logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Dewasa ini, pertumbuhan bisnis online kian pesat seiring pergerakan yang masif dalam mendigitalisasi sektor-sektor ekonomi. Selain itu, bisnis online juga memikat hati dengan menawarkan berbagai kemudahan yang tidak dimiliki bisnis konvensional.

Tak heran jika makin ke sini, peminat bisnis online pun jadi makin ramai. Salah satu keuntungan yang ditonjolkan bisnis online adalah dapat dilakukan tanpa perlu menyewa tempat usaha. 

Memang betul, bisnis online mampu menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan yang tidak bisa Anda peroleh dari bisnis konvensional. Namun, ada baiknya jika hal tersebut jangan dijadikan sebagai bahan mengglorifikasi bisnis online.

Pasalnya, di samping berbagai kemudahan dan kelebihan yang digembar-gemborkan, bisnis online nyatanya tak lepas pula dari berbagai kekurangan. Jika dilihat sekilas, bisnis online tampak tak bercelah. Namun, jika diperhatikan lebih saksama, kelemahan yang ada pada bisnis online barangkali akan membuat Anda berpikir dua kali untuk menjajalnya.

Apa itu Bisnis Online?

Secara sederhana, bisnis online dapat diartikan sebagai segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet).

Bisnis online menekankan pada cara promosi produk yang dilakukan melalui platform-platform digital yang membutuhkan jaringan internet, seperti media sosial, website blog, atau e-commerce.

Baca juga: 5 Top Produk Diet Detox, Flimty Fiber Kuasai Pasar! 

6 Kelebihan Bisnis Online

4 Kelebihan Bisnis Online

1. Biaya Promosi Lebih Murah

Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan internet menyebabkan maraknya kemunculan berbagai situs dan aplikasi-aplikasi media sosial baru.

Platform yang kemunculannya membludak ini akhirnya berhasil mengintegrasikan orang melalui internet, dan kini dimanfaatkan menjadi saluran pemasaran.

Menariknya, biaya promosi yang harus dikeluarkan pebisnis online jauh lebih murah dibanding bisnis konvensional. Anda dapat mengiklankan produk di depan pelanggan tanpa bantuan dari tenaga profesional. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan biaya promosi untuk keperluan lain yang lebih mendesak.

Karena faktor tersebut, promosi melalui kanal-kanal digital kini banyak digunakan baik oleh perusahaan kecil maupun perusahaan besar.

2. Aksesibilitas yang Lebih Tinggi

Kelebihan bisnis online yang selanjutnya adalah membebaskan pembeli dan penjual dari batasan geografis. Maksudnya, pelanggan dapat membeli suatu barang dari wilayah manapun tanpa harus mendatangi penjual secara langsung layaknya yang terjadi pada bisnis konvensional.

Satu hal yang dibutuhkan pelanggan untuk bisa berbelanja adalah akses internet yang baik. Untungnya, di era sekarang, hampir seluruh lokasi di Indonesia sudah mempunyai akses terhadap internet.

Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan mengapa perusahaan memilih strategi bisnis berbasis internet, yakni untuk menarik klien internasional.

3. Proses Bisnis yang Lebih Efisien

Internet tercipta dengan tujuan menyediakan banyak cara guna menyederhanakan hidup. Anda yang berbisnis online pun akan mendapatkan manfaat berupa flow bisnis yang lebih efisien.

Anda bisa menangani hal-hal seperti pemesanan bahan baku, melayani pelanggan, dan hal-hal lainnya secara online. Anda tidak perlu bolak-balik ke supplier karena pemesanan bahan baku dapat dilakukan secara online dan bahan baku pun akan langsung dikirim ke rumah Anda.

Baca juga: Influencer Marketing: Belajar dari Studi Kasus 3 Brand Beauty and Care Ini

4. Jangkauan Bisnis Lebih Meluas

Melalui bisnis online, seseorang dapat berkomunikasi dengan pelanggan di berbagai lokasi, bahkan hingga mancanegara. 

Bisnis online dengan skala kecil pun memiliki kemungkinan untuk menjangkau pasar internasional. Seperti yang sudah dibahas, dengan kemajuan internet, memperluas jangkauan bisnis bukan hal yang mustahil. Perusahaan besar pun lini memilih strategi bisnis berbasis internet untuk menarik klien internasional.

5. Dapat Dioperasikan selama 24 Jam

Salah satu kelebihan dalam menjalankan bisnis online adalah bisnis tersebut dapat dioperasikan selama 24 jam sehari. Hal ini tentunya berbeda apabila seseorang menjalankan bisnis offline, di mana terdapat jam buka dan jam tutup yang diterapkan setiap harinya.

Dengan memiliki toko online, para klien, terutama klien internasional, dapat membeli produk yang ditawarkan tanpa harus mengkhawatirkan perbedaan zona waktu. Sehingga, hal ini menjadi salah satu faktor dalam mengembangkan bisnis ke kancah internasional.

 

6. Memberi Kemudahan bagi Konsumen dalam Bertransaksi

Kelebihan lain yang didapatkan jika seseorang menjalankan bisnis online adalah memberikan kemudahan bagi konsumen dalam bertransaksi.

Hal ini dikarenakan para konsumen hanya perlu mengakses gadget yang mereka miliki, dan menggunakan platform pembayaran online untuk membeli produk yang diinginkan.

Sehingga, konsumen tidak akan merasa bahwa waktu mereka akan tersita ketika berbelanja.

Banner Insight

6 Kekurangan Bisnis Online

6 Kekurangan Bisnis Online

1. Bergantung pada Koneksi Internet

Sesuai dengan namanya, bisnis online memang dijalankan secara online alias membutuhkan koneksi internet. Yang dimaksud dengan “koneksi” pun bukan hanya sekadar “ada koneksi”, tetapi betul-betul membutuhkan sinyal yang bagus dan stabil.

Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace

2. Rawan Penipuan

Jangan salah. Dalam ranah bisnis online, tak hanya pembeli yang bisa kena tipu. Namun, penjual pun juga bisa ditipu oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab, misalnya tertipu dengan bukti pembayaran palsu.

Kerawanan penipuan ini pun akan berdampak pada keraguan target customer untuk berbelanja online. Dengan kata lain, kepercayaan customer semakin menurun.

3. Risiko Terjadi Error pada Sistem Marketplace

Yang namanya sistem, tentu tidak ada yang sempurna alias bebas dari error. Begitu pula dengan sistem yang ada di marketplace mana pun.

Masalah-masalah teknis seperti fitur search bar yang tiba-tiba hilang dapat mempengaruhi mood customer dalam berbelanja. Buntutnya pun juga akan berdampak pada penurunan kuantitas penjualan.

Banner E-Commerce Report

4. Masalah Pengiriman

Masalah pengiriman jadi salah satu jenis kasus yang kerap terjadi dalam ranah bisnis online. Beberapa diantaranya adalah barang rusak ketika sampai tujuan, waktu pengiriman molor hingga produk yang tak pernah sampai ke pembeli.

Padahal, kesalahan-kesalahan di atas merupakan tanggung jawab ekspedisi. Namun, tak jarang juga pelanggan yang menuliskan review buruk karena pelayanan ekspedisi yang tidak sesuai.

5. Komplain

Satu lagi kasus yang marak terjadi dalam kegiatan jual-beli secara online, yakni pelanggan yang komplain bahwa pesanan tidak sesuai. Biasanya, pelanggan memberi komplain terkait produk yang datang terlihat berbeda dari foto dan deskripsi yang terdapat di toko. 

Satu hal yang pasti, saat berbelanja online, pelanggan Anda tidak dapat melihat rupa produk secara langsung. Masalahnya, produk berkemungkinan besar akan terlihat berbeda jika dibandingkan antara di foto produk dengan rupa aslinya.

Padahal, kasus tersebut bukan sepenuhnya salah penjual. Perbedaan rupa produk antara di foto dengan aslinya dapat terjadi karena pengaruh intensitas cahaya, bayangan, dan kualitas kamera ketika memotret.

Baca juga: Melihat Strategi Market Positioning yang Dilakukan Marjan: Pengertian, Manfaat, dan 3 Jenisnya

6. Membutuhkan Tingkat Ketelitian Tinggi

Percaya atau tidak, berbisnis online membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Ketelitian dibutuhkan agar penjual tidak salah menuliskan alamat, salah menuliskan kuantitas produk yang dipesan, atau bahkan salah packing dan mengirim jenis produk yang dipesan.

Banner Insight

Apakah Bisnis Online Cocok untuk Anda?

Mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan bisnis online di atas, Anda dapat melihat bahwa bisnis berbasis online lebih cocok dijalankan oleh orang yang ekstra telaten dan teliti dalam mengurus pesanan yang masuk.

Namun, jangan khawatir. Kalau memiliki budget lebih, Anda juga bisa mempekerjakan admin dan tim packing untuk mengurus pesanan. Cara ini juga cocok bagi Anda yang menjadikan bisnis online sebagai sampingan.

Riset pasar diperlukan untuk mengetahui target pemasaran produk. Setelah target pemasaran ditemukan, maka Anda bisa merancang langkah pemasaran apa yang kira-kira paling efektif digunakan.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, kamu juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.