influencer marketing

Influencer Marketing: Seberapa Efektif untuk Bisnis Online Anda?

Author: Farah Ramadhani

Menurut data riset dari We Are Sosial, pengguna sosial saat ini semakin meningkat hingga 13.2% dari tahun lalu. Fenomena ini membuat strategi pemasaran menjadi condong ke sosial media, seperti influencer marketing, Facebook Ads, hingga iklan di YouTube.

Salah satu metode pemasaran yang populer saat ini adalah influencer marketing di berbagai channel sosial media. Simak penjelasan selengkapnya tentang digital marketing dan keuntungannya di artikel ini.

Apa Itu Influencer Marketing?

pengertian influencer marketing

Bagi pengguna sosial media khususnya Instagram, istilah influencers pasti sudah tidak asing bagi Anda. Biasanya, para influencers muncul ketika mendapat endorse berupa barang atau jasa dari brand tertentu. 

Lantas, apa sebenarnya arti influencer marketing? Berdasarkan penjelasan sebelumnya, seorang influencer merupakan pengguna sosial media yang memiliki ratusan ribu bahkan jutaan pengikut (followers). 

Para influencers ini memiliki peran penting bagi pengikutnya. Mereka memiliki opini yang dipercaya oleh para followers sehingga bisa mempengaruhi mereka untuk membeli suatu produk yang telah direview oleh mereka. 

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini pengguna sosial media yang memiliki ribuan followers sudah bisa digolongkan menjadi influencers jika memiliki kepercayaan dari para pengikutnya. Istilah yang dipakai untuk influencers tipe ini adalah micro influencers.

Karena berperan besar terhadap keputusan pembelian followersnya, para pelaku usaha melihat peluang untuk bekerjasama dengan mereka. Karena itu muncul istilah influencer marketing, yaitu memasarkan barang, jasa, atau campaign dari suatu brand menggunakan jasa influencers.

Keefektifan dari influencer marketing tentu kembali lagi pada kebutuhan brand. Anda harus bisa memilih influencer dengan bidang yang sama dengan produk ata jasa yang ingin diiklankan. Misalnya, jika ingin menaikkan promosi perawatan wajah, maka pilihlah beauty influencers yang pengikutnya juga merupakan orang-orang yang tertarik di bidang tersebut.

4 Keuntungan Influencer Marketing 

keuntungan influencer marketing

Strategi pemasaran menggunakan bantuan influencer terbukti efektif seiring dengan berkembangnya dunia media sosial yang memiliki pertambahan pengguna setiap harinya. Perlu diingat, Anda juga harus menyesuaikan pilihan influencers dengan produk yang akan diiklankan.

Selain meningkatkan penjualan brand, keuntungan apa lagi yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti strategi pemasaran jenis ini? Berikut rangkuman keuntungan strategi pemasaran influencers

1. Meningkatkan Brand Awareness

Ratusan ribu hingga jutaan pengikut dari para influencers tentu juga akan berpengaruh pada awareness bagi brand Anda. Brand awareness umumnya terbagi menjadi reach dan engagement.

Reach merupakan jumlah followers di profil resmi brand, sedangkan engagement adalah jumlah likes, komentar, shares, hingga pesan yang masuk ke akun Anda. Bekerjasama dengan influencers dapat meningkatkan performa profil sosial media perusahaan dan awareness terhadap brand serta produk Anda.

2. Memperluas Target Pasar

Masih berkaitan dengan poin pertama, semakin banyak masyarakat yang tahu brand Anda, maka target pasar perusahaan pun semakin meluas. Produk Anda juga akan lebih dikenal dan berdampak pada meluasnya target pasar dan penjualan yang naik.

3. Membangun Kedekatan Dengan Konsumen

Jika brand awareness dan target pasar sudah naik dan meluas, Anda perlu mengimbanginya dengan tetap aktif di sosial media. Jangan lupa untuk membalas komentar dan pesan yang masuk untuk terus berhubungan dengan konsumen dan calon pembeli serta meningkatkan engagement.

Menjaga komunikasi dan selalu menginfokan campaign atau event yang sudah berlangsung di sosial media dapat menjaga loyalitas konsumen dan menarik calon pembeli baru untuk brand Anda.

4. Meningkatkan Penjualan

Strategi digital marketing dengan bantuan influencers dapat menjadi strategi menaikkan penjualan jika Anda terus memantau dengan analytics yang tersedia. Terdapat aplikasi analisis performa dari sosial media bawaan atau melakukan analisis sendiri.

Compas dapat membantu Anda melakukan analisis pengaruh performa penjualan dengan campaign yang telah Anda lakukan di sosial media. Dengan Compas Dashboard, Anda dapat mengakses data penjualan brand Anda di Shopee dan Tokopedia dengan mudah.

Periode waktu yang ada di Compas Dashboard dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, Anda dapat mengetahui penjualan sebelum melakukan endorse ke influencers dan sesudahnya. Melalui data tersebut, brand Anda dapat menentukan langkah pemasaran efektif selanjutnya.

Jangan khawatir, data yang disediakan di Compas Dashboard mudah dipahami dan dapat diatur sesuai kebutuhan. Beberapa data yang bisa Anda dapatkan antara lain daftar top brands, produk terlaris, market share, total sales revenue, dan market insight dari data yang disajikan.

Tertarik dengan Compas Dashboard? Pelajari lebih lanjut dengan follow Instagram kami di link berikut, ya. Anda juga bisa langsung berdiskusi dengan tim kami terkait Compas Dashboard di link ini. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.