logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
mengatasi masalah bisnis

5 Cara Mengatasi Masalah Bisnis

5 Cara Mengatasi Masalah Bisnis

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Dalam menjalankan bisnis, pasti akan ada banyak rintangan yang kamu temui. Masalah-masalah yang menjadi rintangan dalam berbisnis tentu harus dilewati, bukan dihindari. Namun, seringkali masalah bisnis yang dihadapi sedemikian ruwetnya sehingga kamu pun tak bisa berpikir jernih untuk menyelesaikannya.

Dalam beberapa kasus, masalah bisnis bahkan bisa mengancam keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang. Lantas, adakah tips jitu yang bisa diterapkan dalam mengatasi masalah bisnis? Nah, berikut 5 Cara mengatasi masalah misnis yang dapat kamu jajal!

Apa itu Masalah Bisnis?

Masalah bisnis adalah tantangan dan masalah yang harus dihadapi untuk menjaga keberlangsungan bisnis. Masalah bisnis tidak bisa dianggap sepele. Sebab, pada beberapa kasus, masalah bisnis juga mengancam kelangsungan hidup jangka panjang perusahaan. 

Berbagai Masalah Bisnis Online yang Bisa Terjadi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masalah bisnis pada hakikatnya tidak dapat diantisipasi, tetapi tentu bisa dihadapi dan diselesaikan. Masalah bisnis bisa datang dalam bentuk apapun, antara lain:

  1. Tidak adanya dukungan keluarga,
  2. Kurangnya manajemen waktu, 
  3. Terjadinya perang harga, 
  4. Peniruan konsep produk, dan
  5. Performa penjualan kerap dikalahkan kompetitor.

Untuk melewati berbagai masalah yang menimpa bisnis, tentu kamu harus menghadapinya dengan kepala dingin. Namun, pikiran yang kalut kadang membuatmu tak bisa berpikir jernih dalam mencerna situasi yang ada.

5 Tips Mengatasi Berbagai Masalah Bisnis Online

Untuk bisa melewati kekalutan pikiran saat dihadapkan pada berbagai masalah, kamu tentu membutuhkan serangkaian tips dalam menghadapi berbagai masalah bisnis online di bawah ini!

1. Tenangkan Pikiran

tenangkan pikiran

Ada satu kutipan yang berbunyi: “Jangan pernah mengambil keputusan saat sedang terlalu senang ataupun terlalu sedih.”

Setelah dicerna, kutipan tersebut ada benarnya juga. Saat menyelesaikan suatu masalah, kamu tentu harus “berkepala dingin”. Pikiran yang “panas” dan tidak tenang bisa membuatmu mengambil keputusan dengan terburu-buru.

Alhasil, intuisi dalam mengambil keputusan yang berpeluang menyelamatkan eksistensi bisnis pun jadi tumpul. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk rehat dan bernapas sejenak, lalu menenangkan pikiran sebelum tergesa-gesa memutuskan sesuatu.

 

2. Coba Berpikir Positif

coba berpikir positif

Setelah pikiran jadi lebih tenang, barulah kamu bisa lanjut ke step berikutnya, yaitu mulai berpikir positif. Memancing pikiran yang positif saat dihadapkan pada banyak masalah memang tidak mudah, tetapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Pikiran positif bisa dipicu dengan cara menggali kembali motivasi-motivasi inspirasional yang dulu pernah menjadi dorongan bagimu untuk mulai menggeluti bisnis hingga sejauh ini.

Ingatlah, bahwa tiap orang pasti pernah mengalami titik terendahnya dalam berbisnis. Dalam proses untuk mencapai posisi teratas, bukan tak mungkin jika kamu harus berpayah-payah dengan merasakan titik terendah lebih dulu.

 

3. Cari Jalan Keluar Melalui Ide Kreatif

mencari jalan keluar dengan ide kreatif

Ide-ide yang kreatif merupakan tonggak dari bisnis yang inovatif. Oleh karena itu, dalam berbisnis, biasakan dirimu untuk mengembangkan pikiran kreatif dalam memecahkan segala permasalahan bisnis. 

Ketika kamu membiasakan diri untuk mengasah kreativitas, maka kamu akan menemukan lebih dari satu solusi untuk masalah Anda. Dengan demikian, kamu tidak perlu terpaku pada satu jalan keluar saja.

 

4. Jangan Berputus Asa

jangan putus asa

Menjadi pebisnis sukses memang jadi impian banyak orang. Namun, siapa sangka bahwa untuk memulai berbisnis itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kegagalan demi kegagalan kadang menghampiri tiap perintis bisnis.

Meski terdengar klise, nyatanya ungkapan “jangan berputus asa” merupakan quotes paling relate untuk para perintis bisnis. Sebab, hanya orang-orang yang mampu bertahan hingga akhir lah yang bisa menang.

 

5. Belajar dari Kesalahan

belajar dari kesalahan

Semua orang pasti mengalami kesalahan dalam kegiatan yang ia lakukan. Mulai dari pekerjaan hingga pada belajar. Tapi jangan jadikan kesalahan itu sebagai hal yang harus diabaikan begitu saja.

Ada yang bisa kita ambil dari sebuah kesalahan tersebut, diantaranya dengan memahami kesalahan kita sendiri.

Pentingnya belajar dari sebuah kesalahan salah satunya adalah agar di masa yang akan datang kamu tidak mengalaminya lagi. Karena kamu sudah tahu kesalahan yang kamu perbuat tidak pantas untuk terulang kembali dan juga menjadikan diri kamu agar lebih berhati-hati lagi dalam melakukan sesuatu.

 

Kesimpulan

Setelah mengetahui tips dan 5 cara mengatasi masalah bisnis, jadi lebih yakin bahwa masalah-masalah yang menghampiri bisnis sejatinya dapat dilalui, bukan?

Di samping fokus mengatasi masalah bisnis, jangan lupa juga bahwa kamu harus selalu memantau performa kompetitor yang senantiasa mengancam eksistensi bisnismu. Hal ini dapat dilakukan dengan dukungan analisa dan riset pasar yang tepat.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.