logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
strategi marketing implora strategi marketing skintific top brand serum wajah terlaris 2022

Intip Strategi Marketing Skintific VS Implora di Kategori Serum Wajah Terlaris 2022

Beda Tipis, Intip Strategi Marketing Skintific VS Implora di Kategori Serum Wajah Terlaris 2022

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Pada artikel top brand sebelumnya, Compas telah membagikan 10 brand dengan produk serum wajah terlaris 2022. Pada data tersebut, kami menemukan fenomena yang menarik. Wah, ada apa nih?

Berdasarkan penelusuran Compas melalui Compas Dashboard, diketahui bahwa pada periode 14—28 Februari 2022, Implora jadi juara satu untuk serum wajah terlaris. Pada periode selanjutnya—  yakni 1—15 Maret 2022— peringkat pertama juga diduduki oleh Implora.

Yang terbaru, performa Implora sebagai top brand serum wajah terlaris justru turun ke peringkat 8. Di sisi lain, muncul pemain baru di jajaran serum wajah terlaris 2022, yakni Skintific yang menjajaki peringkat 7.

Seperti apa persaingan kedua brand tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Implora VS Skintific: Perbandingan Posisi Top Brand Serum Wajah Terlaris 2022

strategi marketing implora strategi marketing skintific top brand serum wajah terlaris 2022

Serum Wajah Terlaris Skintific dan Resep Sukses Strategi Marketing-nya

Skintific merupakan brand asal Kanada yang berhasil menduduki peringkat ketujuh dalam daftar top brand serum wajah terlaris 2022 yang sukses mencapai sales volume di angka 3,32%.

Prestasi mantap ini berhasil diraih oleh Skintific di periode 14—28 Juni 2022. Dengan capaian sales volume-nya, Skintific yang baru memasuki jajaran top brand serum wajah terlaris ini langsung bisa mengalahkan Implora.

 

Serum Wajah Andalan Skintific

Serum wajah terlaris yang jadi andalan brand Skintific tak lain adalah Skintific 5X Ceramide Barrier Serum.

Sesuai dengan namanya, Skintific 5X Ceramide Barrier Serum ini diformulasi dengan kombinasi 5 tipe ceramide sekaligus untuk memperbaiki dan melindungi kondisi skin barrier. Selain itu, ada juga kandungan BFL Probiotic yang berfungsi mengatur mikrobioma dan barrier pada kulit untuk mencegah sensitivitas dan peradangan kulit. 

 

Strategi Marketing Skintific

Beberapa waktu lalu, skincare dengan kandungan niacinamide sempat jadi sorotan. Kini, brand Skintific memulai tren skincare baru dengan rajin “mengglorifikasi” produk skincare berformulasi 5X Ceramide lewat media sosialnya.

Dikutip dari Beautynesia, produk-produk 5X Ceramide dari Skintific ini pernah viral di platform TikTok karena keampuhannya dalam memperbaiki kondisi skin barrier.

Strategi “mematenkan” formula 5X Ceramide ini terbukti berhasil mendulang kejayaan. Hasilnya, produk serum dari Skintific ini akhirnya naik ke peringkat 7. Padahal, pada periode-periode lalu, Skuntific belum berhasil memasuki 10 top brand serum wajah terlaris di e-commerce.

Selain itu, kesuksesan Skintific juga didukung oleh penjualan paket bundling skincare with serum. Bundling ini terdiri dari 4 jenis produk, yakni  cleanser, moisture gel, exfoliating toner, dan serum.

 

Serum Wajah Terlaris Milik Implora dan Jurus Jitu Strategi Marketing-nya

Local beauty brand yang sempat jadi juara bertahan nomor satu, yakni Implora kini terjun payung ke peringkat 8.

Berdasarkan Compas Dashboard, Implora memperoleh sales volume sebesar 3,09% di Shopee dan Tokopedia kategori serum wajah per periode 14—28 Juni 2022.

 

Serum Wajah Andalan Implora

Produk serum wajah terlaris yang jadi andalan Implora adalah duo serum: Implora Face Serum Bakuchiol dan Implora Face Serum 1% Liporetinol Serum. Diformulasikan dengan bahan-bahan yang berbeda, kedua serum wajah ini memiliki perbedaan fungsi.

Memperoleh rating 4.1 bintang di Female Daily, Implora Face Serum Bakuchiol lebih diperuntukkan bagi para beauty enthusiast yang memiliki normal skin type. Serum garapan Implora ini bermanfaat untuk menyamarkan tanda penuaan kulit, bantu mencerahkan kulit wajah, dan meningkatkan proses pergantian sel kulit.

Sementara itu, Implora Face Serum 1% Liporetinol Serum boleh digunakan untuk semua tipe kulit (all skin types). Manfaatnya adalah untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan, meningkatkan elastisitas kulit wajah, serta sebagai Antioksidan dan Anti inflamasi. Prestisius, serum yang satu ini berhasil raih review 4.7 bintang melalui platform beauty Female Daily.

 

Strategi Marketing Implora

Meski pernah merajai puncak top brand serum wajah terlaris, Implora kini turun ke peringkat 8. Bahkan, berhasil dikalahkan oleh brand Skintific yang baru berhasil memasuki jajaran too brand serum wajah terlaris di e-commerce.

Saat masih menduduki juara pertama serum wajah terlaris, Implora menggunakan strategi marketing dengan menggaet finalis ajang pencarian bakat ternama, yaitu Lyodra dan Mahalini.

Sayangnya, performa sales produk serum garapan Implora sedang meredup. Jika diperhatikan dari akun media sosialnya, Implora kini lebih banyak berfokus pada promosi produk-produk lipstiknya.

Hal ini membuat produk kosmetik bibir Implora jadi banyak ramai disorot konsumen dibanding serumnya. Bahkan, baru-baru ini brand tersebut mengadakan kolaborasi Implora X Relaxa yang menghasilkan dua varian lip matte beraroma permen Relaxa Barley dan Grape.

 

Kesimpulan

Berdasarkan riset dan data yang didapat oleh dari Compas Dashboard, dapat disimpulkan bahwa kesuksesan Skintific pada periode kali ini berasal dari konsistensi brand itu sendiri dalam mempromosikan dan mengglorifikasi formula 5X Ceramide.

Di sisi lain, penurunan peringkat Implora yang drastis kemungkinan besar disebabkan oleh peluncuran produk kosmetik bibir baru yang— mau tidak mau— membuat Implora mengedepankan promosi produk tersebut. Terlebih, lip cream tersebut merupakan hasil kolaborasinya dengan brand Relaxa.

 

Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.