meningkatkan sales growth

10 Cara Meningkatkan Sales Growth yang Efektif untuk Bisnis Online

Author: Farah Ramadhani

Sales growth atau omzet merupakan unsur terpenting yang menjamin kesuksesan bisnis Anda. Dalam menyusun cara meningkatkan sales growth di perusahaan, ketelitian sangat diperlukan karena hal ini berkaitan erat dengan perkembangan bisnis Anda.

Tanpa sales growth yang baik, strategi perusahaan Anda akan stuck dan sulit berkembang. Karena itu, memahami definisi sales growth atau omzet dapat membantu Anda mengetahui indikator penting untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan perusahaan.

Lantas, apa saja yang perlu Anda ketahui untuk mempelajari omzet? Yuk, simak penjelasan beserta cara meningkatkan sales growth untuk bisnis Anda di bawah ini!

Pengertian Sales Growth

Secara garis besar, sales growth adalah peningkatan penjualan di perusahaan dalam periode tertentu. Perhitungan omzet dapat digunakan untuk mengukur kinerja tim sales, menentukan strategi bisnis yang tepat, hingga menjadi indikator sebelum perusahaan menentukan langkah.

Bagaimana cara menghitung sales growth dalam periode waktu tertentu? Anda hanya tinggal mengurangi total penjualan periode sekarang dengan periode sebelumnya, lalu dibagi dengan penjualan periode sebelumnya, dan dikalikan dengan 100.

Hasil perhitungan sales growth yang baik bagi perusahaan besar adalah sekitar 5-10%, sedangkan untuk perusahaan kecil hingga menengah, omzet dikatakan baik jika perhitungannya mencapai diatas 10%.

Namun, Anda tidak perlu panik jika hasil perhitungan di bawah indikator diatas. Omzet suatu perusahaan dapat dikatakan positif jika persen keuntungannya lebih tinggi dari penjualan di periode sebelumnya.

Omzet bisnis dapat Anda tingkatkan secara mudah dengan mengikuti tips dari tim Compas di bawah ini. Langsung saja, simak strategi peningkatan omzet perusahaan berikut, ya!

Cara Meningkatkan Sales Growth

1. Menjaga Kualitas Produk

Kualitas produk yang terjaga tentu akan membuat pembeli percaya pada perusahaan Anda dan menjadi loyal. Jika angka penjualan meningkat, otomatis omzet Anda juga akan naik pula.

Menjaga kualitas produk tentu tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus rutin melakukan QC (Quality Control) untuk memastikan produk yang keluar benar-benar berkualitas. Namun, semua itu akan terbayar dengan konsumen yang loyal terhadap produk perusahaan Anda.

2. Perkuat Brand

Umumnya, orang akan menilai suatu produk melalui brandnya. Jika terkenal, maka peluang orang mempercayainya lebih besar. Karena itu, brand berperan besar dalam penjualan.

Anda dapat mulai memperkuat brand dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook, ataupun TikTok. Jika brand Anda telah kuat, maka persaingan yang perusahaan Anda alami menjadi lebih sedikit.

Anda juga tidak perlu pusing memikirkan persaingan harga yang terjadi karena brand perusahaan sudah kuat dan memiliki target pasar yang fixed. Dengan mengikuti persaingan harga, tentu Anda tidak bisa mengharapkan omzet yang besar.

Sebagai contoh, jika Anda menjual hijab tanpa merek, maka Anda harus bersaing harga dengan penjual hijab tak bermerek lain. Namun, apabila brand sudah kuat, maka Anda tinggal meningkatkan kualitas barang dan layanan yang lebih baik dari sesama penjual hijab.

3. Marketing vs Sales

Dalam perusahaan, seringkali ada yang menyatukan divisi sales dan marketing. Padahal, kedua divisi ini berbeda dan memiliki fokus masing-masing.

Marketing bergelut di bidang pemasaran, yaitu seputar strategi penjualan dan pengembangan produk. Sedangkan, sales merupakan tim yang melaksanakan strategi promosi agar penjualan produk meningkat.

Memang, kedua divisi ini saling berkaitan. Namun, akan lebih baik jika keduanya dipisah agar fokusnya tidak terbagi. Strategi marketing yang maksimal akan meningkatkan sales sehingga perusahaan Anda mendapat omzet yang tinggi.

4. Memaksimalkan Digital Marketing

Digital marketing merupakan teknik pemasaran berbasis teknologi digital. Hal ini dapat berupa promosi melalui sosial media, marketplace, hingga website perusahaan. Dengan memaksimalkan marketing digital ini, Anda dapat meraih lebih banyak konsumen.

Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna internet di Indonesia. Dilansir dari laman Kompas, pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 73,7% dari total populasi penduduk atau sama dengan 274.9 juta jiwa.

Memaksimalkan digital marketing berarti Anda dapat meraih pengguna internet yang sangat banyak tersebut. Target market perusahaan Anda pun akan lebih luas. Dengan itu, diharapkan penjualan pun meningkat, begitu pula dengan sales growth bisnis Anda.

5. Perluas Jaringan Penjualan

Poin kelima dalam strategi peningkatan omzet Anda sejalan dengan poin sebelumnya. Memperluas jaringan penjualan dapat melalui strategi digital marketing, maupun offline.

Lakukan riset pasar terhadap marketplace yang memiliki sales tinggi terhadap kategori produk yang Anda jual. Dalam melakukan hal ini, Anda dapat menggunakan Compas Quick Report yang menyediakan data terkini penjualan kategori produk tertentu di marketplace.

Dengan memasarkan produk Anda di marketplace yang tepat, sales growth perusahaan dapat meningkat dengan signifikan dan memberi keuntungan positif bagi bisnis Anda.

6. Menerapkan SEO (Search Engine Optimization)

Jika Anda menggunakan website dalam memasarkan produk, terapkanlah sistem SEO (Search Engine Optimization). Sistem ini berfungsi untuk meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan di laman web perusahaan dengan memanfaatkan mesin pencarian web seperti Google, Bing! dan lainnya.

Jika kunjungan situs perusahaan Anda meningkat, diharapkan pembelian juga akan naik. Hal ini tentu berpengaruh besar terhadap sales growth bisnis Anda.

7. Strategi Bundling

Meningkatkan penjualan produk juga dapat Anda lakukan dengan menerapkan strategi bundling. Strategi ini dilakukan dengan cara menjual dua atau lebih produk dalam satu paket dan memberi harga yang lebih murah.

Strategi bundling dilakukan agar produk terjual lebih banyak, meningkatkan efisiensi pembelian produk, serta memperkecil biaya promosi. Dengan hal tersebut, konsumen juga lebih menghemat waktu untuk membeli produk Anda.

8. Menjaga Loyalitas Konsumen

Dalam dunia bisnis, biaya untuk menarik konsumen baru lebih besar daripada mempertahankan pelanggan tetap. Karena itu, penting untuk menjaga loyalitas pelanggan dengan mengadakan promosi khusus ataupun program pelanggan setia.

Untuk melakukan promosi pada pelanggan setia, Anda harus memiliki database mereka terlebih dahulu. Selain itu, pastikan pelayanan perusahaan Anda terhadap pelanggan sudah baik.

Jika pembeli sudah percaya pada pelayanan serta kualitas perusahaan, maka mendorong mereka untuk membeli lebih banyak produk tentu menjadi lebih mudah.

9. Lakukan Inovasi

Strategi ke-9 untuk meningkatkan omzet penjualan Anda adalah dengan terus berinovasi menambah rangkaian produk. Varian produk yang banyak tentu akan memperbesar target pasar dan peluang produk Anda terjual.

Sebagai contoh, Anda memiliki toko yang menjual smartphone. Inovasi yang dapat Anda lakukan adalah dengan menambahkan aksesoris handphone seperti case, charger, ataupun earphone.

10. Memahami Kondisi Pasar

Terakhir, Anda harus memahami kondisi pasar agar strategi atau rencana bisnis yang Anda susun efektif. Melakukan riset pasar dapat membantu Anda memahami kondisi pasar jika produk Anda masuk.

Menyusun strategi bisnis berdasarkan kondisi pasar penting bagi perusahaan Anda untuk menentukan langkah. Strategi akan efektif jika dilakukan setelah melalui riset yang mendalam.

Untuk bisa memahami kondisi pasar seperti market share dan juga memonitor kompetitor, Anda bisa menggunakan dashboard Compas dengan fitur-fitur berikut ini.

Fitur Dashboard Market Share

dashboard compas 1

Anda bisa melihat juga peluang yang ada di pasar dengan memahami kondisi pasar saat ini. Ini bisa memudahkan Anda untuk menyusun strategi lebih lagi untuk bisa meningkatkan sales growth bisnis Anda.

Fitur dashboard market share bisa membantu Anda melihat kondisi dan pangsa pasar dari industri yang Anda sasar, sehingga Anda dapat memaksimalkan perencanaan bisnis Anda dengan mengetahui kondisi pasar di online marketplace.

Selain mengetahui seberapa besar industrinya, dalam memahami kondisi pasar Anda juga butuh untuk memperhatikan kompetitor Anda. Dalam hal ini, Anda sebaiknya mengetahui seberapa banyak kompetitor dan juga seberapa besar kesuksesan mereka di pasar. Melalui ini, Anda bisa 

Untuk ini, Anda bisa menggunakan fitur Top Brand untuk bisa mengidentifikasi siapa saja pesaing dan kekuatan mereka di pasar.

dashboard compas 2

Sebagai contoh, Anda merupakan bisnis yang bergerak di bidang makanan dan minuman seperti kue kering, roti dan bolu. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat siapa saja kompetitor di kategori tersebut dan juga penjualan terbesarnya apa saja.

Demikian tips untuk meningkatkan sales growth bisnis Anda. Untuk bisa terus meningkatkan sales growth bisnis, Anda dapat mendaftarkan bisnis anda untuk mendapatkan dashboard Compas dan nikmati penawaran terbaik dari kami.

Baca juga:


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us