7 Tips Meningkatkan Omset Penjualan Online
Author: Lia Sutiani
Compas.co.id – Bisnis online sedang sepi pembeli? Mungkin ini saatnya Anda perlu tahu tips meningkatkan omzet penjualan online secara tepat. Meski peluang bisnis jualan online di era digital ini besar peluangnya, pesaingnya juga banyak. Sebab itu, Anda harus menerapkan strategi yang lebih ampuh untuk menaikkan profit.
Strategi dalam bisnis online tentunya berbeda dengan usaha konvensional. Strategi bisnis online juga bukan sekadar promosi dengan membuat konten di media sosial. Ada tahapan-tahapan penting yang perlu Anda ketahui agar tips meningkatkan omzet penjualan online tersebut berhasil. Tips dalam berbisnis online ini memang tidak menjamin kesuksesan secara instan, tapi setidaknya membantu penerapan strategi penjualan agar lebih optimal.
7 Tips Meningkatkan Omset Penjualan Online
Menjalankan bisnis online tampaknya mudah karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan, ada yang tanpa perlu mengeluarkan modal alias hanya membutuhkan paket internet dan ponsel. Namun, tetap saja yang namanya bisnis membutuhkan strategi dan tips. Berikut beberapa tips meningkatkan omzet penjualan online yang bisa jadi referensi Anda.
1. Mengenali karakteristik bisnis
Menurunnya omzet bisnis dapat menandakan bisnis online Anda sedang lesu. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti kurangnya perusahaan mengenali karakteristik bisnis tersebut. Hal ini akan berdampak pada saat mengeksekusi strategi marketing sehingga menjadi kurang maksimal.
Untuk mengenali karakteristik bisnis, Anda bisa mulai dengan mengidentifikasi atau merancang konsep bisnis tersebut. Dengan begitu, jenis bisnis Anda akan lebih terarahkan dan fokus pada target pasar. Beberapa karakteristik bisnis yang harus diketahui, yakni jenis bisnis, produk atau layanan yang ditawarkan, target konsumen, tujuan bisnis, dan lainnya.
2. Mengenali target konsumen
Setelah paham mengenai karakteristik bisnis Anda, tips meningkatkan omzet penjualan online berikutnya adalah mengenali target konsumen. Mengetahui target pasar secara tepat merupakan hal terpenting dalam bisnis agar makin besar peluang strategi bisnisnya.
Tips jitu menentukan target pasar, yaitu dengan melakukan riset data atau survei. Melalui riset atau survei tersebut, perusahaan dapat memperoleh data tentang konsumen seperti jenis kelamin, usia, status, demografi, gaya hidup, dan sebagainya.
Penentuan target pasar tersebut bermanfaat untuk memudahkan Anda melakukan segmentasi pasar. Dengan begitu, pengelompokkan target konsumen menjadi lebih efisien dan tentunya perlu didukung dengan riset data pasar yang akurat.
3. Menciptakan keunikan pada brand
Tips meningkatkan omzet penjualan online selanjutnya, yaitu kemampuan untuk menciptakan keunikan pada brand. Membangun brand bisnis adalah hal yang wajib, namun tidak semua pelaku bisnis berhasil merancang brand yang unik dan dikenal baik oleh masyarakat. Pasalnya, menentukan sebuah brand hingga mendapat atensi dalam skala luas tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang cukup panjang.
Beberapa tips untuk menciptakan keunikan pada brand di antaranya memperhatikan kompetitor, eksplorasi ide, berani mengambil resiko, dan berpikir out of the box. Apabila Anda berhasil mengimplementasikan tahap ini, maka brand bisnis online Anda makin dikenal.
Selain itu, keunikan menjadi aspek yang perlu perhatian karena akan menambah value dari produk bisnis Anda. Manfaat lainnya, konsumen lebih mudah mengenali brand yang unik sehingga menguatkan brand awareness. Dengan begitu, secara tidak langsung akan turut mendorong penjualan produk.
4. Mempermudah akses produk & layanan
Bisnis online banyak peminatnya karena menawarkan kemudahan dan praktis. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan, maka berikanlah akses yang mudah bagi konsumen untuk menjangkau produk dan layanan bisnis tersebut.
Tips meningkatkan omzet penjualan online ini bisa Anda contoh dari beberapa brand bisnis yang sudah ada. Misalnya, pada situs perusahaan tersedia kolom Customer atau ikon WhatsApp yang memudahkan calon konsumen untuk terhubung langsung dengan bisnis Anda. Intinya, pastikan bahwa akses tersebut user friendly sehingga membuat nyaman konsumen dan tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.
5. Memaksimalkan promosi konten
Kini, melakukan promosi adalah hal mudah karena perusahaan dapat memanfaatkan berbagai platform khususnya media sosial untuk menjangkau target pasar. Kemas promosi dalam bentuk konten yang menarik dan unik sehingga memikat banyak audiens. Guna mengoptimalkan promosi tersebut, perusahaan harus memahami digital marketing.
Ada banyak contoh digital marketing yang bisa Anda coba seperti email marketing, SEO, social media marketing, dan lainnya. Perhatikan pula kaidah bahasa dan jenis konten agar sesuai dengan citra brand dan target pasar yang bisnis Anda tuju. Apabila perusahaan menguasai hal tersebut, maka meraih target pasar secara tepat bukanlah hal yang mustahil.
6. Menawarkan promo khusus
Cara ini bisa dikatakan sebagai tips meningkatkan omzet penjualan online yang paling manjur, yakni dengan menawarkan promo atau diskon khusus. Biasanya, bagi perusahaan yang baru launching produk atau layanan akan menerapkan strategi tersebut untuk menarik massa dengan cepat.
Namun, bagi perusahaan lama tidak harus melakukan langkah tersebut. Sesekali memberikan diskon atau promo bisa saja untuk mendongkrak penjualan. Sebaiknya, peluncuran promo tersebut pada saat ada momen tertentu seperti menyambut Harbolnas atau perayaan Hari Kemerdekaan RI.
7. Meningkatkan pelayanan
Sembari menjalankan strategi marketing, perusahaan juga wajib meningkatkan pelayanan. Ciri pelayanan yang baik, yaitu perusahaan mampu memberikan kepuasan pada konsumen sesuai dengan standar yang ditetapkan.
Dalam hal ini, customer service atau admin perusahaan memiliki peran utama. Untuk itu, perusahaan harus bisa mengedukasi karyawan agar ramah, responsif, dan tanggap agar konsumen nyaman dan puas sehingga memberikan kesan baik pada brand perusahaan.
Manfaatkan Teknologi Digital untuk Mengembangkan Usaha Anda!
Pada tahun 2022 ini, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melaporkan jumlah pengguna internet di Indonesia tembus hingga 210 juta orang. Jumlah tersebut setara dengan 76% total penduduk di Indonesia. Ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda untuk mengembangkan usaha melalui teknologi digital.
Digitalisasi dalam bisnis online juga membutuhkan riset yang tepat. Namun, tidak semua pelaku bisnis memiliki kapasitas tersebut sehingga memerlukan kolaborasi. Temukan layanan bisnis yang cocok guna memenuhi kebutuhan bisnis Anda.
Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!
Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!
Source: Dashboard Compas.co.id