logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
P&G Jadi Top Seller Perawatan Rambut Indonesia

P&G Jadi Top Seller Perawatan Rambut Indonesia: Kondisionernya Jadi Pilihan Utama Konsumen di Periode Maret 2023

P&G Jadi Top Seller Perawatan Rambut Indonesia: Kondisionernya Jadi Pilihan Utama Konsumen di Periode Maret 2023

Author: Salsabila

Compas.co.id – Kondisioner merupakan salah satu produk perawatan rambut yang paling banyak dicari oleh konsumen. Namun, tidak semua brand berhasil mencapai posisi top seller di pasar. Pada Maret 2023, ada beberapa brand yang berhasil meraih posisi penjualan teratas di subkategori Kondisioner. Penjualan brand-brand ini tumbuh dengan kecepatan luar biasa, menunjukkan bahwa konsumen semakin sadar akan pentingnya perawatan rambut yang baik. 

Data Statista menyebutkan pendapatan pasar perawatan rambut di Indonesia sebesar $788 juta pada tahun 2020. Angka pendapatan tersebut akan terus meningkat hingga tahun 2025, dimana Statista Consumer Market Outlook memprediksinya hingga $1.1 miliar.

Banner Insight

Pada artikel kali ini, Compas akan membahas brand-brand terbaik yang berhasil meraih posisi penjualan terbaik di subkategori Kondisioner pada bulan Maret 2023. Selain itu, akan dibahas juga tentang strategi pemasaran yang mereka gunakan untuk membangun brand image yang kuat dan memenangkan persaingan di pasar yang semakin ketat. 

Ini Jajaran Top Seller Kondisioner di Bulan Maret 2023: P&G Official Store Jadi Toko dengan Sales Revenue Tertinggi!

Ini Jajaran Top Seller Kondisioner di Bulan Maret 2023

1. P&G Official Store

Sudah berdiri sejak tahun 1837, P&G telah tumbuh menjadi perusahaan FMCG multinasional yang menyediakan produk ke berbagai kategori konsumen termasuk personal care, home care, kesehatan, dan kebersihan. Beberapa brand P&G Indonesia yang terkenal adalah Rejoice, Pantene, Gillette, Downy, SK-II, Sangobion, Vicks, dan masih banyak lagi. Produk-produk tersebut terdistribusi di seluruh Indonesia dan menjadi pilihan konsumen untuk kebutuhan sehari-harinya.

Kali ini P&G menjadi nomor 1 di subkategori Kondisioner pada periode Maret 2023. Pencapaian tersebut terekam dalam Compas Dashboard, dimana sales quantity produk kondisioner sebanyak 7.8 ribu pieces. Pendapatan yang diterima dari penjualan kondisioner rambut ini sebesar Rp478.3 juta. Adapun pangsa pasar yang diperoleh kondisioner P&G ini sebesar 11,59%.

Banner E-Commerce Report

Salah satu kunci keberhasilan P&G adalah inovasi produk perusahaan yang berkelanjutan. P&G terus memperkenalkan produk baru yang mengikuti tren konsumen, merespons perubahan kebutuhan, dan memberikan added value kepada konsumen. Inovasi ini meliputi pengembangan produk baru, renewal formula, improve packaging dan kualitas produk untuk menjamin kepuasan konsumen dan memenangkan kompetisi di e-commerce.

Selain itu, strategi pemasaran yang kuat merupakan faktor kunci keberhasilan P&G sebagai perusahaan FMCG terkemuka. Mereka juga menjalin kerjasama selebriti dan beauty influencer seperti Maudy Ayunda, Keanu, Anggun, hingga Ririe Prameswari. Mengadakan berbagai challenge di media sosial juga turut membantu perusahaan untuk meningkatkan brand awareness produk perawatan rambut P&G.

2. Unilever Indonesia Official Shop

Pada Maret 2023, Unilever berhasil meraih kesuksesan luar biasa dengan menjadi top seller kedua subkategori Kondisioner di e-commerce Indonesia. Berdasarkan data Compas Dashboard, penjualan kondisioner Unilever laris sebanyak 7.9 ribu pieces. Pendapatan dan market share yang berhasil diambil berturut-turut Rp361.8 juta dan 8,77%.

Salah satu faktor yang membuat Unilever meraih posisi top seller kedua di subkategori Kondisioner adalah kualitas produk yang ditawarkannya. Produk kondisioner Unilever diketahui mengandung formulasi yang merawat rambut dengan sangat efektif, menjadikan rambut lebih sehat, berkilau dan mudah dirawat. Selain itu, Unilever senantiasa melakukan improvement produknya dengan inovasi terbaru untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam.

Selain faktor produknya sendiri, strategi marketing yang kuat menjadi kunci sukses Unilever di pasar global. Unilever sangat memahami betapa pentingnya kampanye pemasaran yang menarik dan efektif untuk menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, mereka terus mengembangkan strategi marketing mereka, seperti campaign ads kreatif di media sosial, kolaborasi dengan influencer dan brand menarik lain seperti Moon Pancake. Serta promosi-promosi di berbagai toko retail seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Transmart dan lainnya. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Sales Growth yang Efektif Tahun 2023: Ini yang Dilakukan NPure, Avoskin, dan Somethinc

3. L’Oreal Paris Indonesia Official Shop

L’Oreal Paris, salah satu merek kecantikan terkemuka di Indonesia, bahkan global. Brand perawatan rambut ini memiliki rangkaian produk yang sangat beragam termasuk kondisioner. 

Data Compas Dashboard melihat kondisioner L’Oreal terjual sebanyak 5.9 ribu pieces dari official storenya di Shopee dan Tokopedia. Adapun revenue yang diperolehnya dari penjualan kondisioner sebanyak Rp343.9 juta. Sedangkan market share yang direbut L’oreal di angka 8,33%.

Banner Insight

Salah satu faktor yang membuat L’Oreal Paris Indonesia Official Shop menjadi top seller ketiga di subkategori Kondisioner adalah inovasi formula produknya. Kondisioner L’Oreal Paris dikenal dengan formula yang merawat rambut dengan sangat efektif, menjadikan rambut lebih sehat, lembut dan berkilau. Selain itu, L’Oreal Paris juga menghadirkan variasi produk untuk setiap jenis rambut, sehingga konsumen dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan rambut mereka.

Untuk menjaga tingkat brand awareness tetap tinggi, L’oreal mengadakan beberapa kegiatan menyenangkan seperti challenge, event perlombaan L’Oreal Brandstorm, gerakan anti pelecehan seksual, mengadakan pelatihan bersertifikasi gratis untuk tata rambut dan tata rias agar wanita Indonesia bisa berdaya. 

Baca juga: Influencer Marketing: Belajar dari Studi Kasus 3 Brand Beauty and Care Ini

4. May May Salon Official Shop

May May Salon Official Shop berhasil menjadi top seller ranking 4 untuk produk kondisioner rambut. Revenuenya sebanyak Rp231.9 juta dengan 77 pieces kondisionernya menjadi pilihan konsumen. Untuk market sharenya sendiri di angka 5,60%.

Banner E-Commerce Report

Berbeda dengan kompetitornya, top seller ke 4 ini adalah sebuah salon kecantikan premium dimana produk-produk perawatan rambutnya menggunakan brand Kerastase. May May Salon sendiri sudah berdiri sejak tahun 1976 dan service yang ditawarkan mampu memberikan customer experience yang baik dan menyenangkan. 

Konsumen yang merasa bahagia tentunya memberikan kepercayaan yang tinggi kepada May May Salon. Hal itu dapat berimbas juga terhadap loyalitas kepada produk yang dijual oleh May May Salon. Oleh sebab itu salon ini bisa masuk 5 besar top seller kondisioner rambut.

5. Makarizo Professional Official Shop

Terakhir ada brand Makarizo sebagai top seller kondisioner rambut yang memiliki market share sebesar 4,18%. Untuk penjualannya sepanjang bulan Maret 2023 ini sebanyak 2.3 ribu kondisioner dengan raihan pendapatan Rp172.5 juta.

Dilihat dari sisi produk, kualitas produk Makarizo memang tak ada duanya. Produknya diklaim oleh para konsumen dapat menghaluskan rambut, tidak menimbulkan rontok, dan wanginya bertahan lama. Brand ini juga sudah lama ikut berkompetisi di pasar perawatan rambut Indonesia, namun tetap bisa mengikuti perubahan trend sehingga Makarizo mendapat kepercayaan tinggi dari konsumen.

Walaupun sudah menjadi brand senior, lantas tak membuat Makarizo berhenti meningkatkan brand awareness. Di media sosialnya, brand ini banyak melakukan aktivitas menarik untuk menjaga hubungan baiknya dengan followers. Makarizo banyak membuat challenge seru, giveaway produk-produk unggulan, dan lainnya. Selain itu Makarizo juga membuka program afiliasi agar produknya makin dikenal oleh masyarakat.

Baca juga: Celebrity Entrepreneurship to The Next Level: Bisnis Skincare Artis Melaju ke Level Lebih Tinggi Berkat Felicya Angelista dan Scarlett

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa kunci keberhasilan P&G adalah inovasi produk yang berkelanjutan dengan cara mengikuti perubahan trend dan strategi pemasaran yang kuat. 

Unilever dan L’Oreal Paris juga masuk dalam jajaran top seller kondisioner papan atas dengan produk yang berkualitas. Tapi perlu diingat bahwa menguatkan dan mengimprove kualitas produk saja tidak cukup, tapi membangun hubungan kuat dengan konsumen di media sosial juga sama pentingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.