viral marketing

3 Strategi Viral Marketing Agar Penjualan Brand Online Anda Sukses

Author: Farah Ramadhani

Mengembangkan bisnis kini menjadi lebih mudah dengan banyaknya pilihan strategi marketing online. Dengan pilihan strategi yang tepat, penjualan bisnis Anda bisa melejit. Salah satu metode penjualan yang populer saat ini adalah viral marketing.

Inti dari viral marketing sebenarnya memanfaatkan fungsi media sosial sebagai platform untuk menyebar informasi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang strategi penjualan online ini, langsung saja baca artikel di bawah, ya.

Apa Itu Viral Marketing?

Konsep penjualan viral ini sebenarnya mirip dengan strategi word-of-mouth, yaitu mengandalkan kepuasan konsumen untuk menyebarkan kebaikan produk brand Anda ke orang-orang terdekatnya, seperti teman atau keluarga.

Bedanya, viral marketing akan mencari cara agar testimoni tersebut menyebar luas di internet. Hal tersebut dapat dilakukan dengan atau tanpa bantuan dari para influencers yang memiliki banyak pengikut di media sosial.

Ketika Anda berhasil membuat viral suatu produk, maka penjualannya pun akan naik karena banyak pengguna media sosial yang penasaran. Ketika brand Anda sudah dikenal banyak orang, inilah saat yang tepat untuk mulai memperluas bisnis.

Strategi marketing viral memang bisa meningkatkan brand awareness secara drastis. Itulah salah satu alasan banyak pelaku bisnis yang menanamkan metode ini. Lantas bagaimana cara membuat suatu produk viral? Berikut penjelasannya.

3 Strategi Viral Marketing

viral marketing

1. Amati Tren di Sosial Media

Tentu saja Anda harus paham tren sosial media yang berlangsung untuk membuat sesuatu viral. Amati sosial media melalui hashtag atau dengan mengikuti para influencers dan melihat tren pembahasan apa yang sering mereka unggah.

Contohnya, pada kuartal kedua tahun 2021 di media sosial, terutama Instagram, digemparkan oleh skincare dengan kandungan retinol yang dinilai efektif dalam menyamarkan tanda-tanda penuaan dini. 

Akibatnya, penjualan salah satu brand lokal di Shopee dan Tokopedia bulan Juli 2021 lalu didominasi oleh produk dengan bahan aktif retinol. Dengan pengamatan sosial media yang baik, maka brand Anda juga bisa menemukan bahan apa yang sedang populer atau on-demand saat ini. 

Mencari pattern produk yang populer juga bisa Anda lakukan dengan bantuan data di Compas Dashboard. Anda tidak perlu lagi membuang waktu untuk scroll media sosial karena data yang ditampilkan Compas sudah dalam bentuk tabel yang ringkas.

Compas Dashboard menampilkan data realtime dari penjualan di e-commerce, salah satunya adalah list top product listing. Pada segmen tersebut akan ditampilkan daftar produk dengan urutan penjualan dan sales revenue dari yang tertinggi.

Dengan bantuan data yang sudah di sort tersebut, tim Anda akan lebih mudah memantau produk apa yang penjualannya tinggi. Misalnya, dari daftar 10 produk terlaris, 5 diantaranya punya kata “retinol”.

2. Riding the Wave

Setelah menemukan tren yang sesuai, apa yang harus Anda lakukan? Ride the wave! Gunakan informasi yang Anda dapatkan untuk improve produk sesuai dengan tren. Adopsi hal-hal penting seperti bahan dan judul produk yang populer.

Namun, terkadang viral di media sosial hanya berjalan sesaat. Jadi, jangan mengandalkan satu produk saja, tapi manfaatkan untuk memperkenalkan brand Anda dengan jajaran produknya.

 

3. Buat Konten yang Sesuai

Memproduksi produk tentu kurang lengkap jika tidak diimbangi dengan konten yang sesuai. Buatlah post di sosial media brand Anda dengan mengikuti tipe konten yang viral saat ini. Sosial media dengan pengguna yang terus meningkat di tahun 2021 adalah TikTok.

Anda bisa mencoba peruntungan brand dengan upload konten Tik Tok yang sedang populer. Misalnya, membagikan skincare routine setiap hari dengan rangkaian produk dari brand Anda. Perhatikan juga penggunaan hashtag yang tepat agar post Anda bisa viral.

 

Kesimpulan

Viral marketing didasari oleh riset mendalam terhadap tren yang sedang berlangsung. Namun terkadang, melakukan pengamatan tren memang membutuhkan waktu yang banyak. Compas menawarkan solusi bagi Anda untuk menghemat waktu riset dengan menampilkan data penjualan e-commerce secara up-to-date.

Data penjualan yang bisa Anda akses meliputi list top brands, top product listings, total sales revenue, total sales quantity dan market size. Compas Dashboard akan menampilkan data-data tersebut secara singkat dan mudah dipahami.

Periode waktu dan kategori produk pada data penjualan e-commerce juga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dengan data yang ringkas, Compas bisa membantu brand Anda menjadi jawara di industri terkait.

Penasaran ingin akses Compas Dashboard? Request diskusi dengan tim kami dengan mengisi form online di link berikut, ya. Jangan lupa untuk follow Instagram Compas juga untuk info lebih lanjut mengenai data penjualan kami!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.