juga membantu para marketer agar tepat penerapan strateginya sesuai konsumen yang disasar. Berikut beberapa manfaat mengenali target pasar. 

1. Mudah menentukan produk

Dengan mengenal macam-macam target pasar, artinya bisnis tahu kebutuhan konsumen. Ini akan memudahkan pelaku usaha untuk menghadirkan produk sesuai kebutuhan pasar. Jadi, produk yang dihasilkan bermanfaat bukan sekadar memproduksi tanpa ada alasan jelas. 

2. Mempermudah perencanaan strategi

Terkadang dalam menjalankan strategi marketing, pelaku bisnis tidak mencapai target. Mengapa demikian? Hal ini bisa saja dikarenakan tidak tepat dalam menentukan target konsumen. Akibatnya, strategi tersebut kurang optimal karena salah sasaran. 

Melalui macam-macam target pasar, Anda bisa mengenali konsumen secara detail sehingga promosi pun dapat menyesuaikan target konsumen. Dengan begitu, strategi bisnis jadi lebih efektif karena sudah terarah. 

3. Memfokuskan target bisnis

Ini merupakan manfaat utama mengenali macam-macam target pasar. Sama halnya dengan konsumen, target pasar adalah target bisnis tersebut. Setelah mengetahui target pasar, maka Anda bisa mengelompokkan macam-macam target pasar tersebut sesuai kebutuhan bisnis. Cara ini akan memudahkan Anda untuk memfokuskan target lebih spesifik sehingga strategi bisa menyasar pasar yang lebih potensial pula. 

4. Membantu pengalokasian anggaran

Menjalankan strategi bisnis sesuai target pasar membuat Anda bisa mengatur anggaran belanja untuk promosi sesuai kebutuhan. Promosi dalam skala tertentu bisa menjadi lebih maksimal. Secara tidak langsung hal ini akan membantu Anda untuk mengalokasikan anggaran berdasarkan target. Jadi, budget tidak terbuang sia-sia untuk promosi dalam skala besar yang bukan targetnya. 

5 Tips Mengenal Target Bisnis Anda

5 Tips Mengenal Target Bisnis Anda

Bagi pebisnis pemula, mengenal target bisnis bukanlah hal yang mudah. Namun, ada tips-tips yang bisa membantu Anda mengetahui macam-macam target pasar. Caranya, sebagai berikut.

1. Menganalisis bisnis

Langkah awal, harus mengenal bisnis Anda terlebih dahulu. Jika Anda sendiri tidak paham jenis dan karakteristik bisnis Anda, tentu akan sulit mengenali target pasar. Guna memudahkan hal tersebut, Anda bisa membuat konsep bisnis terlebih dahulu. Tahap ini juga membuat Anda kebutuhan bisnis tersebut.

2. Mengenal kompetitor

Setelah menganalisis bisnis Anda, cobalah gali informasi mengenai kompetitor bisnis tersebut. Tujuannya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaing bisnis tersebut. Ini bisa menjadi bahan atau data untuk mengidentifikasi strategi bisnis yang lebih baik dibandingkan kompetitor bisnis. 

3. Mengidentifikasi kebutuhan pasar

Mendirikan bisnis tanpa tahu kebutuhan pasar hanya akan menghabiskan modal karena produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak dibutuhkan. Kebutuhan pasar juga sama artinya dengan kebutuhan konsumen. Informasi mengenai data tersebut bisa menjadi tolak ukur produk yang akan Anda buat sesuai kebutuhan konsumen atau tidak. 

4. Menentukan strategi

Gunakan data yang telah Anda kumpulkan untuk menyusun strategi bisnis. Jika ingin memudahkannya, Anda bisa memanfaatkan software CRM untuk memahami target bisnis. Cermati dan perhatikan secara tepat strategi tersebut agar bisnis Anda berjalan sukses. 

 

5. Melakukan evaluasi

Dalam bisnis, terkadang hasilnya kurang sesuai meski sudah melakukan perencanaan, pengukuran berdasarkan data dan target yang tepat. Sebab itu, penting untuk melakukan evaluasi di setiap aktivitas bisnis. 

Bisa saja, target pasar yang Anda tetapkan masih kurang tepat. Maka dari itu, evaluasi akan membantu menganalisis kekurangan tersebut agar data mengenai macam-macam target pasar pada bisnis Anda lebih akurat. 

Mengenali target pasar kini bisa Anda lakukan dengan mudah, yakni melalui data digital. Pergerakan pasar, perilaku konsumen, dan berbagai info mengenai target pasar bisa diakses melalui data tersebut. Namun, perusahaan perlu melakukan riset secara tepat agar data yang diperoleh juga sesuai. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Customer Service atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

 

Source: Dashboard Compas.co.id


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment


Pastikan e-mail yang tertulis benar dan aktif karena kami akan mengirimkan Compas Market Insight ke e-mail tersebut.



Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.