Cara Meningkatkan Sales Growth yang Efektif Tahun 2023: Ini yang Dilakukan NPure, Avoskin, dan Somethinc
Compas.co.id – Sales growth merupakan unsur penting yang menjamin kesuksesan bisnis Anda. Dalam menyusun strategi meningkatkan sales growth di perusahaan, ketelitian dalam mencari data market insight yang tepat sangat diperlukan karena hal ini berkaitan erat dengan perkembangan brand Anda. Terutama brand Beauty and Care yang persaingannya sangat ketat di e-commerce.
Dalam Indonesia FMCG E-commerce Report 2022, terpantau pertumbuhan kategori Beauty and Care per kuartal. Dari Q2 ke Q3, pertumbuhan Beauty and Care meningkat sebesar 15,6%. Kategori ini pun cenderung mengalami kestabilan dibandingkan kategori FMCG lainnya seperti F&B, Health, dan Mom & Baby.
Bagaimana cara brand-brand Beauty and Care dapat menjaga kestabilan bahkan meningkatkan sales growth? Simak ulasan dibawah mengenai 3 studi kasus brand, yaitu cara NPure, Avoskin, dan Somethinc meningkatkan sales growthnya.
Cara Meningkatkan Sales Growth yang Efektif
1. Analisa Pasar dan Kompetitor
Analisa pasar dapat membantu brand untuk mengidentifikasi tren terbaru di pasar. Dengan mengikuti tren, brand dapat membuat produk dan strategi pemasaran yang lebih relevan dan menarik bagi pelanggan.
Adapun analisa kompetitor dapat membantu brand mengetahui kekuatan dan kelemahan kompetitornya. Dengan mengetahui hal ini, brand dapat membuat strategi bisnis yang jauh lebih baik dan mengambil peluang yang belum dimanfaatkan oleh kompetitor.
2. Perluas Jaringan Penjualan
Brand perlu mempertimbangkan untuk menjual produknya melalui lebih banyak channel penjualan, seperti toko online lain, pasar online, atau toko fisik yang berkaitan dengan e-commerce. Hal ini akan memungkinkan brand untuk mencapai lebih banyak pelanggan dan menjangkau pasar yang lebih luas.
Dengan memperluas jaringan penjualan, brand juga dapat meningkatkan visibilitas dan keterlibatan pelanggan mereka. Dengan menempatkan produk mereka di lebih banyak platform dan saluran penjualan, konsumen dapat melihat produk mereka lebih sering, yang dapat meningkatkan brand awareness dan menarik konsumen baru.
Dalam bisnis e-commerce yang kompetitif, memperluas jaringan penjualan dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi brand, memungkinkan brand untuk memenangkan persaingan dan memperkuat brand awareness di e-commerce khususnya.
Baca juga: Influencer Marketing: Belajar dari Studi Kasus 3 Brand Beauty and Care Ini
3. Menerapkan Data Analitik
Data dapat memberikan wawasan yang sangat penting tentang perilaku konsumen, tren pasar, dan performa penjualan. Oleh karena itu, para leader di bidang marketing dan sales harus memastikan bahwa mereka memanfaatkan data analitik secara efektif. Hal ini mencakup menerapkan data analitik yang tepat dan mengembangkan strategi berdasarkan wawasan data yang diperoleh.
Contohnya dengan menggunakan data Compas Dashboard, Anda dapat mengetahui trend penjualan, performa kompetitor, top product listing, top brand, top seller, dan lainnya.
4. Strategi Pricing dan Bundling yang Tepat
Harga produk dapat memengaruhi bagaimana pelanggan mempersepsikan merek dan berapa banyak yang siap mereka bayar. Strategi pricing mencakup menyesuaikan harga agar sesuai dengan persaingan, menawarkan harga yang lebih terjangkau untuk produk baru, dan menerapkan strategi diskon yang tepat.
Meningkatkan penjualan produk juga dapat dilakukan dengan menerapkan strategi bundling. Strategi bundling dilakukan agar produk terjual lebih banyak, meningkatkan efisiensi pembelian produk, serta memperkecil biaya promosi. Dengan hal tersebut, konsumen juga lebih menghemat uang untuk membeli produk Anda.
5. Fokus Pada Pengalaman Konsumen
Beauty and Care adalah industri yang sangat berkaitan dengan pengalaman konsumen. Konsumen cenderung membeli produk skincare/make up berdasarkan pengalaman mereka menggunakan produk tersebut dan perasaan yang mereka rasakan setelah menggunakannya. Oleh karena itu, fokus pada pengalaman konsumen dapat membantu brand-brand Beauty and Care memperkuat brand awareness dan meningkatkan sales growth.
Salah satu cara untuk meningkatkan sales growth adalah memberi pengalaman positif bersama brand yang akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan membawa mereka kembali untuk membeli produk. Bahkan konsumen bisa dengan senang hati mempromosikan produk di media sosialnya.
Cara Meningkatkan Sales Growth Ala NPure, Avoskin, dan Somethinc
1. NPure
Compas Dashboard mencatat pertumbuhan penjualan dari brand Beauty and Care lokal ini. Pada periode 15-28 Februari 2023, sales quantity NPure untuk produk tonernya sebanyak 6.8K pieces. Penjualan tersebut meraih revenue Rp255.8 juta. Adapun di periode selanjutnya yaitu 1-14 Maret 2023, penjualan produk tonernya naik menjadi 10.1K pieces dan meraup revenue Rp423.9 juta.
Dengan tagline “Generasi Kulit Sehat” NPure memiliki cara meningkatkan sales growth yang menarik, yaitu memperluas jaringan penjualan dengan membuka jaringan reseller di seluruh Indonesia. NPure mengambil langkah ini agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen di area yang mungkin sulit terjangkau jika hanya mengandalkan official storenya semata.
Adanya jaringan reseller juga pastinya meningkatkan brand awareness NPure sehingga konsumen lebih percaya dengan kualitas brand ini. Dan juga muncul pemikiran bahwa brand ini trustable karena sudah banyak pihak yang mau ikut menjual produknya.
NPure juga menyediakan program konsultasi kulit wajah gratis dengan seorang skin medical advisor terbaik pilihan NPure. Program ini juga sebagai salah satu cara NPure menambah pengalaman menyenangkan konsumennya.
2. Avoskin
Avoskin pun tak mau kalah dengan kinerja NPure, brand yang menggaet Refal Hady sebagai local Brand Ambassadornya itu meraup Rp772.4 juta di periode 15-28 Februari 2023 atau sekitar 5.9K tonernya laris di Shopee dan Tokopedia. Untuk periode selanjutnya yaitu 1-14 Maret 2023, sales quantitynya naik menjadi 8.2K dan revenuenya mencapai Rp1.1 miliar!
Bagaimana cara Avoskin meningkatkan sales growthnya? Salah satunya adalah Avoskin memiliki sebuah beauty community bernama RUBI Community. Para wanita yang menjadi membernya disupport oleh Avoskin untuk mengembangkan diri melalui beragam workshop dan kelas gratis agar mereka bisa mandiri secara finansial dan memiliki pribadi yang lebih berkualitas.
Adanya komunitas semacam ini tentunya membuat konsumen semakin loyal dengan brand. Sebab brand tak hanya peduli dengan meningkatkan keuntungan semata tapi juga meningkatkan value konsumennya secara pribadi. Artinya Avoskin ikut fokus memberikan pengalaman menyenangkan konsumen.
Avoskin juga punya program reseller bernama AVO Store sebagai upaya memperluas jaringan penjualan. AVO Store ini adalah program Avoskin bagi para wanita untuk menjadi Lady Boss dengan cara mewujudkan misi women empowerment. Adanya AVO Store ini juga untuk menyebarluaskan produk Avoskin ke seluruh Indonesia.
3. Somethinc
Brand yang memiliki tagline “Be Somethinc, Be You” dan pernah menjadikan NCT Dream sebagai Brand Ambassadornya, di 15-28 Februari 2023 sukses menjual 2.3 ribu toner wajah dan mengantongi Rp152.6 juta. Periode selanjutnya pada 1-14 Maret 2023, penjualan tonernya naik di angka 3.1 ribu produk. Pendapatannya pun meningkat menjadi Rp213.6 juta.
Wajar jika brand lokal asuhan Irene Ursula ini sering masuk list top brand berdasarkan pantauan data Compas Dashboard. Somethinc memiliki berbagai produk kecantikan dan perawatan kulitnya yang terus diinovasikan secara kreatif sebagai salah satu cara meningkatkan sales growthnya.
Brand lokal ini juga mempunyai jajaran kolaborasi dengan banyak brand dan public figure ternama untuk meningkatkan brand awareness dan boost up penjualannya. Baru-baru ini Somethinc diketahui mengeluarkan seri skincare baru “Calm Down”.
Di reelsnya pada awal Maret 2023, Irene Ursula mengumumkan bahwa Somethinc melakukan improvement produk dari segi kualitas bahan dan packaging setelah menerima banyak masukan dan kritikan dari konsumen. Hal ini dilakukan Somethinc karena sangat peduli pada pengalaman konsumen.
Disamping fokus pada pengalaman konsumen, cara meningkatkan sales growth yang lain adalah memperluas jaringan penjualan dengan adanya program reseller resmi Somethinc. Tak heran produknya dikenal luas oleh masyarakat karena sudah tersebar di seluruh Indonesia.
Kesimpulan
Dari 3 studi kasus brand Beauty and care di atas menunjukkan bahwa cara meningkatkan sales growth ini tak hanya membicarakan dari segi kualitas produknya saja, tapi juga dari added value apa yang dapat brand tawarkan yang berfokus pada pengalaman konsumen.
Adanya added value seperti RUBI Community tentunya dapat membuat konsumen lama semakin loyal dan menarik perhatian para konsumen baru. Bukannya tidak mungkin, konsumen baru menjadi loyal karena yang membuat mereka tertarik dan merasa senang adalah bisa bergabung ke dalam komunitas tersebut.
Selain berfokus pada pengalaman konsumennya, memperluas jaringan penjualan dengan membuka peluang reseller adalah cara para top brand di atas sukses meningkatkan sales growth. Dari hal itu pun terbukti memberi keuntungan kepada dua pihak, yakni brand itu sendiri dan para resellernya.