logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Celebrity Entrepreneurship to The Next Level

Celebrity Entrepreneurship to The Next Level: Bisnis Skincare Artis Melaju ke Level Lebih Tinggi Berkat Felicya Angelista dan Scarlett

Celebrity Entrepreneurship to The Next Level: Bisnis Skincare Artis Melaju ke Level Lebih Tinggi Berkat Felicya Angelista dan Scarlett

Author: Salsabila

 

Compas.co.id Beberapa tahun sebelumnya banyak kalangan artis yang terjun ke dunia bisnis makanan. Brand-brand kue artis viral dalam sekejap dan hypenya cukup tinggi pada masa tersebut. Akan tetapi fenomena menjamurnya bisnis kue artis tidak terlalu lama berlangsung, hanya dalam 1-2 tahun bisnisnya banyak yang bangkrut karena berbagai faktor manajemen berdasarkan paparan Charlotte Kowara, CEO Accelerice.

Dan saat ini Industri Beauty and Care terus berkembang pesat dan semakin banyak bermunculan produk-produk skincare dan make up dengan berbagai variasi dan brand. Tak hanya produsen besar, artis-artis pun saat ini turut merambah ke dunia bisnis Beauty and Care. 

Salah satu artis yang sukses merintis bisnis skincarenya adalah Felicya Angelista. Dengan brand yang diberi nama Scarlett, Felicya berhasil membawa bisnis skincare artis ke level yang lebih tinggi dan berbeda.

Banner Insight

Dalam artikel ini akan dipaparkan kinerja bisnis brand milik artis yang dilihat dari data penjualannya. Termasuk kinerja bisnis brand Scarlett serta strategi yang dilakukan oleh Felicya Angelista hingga mampu membawa Scarlett sebagai brand skincare artis no 1.

Data Penjualan Bisnis Kecantikan dan Skincare Artis di Indonesia

Banyak artis Indonesia yang telah memutuskan untuk memasuki industri kecantikan dan skincare dengan membuat brand mereka sendiri. Mereka menggunakan personal brandingnya yang terkenal dan sudah memiliki banyak penggemar untuk mempromosikan produk.

Para artis juga memberikan added value pada produk dengan menggabungkan pengalaman mereka dalam dunia entertainment dengan knowledge yang mereka punya tentang kecantikan dan perawatan kulit.

Data Compas Dashboard dapat melihat performa bisnis berbagai brand dalam kategori Beauty and Care di e-commerce Indonesia. Data penjualan ini dilihat dari periode Januari dan Februari 2023. 

Brand-brand selebriti dengan revenue >Rp250 juta/bulan antara lain ada Madame Gie by Gisella Anastasia dengan pendapatan Rp7.3 miliar. Kurang lebih sebanyak 465.2 ribu produknya laku dari official storenya di e-commerce pada Januari 2023. Kemudian pada Februari 2023, Madame Gie mengantongi Rp6.8 miliar atau sekitar 405.9 ribu produk terjual.

Banner E-Commerce Report

Brand artis lain adalah Marshwillow milik Natasha Wilona, dimana pada Januari 2023 sukses meraup Rp463.5 juta atau sekitar 22 ribu produk terjual. Di bulan selanjutnya yakni Februari 2023, Marswhillow tercatat memiliki revenue Rp386.7 juta dengan produk terjual sebanyak 18.9 ribu item.

Selanjutnya ada brand Beauty and Care milik Luna Maya yaitu Nama Beauty tercatat mengantongi Rp282.4 juta. Produknya laris terjual di Shopee dan Tokopedia sebanyak 2.5 ribu pieces. Adapun di Februari 2023, pendapatan Nama Beauty di angka Rp263.5 juta dengan produk terjual sebanyak 2.3 ribu pieces.

Baca juga: Menembus Kebisingan: Simak Cara Luxcrime, Make Over, dan Maybelline Membangun Brand Identity yang Menggugah Hati Konsumen di E-commerce 2023

Begini Cara Felicya Angelista dan Scarlett Mengubah Landscape Bisnis Skincare Artis Indonesia

Begini Cara Felicya Angelista dan Scarlett Mengubah Landscape Bisnis Skincare Artis Indonesia

Sama-sama dari kalangan artis seperti brand kompetitornya di atas, tak membuat Felicya Angelista takut. Malah brand miliknya melaju menjadi brand skincare artis nomor 1. Meskipun sudah 6 tahun berlalu, kiprahnya di industri Beauty and Care tetap bersinar.

Performa bisnis Scarlett tercatat dalam data Compas Dashboard pada bulan Januari 2023 memiliki pendapatan fantastis senilai Rp14.4 miliar! Dan produk terjualnya di e-commerce sebanyak 138 ribu item

Banner Insight

Di periode ini juga, Scarlett tercatat sebagai brand lokal nomor 1 untuk subkategori body lotion dan body butter. Produk body lotion dan body butternya terjual sebanyak 44.6 ribu dengan pendapatan Rp4.1 miliar. Adapun market sharenya di angka 14,52%.

Baca juga: Begini Cara MamyPoko, Sweety, dan Merries Meningkatkan Customer Experience-nya

Periode selanjutnya Februari 2023, revenue Scarlett sebesar Rp13.5 miliar. Produknya laris terjual sebanyak 132.3 ribu item di Shopee dan Tokopedia. Di subkategori Body Lotion dan Body Butter sendiri, penjualannya mencapai 41.3 ribu yang mengantongi Rp3.7 miliar. Market share Scarlett pada subkategori ini sebesar 13,96%.

Walaupun dari kalangan artis juga seperti brand-brand yang telah disebutkan di atas, akan tetapi Scarlett terbukti menang banyak. Effort berupa strategi marketing yang dikeluarkan oleh Scarlett tidak main-main sehingga wajar brand skincare artis satu ini meroket daripada brand kecantikan dan skincare artis lainnya.

Diketahui Scarlett mempunyai jaringan reseller. Hal ini sebagai upayanya agar distribusi produk merata di seluruh Indonesia dan tentu saja dampaknya adalah brand awarenessnya ikut melonjak naik. 

Tak ketinggalan, Scarlett memanfaatkan tren K-Pop yang sangat hype di kalangan milenial dan gen z dengan menggandeng selebriti papan atas Korea yaitu Song Joong Ki dan Twice sebagai Brand Ambassador. Baru-baru ini juga Scarlett mengadakan Fan Meeting dengan aktor Taxi Driver Lee Je Hoon yang disambut dengan euphoria tinggi oleh penggemarnya. Strategi ini dilakukan karena Scarlett fokus pada customer experience. Konsumen yang merasa bahagia tentang pengalamannya bersama brand, cenderung lebih loyal.

Felicya Angelista dan suaminya pun adalah artis sehingga tak sulit membuat sederet selebriti tanah air menghiasi konten Instagramnya untuk mempromosikan produk. Dari segi kualitas produknya pun sudah teruji aman karena teman-teman artisnya pun tak segan untuk menggunakan produknya. Hal ini adalah added value karena masyarakat pun jadi semakin percaya dengan produk Scarlett.

Produk Scarlett pun tak hanya ditujukan bagi wanita saja tapi juga pria. Dilihat dari model-model yang digunakan tak melulu wanita sehingga hal ini memperluas segmentasi pasarnya. Brand-brand Beauty and Care lain pun dapat belajar hal ini dari Scarlett bahwa perawatan diri bukan hanya aktivitas milik wanita, tapi pria pun didorong untuk tidak malu jika merawat tubuhnya.

Baca juga: Cara Meningkatkan Sales Growth yang Efektif Tahun 2023: Ini yang Dilakukan NPure, Avoskin, dan Somethinc

Kesimpulan

Scarlett mampu menjadi brand skincare artis nomor 1 berdasarkan data Compas Dashboard karena melancarkan beberapa strategi pemasaran yang belum dilakukan oleh kompetitornya, yakni Madame Gie, Marshwillow, dan Nama Beauty. Strategi tersebut yaitu memperluas distribusi produk melalui program reseller dan mengikuti tren Kpop dengan cara menjadikan Song Joong Ki dan Twice sebagai BA nya. Juga menambah hype dengan mengadakan fan meeting dan meet and greet dengan mereka.

Jadi bisnis Scarlett tak hanya sekedar menjual nama artis saja. Akan tetapi dari sisi manajemen bisnis, produksi, supply chain, survei konsumen, customer experience, partnership dan lainnya betul-betul serius dikerjakan sehingga dapat memaksimalkan performa bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.