logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Memahami Pengertian Strategi Bisnis

Memahami Pengertian Strategi Bisnis

Memahami Pengertian Strategi Bisnis

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Keberhasilan sebuah bisnis— baik skala kecil maupun besar— amat ditentukan oleh efektivitas dan efisiensi strategi yang dijalankannya. Strategi tersebut akan menjelaskan bagaimana perusahaan merencanakan “jurus-jurus” bersaing di pasar hingga bisa bertahan atau bahkan memenangkan kompetisi.

Bisnis di seluruh dunia menjual barang dan jasa di pasar kompetitif yang mengharuskan mereka meningkatkan nilai bagi pemilik dan pemegang saham untuk mengamankan keberadaan mereka di masa depan. Ini membutuhkan rencana yang membantu manajer memandu keputusan mereka dan menggunakan sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan utama.

Rencana ini juga dikenal sebagai strategi bisnis atau strategi pemasaran. Sejatinya ini adalah susunan rencana, target dan panduan yang akan diikuti oleh pebisnis dalam mengoperasikan bisnisnya. Strategi harus disusun sedemikian rupa sehingga tahap bisnis mulai dari awal hingga pencapaian target akan terpenuhi dalam susunan yang sistematis.

 

Pengertian Strategi Bisnis

Strategi bisnis dapat diartikan sebagai serangkaian upaya untuk mencapai tujuan usaha. Strategi tersebut menjadi acuan pengelolaan usaha agar dapat bertahan di tengah persaingan, serta bisa makin berkembang.

 

Pentingnya Membangun Strategi Bisnis yang Baik

Memiliki strategi bisnis yang terencana akan membantu bisnis kamu berkembang dan mencapai target, termasuk dalam bisnis online. Bahkan strategi bisnis yang tepat dapat meningkatkan penjualan terhadap produk. Profit yang didapatkan pun akan terus meningkat.

Satu hal penting yang tidak boleh kamu lupakan saat menyusun strategi bisnis online, yaitu konsistensi dalam mempromosikan produk secara online. Kegiatan promosi menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan penjualan dan mempertahankan eksistensi bisnis.

 

5 Manfaat Strategi Bisnis

1. Membantu Perencanaan

Tujuan ini adalah layaknya sebuah visi. Cara mewujudkan sebuah visi adalah dengan berbagai misi yang bisa dilakukan. Strategi ini ibaratkan misi yang akan dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut.

 

2. Mengindentifikasi Kelemahan dan Kekuatan

Ketika membangun sebuah strategi, sebuah perusahaan harus lebih dulu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya. Selanjutnya baru bisa dibentuk strategi yang memanfaatkan kekuatan tersebut dan mengatasi kelemahan tersebut.

Pembentukan strategi ini jelas ampun untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan sebuah bisnis sekaligus cara mengatasi dan memanfaatkannya.

 

3. Membuat Bisnis Menjadi Lebih Efisien

Memiliki tujuan yang lebih jelas memungkinkan kita untuk melakukan langkah yang efisien. Adanya strategi bisnis ini akan memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan sumber dayanya secara efektif sehingga bisnis menjadi lebih efisien.

 

4. Membedakan dengan Bisnis Lain

Sebuah bisnis sudah seharusnya memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dan lebih istimewa dibandingkan dengan bisnis lain. Keunikan ini yang nantinya akan membuat pelanggan lebih tertarik dengan bisnis kita dibandingkan dengan bisnis lain.

 

5. Mengontrol Bisnis 

Ketika sedang berjalan untuk mencapai tujuannya, bukan tidak mungkin kita melewati berbagai kendala. Terkadang ada keputusan sulit yang harus diambil. Adanya strategi ini adalah untuk mengontrol agar perusahaan tepat pada jalan yang seharusnya. Keputusan yang diambil pun harus sebisa mungkin tidak semakin menjauhkan bisnis pada tujuannya.

 

5 Strategi Bisnis yang Bisa Anda Coba

5 Strategi Bisnis yang Bisa Anda Coba

1. Cross-Selling

Cross-selling adalah teknik penjualan dengan cara menawarkan produk lain yang merupakan produk pelengkap dari produk utama. Ini merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan dari satu pelanggan tanpa perlu repot untuk mencari pelanggan baru.

Contohnya adalah seperti ketika kita berjualan handphone, kita menawarkan pembeli untuk juga membeli aksesori handphone tersebut berupa case dan earphone dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membelinya secara terpisah.

Contoh lainnya adalah paket combo yang biasa kita temukan di restoran cepat saji. Dibandingkan dengan hanya membeli satu burger, banyak orang yang lebih memilih paket burger yang dilengkapi dengan kentang goreng dan minuman.

 

2. Meningkatkan Customer Service

Ada banyak bisnis yang memiliki produk bagus, tapi tidak dengan pelayanan yang sepadan. Meskipun produk sudah bagus, belum tentu pengalaman pelanggan akan terus sempurna dengan produk tersebut, pasti ada saja yang akan mengalami masalah.

Salah satu cara meningkatkan customer service adalah dengan memiliki tim khusus yang memang akan mengurus keluhan pelanggan hingga mereka mendapatkan apa yang diinginkan.

 

3. Social Media Marketing 

Sosial media marketing adalah adalah salah satu strategi bisnis online. Tentunya sudah sangat banyak sekarang bisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media promosi. Memang cara yang satu ini merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Itu dia berbagai hal tentang strategi yang perlu dipahami oleh pemilik usaha. Tanpa adanya strategi, usaha tidak akan berjalan dengan lancar. Mulai sekarang, tentukan tujuanmu sekarang dan langkah-langkah apa yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya.

 

4. Permainan Harga

Contoh permainan harga adalah dengan memberikan harga lebih murah dari harga yang ditawarkan oleh kompetitor tanpa mengurangi fitur dari produk.

Misalnya kamu menjual produk makanan yang sebenarnya tidak kalah bergizi dan enak dari produk kompetitor, kamu bisa menjualnya dengan harga yang lebih murah dengan cara mencari supplier bahan baku yang lebih murah.

 

5. Diferensiasi Produk 

Strategi ini sudah disebut sebelumnya yang memang merupakan salah satu dari salah satu jenis strategi. Penerapan diferensiasi produk salah satu contohnya adalah produk Apple.

Meski bukan yang pertama meluncurkan ponsel, tapi dengan adanya sistem operasi berbeda yang mereka luncurkan membuat mereka mampu membanguna audiensnya sendiri.

 

Kesimpulan

Memulai sebuah usaha, bisnis atau kesepakatan bisnis secara buta adalah sebuah perjudian yang beresiko tinggi. Membangun strategi bisnis yang spesifik adalah kebutuhan mutlak untuk meningkatkan peluang sukses. Oleh karena pentingnya strategi bisnis dengan cepat menjadi jelas, dan strategi datang dalam berbagai gaya. Banyak pemilik bisnis akan mencari atau menyewa konsultan luar untuk membantu pembentukan dan pelaksanaan strategi.

Pada akhirnya, strategi yang baik atau serangkaian strategi yang terus berkembang dan meningkat adalah jalan menuju bisnis yang lebih baik. Tanpa strategi, bisnis bergantung pada keberuntungan buta.

Dengan melakukan riset pasar, maka sebuah perusahaan atau bisnis dapat mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dan strategi pemasaran apa yang paling efektif untuk memperoleh keuntungan.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.