logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
bisnis kreatif modal kecil

7 Bisnis Kreatif Modal Kecil Online di Masa Pandemi

7 Bisnis Kreatif Modal Kecil Online di Masa Pandemi

Author: Farah Ramadhani

Membangun bisnis berhubungan erat dengan kreatifitas. Berbekal ilmu bisnis saja dapat membuat usaha yang Anda bangun tidak bisa memenuhi demand konsumen yang terus berganti dengan cepat, apalagi dengan media sosial yang terus berkembang.

Tim Compas telah merangkum daftar bisnis kreatif modal kecil yang cocok dijalankan di masa pandemi seperti saat ini. Selengkapnya simak di artikel berikut.

 

7 Bisnis Kreatif Modal Kecil Online

bisnis kreatif modal kecil

1. Florist

Pada era pandemi, motivasi kebanyakan masyarakat untuk berkebun semakin meningkat. Tentu demand yang tinggi terhadap tanaman hias ini bisa Anda manfaatkan dengan menjual berbagai macam tumbuhan dan bunga.

Selain memenuhi demand tanaman hias rumahan, hadiah wisuda dan peringatan lainnya pun kini sedang populer menggunakan bunga. Anda dapat memulai usaha ini melalui e-commerce dengan fitur same day delivery atau pengiriman di hari yang sama. 

2. Snack Unik

Usaha snack atau camilan memang telah banyak beredar di e-commerce atau bisnis online sebagai salah satu opsi bisnis kreatif modal kecil. Namun, jika Anda memperhatikan jenis snack yang populer di pasaran terus berganti. Contohnya, pada bulan Juni, makanan ringan yang memiliki demand tinggi merupakan olahan keripik.

Jika Anda tertarik untuk berjualan snack, ketahui terlebih dahulu kondisi pasarnya. Jenis produk apa yang sedang populer dan mendapat sorotan di media sosial atau memiliki penjualan tinggi di e-commerce.

Riset pasar dapat Anda lakukan mandiri dengan mengamati sosial media dan platform penjualan online atau menggunakan service dari penyedia data penjualan online. 

Compas Dasboard dapat membantu Anda menyediakan data penjualan berisi produk terlaris yang up-to-date secara ringkas dan mudah dimengerti. Dengan bantuan data Compas, Anda bisa menghemat waktu dan mendapatkan insight pasar yang sesuai dengan kondisi pasar saat ini. 

3. Redesign Pakaian

Berkembangnya usaha thrift shop selama tahun 2021 membuka peluang bagi Anda yang memiliki skill menjahit untuk menyediakan jasa redesain. Hal ini karena banyak pakaian thrift yang modelnya kurang sesuai dengan style saat ini.

Jasa redesign  pakaian akan menjadi populer seiring berkembangnya usaha thrift shop dikalangan anak muda. Anda bisa memasarkan jasa secara online melalui berbagai strategi di sosial media maupun Shopee dan Tokopedia.

4. Bakery

Suka memasak? Usaha bakery mungkin cocok untuk Anda. Menyediakan berbagai olahan roti dan pastry kini semakin mudah dengan bantuan digital. Anda bisa memasarkannya dengan membuat akun sosial media sendiri.

Jika dirasa belum siap menerima pesanan yang terlalu banyak, Anda bisa memakai sistem pre-order. Dengan metode ini Anda jadi bisa leluasa menyiapkan orderan mulai dari menyiapkan bahan hingga proses pembuatannya. 

5. Bahan Siap Masak

Siapa sangka peluang penjualan frozen food meningkat selama masa pandemi. Masyarakat yang cenderung sering berada di rumah kebanyakan melakukan stock makanan yang mudah dimasak. 

Penjualannya untuk bulan Februari 2021 bahkan mencapai Rp 11 miliar. Demand tinggi tersebut dapat Anda manfaatkan dengan berjualan bahan siap masak seperti olahan daging, keju, bahkan sayuran.

6. Jastip (Jasa Titip)

Keterbatasan bepergian semasa pandemi juga bisa menjadi ide bisnis kreatif modal kecil, lho. Anda bisa melakukan jasa titip untuk berbelanja di toko yang berada diluar kota domisili Anda. Saat ini, jasa titip cukup populer di kota-kota selain ibu kota. 

Anda bisa mencari diskon di toko populer lalu menawarkan jasa untuk membelikan produk tertentu. Jangan lupa estimasi biaya bepergian dan jasa Anda dalam menentukan harga produknya, ya.

7. Dropshipping

Ide bisnis kreatif modal kecil terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dropshipping. Dengan modal akun e-commerce, smartphone, dan koneksi internet, Anda sudah bisa melakukan bisnis ini. 

Caranya adalah dengan mencari supplier yang berkualitas dengan harga pabrik atau grosir. Tentukan harga yang bersaing, jangan terlalu murah hingga Anda tidak mendapat keuntungan, tapi jangan pula terlalu mahal hingga barang menjadi sulit laku.

Melalui daftar ide bisnis kreatif modal kecil diatas, Anda bisa menentukan yang sesuai dengan minat dan passion. Jangan lupa untuk selalu melakukan riset pasar sebelumnya agar usaha yang Anda bangun pondasinya kuat.

Compas Dashboard dapat membantu Anda melakukan riset pasar dengan menampilkan data penjualan terkini di e-commerce. Beberapa data penjualan yang ditampilkan adalah list top brands, top product listings, top sellers, total sales revenue, total sales quantity, dan market share. Data tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, seperti periode waktu dan e-commerce yang dipilih.

Tertarik untuk akses Compas Dashboard? Anda bisa request diskusi langsung dengan tim Compas dengan mengisi form online di link ini. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk info lebih lanjut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.