meningkatkan sales growth

5 Cara Meningkatkan Sales Growth Bisnis Anda

Sales growth memang bukanlah istilah asing bagi orang-orang yang sedang menjalankan bisnis ataupun mereka yang pernah terjun langsung ke dalam dunia bisnis. Sales growth sendiri merupakan pertumbuhan atau peningkatan penjualan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan yang bisa menunjukan perkembangan suatu perusahaan dari waktu ke waktu.

Tanpa perkembangan sales growth yang baik, maka bisnis tersebut akan sulit untuk berkembang dan berujung menjadi stagnan. Pemilik bisnis sebaiknya mengetahui secara akurat seberapa besar sales growth mereka secara berkala.

Namun, tak hanya penting untuk mengetahui perkembangan sales growth tapi juga penting untuk para pelaku bisnis untuk bisa terus meningkatkannya. Kira-kira tips apa saja yang bisa bantu meningkatkan sales growth bisnis Anda? Yuk, simak tips-tips berikut ini!

1. Fokus Menjaga Kualitas Produk

Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan sales growth adalah memprioritaskan nilai dan kualitas produk yang dijual. Ini dikarenakan salah satu hal yang membuat konsumen kembali berbelanja adalah kualitas dari produk yang Anda berikan.

Selain memastikan kualitas produk selalu terjaga, pelaku usaha juga butuh untuk memahami nilai produk yang dijual. Dengan demikian, pembeli tidak ragu untuk membeli produk Anda. Hal ini tentu meningkatkan sales growth bisnis Anda di toko online maupun offline yang Anda punya.

2. Memperluas Jaringan Penjualan

Tips kedua yang sudah jelas dapat meningkatkan sales growth adalah dengan memperluas jangkauan penjualan. Untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda, ada baiknya untuk tidak hanya terfokus pada penjualan secara offline tapi Anda juga bisa gunakan berbagai platform online.

Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, kebiasaan untuk berbelanja pun berubah. Sekarang sudah cukup banyak konsumen yang beralih berbelanja di online marketplace. 

Meskipun begitu, sebagai pelaku bisnis Anda harus bisa memastikan untuk memilih pastikan platform yang tepat. Hal ini penting agar Anda bisa lebih tajam lagi dalam membuat strategi bisnis Anda dan juga untuk menghemat tenaga karena sudah lebih terfokus.

3. Memberi Pelayanan Terbaik

Dalam melakukan suatu bisnis, tentunya sebagai pelaku bisnis ingin memberikan kesan yang terbaik kepada pembeli, baik yang sudah pernah membeli maupun kepada calon pembeli. Bagi calon pembeli, Anda bisa memulai dengan respon pertanyaan dari mereka dengan cepat. 

Bagi orang-orang yang sudah pernah membeli produk Anda, sebaiknya dilakukan follow up secara berkala. Hal ini dikarenakan ketika seseorang sudah pernah membeli produk yang kita tawarkan, itu berarti mereka sudah percaya dengan produk kita.

Dan ketika komsumen merasa puas, kemungkinan besar mereka akan merekomendasikannya kepada relasi mereka yang nantinya bisa berdampak pada peningkatan penjualan.

Oleh karena itu, penting sekali bagi para pelaku bisnis memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya.  

4. Inovasi Produk

Tips lain untuk meningkatkan sales growth bisnis Anda adalah dengan melakukan inovasi atau pembaruan pada produk yang Anda jual. Ini dikarenakan, secara sadar atau tidak, kebutuhan dan selera masyarakat setiap hari selalu mengalami perubahan.

Diperlukan adanya sebuah inovasi dalam produk agar dapat bersaing di dunia bisnis. Namun, perlu diingat bahwa inovasi ini tidak selalu harus dilaksanakan atau dilakukan untuk mengubah produk lama secara keseluruhan.

Inovasi merupakan salah satu cara untuk membuat suatu produk baru dengan metode baru atau dengan desain baru yang lebih baik dari produk lama yang telah dipasarkan, bisa juga untuk produk yang belum pernah dipasarkan. 

5. Memahami Kondisi Pasar

Selain itu, tips lain untuk meningkatkan sales growth adalah dengan memahami kondisi pasar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memahami kondisi pasar yaitu market share Anda dan juga kompetitor Anda.

Untuk bisa memahami kondisi pasar seperti market share dan juga memonitor kompetitor, Anda bisa menggunakan dashboard Compas dengan fitur-fitur berikut ini.

Fitur Dashboard Market Share

dashboard compas 1

Anda bisa melihat juga peluang yang ada di pasar dengan memahami kondisi pasar saat ini. Ini bisa memudahkan Anda untuk menyusun strategi lebih lagi untuk bisa meningkatkan sales growth bisnis Anda.

Fitur dashboard market share bisa membantu Anda melihat kondisi dan pangsa pasar dari industri yang Anda sasar, sehingga Anda dapat memaksimalkan perencanaan bisnis Anda dengan mengetahui kondisi pasar di online marketplace.

Selain mengetahui seberapa besar industrinya, dalam memahami kondisi pasar Anda juga butuh untuk memperhatikan kompetitor Anda. Dalam hal ini, Anda sebaiknya mengetahui seberapa banyak kompetitor dan juga seberapa besar kesuksesan mereka di pasar. Melalui ini, Anda bisa 

Untuk ini, Anda bisa menggunakan fitur Top Brand untuk bisa mengidentifikasi siapa saja pesaing dan kekuatan mereka di pasar.

dashboard compas 2

Sebagai contoh, Anda merupakan bisnis yang bergerak di bidang makanan dan minuman seperti kue kering, roti dan bolu. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat siapa saja kompetitor di kategori tersebut dan juga penjualan terbesarnya apa saja.

Demikian tips untuk meningkatkan sales growth bisnis Anda. Untuk bisa terus meningkatkan sales growth bisnis, Anda dapat mendaftarkan bisnis anda untuk mendapatkan dashboard Compas dan nikmati penawaran terbaik dari kami.

Baca juga:


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us