5 Skincare Terlaris di E-Commerce Tahun 2022
Author: Lia Sutiani
Compas.co.id – Bagi perusahaan yang bergerak di industri perawatan dan kecantikan, mengetahui pergerakan pasar skincare sangatlah bermanfaat dalam bisnis. Apalagi jika perusahaan menjalankan bisnis di e-commerce.
Ada banyak pesaing yang menjual produk skincare baik di platform digital tersebut. Tapi, perusahaan tak perlu risau jika mampu mengenali kompetitor utamanya. Caranya, yakni dengan melakukan riset pasar seperti riset brand terlaris.
Manfaat Riset Brand Terlaris
Dalam menjalankan bisnis, melakukan riset merupakan hal utama apalagi riset seputar brand terlaris. Mengapa demikian? Simak, selengkapnya mengenai manfaat riset brand terlaris berikut ini.
1. Mengenali kompetitor bisnis
Dengan melakukan riset brand terlaris, perusahaan dapat mengetahui siapa saja kompetitor bisnisnya. Mengenali kompetitor bisnis ini sangatlah penting agar perusahaan tahu lawan bisnis yang harus dihadapi.
Selain itu, informasi seputar kompetitor juga membantu perusahaan dalam mengevaluasi bisnisnya. Perusahaan bisa menganalisis lebih lanjut kelebihan dan kekurangan kompetitor yang dapat menjadi data dalam menjalankan strategi bisnis.
2. Memahami tren
Mengenali brand-brand terlaris akan akan membantu perusahaan dalam mempelajari tren yang sedang berkembang. Misalnya, brand terlaris A sangat populer dengan produk A.
Maka, perusahaan dapat menganalisis kepopuleran produk tersebut agar lebih mudah terhubung dengan konsumen. Perusahaan bisa melakukan strategi yang serupa atau menyesuaikan tren sehingga dapat memanfaatkan momentum untuk mendongkrak penjualan.
Baca juga: Yang Manis Belum Tentu Laris! 3 Produk Teh Kemasan No Sugar Ini Lebih Diminati di E-Commerce
3. Mempermudah strategi bisnis
Bagian terpenting dalam menjalankan bisnis, yakni melakukan riset seperti survei brand terlaris yang akan mempermudah perusahaan saat pengambilan keputusan. Keputusan bisnis erat kaitannya dengan strategi bisnis.
Dengan mengetahui deretan brand terlaris, maka perusahaan bisa memaksimalkan strategi agar lebih unggul ketimbang kompetitor.
4. Membangun brand positioning
Biasanya brand terlaris memiliki strategi jitu agar produknya mudah dikenal dan diingat konsumen. Misalnya, dari slogan atau model promosi yang unik.
Hal tersebut bisa dicontoh sehingga perusahaan dapat mengembangkan model serupa dengan sentuhan yang berbeda atau improvisasi. Dengan begitu, perusahaan dapat meningkatkan brand positioning pada produk agar berkesan di benak konsumen.
5. Jeli melihat peluang
Dari keseluruhan riset terkait brand terlaris, perusahaan dapat menyimpulkan kelebihan dan kekurangan masing-masing brand tersebut. Ini akan menjadi data yang berguna untuk melihat celah bisnis yang bisa mendatangkan peluang keuntungan.
Baca juga: 5 Produk F&B Unilever Terlaris di e-Commerce Indonesia
5 Skincare Terlaris di E-Commerce Tahun 2022
Menurut pantauan Tim Compas, skincare jadi salah satu produk paling laris di e-commerce. Apa saja kategori produk skincare terlaris tersebut? Yuk, simak data selengkapnya berikut ini.
1. Pembersih wajah
Kategori pertama produk skincare terlaris di e-commerce ada pembersih wajah. Data Compas Dashboard menemukan, produk tersebut ludes terjual hingga 2 juta produk pada periode April – Juni 2022.
Ada berbagai jenis produk facial wash yang laris di e-commerce. Salah satu produk terlaris tersebut berasal dari brand lokal, yakni MS Glow Facial Wash. Penjualannya mencapai 63,8K produk.
2. Serum wajah
Tak kalah larisnya dengan produk sebelumnya, serum wajah juga kian digemari konsumen terutama wanita. Penjualan serum terpantau meraih angka 1,8 juta produk sepanjang kuartal II tahun 2022.
Menurut data Compas Dashboard, brand-brand lokal masih menguasai pasar serum di e-commerce. Beberapa brand tersebut di antaranya Scarlett, Whitelab, Azarine, dan Somethinc.
3. Pelembab wajah
Produk skincare terlaris di e-commerce selanjutnya dari sub kategori pelembab wajah. Produk tersebut meraih penjualan hingga 1,7 juta produk dalam tiga bulan saja (April – Juni 2022).
Sama halnya dengan serum, penjualan produk pelembab wajah juga dipimpin oleh brand lokal Indonesia. Data Compas Dashboard mengungkap, MS Glow menduduki peringkat pertama sebagai top brand pelembab wajah dengan market share sebesar 11,7% pada periode 16-30 Juni 2022.
Baca juga: Wajib Tahu! 5 Merk Skincare Terbaik di Indonesia
4. Masker wajah
Kali ini, masih datang dari produk perawatan wajah, yaitu masker. Tercatat, masker wajah laku di e-commerce hingga 1,3 juta produk.
Tim Compas memantau, masker wajah dalam bentuk sheet mask menjadi primadona bagi konsumen karena praktis dan lebih kaya manfaat. Terbukti, BUHOTEI Sheet Mask jadi produk skincare terlaris periode ini dengan penjualan sebanyak 78,7K produk.
5. Sunscreen aftersun
Skincare yang satu ini menjadi barang wajib dalam dunia perawatan wajah khususnya bagi melakukan aktivitas outdoor. Sunscreen aftersun menjadi produk skincare terlaris di e-commerce dengan penjualan lebih dari 882K produk.
Brand mana yang laris menjual produk sunscreen aftersun tersebut? Data Compas Dashboard menyebutkan, Azarine, Emina, dan Madame Gie sukses merebut pasar produk tersebut di Shopee dan Tokopedia pada periode 17-31 Mei 2022.
5 Tips Memantau Pergerakan Pasar
Data mengenai produk terlaris di e-commerce tersebut menjadi salah satu info penting dalam memantau pergerakan pasar. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti beberapa tips lainnya untuk melihat pergerakan pasar berikut ini.
1. Mengamati data penjualan
Memantau pergerakan pasar dapat dimulai dengan cara mengamati data penjualan perusahaan. Data penjualan dapat perusahaan peroleh melalui riset pasar secara manual atau berkolaborasi dengan pihak yang menyediakan jasa market insight.
2. Melihat tren bisnis
Dalam memantau pergerakan pasar, perusahaan perlu melakukan analisis tren. Cara ini akan mempermudah Anda untuk melihat tren yang sedang diminati konsumen.
Saat tren tersebut ramai, maka pergerakan pasar akan cenderung mengarah pada hal tersebut. Melihat tren bisnis juga akan mendorong perusahaan untuk lebih jeli melihat peluang dan melakukan inovasi agar penjualan naik.
3. Masuk dalam forum atau komunitas bisnis
Tidak jarang bagi para pelaku bisnis turut bergabung ke forum atau komunitas bisnis untuk mendapat insight atau seputar info update mengenai bisnis. Berbagai forum atau komunitas tersebut bisa Anda temukan di platform media sosial seperti Facebook dan Telegram.
Umumnya, forum atau komunitas bisnis membagikan hal-hal yang sedang tren dan ramai dibicarakan mengenai bisnis. Bisnis sendiri sifatnya dinamis dan mudah terpengaruh oleh kondisi politik atau kebijakan baru pemerintah.
Sebab itu, pelaku bisnis juga perlu update mengenai info tersebut yang biasanya disebarluaskan dalam forum-forum bisnis. Terlebih lagi, ikut grup semacam itu bisa membuka peluang kolaborasi untuk meningkatkan bisnis maupun investasi.
Baca juga: Cara Tahu 5 Barang yang Paling Laris di Tokopedia
4. Meninjau melalui media online
Guna menyeimbangi pergerakan informasi yang super cepat, Anda bisa mengakses media online yang premium membahas seputar bisnis. Pilihlah media online yang dapat dipercaya kredibilitasnya sehingga info yang dibagikan juga akurat.
5. Melakukan riset pasar
Pergerakan pasar juga dapat Anda lihat melalui riset pasar. Dalam melakukan riset pasar, Anda bisa memperoleh sejumlah data penting baik mengenai kebutuhan konsumen maupun kompetitor bisnis Anda.
Namun, sebaiknya lakukan riset pasar yang mampu menghasilkan data yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat melakukan strategi pemasaran secara tepat dan efektif karena memiliki data yang sudah memenuhi kebutuhan.
Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!
Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!